3.30.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Wah, Ternyata Steve Jobs Tidak Suka ‘Siri’

Posted: 29 Mar 2012 08:01 PM PDT

FvYsExDU1N Wah, Ternyata Steve Jobs Tidak Suka SiriIlustrasi (Foto: update android)

CALIFORNIA – Salah satu pendiri Apple, Steve Jobs yang meninggal pada Oktober lalu ternyata tidak terlalu menyukai nama ‘Siri’. Namun saat mengakuisisi perusahaan di balik perangkat lunak asisten pribadi iPhone 4S itu, Jobs tidak bisa memberikan pilihan nama yang lebih baik daripada Siri.
 
Rincian baru mengenai mantan CEO Apple itu berasal dari pidato Dag Kittlaus, salah satu dari pendiri Siri. Yoni Heisler dari NetworkWorld yang hadir saat itu mengatakan, ‘Siri’ merupakan ‘wanita cantik yang memimpin Anda untuk meraih kemenangan’.
 
“Saya bekerja dengan seorang wanita bernama Siri di Norwegia dan ingin memberikan nama Siri untuk putri saya dan domain. Selain itu juga karena perusahaan konsumen harus fokus pada fakta bahwa nama itu mudah dieja dan diucapkan,” ujar Kittlaus seperti dilansir dari Apple Insider, Jumat (30/3/2012).
 
Apple mengakuisisi Siri pada 2010 yang kabarnya seharga USD200 juta, perangkat lunak itu mulanya merupakan item gratis untuk iPhone di App Store. Lalu setelah diakuisisi, Jobs tidak ingin menjualnya dengan nama Siri.
 
Kittlaus terus mencoba meyakinkan, meski saat itu Jobs tampak tidak puas dengan nama produk. Tapi karena gagal memberikan nama yang lebih baik, akhirnya Jobs terjebak dengan ‘Siri’.
 
Selain itu, Kittlaus juga mengungkapkan setelah aplikasi Siri diluncurkan di App Store, ia tiba-tiba dipanggil oleh Jobs di Cupertino, California. Saat itu menurut penuturan Kittlaus, mereka mengobrol selama tiga jam tentang sebuah masa depan.
 
“Apple itu sabar. Mereka tidak akan melompat pada apa pun sampai menemukan bahwa mereka bisa pergi dengan sesuatu hal yang baru. Jadi itu salah satu alasan ketertarikannya (Jobs) dengan Siri,” jelasnya.
(fmh)

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Wah, Ternyata Steve Jobs Tidak Suka Siri

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wah, Ternyata Steve Jobs Tidak Suka ‘Siri’.


Lulusan SMP, 5 Tahun Jadi Dokter Gadungan

Posted: 29 Mar 2012 08:01 PM PDT

 Lulusan SMP, 5 Tahun Jadi Dokter Gadungan Ahmad Faisol Santawi dan Herman saat diamankan di Polres. Selama menjadi dokter gadungan lima tahun, tak satupun pasien yang mengeluhkan hasil pengobatannya.

SITUBONDO, KOMPAS.com – Beralasan untuk menafkahi keluarga, dua orang buruh tani asal Desa/Kecamatan Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, bernama Herman Sucipto (43) dan Santawi (36), nekat membuka praktik layaknya seorang dokter. Bahkan, kedua orang yang diketahui lulusan SMP dan SD ini melakoni aksi menjadi dokter gadungan selama lima tahun terakhir.

Kedua orang menggunakan modus menawarkan jasa pengobatan keliling kampung di sejumlah desa di Kecamatan Arjasa. Selain mengobati pasien yang menderita penyakit ringan, mereka juga melayani para ibu rumah tangga yang akan suntik KB (Keluarga Berencana) dan operasi khitan.

Hebatnya, selama membuka praktik ilegal, tak ada satupun keluhan dari pasiennya. Tak pernah ada istilah malpraktek. Praktik ilegal mereka akhirnya tercium polisi setelah mendapat laporan dari warga. "Sebelum kami menangkap di rumahnya masing-masing pada Rabu (28/3/2012) malam, keduanya memang sudah lama menjadi target operasi (TO)," terang Kasatreskoba AKP Priyo Purwandito, Kamis (29/3/2012) kemarin.

Dari kedua tangan dokter gadungan tersebut, polisi mengamankan beberapa alat kedokteran, di antaranya, stetoskop, alat tensi darah, peralatan bedah, injeksi, perban, dan aneka obat-obatan. "Keduanya terbukti melakukan praktik layaknya seorang dokter. Maka kami menjerat keduanya dengan Undang-undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kesehatan tanpa register dan surat izin. Ancaman hukumannya 5 tahun penjara," imbuh Priyo.

