6.18.2011

PPP Usulkan PT Dibicarakan di Sekretariat Gabungan


20101220Hasrul Azwar%2520matanews.com PPP Usulkan PT Dibicarakan di Sekretariat Gabungan

18 Juni 2011 23:03 WIB

JAKARTA: PPP mengusulkan agar wacana soal parliamentary threshold (PT) menjadi salah satu agenda pembicaraan koalisi Setgab. Sebab, PT berperan penting menentukan arah demokrasi di .

Pernyataan itu disebutkan Ketua DPP PPP Lukman Hakim Saefuddin. “Menurut saya, Setgab harus membahas ini. Persoalan PT ini persoalan besar, bagaimana kita harus menata kembali sistem kepartaian kita untuk masa depan parpol yang lebih baik,” kata ujar Lukman, di Jakarta Pusat, Sabtu (18/6).

Menurutnya, pembahasan PT di Setgab menjadi sangat urgen karena PT sangat berpengaruh proses pendewasaan demokrasi di . PT merupakan masalah besar, karena perpolitikan di pun harus dibenahi dengan sistem yang lebih baik.

Untuk itu, Lukman meminta partai koalisi Setgab dan juga partai-partai besar memahami realitas konfigurasi politik di Tanah Air. Sebab, jika salah menentukan PT, beberapa dimensi kehidupan kenegaraan seperti keragaman aspirasi bisa menjadi mandul.

“Bagaimanapun PT yang terlalu tinggi dapat menghilangkan keragaman, pluralitas, kemajemukan bangsa ini. Karena, kalau PT terlalu tinggi, hanya yang besar-besar saja yang terwakili, semakin banyak sekitar 30-an juta suara akan hilang atau hangus. Ini sangat mengancam realitas ke-Indonesiaan kita karena perpolitikan tercermin dari keberagaman itu,” papar Lukman.

Selain itu, Lukman meminta pada elite politik untuk tidak egois menetapkan nilai PT. PT yang ditetapkan harus mengakomodasi konfigurasi perpolitikan yang ditandai keberagaman dan pluralitas aspirasi politik.

“Jadi jangan menetapkan PT terlalu tinggi. Lima persen itu menurut saya terlalu tinggi. Menurut saya yang saat ini sudah cukup memadai dengan hanya 9 parpol yang ada di DPR ini. Di fraksi 2, 5, paling tinggi 3-lah,”terangnya.

Menurutnya, PPP sebenarnya tidak keberatan bila PT menjadi 5%. Namun, angka sebesar itu bisa menghilangkan suara sekitar 30 juta pemilih. “Apa itu yang harus kita pilih? Itu kan menghilangkan hak suara publik yang luar biasa,” tandasnya. (*/OL-11)




Source: media

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - PPP Usulkan PT Dibicarakan di Sekretariat Gabungan.


jonathan.f 19 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/ppp-usulkan-pt-dibicarakan-di-sekretariat-gabungan-249438.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com