6.18.2011

Momok KPK Kurangi Minat Pendaftar Calon Pimpinan KPK


18 Juni 2011 23:21 WIB

20110618 091855 KPK Momok KPK Kurangi Minat Pendaftar Calon Pimpinan KPK

Foto : MI/Sumaryanto/pj

JAKARTA: Jumlah pendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga hari ini, Sabtu (18/6), telah mencapai 127 orang. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding pendaftar calon pimpinan KPK tersebut yang mencapai sekitar 300 orang saat Antasari Azhar berhenti sebagai Ketua KPK.

Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) KPK Ahmad Ubbe menyatakan pihaknya telah melakukan upaya optimal menarik para pendaftar. “Kami sudah sebarkan undangan ke berbagai instansi, dicantaranya MA, Jaksa Agung, Forum Rektor, Majelis Ulama, Dewan Pers, serta Kemenkum dan HAM di 33 wilayah provinsi, ditambah lagi Pansel sudah memasang 100 spanduk di berbagai daerah,” jelasnya.

Menurut Ubbe, hal yang membuat minat para pendaftar calon pimpinan KPK berkurang yaitu karena takut. “Mereka takut dikriminalisasi seperti Antasari. Mereka takut proses yang menyeramkan saat fit and proper test di DPR nanti dan memang takut dengan tuntutan kerja di KPK.” Ujar Ubbe. KPK menjadi suatu momok yang menakutkan.

Ubbe menjelaskan pernah ada calon pendaftar yang meminta jaminan kepada Pansel agar saat menjadi pemimpin KPK, bahwa ia tidak akan dikriminalisasi. “Tapi kami kan tidak punya kewenangan menjamin. Kami hanya menyeleksi. Selebihnya, nanti ditentukan DPR dan Presiden. Selesai tugas kami sampai di situ.” Ujarnya.

Ada pun komposisi pendaftar sampai saat ini, yaitu dari kalangan advokat 31 orang, PNS dan pensiunan PNS 32 orang, jaksa 3 orang, dosen 20 orang TNI/Polri 5 orang, sdan wasta 36 orang. Pendaftaran sendiri ditutup pada Senin (20/6) pukul 16:00 WIB. “Semoga saja bertambah 20-30 orang lagi,” harap Ubbe. (*/OL-11)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Momok KPK Kurangi Minat Pendaftar Calon Pimpinan KPK.


mejiku 19 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/momok-kpk-kurangi-minat-pendaftar-calon-pimpinan-kpk-249443.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com