7.11.2011

Ekonom: Pemerintah Kurangi Subsidi BBM, Pacu Infrastruktur


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

617D5273495ED2E5F4DA9BB9D21E55 Ekonom: Pemerintah Kurangi Subsidi BBM, Pacu Infrastruktur

“Secara gradual subsidi BBM perlu segera dikurangi, misalnya dari Rp60 triliun menjadi Rp40 triliun pada tahun berikutnya dan kemudian dikurangi lagi menuju titik nol. Sebab, infrastruktur yang bagus akan meningkatkan daya saing bangsa,” katanya di Padang, Minggu.

Pendapat tersebut disampaikannya menanggapi kebijakan pemerintah menekan anggaran subsidi BBM sekaligus memberikan edukasi tentang dampak kenaikan subsidi terhadap pembangunan infrastruktur.

Elfindri mengaku dirinya sejak dulu tidak setuju dengan subsidi karena lebih akan mengakibatkan anak bangsa selalu tergantung dan manja.

Akan tetapi, menurut dia, pemerintah justru terlihat takut untuk mengambil kebijakan pengurangan subsidi karena secara politis akan terjadi gejolak.

“Padahal jika subsidi dikurangi, dananya bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Jika subsidi ditingkatkan justru akan melawan logika pembangunan,” ujarnya.

Ia mencontohkan harga BBM di Thailand yang kini Rp12 ribu per liter dan Singapura Rp14 ribu per liter, sementara infrastruktur di negara itu cukup bagus.

Berbeda dengan Indonesia dengan kondisi harga BBM Rp4.500 per liter telah mengakibatkan tidak banyak pembangunan infrastruktur.

“Infrastruktur di Indonesia paling jelek sejak kejatuhan Soeharto, dan kini justru paling parah, lebih akibat subsidi energi dan BBM,” katanya.

Menurut dia, upaya mencari dana untuk pembangunan jalan tol saja sangat sulit, sehingga Indonesia patut mencontoh upaya mantan Presiden Brazil Luiz Lula da Silva yang berhasil menghapus subsidi BBM.

Dampaknya, katanya lagi, percepatan pendapatan terjadi lebih akibat pembangunan infrastruktur sudah maju.  (F011/R014/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Ekubis

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ekonom: Pemerintah Kurangi Subsidi BBM, Pacu Infrastruktur.


erika.g 11 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/ekonom-pemerintah-kurangi-subsidi-bbm-pacu-infrastruktur-264416.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com