7.15.2011

Pengamalan Pancasila masih Monopoli Negara


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

garuda pancasila Pengamalan Pancasila masih Monopoli Negara

Jumat, 15 Juli 2011 01:40 WIB

JAKARTA: Di tengah kultur lupa Pancasila, ikhtiar memopulerkan Pancasila menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan yang ada di masyarakat, bukan menjadi monopoli ngara dan pejabat publik saja.

Hal itu mengemuka dalam Diskusi Bedah Buku “Negara Paripurna, Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila” di Gedung Media Centre, Media Group, Jakarta, Kamis (14/7).

Yudi Latif, penulis buku setebal 698 halaman tersebut mengatakan, proses pengakaran Pancasila di tengah masyarakat harus dilakukan secara masif dengan melibatkan semua elemen masyarakat.

Selama ini kan Pancasila seolah-olah jadi monopoli negara. Ia yang mengambil inisiatif, ia yang menafsirkan. Jadi masih pendekatannya vertikal. Ke depan yang harus dilakukan untuk membumikan Pancasila adalah pendekatan horizontal, melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk juga pers, dunia pendidikkan, dan budaya, kata Yudi.

Menurut dia, menggali kembali Pancasila melalui buku yang ditulis selama dua tahun itu adalah upaya menemukan kembali akar jati diri bangsa. Tidak ada satu pun negara yang dapat maju kecuali bangsa yang dapat menemukan kembali jati dirinya dengan menggali kembali akar-akar sejarah bangsanya.

Kadang kala kita keliru dan mencari solusi atas masalah di luar sana, tetapi kita lupa kunci menyelesaikan masalah itu sebetulnya ada di dalam negeri kita sendiri, yaitu Pancasila, ucap dia. (OL-8)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pengamalan Pancasila masih Monopoli Negara.


dewi.pw 15 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/pengamalan-pancasila-masih-monopoli-negara-267853.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com