1.03.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Suku Bunga BI Harus Disesuaikan

Posted: 02 Jan 2012 08:52 AM PST

872c9f9831f0c19edbb049f2848bd262 L Suku Bunga BI Harus Disesuaikan SBY istimewa

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendorong penyesuaian suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) untuk mendorong investasi, setelah Indonesia dinyatakan masuk dalam investment grade oleh lembaga rating internasional.

“Suku bunga harus disesuaikan, di satu sisi untuk menjaga inflasi, dan untuk financing dunia usaha dan sektor industri,” kata Yudhoyono di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (2/1).

Saat ini, suku bunga acuan BI berada pada level 6,0 persen. Namun, Presiden tidak menyebut angka pasti penyesuaian yang dianggap ideal untuk mendorong investasi.

“Yang penting, pemerintah dan BI menjaga melalui kebijakan fiskal, moneter, ketika investasi makin mengalir,” kata Kepala Negara.

Menurut Presiden, para pelaku usaha harus bisa memanfaatkan peluang dan berinovasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Investment grade, katanya, adalah peluang yang harus dimanfaatkan oleh para investor.

Yudhoyono menegaskan, status investment grade yang diraih oleh Indonesia memiliki pengaruh positif, dan akan meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia sebagai lahan investasi.

“Tentu akan lebih banyak lagi investasi terbuka di negeri ini baik direct invesment maupun portfolio invesment,” kata Presiden.

Terkait dengan peningkatan investasi, Presiden mengatakan, pemerintah akan terus fokus pada upaya pembangunan infrastrukur.

“Kita tetapkan pembangunan infrastruktur besar-besaran. APBN akan kita arahkan ke sana,” kata Kepala Negara.

Presiden mengatakan, ketidaksiapan infrastruktur di Indonesia adalah salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh para investor.

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk memberikan berbagai dukungan, termasuk dukungan alokasi anggaran, untuk membangun infrastruktur.

Bahkan, Presiden menegaskan, sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2011 sekitar Rp40 triliun sebagian besar akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Hal lain yang sering dikeluhkan adalah birokrasi, sehingga Presiden meminta seluruh pihak untuk melakukan perbaikan birokrasi.

Menurut Kepala Negara, birokrat harus responsif atau cepat bertindak dan cepat mengambil keputusan.

Pada kesempatan itu, Presiden juga memerintahkan pihak-pihak terkait, baik di pusat maupun daerah, untuk menyesuaikan regulasi dan sektor pendanaan untuk mempercepat pembangunan ekonomi.[nta]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Suku Bunga BI Harus Disesuaikan.


Produksi Pertanian Selama 2011 Turun

Posted: 02 Jan 2012 08:52 AM PST

ee88e394cd9340831a288bce63466b2d L Produksi Pertanian Selama 2011 Turun ilustrasi istimewa

JAKARTA – Kementerian Pertanian mengungkapkan produksi sejumlah komoditas pertanian strategis seperti padi, jagung dan kedelai pada 2011 mengalami penurunan dibandingkan 2010.

Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Senin (2/11) mengatakan, mengacu pada angka ramalan III (Aram III) BPS, produksi padi, tercatat 65,39 juta ton gabah kering giling (GKG), turun 1,63 persen dibandingkan produksi 2010.

Sementara produksi jagung sebesar 17,2 juta ton pipilan kering (turun 5,99 persen) dan kedelai 870.000 ton biji kering (turun 4,08 persen).

“Turunnya pencapaian angka produksi tidak lain karena adanya perubahan iklim yang secara nyata berpengaruh terhadap produksi dan ketersediaan pangan,” katanya ketika menyampaikan Refleksi Tahun 2011 dan Rencana Pembangunan Pertanian 2012.

Mentan Siswono mengatakan di Indonesia terjadi pergeseran musim tanam akibat musim kemarau yang berkepanjangan sehingga hal itu berpengaruh pada angka-angka produksi yang relatif turun dibandingkan target yang ditetapkan.

“Tapi, saya mengharapkan masih akan ada perbaikan angka-angka produksi pada tahun ini karena tahun lalu terjadi pergeseran musim tanam,” katanya.

Mentan menyatakan, upaya-upaya optimalisasi dan penyelamatan pascapanen pada Oktober-Desember 2011 diharap bisa memacu produksi 2012.

