7.18.2011

Sutardji Minta Pemerintah Beri Ruang bagi Penyair


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

199702 10150154628924797 678704796 6585554 2260654 a Sutardji Minta Pemerintah Beri Ruang bagi Penyair

“Pemerintah perlu menyediakan ruang bagi penyair untuk berkreasi dan berkarya serta menampilkan puisi-puisinya. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah yang saat ini terkesan belum dilakukan,” kata dia, di sela Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) V di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu.

Menurut dia, selama ini eksistensi penyair cenderung terbatas per kelompok, seperti melalui Majalah Horizon dan Komunitas Utan Kayu.

“Kalau pemerintah memberi perhatian kepada penyair, kelompok-kelompok itu seharusnya dirangkul untuk disatukan dan melibatkan kumpulan lain,” ujar dia.

Ia menyatakan pula, pemerintah seharusnya menciptakan kurikulum pendidikan yang dapat mendorong generasi muda menjadi cinta sastra Indonesia.

“Karena sesungguhnya kata-kata yang dirangkai dalam puisi, seperti Sumpah Pemuda bagian dari sejarah negeri,” kata Sutardji pula.

Dia menjelaskan, sejarah sastra yang dibawa penyair kawakan, seperti Chairil Anwar dan WS Rendra, semestinya juga tercatat dalam sejarah Indonesia.

Catatan sejarah itu, perlu disosialisasikan kepada generasi muda Indonesia, ujar dia lagi.

PPN V ini diikuti sekitar 200 peserta, bukan hanya dari Indonesia dan diikuti sastrawan/penyair generasi tua maupun muda.

Peserta lainnya berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Srilanka dan Swedia.

Pada PPN V (International Poet Gathering) 2011 ini, hadir penyair dari seluruh Indonesia dan negara tetangga berbahasa Melayu (Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand), serta beberapa peninjau dari Sri Langka, Korea Selatan, dan Swedia.

PPN V itu dibuka di Griya Agung Palembang, Sabtu (16/7) malam, dan dijadwalkan berlangsung hingga Selasa (19/7).

Menurut Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS), Zulkhair Ali, beberapa kegiatan PPN V itu, antara lain Seminar Internasional tentang Puisi, pentas penyair, pertemuan para penyair dengan pelajar dan mahasiswa, dan Tarung Penyair.

Bersamaan PPN V ini diterbitkan pula buku puisi “Akulah Musi” karya puisi dari para peserta yang lolos dari tim kurator, sehingga akhirnya mereka diundang hadir di Palembang saat ini.(*)
(ANT-037/A041)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Hiburan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sutardji Minta Pemerintah Beri Ruang bagi Penyair.


blackmaverick 18 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/sutardji-minta-pemerintah-beri-ruang-bagi-penyair-269644.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com