12.05.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Tiger Woods ends 2-year victory drought

Posted: 04 Dec 2011 06:17 PM PST

Tiger Woods ends 2-year victory drought
Associated Press, Thousand Oaks, The United States | Mon, 12/05/2011 8:52 AM
A |A |A|

Two years after his personal life and golf career came crashing down, Tiger Woods is a winner again.

One shot behind with two holes to play, Woods closed with clutch birdie putts Sunday to win the Chevron World Challenge by one shot over former Masters champion Zach Johnson.

Woods holed a 6-foot birdie putt on the 18th hole for a 3-under 69, sweeping his arm and slamming down his fist in a celebration that was a long time coming.

It was the 83rd title worldwide for Woods, but his first since the Australian Masters on Nov. 15, 2009, a span of 749 days and 26 official tournaments. Woods crashed his car outside his home on Thanksgiving night two years ago, followed by shocking revelations of extramarital affairs.

function mailpage() {mail_str = “mailto:?subject=Check out the article from thejakartapost.com”;mail_str += “&body=I thought you might be interested in this article. \r\n “;mail_str += “You can view it at, ” + location.href;location.href = mail_str;}

Follow our twitter @jakpost& our public blog @blogIMO
mail Tiger Woods ends 2 year victory drought | print Tiger Woods ends 2 year victory drought | digg Tiger Woods ends 2 year victory drought | delicious Tiger Woods ends 2 year victory drought | spreddit1 Tiger Woods ends 2 year victory drought | stumbleit Tiger Woods ends 2 year victory drought | facebook share icon Tiger Woods ends 2 year victory drought |ico twitter Tiger Woods ends 2 year victory drought |lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

Post Comments| Comments ()

b4491705564909da7f9eaf749dbbfbb1 Tiger Woods ends 2 year victory drought

More Sports News
PSSI hopes for court leniency in US$700k debt case Former Brazil captain Socrates dies at 57Sports and youth ministry to build hundreds of athletic facilitiesPSSI plans to punish ISL for recent gamesGame for Beckham
+ index
b4491705564909da7f9eaf749dbbfbb1 Tiger Woods ends 2 year victory drought
Paper Edition
Vicious circle of mistrust on the riseRIM chief a suspect in phone stampedeI am a patriotic MuslimMandiri, BCA cut lending rates, others urged to followDrug-related minor convict sent home
+ index
Life Sci-Tech Environment Body & Soul Art & Design Culture Lifestyle Entertainment People Features
News & ViewsHeadlinesNationalArchipelagoBusinessJakartaWorldSportsExposeOpinionReaders’ forum

HomeCompany ProfileOnline Media KitPrint Media KitWeekender Media KitAbout UsContact UsSite Map

Copyright 2008 The Jakarta Post – PT Bina Media Tenggara. All Rights Reserved.

var gaJsHost = ((“https:” == document.location.protocol) ? “https://ssl.” : “http://www.”);document.write(unescape(“%3Cscript src=’” + gaJsHost + “google-analytics.com/ga.js’ type=’text/javascript’%3E%3C/script%3E”));try {var pageTracker = _gat._getTracker(“UA-8353993-1″);pageTracker._trackPageview();} catch(err) {}

Source: the jakarta post

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tiger Woods ends 2-year victory drought.


Suriah Tahan Seorang Perempuan Blogger

Posted: 04 Dec 2011 06:17 PM PST

0908128620X310 Suriah Tahan Seorang Perempuan Blogger UN News Centre Kaum perempuan Suriah berdemonstrasi menentang pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

AMMAN, KOMPAS.com – Pihak berwenang Suriah, Minggu (5/12/2011), menangkap seorang blogger yang bepergian ke Jordania untuk menghadiri konferensi tentang kebebasan pers di wilayah itu, kata teman-temannya.

Blogger itu, Razan Ghazzawi (30), merupakan tokoh terbaru yang ditahan di antara sejumlah blogger dan wartawan yang ditahan sejak terjadinya aksi protes jalanan terhadap Presiden Bashar al-Assad. "Dia ditangkap saat menunjukkan paspor di imigrasi di pos perbatasan Suriah untuk menyeberang ke Jordania," kata salah satu temannya kepada Reuters.