Dia mengharapkan pencapaian produksi, khususnya untuk tanaman padi akan lebih tinggi dari angka Aram III tahun 2011.

Sementara itu untuk subsektor perkebunan, Suswono menyatakan, produksi gula pada 2011 mencapai 2,23 juta ton atau 82,59 persen dari target yang ditetapkan dengan luas areal tanam tebu 447,3 ribu hektar.

“Pencapaian angka produksi ini selain karena perubahan iklim juga akibat terjadinya serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) di beberapa sentra produksi,” katanya.

Mengenai pencapaian produksi komoditas perkebunan lainnya seperti kelapa sawit, kakao, karet, kelapa dan kopi, dia menyatakan, menunjukkan hasil yang cukup baik seperti terlihat pada nilai ekspor triwulan III yang umumnya melebihi realisasi 2010.[nta]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Produksi Pertanian Selama 2011 Turun.


Tiga BUMN Akan Tawarkan Saham Perdana Pada 2012

Posted: 02 Jan 2012 08:52 AM PST

17ae2fe4eb63edca1c9be42ee476f644 L Tiga BUMN Akan Tawarkan Saham Perdana Pada 2012 Dahlan Iskan istimewa

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, mengemukakan, sebanyak tiga perusahaan BUMN direncanakan akan melepas sahamnya ke publik melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) pada 2012.

“Perusahaan BUMN yang sudah pasti yakni Semen Baturaja, diperkirakan bulan Juni-Juli 2012, sedangkan yang dua lagi belum bisa saya ungkapkan,” ujar Iskan usai seremoni pembukaan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (2/1).

Dua BUMN itu telah menyampaikan niatnya ke kementerian BUMN untuk melakukan IPO pada tahun ini. “Baru disampaikan dari deputi tapi saya juga belum ketemu dengan perusahaannya,” kata dia.

“Intinya kalau IPO BUMN itu kita serahkan ke korporasinya. Intinya mana yang siap saya dukung,” kata dia.

Sementara, terkait dana yang ditargetkan dalam rencana IPO Semen Baturaja, Dahlan mengemukakan, pihaknya akan melihat lebih lanjut, terutama kinerja BUMN yang sudah mencatatkan sahamnya di lantai bursa.

“Kami sedang meninjau hal itu, seperti Semen Gresik saat akhir tahun harga sahamnya naik tinggi ke 11.450-an, jadi harus ditinjau lagi. Sektor semen sedang bagus,” ujar dia.

Menurut Iskan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam rencana melaksanakan IPO BUMN, yakni kesiapan dari korporasi, waktu IPO, dan kemampuan penyerapan pasar.

Secara terpisah, Presiden Susilo Yudhoyono dalam sesi tanya jawab dengan pelaku pasar mengatakan, ada tiga perusahaan berstatus BUMN yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia tahun ini. “Saya dengar tahun ini ada tiga BUMN yang melantai di bursa, dan mungkin kalau di tangan Pak Dahlan Iskan, mungkin bisa sampai lima,” ujar Presiden menanggapi pertanyaan pelaku pasar.

Lebih lanjut, Presiden menghimbau kepada perusahaan BUMN untuk menyisihkan perolehan dana sekaligus investasi. Pemerintah juga akan mendorong BUMN yang sudah siap untuk masuk ke pasar modal.[nta]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tiga BUMN Akan Tawarkan Saham Perdana Pada 2012.


Pemerintah Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur

Posted: 02 Jan 2012 08:52 AM PST

e3db245c2bbf0c217cc34db13f785f3b L Pemerintah Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur ilustrasi istimewa

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, pemerintah akan terus fokus pada upaya pembangunan infrastrukur untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia.

“Kita tetapkan pembangunan infrastruktur besar-besaran. APBN akan kita arahkan ke sana,” kata Presiden saat meresmikan pembukaan perdagangan saham 2012 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/1).

Yudhoyono mengatakan, ketidaksiapan infrastruktur di Indonesia adalah salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh para investor.

Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk memberikan berbagai dukungan, termasuk dukungan alokasi anggaran, untuk membangun infrastruktur.

Bahkan, Yudhoyono menegaskan, sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2011 sekitar Rp40 triliun sebagian besar akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Hal lain yang sering dikeluhkan adalah birokrasi. Untuk itu, Yudhoyono meminta seluruh pihak untuk melakukan perbaikan birokrasi.

