8.01.2011

Keramik 8 Abad Dipecahkan Staf Museum


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
0840196p Keramik 8 Abad Dipecahkan Staf Museum
Dian Anditya Mutiara
Ilustrasi

BEIJING, KOMPAS.com - Piring keramik berusia sekurangnya delapan abad peninggalan Dinasti Sung, dipecahkan staf Museum Nasional China di Beijing. Pihak Museum Nasional, Sabtu (30/7/2011-0 akhirnya membenarkan ada insiden tersebut yang pada awal bulan Juli 2011 disebarkan oleh situs media warga di Sina Weibo yang mengabarkan telah pecah sebuah piring keramik berharga dari jaman Dinasti Sung (960-1279 Masehi).

Seorang Netizen bernama Long Can menulis di lama internet tentang keramik produk pembakaran tembikar Ge yang sangat terkenal masa Dinasti Sung telah dipecahkan secara tidak sengaja oleh seorang staf museum. Keramik tersebut merupakan bagian dari 1.106 buah koleksi keramik super langka di Museum Nasional China yang juga dikenal sebagai Museum Istana (Gu Gong Bo Wu Guan). Kabar itu juga dilansir oleh Jinghua Times sebuah koran lokal di Beijing.

Kabar pecahnya koleksi keramik antik itu segera di posting ulang oleh belasan ribu netizen di China dalam beberapa jam saja. Warga menyatakan keprihatinan atas cara kerja staf Museum Nasional China. Akhirnya pihak Museum Nasional China mengakui seorang staf mereka yang sedang mengadakan uji coba dan analisa koleksi, tanpa sengaja mengakibatkan keramik antik pecah.

Pihak museum juga menyatakan uji coba lebih lanjut terhadap koleksi keramik antik dihentikan. Museum Nasional juga telah melaporkan insiden itu ke aparat hukum. Museum Nasional telah mengadakan serangkaian pertemuan terkait insiden itu, tetapi belum melapor secara resmi kepada Kementerian Kebudayaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya China. Karena belum ada pihak yang dituntut bertanggungjawab, kalangan netizen China menduga pihak Museum Nasional berusaha menyembunyikan insiden memalukan itu. (Jinghua Times/wantchinatimes.com/Iwan Santosa)

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Keramik 8 Abad Dipecahkan Staf Museum.


luna.cute 01 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/keramik-8-abad-dipecahkan-staf-museum-279636.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com