Hal terakhir yang diterbitkan Ghazzawi dalam blognya,  www.razanghazzwi.com, adalah berita tentang pembebasan sesama blogger Hussein Ghreir, yang dibebaskan pekan sebelumnya, setelah 37 hari mendekam di dalam penjara.

Ghazzawi mengatakan, Ghreir beruntung karena dia telah menjalani sebagian besar masa penahanannya di penjara biasa, dibandingkan dengan penahanan di ruang bawah tanah rahasia polisi, rumah untuk "jenis terburuk penyiksaan".

Tidak ada komentar dari pihak berwenang Suriah, yang telah melarang wartawan independen meninggalkan negara itu. Damaskus mengatakan, media non-pemerintah telah menyebarkan kebohongan tentang pemberontakan, yang mereka tuduh didalangi konspirasi asing.

Sumber :
ANT, REUTERS

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Suriah Tahan Seorang Perempuan Blogger.


Lima Tewas dalam Banjir Bandang di Sigi

Posted: 04 Dec 2011 06:11 PM PST

0752128p Lima Tewas dalam Banjir Bandang di Sigi

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak lima orang meninggal dunia dan satu hilang akibat banjir bandang di Kebupaten Sigi, Desa Bolapapu, Provinsi Sulawesi Tenggara. Banjir bandang terjadi pada Sabtu 3 Desember 2011 pukul 15.00 WITA.

"Sebanyak 412 mengungsi di rumah keluarga dan tetangga," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (5/12/2011).

Sutopo melaporkan akibat banjir juga menghancurkan 36 rumah. Kerugian lainnya, 147 rumah rusak berat, 46 rumah rusak ringan, 1 gedung sekolah rusak berat dan 1 gedung balai desa rusak berat. "Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan darurat, melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena dampak banjir bandang ke tempat yang lebih aman," kata Sutopo.

Tim Reaksi Cepat BNPB juga telah berada di lokasi guna memberikan pendampingan kepada BPBD untuk penanganan darurat. Saat ini, warga bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak dan membersihkan dari lumpur.

"BPBD Provinsi Sulteng telah membuka dapur umum, memberikan bantuan berupa sembako. Dinas Kesehatan telah mendirikan pos kesehatan di lokasi dan cuaca pada saat di konfirmasi mendung," katanya.

Sumber :
tribunnews.com

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lima Tewas dalam Banjir Bandang di Sigi.


Boca Juniors Juara Liga Argentina

Posted: 04 Dec 2011 06:07 PM PST

Senin, 05 Desember 2011 08:42 WIB

20111205 083544 2 Boca Juniors Juara Liga Argentina

Foto : REUTERS/Marcos Brindicci/wt

BUENOS AIRES: Dua gol Dario Cvitanich dan satu dari Diego Rivero mengantarkan Boca Juniors meraih gelar pertama liga Argentina setelah tiga tahun. Boca mengalahkan Banfield 3-0 pada Minggu (4/12).

Cvitanich terlebih dahulu memberikan Boca keunggulan pada menit ke-10. Ia pun menambah gol pada menit ke-44. Rivero menutup kemenangan Boca dengan gol pada menit ke-47 melalui tembakan dari jarak 265 meter.

Meski menyisakan dua pertandingan, posisi Boca di Apertura championship tidak tergoyahkan. Nilai 39 yang diukir Boca tidak mungkin terkejar Racing yang mengumpulkan 28 poin atau Tigre yang mungkin bisa meraih poin 30 jika bisa memenangi pertandingan menghadapi San Lorenzo hari ini, Senin (5/12). (AP/OL-10)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Boca Juniors Juara Liga Argentina.


Pemilih Tinggalkan Partai Putin

Posted: 04 Dec 2011 06:06 PM PST

 Pemilih Tinggalkan Partai Putin Reuters Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin memasukkan surat suara pada pemilihan umum legislatif Rusia di Moskwa, Minggu (4/12/2011).