Menurut dia, birokrat harus responsif atau cepat bertindak dan cepat mengambil keputusan.

Pada kesempatan itu, Yudhoyono juga memerintahkan pihak-pihak terkait, baik di pusat maupun daerah, untuk menyesuaikan regulasi dan sektor pendanaan untuk mempercepat pembangunan ekonomi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin pagi, meresmikan pembukaan perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012 di gedung BEI, Jakarta.

Pembukaan ditandai dengan penekanan layar sentuh oleh Yudhoyono yang diikuti dengan bunyi sirine. Setelah itu, Yudhoyono menandatangani sertifikat yang menandai pembukaan perdagangan saham perdana.

Dalam sambutan singkat, Kepala Negara mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh jajaran BEI atas kerja keras selama ini.

Yudhoyono juga mengucapkan terimakasih kepada segenap regulator pasar modal dan semua pelaku ekonomi.

“Terimakasih kepada semua pelaku ekonomi. Bersama pemerintah, kita telah membangun ekonomi dengan prestasi yang baik,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga menandatangani prasasti sekaligus meresmikan Galeri Bursa Efek Indonesia. Setelah menandatangani prasasti, Yudhoyono meninjau galeri tersebut.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II mendampingi Presiden dalam acara itu.[nta]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemerintah Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur.


IHSG Awal Tahun Dibuka Turun Tipis

Posted: 02 Jan 2012 08:52 AM PST

a0c8d7102d7f167c6bf27057cd9ae0a1 L IHSG Awal Tahun Dibuka Turun Tipis ilustrasi istimewa

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan awal tahun 2012 dibuka turun tipis 0,79 poin atau 0,02 persen ke posisi 3.821,20.

Berdasarkan pantauan sepanjang Senin pagi (2/1), sejumlah bursa utama Asia seperti Bursa Nikkei, Hang Seng, dan Shanghai masih ditutup memperingati libur tahun baru.

Diperkirakan IHSG bergerak berfluktuasi kecenderungan naik dengan transaksi yang relatif tipis.

Sepanjang 2011 IHSG mencetak imbal hasil positif sebesar 3,2 persen, atau terbaik kedua di bursa Asia.

Hari ini akan diumumkan data inflasi bulan Desember 2011. Seiring dengan pengumuman inflasi, saham-saham yang sensitif dengan data itu yakni perbankan, Astra, dan properti dapat dicermati pelaku pasar.

Pada perdagangan hari ini, secara teknikal indeks BEI diperkirakan akan bergerak “mixed” dengan kisaran 3.780-3.860.

Indeks regional yang ditutup `mixed` pada tahun 2011 lalu menandakan adanya kekhawatiran investor mengenai perkembangan krisis utang Eropa dan juga perbaikan ekonomi US masih akan memberikan sentimen terhadap pergerakan indeks.

Beberapa saham yang dapat diperhatikan untuk diperdagangkan hari ini diantaranya, Mayora (MYOR), Indo Tambangraya Megah (ITMG), Semen Gresik (SMGR), AKR Corporindo (AKRA).

Sementara, hingga pukul 9.45 WIB IHSG melanjutkan pelemahan ke posisi 3.815,27 atau turun 6,73 poin sebesar 0,18 persen.

Bursa-bursa kawasan regional belum bergerak poinnya dikarenakan libur tahun baru.

Per akhir tahun 2011 lalu (30/12) diantaranya indeks Hang Seng menguat 36,47 poin (0,20 persen) ke level 18.434,39, indeks Nikkei-225 naik 56,46 poin (0,67 persen) ke level 8.455,35, dan indeks Shanghai Composite menguat 25,86 poin (1,19 persen) ke level 2.199,42.[nta]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - IHSG Awal Tahun Dibuka Turun Tipis.


Rusia Akan Modernisasi 60 MIG-31

Posted: 02 Jan 2012 08:47 AM PST

82ef28475840f6525d6bdd4bbc07168b L Rusia Akan Modernisasi 60 MIG 31 Pesawat MIG-31 istimewa

MOSKOW – Angkatan Udara Rusia akan menerima lebih dari 60 pesawat modern jenis Mikoyan-Gurenvich (MiG)-31 Foxhound pencegat pada tahun 2020, demikian keterangan departemen pertahanan Negeri Beruang Merah itu pada Senin (2/1).

