6.19.2011

Dominasi Asing Meningkat, Negara tidak Berdaulat


18 Juni 2011 23:44 WIB

20110618 092347 asing Dominasi Asing Meningkat, Negara tidak Berdaulat

Foto : ANTARA/pj

JAKARTA: Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj prihatin terhadap dominasi kekuatan asing di hingga menghancurkan kedaulatan negeri sendiri. Pemerintah dan berbagai kebijakan yang dibuatnya turut menyumbang susutnya kedaulatan negara.

“Masalah kedaulatan menjadi keprihatinan NU. Rakyat merasakan betapa besar pengaruh asing ini melalui kebijakan negara sepanjang kekuasaan negeri ini,” urai Said Aqil, dalam tausiyah dalam rangka soft launching peringatan hari lahir ke-85 Nahdlatul Ulama (NU) di Sekretariat PBNU, Jakarta, Sabtu (18/6).

Menurutnya, pemerintah dalam berbagai dimensi turut melunturkan kedaulatan negeri ini. Dia mencontohkan kebijakan dalam bidang eksplorasi sumber daya alam yang terlalu melibatkan asing.

“Itulah sebabnya di negara ini tidak ada kedaulatan pangan dan begitu dominannya penguasaan asing atas sumber daya alam kita,” kata Aqil.

Padahal, semestinya sebagai bangsa yang merdeka, sudah seharusnya dan selayaknya menggunakan kedaulatan secara penuh dalam menentukan kebijakan tanpa disubordinasikan kepentingan negara lain. Hubungan dengan negara lain tidak boleh menghilangkan kemandirian negara.

“Kita tidak boleh menukar kedaulatan negara dengan bantuan yang diberikan negara lain, perusahaan multinasional dan lembaga multilateral,” terangnya.

Menurutnya, dominasi dan intervensi asing terhadap terjadi karena utang yang sangat banyak. Namun, sebetulnya utang jangan dijadikan alat mendudukan negar ini di bawah intervensi dan dominasi asing. punya (*/OL-11)

Source: media

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dominasi Asing Meningkat, Negara tidak Berdaulat.


happyme 19 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/dominasi-asing-meningkat-negara-tidak-berdaulat-249447.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com