8.07.2011

Ratusan Wisman Saksikan Proses Pembuatan “Bade”


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

 Ratusan Wisman Saksikan Proses Pembuatan Bade

“Pengunjung kebanyakan wisman itu ingin mengetahui proses pembuatan bade yang akan digunakan sebagai tempat pengusungan jenazah ibunda almarhum Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bupati Gianyar,” kata Tjokorda Gde Raka Sukawati yang merancang pembuatan “bade” tersebut, Minggu.

Ia mengatakan, pembuatan bade itu kini dalam proses penyelesaian dan kehadiran turis itu tidak mengganggu warga yang sedang bekerja secara gotong royong.

Proses pembuatan bade di halaman puri di jantung kota Kecamatan Ubud kini sudah menjulang tinggi dan pengerjaan yang melibatkan puluhan warga itu dalam proses pengalusan.

Wisatawan dalam dan luar negeri itu diberikan kesempatan untuk menyaksikan warga Ubud yang sedang mengerjakan proses pembuatan “bade”. Hampir semua wisman itu mengabadikan warga yang bekerja membuat bade itu baik dengan kamera biasa, maupun dengan kamera rekaman (video).

“Bade itulah nantinya sebagai tempat pengusungan jenazah almarhun Anak Agung Niang Rai (78), salah seorang kerabat Puri Agung Ubud yang meninggal dunia pada hari Sabtu, 14 Mei lalu dan upacara pelebon (ngaben) pada Kamis, 18 Agustus 2011.

Ibunda Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati itu adalah istri dari almarhum Tjokorda Gde Agung Sukawati yang mempunyai tiga putra dan lima cucu. Ketiga putranya selain bupati Gianyar juga Tjokorda Gde Raka Sukawati yang merancang pembuatan bade tersebut dan Tjokorda Putra Sukawati.

Dalam menyelesaikan bade tersebut menurut Tjokorda Gde Raka Sukawati yang juga pengelola Hotel Pitamaha Ubud itu melibatkan 50 warga setempat setiap harinya.

“Bade” seluruhnya menggunakan bahan lokal itu antara lain bambu dan kayu itu itu dilengkapi dengan sejumlah ornamen penting, tutur Tjokorda Gde Raka Sukawati.

Menurut adik kandung Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati itu adapun perlengkapan bade itu diantaranya angsa, bengkiwe atau bebek, bangkal atau babi, macan, gajah, boma dan burung garuda.

“Bade” yang dibuat sebagai penghormatan terakhir pada ibundanya tercinta akan rampung seminggu menjelang hari H, warga kini masih harus menyelesaikan beberapa ornamennya, tutur Tjokorda Gde Raka Sukawati. (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Hiburan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ratusan Wisman Saksikan Proses Pembuatan “Bade”.


nolimitz 07 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/ratusan-wisman-saksikan-proses-pembuatan-bade-285162.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com