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia Bersatu, partai yang menaungi Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin mendapat pukulan telak dalam pemilihan umum legislatif yang dilangsungkan Minggu (4/12/2011).

Hasil sementara menunjukkan partai berkuasa itu gagal mendapatkan 50 persen suara. Hasil itupun, kata partai-partai oposisi, sudah mengalami penggelembungan suara.

Meskipun peluang Putin untuk memenangi pemilihan presiden yang dilangsungkan Maret 2012, hasil pemilu kemarin bisa "mencederai" otoritas sosok yang hampir 12 tahun terakhir ini menjadi tokoh sentral Rusia.

Dengan 70 persen daerah pemilihan yang sudah dihitung, Rusia Bersatu hanya mendapatkan 49,94 persen suara. Hasil exit poll pun menunjukkan perolehan Rusia Bersatu belum mencapai 50 persen. Pada pemilu empat tahun lalu, partai ini berhasil merebut 64 suara dan menjadi mayoritas di Duma (DPR).

"Pemilihan ini belum pernah terjadi sebelumnya, karena dilakukan dengan latar belakang runtuhnya kepercayaan pada Putin, (Presiden Dmitry) Medvedev, dan partai berkuasa," kata Vladimir Ryzhov, seorang pemimpin oposisi yang dilarang mencalonkan diri.

"Saya rasa pemilu (presiden) Maret nanti akan menjadi krisis politik yang lebih besar," lanjutnya, seperti dikutip Reuters.

Putin dan Medvedev sempat menghadiri pertemuan di markas besar Rusia Bersatu setelah hasil pemilu diketahui. Medvedev mengatakan, dengan hasil ini Rusia Bersatu siap untuk membentuk aliansi untuk meloloskan beberapa isu di parlemen.

"Ini hasil optimal yang merefleksikan situasi sebenarnya di negara ini. Berdasarkan hasil ini kita bisa menjamin perkembangan yang stabil di negara kita," kata Putin.

Namun hasil ini bisa menyulitkan jalannya untuk kembali ke kursi kepresidenan. Sebab banyak pemilih yang merasa tertipu dengan keputusananya bertukar posisi dengna Medvedev tahun depan. Mereka juga kecewa dengan prospek dipimpin Putin untuk masa lebih dari 10 tahun lagi.

"Ini awal dari sebuah akhir. Hasil ini menunjukkan hilangnya gengsi partai (Rusia Bersatu) dan pemimpin negara," kata analis politik Andrei Piontkovsky.

Kekalahan partai Putin juga menandai kebangkitan kelompok komunis. Berdasarkan hitungan Komisi Pusat Pemilihan Umum, Partai Komunis memperoleh 19,3 persen suara.

Banyak orang memilih partai ini hanya untuk memprotes Rusia Bersatu, bukan karena benar-benar menyukai Partai Komunis. Para pemilih menganggap Partai Komunis sebagai kekuatan oposisi yang paling bisa dipercaya.

"Dengan kesedihan saya mengenang betapa bersemangatnya saya bersumpah pada kakek untuk tidak akan memilih Partai Komunis. Sedih rasaya, kini dengan surat suara di tangan saya harus mencontreng untuk memilih mereka (Partai Komunis) untuk menentang mereka semua (Rusia Bersatu)," kata Yulia Sepikova, seorang pekerja sebuah perusahaan perfilman.

Sumber :
Reuters

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemilih Tinggalkan Partai Putin.


Volcanic eruption closes Indonesian airport

Posted: 04 Dec 2011 06:03 PM PST

Volcanic eruption closes Indonesian airport
Associated Press, Ternate | Mon, 12/05/2011 8:43 AM
A |A |A|

A volcano has erupted in eastern Indonesia, forcing the closure of a nearby airport and blanketing villages with thick ash. No injuries have been reported.

State volcanologist Surono says Mount Gamalama spewed clouds of thick gray ash into the air late Sunday. Slow moving red lava was also visible at its peak.

Surono, who uses only one name, says an airport in Ternate, around 20 miles (30 kilometers) from the volcano, was closed Monday.

Gamalama’s last major eruption was in 2003. No deaths were reported then.

