6.16.2011

Putus Asa, Petani Membakar Tanaman Padi


3887191p Putus Asa, Petani Membakar Tanaman Padi
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
Petani membakar jerami padi yang gagal dipanen karena terserang wereng di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (1/7). Petani di kawasan tersebut saat ini berharap bantuan benih nonhibrida dari pemerintah karena khawatir jika masih menggunakan benih hibrida serangan hama wereng akan terulang kembali.

BANTUL, KOMPAS.com - Putus asa dengan tanaman padi mereka karena diserang hama wereng coklat petani di Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta membakar tanaman padi mereka, Kamis (16/6/2011).

Para petani mengaku, terpaksa membakar tanaman padi mereka karena berbagai upaya untuk mengendalikan hama wereng sudah dilakukan, tetapi serangan hama wereng semakin merajalela.

"Sudah enam kali kami lakukan penyemprotan, tetapi tidak ada hasilnya. Serangan malah semakin menjadi," keluh Tarmidi (50) salah seorang petani asal Pedukuhan Kwasen, Desa Srimartani.

Menurutnya, lahan padi milik kelompok tani Desa Srimartani yang diserang hama wereng mencapai 30 hektar. Serangan mulai dari tingkat sedang sampai berat. "Ada yang masih dipanen tetapi hasilnya turun 75 persen, tapi sebagian besar sudah tidak bisa dipanen," tambahnya.

Padi yang ditanam petani di lokasi ini terdiri dari dua macam varietas yakni Cibagendit dan Impera yang menurut sejumlah petani merupakan varietas yang tahan wereng.

Usia tanaman padi sendiri beragam mulai satu hingga dua bulan, dan semuanya diserang hama wereng. Senada, Parjono, petani lain di Desa Srimartani, memang selama sepuluh tahun terakhir, selalu menanam komoditas padi tanpa diselingi komoditas lain seperti palawija.

Sehingga petani mengira serangan hama wereng ini kemungkinan diakibatkan ketersediaan pangan bagi wereng. "Untuk musim tanam berikutnya kami akan menanam palawija biar memutus hama wereng," kata Parjiono.

Akibat serangan hama wereng ini dipastikan sekitar 300 petani yang menggarap di lahan tersebut mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Kerugian karena gagal panen, biaya bibit dan obat, serta biaya untuk menggarap lahan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Putus Asa, Petani Membakar Tanaman Padi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Putus Asa, Petani Membakar Tanaman Padi.


mejiku 16 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/putus-asa-petani-membakar-tanaman-padi-248239.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com