6.19.2011

Konvesi ILO harus Disesuaikan dengan Sosio-Kultural Masyarakat


magda Konvesi ILO harus Disesuaikan dengan Sosio Kultural Masyarakat

Minggu, 19 Juni 2011 00:19 WIB

: Meski konvensi ILO memutuskan PRT sebagai tenaga kerja, hal itu harus diadopsi kondisi sosial-budaya masyarakat . Penerapannya pun harus diimplementasikan UU maupun turunan UU itu sendiri.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal PHI dan Jamsostek Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Myra M Hanartani. Menurut Myra, hasil konvensi masih perlu diadopsi ke dalam bentuk perundang-undangan dan turunannya sehingga lebih mengikat.

Hal-hal yang menyangkut hak-hak PRT, seperti penyesuaian gaji berdasarkan standar upah minimum provinsi (UMP), hak mendapatkan cuti, libur dalam satu pekan, asuransi jiwa, dan jam kerja perlu dipikirkan secara cermat sehingga konvensi tersebut dapat disesuaikan kondisi sosio kultur masyarakat .

demikian, hasil konvensi ILO tersebut dapat menjadi sebuah peraturan yang bisa diaplikasikan di .

Perlu diatur hak dan kewajiban kedua pihak supaya nanti ada aturan yang bisa dijadikan acuan. Peraturan ini harus memperhatikan kepentingan PRT, tapi juga majikan mereka, ujar Myra, ketika dihubungi Media , Sabtu (18/6).

Seperti diketahui, masalah upah dan jam kerja dinilai sebagai yang paling rawan. Banyak PRT yang digaji berdasarkan keinginan majikan atau berdasarkan kesepakatan. Demikian pula jam kerja yang kerap melampaui delapan jam, terutama bagi PRT yang tinggal di rumah majikan.

“Setelah perundang-undangan yang mengatur PRT disahkan, Kemenakertrans akan segera membentuk satuan-satuan kerja pengawasan yang akan bekerja sama dalam hal pengawasan unsur-unsur terkecil, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan,” jelasnya.

Meski demikian, dirinya tidak dapat memastikan kapan UU maupun turunannya dapat segera diimplementasikan. “Konvensi itu kan baru saja disetujui. Jadi tidak langsung berlaku saat ini juga. Harus diratifikasi oleh negara-negara dahulu agar menjadi hukum internasional. Jadi masih perlu waktu untuk bisa diimplementasikan di ,” kata dia. (Atp/OL-11)




Source: media

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Konvesi ILO harus Disesuaikan dengan Sosio-Kultural Masyarakat.


bbc.biz 19 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/konvesi-ilo-harus-disesuaikan-dengan-sosiokultural-masyarakat-249455.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com