Herman membenarkan, dirinya dan Santawi telah 5 tahun menjalani profesi tersebut. Peralatan medis yang dimiliki ayah dua anak itu merupakan warisan ayahnya yang dulu berprofesi mantri kesehatan. Herman juga belajar kepada ayahnya. Herman mematok tarif murah kepada pasiennya, berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu. Setiap minggu, 3-5 pasien yang datang ke tempat praktiknya.

Selain melayani pasien yang datang ke tempat praktik, Herman juga melayani pasien di rumahnya bila ditelpon pasien. Karena laris manis, Herman mengajak dan mengangkat Santawi sebagai asistennya. Dari Herman, Santawi belajar cara mengobati pasien. Bahkan, meski hanya jebolan kelas V SD, akhirnya Santawi berani membuka praktik sendiri.

"Saya tahu cara mengobati pasien dari Herman setelah ikut dia setahun, tapi saya tidak menerima permintaan khitan. Saya nekat menjalani profesi sebagai dokter gadungan karena terdesak kebutuhan ekonomi," tutur Santawi.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lulusan SMP, 5 Tahun Jadi Dokter Gadungan.


E-learning untuk jangkau pelosok hingga tapal batas

Posted: 29 Mar 2012 08:00 PM PDT

Online learning memungkinkan kita untuk saling bertukar pengalaman budaya dan mengembangkan koneksi profesional serta jejaring komunitas antar-negara.”Fakta yang dicatat oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) pada 2007 itu menjadi ironi tersendiri dan laksana menjadi potret buramnya dunia pendidikan di Tanah Air.

Sesungguhnya ironi yang menyedihkan tentang remaja yang terpaksa putus sekolah karena salah satunya terkendala jarak tempat tinggal mereka dengan lokasi sekolah yang sangat jauh, sudah saatnya diakhiri.

Kecanggihan teknologi sudah waktunya dioptimalkan untuk menjadi solusi bagi persoalan klise itu mengingat kegagahan teknologi yang mampu menembus ruang dan batas waktu.

Saat ini, telah banyak institusi menerapkan pendidikan berbasis teknologi dengan beragam metode pengajaran yang memungkinkan siswanya untuk tetap duduk di bangku sekolah meskipun tidak harus hadir di kelas.

Salah satu yang kini banyak dikembangkan adalah metode belajar jarak jauh berbasis internet atau yang lebih dikenal dengan e-learning atau online learning.

Melalui metode belajar itu maka terbuka perluasan kesempatan memperoleh pendidikan bagi warga yang tinggal di pelosok dan daerah terpencil Indonesia.

Peneliti UGM Yogyakarta, Asep Herman Suyanto, dalam sebuah kajiannya tentang e-learning berpendapat, e-learning memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).

“Melalui fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta didik yang dapat dijangkau melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin lebih banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat belajar,” kata Asep Herman.

Apalagi persoalan putus sekolah akibat akses transportasi yang sulit masih menjadi penyumbang angka putus sekolah tertinggi di Tanah Air. Data resmi dari 33 Kantor Komnas Perlindungan Anak (PA) di 33 provinsi pada 2007, bahkan mencatat, jumlah anak putus sekolah mencapai 11,7 juta jiwa.  

Fakta itu menjadi ironi tersendiri di era kecanggihan teknologi seperti saat ini, mengingat melalui teknologi pada dasarnya solusi bagi masalah itu ada di depan mata. Seharusnya tidak ada lagi cerita tentang remaja putus sekolah di wilayah terpencil ataupun di wilayah tapal batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Solusi Cerdas
Pada dasarnya, metode belajar e-learning bukan hal baru lagi bagi dunia pendidikan. Konsep tersebut telah lama dikembangkan namun sayangnya belum terlampau diterapkan secara optimal di Tanah Air.

Padahal banyak institusi bahkan banyak negara yang telah membuktikan manfaat e-learning sebagai solusi cerdas bagi persoalan di dunia pendidikan.

E-learning di samping membuka kesempatan belajar bagi siapa saja yang membutuhkan juga memungkinkan penghematan biaya pendidikan yang signifikan tidak hanya dari segi finansial tetapi juga dari segi nonfinansial.

Secara finansial, biaya yang bisa dihemat, antara lain biaya transportasi ke tempat belajar dan akomodasi selama belajar (terutama jika tempat belajar berada di kota lain dan negara lain), biaya administrasi pengelolaan (misalnya biaya gaji dan tunjangan selama pelatihan, biaya instruktur dan tenaga administrasi pengelola pelatihan, makanan selama pelatihan), hingga penghematan dari sisi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar (misalnya penyewaan ataupun penyediaan kelas, kursi, papan tulis, LCD player, OHP).

Penghematan biaya tersebut telah dibuktikan oleh sejumlah perusahaan besar yang menerapkan e-learning bagi para pekerjanya. William Horton penulis buku Designing Web-Based Training, telah mendata sejumlah perusahaan yang sudah menikmati manfaat pengurangan biaya setelah menerapkan e-learning.

