6.17.2011

Gubernur Banten Siap Genjot Ekonomi Pesisir


2011061003205506 Gubernur Banten Siap Genjot Ekonomi Pesisir

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. (FOTO.ANTARA)

“Dana tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur, khususnya sarana prasarana jalan yang menunjang kegiatan perekonomian. Teknisnya bagaimana silahkan bermusyawarah, karena masyarakat jauh lebih tahu apa yang dibutuhkan di wilayahnya,” kata Ratu Atut di Jakarta, Jumat.

Selain masalah infrastruktur, katanya, berbagai persoalan lain di wilayah pesisir juga harus mendapat perhatian masyarakat di antaranya, masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan pesisir dan lautan.

“Masyarakat pesisir perlu memiliki kemandirian untuk menjaga ekosistem laut dan pesisir agar yang mereka hasilkan bernilai ekonomi tinggi,” tambahnya.

Provinsi Banten, menurut dia, memiliki sumberdaya alam berupa pantai dan laut yang potensial menunjang perekonomian masyarakat, baik dari sektor perikanan, kelautan maupun pariwisata.

Secara geografis, Banten merupakan daerah pesisir yang dikelilingi tiga laut besar, yakni Samudera Hindia, Selat Sunda dan Laut Jawa dan karenanya sudah selayaknya apabila sektor kelautan dan perikanan menjadi penopang ekonomi daerah itu.

Banten terdiri dari 4 kabupaten dan 2 kota, mempunyai 78 pulau-pulau (termasuk Kep.Seribu di Kab. Tangerang), diperkirakan 1/3 bagian wilayahnya terdiri dari lautan dengan luas perairan Propinsi Banten sekitar 11.134,224 km2 dengan panjang pantai sekitar 501 km.

Ratu Atut yang akan mencalonkan diri kembali dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten mendatang, menjelaskan bahwa Pemprov Banten melalui Dinas Kelautan dan Perikanan telah menyelenggarakan berbagai program pembangunan ekonomi masyarakat pesisir, mulai dari “Gemarikan”, pembiayaan PNPM Mandiri, serta menjadikan lima lokasi pesisir sebagai Kawasan Minapolitan.

“Program-program tersebut sudah memberikan hasil dengan meningkatnya daya beli masyarakat pesisir, yang diukur dengan kenaikan secara kontinyu Nilai Tukar Petani (NTP) berdasarkan data dalam kajian ekonomi Banten dari Bank Indonesia,” ujarnya.

NTP di sektor perikanan pada Maret 2011 adalah 96,50, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 95,71 maupun bulan yang sama tahun lalu yakni 96,21.

Namun demikian, Gubernur Ratu Atut menambahkan, pembangunan ekonomi pesisir Banten masih harus dioptimalkan lagi dengan berbagai program percepatan, karena kotribusi sektor perikanan pada NPT merupakan yang paling rendah dibandingkan sektor-sektor pertanian lainnya seperti pangan, hortikultura, perkebunan rakyat dan peternakan. (*)

(T.D011/S019)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Ekubis

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gubernur Banten Siap Genjot Ekonomi Pesisir.


gogogirl 17 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/gubernur-banten-siap-genjot-ekonomi-pesisir-248974.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com