8.03.2011

Ramadhan, Disperindagkop Imbau Warga Lebih Cermat Gunakan Elpiji


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

2 Ramadhan, Disperindagkop Imbau Warga Lebih Cermat Gunakan Elpiji

“Peningkatan konsumsi selama Ramadhan tentu membuat lebih besar penggunaan elpiji untuk keperluan sehari-hari, sehingga diimbau lebih cermat guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul, Tri Saktiyana di Bantul, Rabu.

Menurut dia, yang perlu diwaspadai penggunaan elpiji selama puasa yakni terjadi kebocoran yang tidak disadari, sebagai akumulasi penggunaan dari waktu berbuka dan waktu sahur, sehingga dikhawairkan memicu ledakan.

Oleh sebab itu, kata dia, kalau waktu sahur masyarakat jangan tergesa-gesa menggunakan elpiji sehingga tidak sempat membuka jendela, maupun pintu dapur padahal sirkulasi di dapur penting untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Memang di Bantul sampai saat ini belum pernah ditemui kecelakan atau meledaknya tabung elpiji, namun alangkah sebaiknya masyarakat tetap waspadai dengan lebih cermat dan memperhatikan hal yang sepele,” katanya.

Tri mengatakan, untuk mengantisipasi peredaran elpiji yang tidak layak untuk digunakan atau tidak standar yang dapat membahayakan konsumen, pihaknya juga akan mengintensifkan pengawasan di pangkalan hingga agen elpiji.

“Terutama di pertengahan Ramadhan nanti, kami selain memantau ketersediaan dan harga elpiji juga kualitas elpiji yang beredar dipasaran, sehingga tabung yang tidak standar demi keselamatan pengguna diminta tidak diedarkan,” katanya.

Menurut dia, selama bulan Ramadhan pengunaan elpiji terutama ukuran tiga kilogram diprediksi akan mengalami peningkatan dan menurutnya puncak lonjakan permintaan elpiji akan terjadi sepekan menjelang Lebaran.

“Untuk mengantisipasi kekurangan elpiji pihaknya juga mengajukan penambahan pasokan sekitar 40 hingga 50 persen per hari dari sebelumnya 18 ribu hingga 20 ribu tabung menjadi sekitar 28 ribu hingga 30 ribu tabung per hari,” katanya. (ANT068/A035/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ramadhan, Disperindagkop Imbau Warga Lebih Cermat Gunakan Elpiji.


jonathan.f 03 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/ramadhan-disperindagkop-imbau-warga-lebih-cermat-gunakan-elpiji-281650.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com