Indonesia has about 500 volcanoes. Of these, 128 are active and 65 are listed as dangerous.

function mailpage() {mail_str = “mailto:?subject=Check out the article from thejakartapost.com”;mail_str += “&body=I thought you might be interested in this article. \r\n “;mail_str += “You can view it at, ” + location.href;location.href = mail_str;}

Follow our twitter @jakpost& our public blog @blogIMO
mail Volcanic eruption closes Indonesian airport | print Volcanic eruption closes Indonesian airport | digg Volcanic eruption closes Indonesian airport | delicious Volcanic eruption closes Indonesian airport | spreddit1 Volcanic eruption closes Indonesian airport | stumbleit Volcanic eruption closes Indonesian airport | facebook share icon Volcanic eruption closes Indonesian airport |ico twitter Volcanic eruption closes Indonesian airport |lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

Post Comments| Comments ()

b4491705564909da7f9eaf749dbbfbb1 Volcanic eruption closes Indonesian airport

More Archipelago News
Gamalama volcano eruptsEight killed in housing complex wall collapse Eight killed in housing complex wall collapse 2 elderly people die in C. Java flood C. Sulawesi flash flood kills 4
+ index
b4491705564909da7f9eaf749dbbfbb1 Volcanic eruption closes Indonesian airport
Paper Edition
Kemang hosts another violent incident10 villages isolated after landslides in South NiasReminiscing over glorious youth and solidarityAbraham may protect hard-line politiciansBy the way … Attention women everywhere: If you drink enough milk you can rule the world!
+ index
Life Sci-Tech Environment Body & Soul Art & Design Culture Lifestyle Entertainment People Features
News & ViewsHeadlinesNationalArchipelagoBusinessJakartaWorldSportsExposeOpinionReaders’ forum

HomeCompany ProfileOnline Media KitPrint Media KitWeekender Media KitAbout UsContact UsSite Map

Copyright 2008 The Jakarta Post – PT Bina Media Tenggara. All Rights Reserved.

var gaJsHost = ((“https:” == document.location.protocol) ? “https://ssl.” : “http://www.”);document.write(unescape(“%3Cscript src=’” + gaJsHost + “google-analytics.com/ga.js’ type=’text/javascript’%3E%3C/script%3E”));try {var pageTracker = _gat._getTracker(“UA-8353993-1″);pageTracker._trackPageview();} catch(err) {}

Source: the jakarta post

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Volcanic eruption closes Indonesian airport.


Kepulauan Bangka Belitung KPU Siapkan 2.517 TPS

Posted: 04 Dec 2011 06:03 PM PST

 Kepulauan Bangka Belitung  KPU Siapkan 2.517 TPS

indonesia-tourism.com
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com – KPU Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sedikitnya 2.517 tempat pemungutan suara (TPS)  untuk pemilihan gubernur. KPU juga mengaji kemungkinan penambahan.

Anggota KPU Bangka Belitung, Syawaluddin, Senin (5/12/2011) di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan, usulan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dihitung dari jumlah pemilih sementara. Berdasarkan verifikasi faktual, tercatat 859.321 calon pemilih dalam pemilihan Gubernur Babel, 23 Februari 2012. "Usulan TPS masih mungkin bertambah," ujarnya.

Penambahan antara lain karena sejumlah TPS masih mendata lebih dari 600 pemilih. Padahal, setiap TPS melayani maksimal 600 pemilih. "Untuk TPS yang kelebihan pemilih, akan ada pemecahan sehingga jumlahnya bertambah," ujarnya.

 

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kepulauan Bangka Belitung KPU Siapkan 2.517 TPS.


Unsur Perseorangan Menguntungkan Perempuan

Posted: 04 Dec 2011 06:03 PM PST

2120153p Unsur Perseorangan Menguntungkan Perempuan

bestari
Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Diperbolehkannnya calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah di Aceh, memungkinkan calon pemimpin perempuan di Aceh berpartisipasi lebih dalam. Jalur partai politik relatif jauh lebih sulit ditembus calon perempuan, karena kuatnya kultur patriarkhi.

