6.19.2011

Makassar Tene Beli 75.000 Ton Gula Petani PTPN X


MAKASSAR, KOMPAS.com – PT Makassar Tene sepakat membeli 75.000 ton gula milik Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia yang dikelola PT Perkebunan Nusantara X. Gula kristal putih tersebut akan didistribusikan di wilayah Indonesia timur yang umumnya menghadapi masalah inkontinuitas pasokan gula dari Pulau Jawa. 

Direktur Utama PT Makassar Tene Abuan Halim, Minggu (19/06/2011), mengatakan, jumlah itu sekitar 25 persen dari total gula petani pada musim giling tahun ini yang diperkirakan mencapai 310.000 ton. Dalam sistem bagi hasil yang disepakati dengan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), PT Makassar Tene mendapatkan 20 persen dari selisih harga beli dengan penjualan. 

Menurut Abuan, hak sebesar 20 persen itu akan diberikan kembali kepada APTRI untuk program pemberdayaan petani melalui koperasi. "Tujuan kerja sama ini untuk menjaga pasokan gula kristal putih di wilayah Indonesia timur, bukan mencari laba," ungkapnya. 

Selama ini sejumlah daerah di Indonesia timur mengeluhkan inkontinuitas pasokan gula dari Pulau Jawa. Akibatnya, beberapa pemerintah daerah mengajukan permintaan pasokan gula rafinasi dari PT Makassar Tene untuk menutupi kebutuhan. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara, misalnya, meminta pasokan gula rafinasi berkisar 3.000-5.000 ton. "Hal inilah yang ditengarai memicu maraknya peredaran gula rafinasi di pasar gula konsumsi. Saya berharap bantuan distribusi ini turut berperan mengatasi karut-marut persoalan gula di Tanah Air," ujar Abuan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Makassar Tene Beli 75.000 Ton Gula Petani PTPN X

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Makassar Tene Beli 75.000 Ton Gula Petani PTPN X.


naomi 19 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/makassar-tene-beli-75000-ton-gula-petani-ptpn-x-249889.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com