6.19.2011

Harga Rumput Laut Karimun Rp9000/Kg


 Harga Rumput Laut Karimun Rp9000/Kg

Harga rumput laut hasil budidaya petani Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sejak beberapa bulan belakangan bertahan pada kisaran Rp8.500- Rp9.000 per kilogram.

"Idealnya harga rumput laut di atas Rp10.000/Kg. Namun kami bersyukur karena harga tersebut masih dalam batas wajar dan tetap stabil sejak beberapa bulan ini," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun Hazmi Yuliansyah ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Minggu (19/6).

Disebutkan, sebelumnya harga jual rumput laut menembus Rp12.000/Kg, tapi kembali turun pada harga semula, Rp8.500-Rp9.000/Kg.

"Kualitas panen dan harga pasar sangat menentukan harga jual dari petani kepada pengumpul," ujarnya.

Menurut dia, kestabilan harga rumput laut tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah menggandeng PT Bahana Cipta Arta (BCA), selaku penampung sekaligus pembina pada petani rumput laut di Kecamatan Moro.

"PT BCA bukan hanya pembeli, tapi pembina dan menjadi bapak angkat para petani. Perusahaan itu juga memberikan bantuan peralatan seperti tali temali dan lainnya bagi petani," ucapnya.

Dia juga mengatakan terus memantau perkembangan budidaya unggulan daerah tersebut sehingga harganya tetap stabil.

Salah satu upaya yang dilakukannya adalah menjaga kualitas panen agar tetap bagus.

"Kondisi perairan di Moro sangat cocok untuk budidaya rumput laut. Namun, faktor alam seperti hanyutan lumpur dan ombak kerap mengganggu proses penyemaian bibit," katanya.

Menurut dia salah satu upaya menjaga kualitas panen di antaranya dengan menerapkan sistem karamba sehingga bibit yang disemai tidak hanyut terbawa arus.

Pemerintah daerah terus melakukan pendampingan dan pembinaan. Kami berharap pengembangan budidaya rumput laut dapat mendorong program pusat yang menunjuk Moro sebagai kawasan minapolitan, lanjutnya.

Di Kecamatan Moro, luas lahan yang potensial dikembangkan sebagai kawasan pengembangan rumput laut mencapai 4.500 hektare.

Dari total lahan sebanyak itu, yang tergarap baru mencapai 3,6 persen yang digarap sekitar 1.250 petani. [nta]

 

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harga Rumput Laut Karimun Rp9000/Kg.


mejiku 20 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/harga-rumput-laut-karimun-rp9000kg-249900.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com