"Saya kira pencabutan Pasal 256 Undang-undang Pemerintahan Aceh oleh Mahkamah Konstitusi, yang memungkinkan calon perseorangan berpartisipasi dalam pilkada, telah memberi peluang lebih bagi perempuan di Aceh. Buktinya, dari 9 calon kepala daerah perempuan di Aceh sekarang, hanya satu yang dari partai," ujar aktivis perempuan Aceh, Sri Wahyuni, di Banda Aceh, Minggu (4/12/2011), di sela-sela acara temu kandidat bupati/wakil bupati se-Aceh.. 

Sri sekarang mencalonkan diri sebagai calon bupati Kabupaten Bener Meriah dalam pilkada 2012 dari unsur perseorangan.

Sri mengungkapkan, kalkulasi politik partai politik di Aceh, baik lokal maupun nasional, lebih mengutamakan calon laki-laki sebagai kandidat yang diusung dalam pilkada. Perempuan dipandang kurang cukup kuat menarik pemilih. Terlebih lagi, umumnya calon perempuan tak memiliki sumber dana yang memadai untuk membiayai pencalonan.

"Saya sendiri pernah mengalami langsung hal itu. Partai tempat saya bernaung menolak mendukung, waktu saya hendak mencalonkan diri,"  kata Sri.

Saat ini, ada sekitar 260 calon kepala daerah di Aceh, baik calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, maupun wali kota/wakil wali kota, yang telah terdaftar sebagai calon kepala daerah untuk pilkada 16 Februari 2012 mendatang. Dari jumlah itu, hanya 9 calon perempuan, dan 8 di antaranya dari unsur perseorangan.

Jumlah itu jauh dibandingkan dengan proporsi jumlah penduduk perempuan di Aceh, yang mencapai 52 persen dari sekitar 4,3 juta total penduduk di provinsi ini.

Dengan adanya calon perseorangan, lanjut Sri, sebenarnya peluang calon kepala daerah perempuan tak berbeda jauh dengan laki-laki. Namun, calon perempuan harus lebih giat menjalin relasi dan komunikasi dengan masyarakat, serta terus meningkatkan kapasitasnya dibanding calon laki-laki mengingat. Standar yang harus dipenuhi calon perempuan di mata masyarakat agak lebih tinggi dibanding laki-laki.

"Calon perempuan tak boleh lemot. Sedikit saja lemot, masyarakat akan sangat mudah memberi penilaian negatif. Masyarakat akan bertanya setajam apakah dia. Kalau sedikit saja tak sesuai ekspektasi, dengan mudah akan ada penilaian, dasar perempuan, lemot," ujarnya.

Dengan kondisi itu, ungkap Sri, sebenarnya perempuan tetap memiliki peluang yang sama dengan calon pemimpin laki-laki di kancah pilkada. Hanya saja, mau tidak mereka lebih giat dan bergaul untuk mendapatkan dukungan.

Peneliti partisipasi politik perempuan dari Liga Inong Acheh (LINA), Rizki Affiat, mengungkapkan, permainan di partai politik dan struktur politik di dalamnya seringkali menjadi hambatan bagi calon perempuann untuk tampil. Dari sejumlah kasus calon pemimpin daerah di Aceh beberapa waktu terakhir, baik dalam pemilu legislatif maupun kepala daerah, calon perempuan seringkali dicoret oleh partainya karena ada permainan internal di dalamnya.

Kasus di Kabupaten Aceh Barat, misalnya, seorang calon kepala daerah perempuan yang sudah dinyatakan akan diusung partai nasional, tiba-tiba dicoret, karena adanya intervensi dari orang kuat.

"Kasus seperti ini juga lebih banyak terjadi di pemilu legislatif. Perempuan yang mengantongi suara signifikan dengan mudah digeser. Selain itu, kebanyakan perempuan hanya dijadikan pelengkap kuota, kata Rizki.

 

 

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Unsur Perseorangan Menguntungkan Perempuan.