Satu kontrak untuk modernisasi ditandatangani oleh kementerian pertahanan, dan Rusia United Aircraft Corporation pada Desember 2011.

“Kami berencana untuk meng-upgrade lebih dari 60 MiG-31 pencegat menjadi versi MiG-31BM pada tahun 2020,” kata Juru bicara Angkatan Udara Rusia, Vladimir Drik.

Sedikit-dikitnya MiG-31s yang telah dimodernisasi ke versi MiG-31BM sejak pencegat berat memasuki layanan tugas pada Angkatan Udara Rusia pada 1982.

Versi modern itu dilengkapi dengan upgrade avionik dan digital data link, radar multimode baru, warna multi-fungsi ditampilkan di kokpit, dan sistem kontrol-senjata yang lebih kuat.

Pesawat ini dapat mendeteksi target udara pada kisaran 320 kilometer (200 mil) dan sekaligus melacak hingga 10 target.

MiG-31BM baru dapat membawa rudal udara-ke-udara dan rudal udara-ke-permukaan seperti rudal rudal AS-17 Krypton anti-radar.

Pesawat jenis pencegat merupakan bagian integral dari jaringan pertahanan kedirgantaraan yang komprehensif yang diciptakan Rusia untuk menggagalkan setiap ancaman udara potensial, termasuk balistik dan rudal jelajah.[nta]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rusia Akan Modernisasi 60 MIG-31.


Kim Jong-un Inspeksi Militer Korut

Posted: 02 Jan 2012 08:47 AM PST

5ccc8e1873294e1e5936e630de6ff8d3 L Kim Jong un Inspeksi Militer Korut Kim Jong-un istimewa

PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menandai Tahun Baru dengan melakukan inspeksi ke divisi tank Tentara Rakyat Korea (KPA). Hal itu dilansir kantor Korut KCNA, Senin (2/1).

Kim yang juga merupakan pemimpin tertinggi KPA mengatakan Divisi Tank Seoul Ryu Kyong Su 105 merupakan unit KPA yang paling sering dikunjungi oleh mendiang pemimpin Korut Kim Il-sung dan Kim Jong-il.

Dalam inspeksinya tersebut, Kim menyebut dirinya berharap Divisi Tank tersebut akan menjadi unit terkuat KPA. Dia menuntut Divisi Tank untuk meningkatkan kesiagaan mereka dan siap bertempur setiap saat.

Ini merupakan inspeksi pertama Kim ke KPA sejak ditunjuk menggantikan sang ayah.

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kim Jong-un Inspeksi Militer Korut.


Mantan Kepala Intelijen Argentina Tewas Ditembak

Posted: 02 Jan 2012 08:47 AM PST

76c9dd399eeffb1f20ec576494420bb1 L Mantan Kepala Intelijen Argentina Tewas Ditembak Carlos Soria istimewa

BUENOS AIRES – Mantan kepala badan intelijen Argentina yang kini menjabat sebagai Gubernur Provinsi Rio Negro Carlos Soria tewas ditembak dalam peringatan Tahun Baru di kediamannya di Patagonia.

Soria yang baru beberapa pekan menjabat sebagai gubernur di negara bagian kaya minyak di Argentina itu tewas setelah ditembak pasca terjadi pertengkaran antar anggota keluarganya pada Minggu (1/1) dini hari waktu setempat.

Dia sempat dilarikan ke rumah sakit namun meninggal akibat luka-luka yang dialaminya.

Wakil Gubernur Rio Negro Alberto Weretilneck yang kini menjadi gubernur negara bagian tersebut mengatakan dirinya menyerahkan masalah penembakan itu kepada polisi untuk diselidiki.

Weretilneck menyebut istri Soria sebagai satu-satunya orang yang berada di rumah tersebut saat penembakan itu terjadi. Soria menderita luka tembak di mata kirinya. Istri Soria kini ditahan di kantor polisi untuk dimintai keterangan.

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mantan Kepala Intelijen Argentina Tewas Ditembak.


Perang Dimulai! Obama Teken Sanksi Anti-Minyak Iran

Posted: 02 Jan 2012 08:47 AM PST

c934c740ade68f900490ccb48f38bf63 L Perang Dimulai! Obama Teken Sanksi Anti Minyak Iran

WASHINGTON Presiden Amerika Serikat, Barack Obama Sabtu (31/12) lalu menandatangani sanksi anti-Iran yang dirilis Kongres negara ini. Tindakan Obama ini membuat ketegangan di Teluk Persia semakin hebat. Tulis Fars News mengutip Wall Street Journal.

Menurut sumberi ini, langkah yang sebelumnya disepakati Kongres ini juga mencakup perusahaan asing yang memiliki transaksi dengan Bank Sentral Iran.

Namun demikian Obama masih menunjukkan sikap agak lunak soal sanksi ini, namun timnya berusaha terus mengejar supaya sanksi ini membuat penjualan minyak Iran semakin sulit.

Seorang petinggi pemerintah AS terkait hal ini mengungkapkan, “kami meyakini bahwa kami mampu melaksanakan kebijakan ini. Presiden akan menyadari pilihannya ini, namun kami berusaha menggapai tujuan dari sanksi yang disahkan Kongres dan kemudian disepakati presiden.”

Masih menurut laporan ini, sejumlah petinggi AS mengklaim bahwa Teheran akan menilai langkah ini dengan sendirinya sebagai pengumuman perang. Langkah ini mungkin akan memaksa Iran menutup Selat Hormuz sebagai jalur terpenting pelayaran minyak ke dunia.

Wall Street Journal mengaku bahwa meski Iran di atas kertas mampu menutup Selat Hormuz, namun hal ini sebenarnya mustahil dilaksanakan.

Keputusan baru ini disusun untuk memaksa negara dunia memilih bertransaksi dengan Iran atau Amerika. Undang-undang tersebut akan diberlakukan 60 hari mendatang, namun khusus transaksi minyak baru berlaku enam bulan mendatang.

Mayoritas pengamat ekonomi dunia memperingatkan dampak ekonomi bagi kebijakan seperti ini. Ryan Powell, calon kandidat presiden dari kubu Republik juga menilai langkah ini sebagai pengumuman perang. [ika]

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Perang Dimulai! Obama Teken Sanksi Anti-Minyak Iran.


Baru Sehari, Follower Murdoch Capai 40 Ribu

Posted: 02 Jan 2012 08:46 AM PST

58edd740961fe30d8f360d727dc9dcaa L Baru Sehari, Follower Murdoch Capai 40 Ribu Rupert Murdoch istimewa

LOS ANGELES – Raja media Rupert Murdoch, 80 tahun, akhirnya tertarik juga membuka akun Twitter. Pada hari pertamanya, dia berkicau pemilihan calon presiden Amerika Serikat, perebutan piala Oscar, dan Steve Jobs.

Pengguna jejaring sosial itu sempat mencurigai akun yang dibuka oleh Rupert Murdoch di malam tahun baru 2012 itu palsu. Namun, keasliannya segera dikonfirmasi oleh pendiri Twitter, Jack Dorsey. Dengan suaranya sendiri, dengan caranya sendiri, @RupertMurdoch sekarang ada di Twitter, ujar Dorsey, Senin (2/1).

Dalam 24 jam saja, Direktur Utama News Corp itu sudah mengumpulkan 40 ribu pengikut. Dalam waktu sehari itu, dia telah ngetwit lebih dari selusin kali. Dia antara lain menulis seruan kepada kandidat presiden Amerika, Ron Paul. Dia juga mengaku senang melihat Rick Santorum menghentak di Iowa. Terlepas dari kebijakan, semua debat menampilkan prinsip-prinsip, konsitensi, dan kerendahan hati.

Murdoch menonton sejumlah film yang masuk dalam penjurian Oscar. Dia menyatakan menyukai We Bought a Zoo yang dibintangi Matt Damon dan Scarlett Johansson. Dia juga berkicau bahwa George Clooney berhak atas Oscar atas penampilannya di The Descendants. Puji Tuhan, salah satu yang membanggakan.

Menurut dia, biografi Steve Jobs menarik, tetapi tidak fair. Murdoch juga menyatakan Alexander Hamilton adalah orang terbaik yang tak pernah terpilih sebagai presiden. Namun, dia tidak berbagi informasi soal skandal penyadapan yang dilakukan medianya.

Ternyata tidak semua orang menyukai kemunculannya di Twitter. Mantan Wakil Perdana Menteri Inggris Lord Prescott mengatakan, Hei @rupertmurdoch. Saya terkejut Anda hanya mengikuti dua orang.

Source: nonblok online

Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Baru Sehari, Follower Murdoch Capai 40 Ribu.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com