Mantan Pemimpin Khmer Merah Diadili

Posted: 04 Dec 2011 06:02 PM PST

5K9PTOIjK9 Mantan Pemimpin Khmer Merah DiadiliIlustrasi: AFP
PHNOM PENH – Tiga mantan pemimpin senior rezim Khmer Merah Kamboja akan menjalani proses pengadilan untuk pertama kalinya hari ini. Ketiganya diduga terlibat langsung atas pembantaian sekira 1,7 juta warga pada 1970-an lalu.
Pengadilan ini memang sudah ditunggu sejak lama dan sudah dimulai sejak akhir bulan lalu, untuk mendengar pendapat. Pengadilan kali ini difokuskan untuk mendakwa para pemimpin senior Khmer atas relokasi paksa dan kejahatan atas kemanusiaan. 
1975 silam, Khmer Merah memulai memindahkan secara paksa sekira 1 juta warga dari ibu kota saat itu, menuju wilayah pedesaan. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk pemerintahan komunis yang memfokuskan dirinya pada industri pertanian.
Selain kejahatan kemanusian, seluruh terdakwa dituduh melakukan aksi genosida, mengekang kebebasan beragama, pembunuhan serta penyiksaan. Semuanya mengaku tidak bersalah atas tuduhan tersebut. Demikian diberitakan Associated Press, Senin (5/12/2011).
Selama melakukan aksi kejahatannya di Vietnam, Khmer Merah dipimpin oleh Pol Pot sejak 1976 hingga 1979. Dirinya baru mundur dari jabatannya pada 1985, namun bertahan sebagai pemimpin de facto Partai Komunis dan kekuatan yang dominan di dalamnya.
Pol Pot tidak sempat menjalani proses pengadilan khusus untuk Khmer, dirinya meninggal akibat serangan jantung pada April 1998. 

(faj)

Source: OkeZone – International

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mantan Pemimpin Khmer Merah Diadili.


Mesin Mbrebet Sampai Mati Mendadak, Waspadai Connector Cop Busi

Posted: 04 Dec 2011 06:02 PM PST

20111130 cop 1 Mesin Mbrebet Sampai Mati Mendadak, Waspadai Connector Cop Busi
Ingat! Jangan sampai besinya berkarat

Mesin mendadak mbrebet sampai mati mendadak, komponen yang yang disalahkan biasanya karburator. Atau komponen pengapian bermasalah. Namun kalau semua normal tapi tetap juga mbrebet, pastinya bikin bingung.

Seperti dialamai Boyo, kru Em-Plus, Vespa PTS miliknya tahu-tahu mbrebet dan mati mendadak di tengan jalan. Ketika cek aliran bensin dari tangki ke karbu lancar. Bahkan bunga api dari kabel busi pun berwarna biru.

Rupanya connector penjepit ulir busi di dalam cop busi terlepas dari sarangnya. Sehingga besi berulir yang mengarah ke kabel busi pun tak maksimal menyalurkan arus listrik. Begitu kena getaran dan rengang, mesin mbrebet dan mati mendadak, ujarnya.

Analisa Soemar, mekanik Abadi Motor, penyebab lepasnya connector di dalam bodi cop busi banyak. Diantaranya usia pakai. Kalau kelewat lama akan timbulkan karat.

Bisa juga karena suhu sekitar terlalu panas. Dapat menyebabkan karet pelindung jadi getas hingga menyebabkan air kotor gampang menyelinap. Dan kalau sudah karat, hambatan pada connector pun makin besar. Api busi jadi kecil, lanjut mekanik yang buka bengkel di Jl. Raya Sawangan, Parung, Bogor itu.

Nah, kalau gak ingin motor seperti itu, saran Soemar biasakan cek kondisi cop busi tiap 1 tahun. Sebab kondisinya dari luar tidak ada kerusakan, tapi jika dilihat dalam bisa bermasalah.

Kalau enggak mau repot, saat servis berkala atau besar, minta tolong mekanik untuk ngecek arus dan hambatannya. Kalau enggak ada arus atau hambatannya besar, jangan heran tenaga motor kurang maksimal, ingatnya.  (motorplus-online.com)

Penulis : KR15 | Teks Editor : Nurfil | Foto : Yudi
Tags : Connector Busi,

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mesin Mbrebet Sampai Mati Mendadak, Waspadai Connector Cop Busi.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com