Sejumlah perusahaan itu antara lain Buckman Laboratories berhasil mengurangi biaya pelatihan karyawan dari  2,4 juta dolar menjadi 400.000 dolar AS ; Aetna berhasil menghemat tiga  juta dolar untuk melatih 3000 karyawan; Hewlett-Packard bisa memotong biaya pelatihan bagi 700 insinyur mereka untuk produk-produk chip yang selalu diperbaharui, dari tujuh  juta dolar menjadi 1,5 juta juta dolar ; serta Cisco mengurangi biaya pelatihan per karyawan dari 1200 – 1800 dolar menjadi hanya 120 dolar per orang.

Biaya nonfinansial yang bisa dihemat juga banyak, antara lain produktivitas bisa dipertahankan bahkan diperbaiki karena pembelajar tidak harus meninggalkan pekerjaan yang sedang pada posisi sibuk untuk mengikuti pendidikan (bahkan jadwal pendidikan/pelatihan bisa diatur dan disebar dalam satu minggu ataupun satu bulan), daya saing juga bisa ditingkatkan karena pembelajar bisa senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, dengan bisa tetap melakukan aktivitas rutinnya.

E-learning di satu sisi juga dinilai mampu meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur. Bahkan apabila dirancang secara cermat, pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, baik antara peserta didik dengan guru/instruktur, antara sesama peserta didik, maupun antara peserta didik dengan bahan belajar.

Sistem belajar e-learning juga memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui internet, maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja. Demikian juga dengan tugas-tugas kegiatan pembelajaran, dapat diserahkan kepada instruktur begitu selesai dikerjakan.
 
Tidak terikat
Peserta didik juga tidak terikat ketat dengan waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan pembelajaran sebagaimana halnya pada pendidikan konvensional.

Salah satu negara yang telah juga berhasil menerapkan metode e-learning adalah Filipina. Perguruan tinggi terbesar di negara itu yakni Ateneo de Manila University bahkan sejak 2003 telah mengembangkan metode e-learning dan sudah menawarkan beasiswa kepada ratusan wartawan di kawasan Asia melalui metode online distance learning.

Director of Asian Center for Journalism at the Ateneo de Manila University Filipina, Violet Valdez, mengatakan, mata kuliah-mata kuliah yang diajarkan melalui metode e-learning berbasis internet merupakan metode pendidikan yang paling sesuai untuk jurnalis aktif.

“Melalui kelas online mereka dapat melakukan studi kapan pun dan dimana pun tanpa harus menghentikan karier dan aktivitas keseharian mereka,” katanya.

Ia menambahkan sampai saat ini ratusan jurnalis, editor, dan manager newsroom yang bekerja di perusahaan penerbitan baik cetak, broadcast, maupun online di berbagai negara di Asia telah turut serta dalam program e-learning universitas tersebut.

Salah satu lulusan Master of Art on Journalism 2009 Ateneo de Manila University, Syed Nazakat, mengaku, mendapatkan manfaat besar dari program unik melalui online distance learning yang memadukan teori dan praktik sehingga membantu kariernya sebagai jurnalis.

“Online learning memungkinkan kita untuk saling bertukar pengalaman budaya dan mengembangkan koneksi profesional serta jejaring komunitas antar-negara,” kata pria yang juga menjabat sebagai Senior Correspondent The Week India itu.

Program e-learning di sana telah terbukti memungkinkan institusi itu memiliki jejaring alumni yang luas meliputi berbagai negara di dunia termasuk Indonesia salah satunya.
 
 Internet Pedesaan
Konsep e-learning pada dasarnya ideal diterapkan dan sesuai untuk kondisi geografis di Indonesia, salah satunya lantaran ada program dukungan berupa masuknya jaringan internet hingga tingkat pedesaan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebelumnya telah menargetkan untuk menghubungkan wilayah  nusantara lewat jaringan internet di pedesaan yang diharapkan bisa segera rampung tahun ini.

Kemenkominfo sendiri memiliki Program Pusat Layanan Informasi Internet Kecamatan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

“Jadi, kita coba selesaikan tahapan pembangunan, sehingga koneksi pedesaan bisa selesai tahun ini,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sendiri lebih banyak dilakukan oleh pihak swasta. Pemerintah, hanya akan membangun di tempat-tempat yang tidak terjangkau.

Terkait dengan Program Pusat Layanan Informasi Internet Kecamatan, pemerintah menyiapkan dana sampai Rp1,5 triliun untuk menghubungkan desa-desa terpencil di 5,748 kecamatan melalui internet.

Terhubungnya wilayah-wilayah RI memungkinkan metode e-learning berjalan dengan baik di Tanah Air.

Namun kenyataannya, internet atau infrastruktur bukan semata faktor utama penentu keberhasilan e-learning. Konsultan e-learning, Romi Satria Wahono, mengatakan, kegagalan pelaksanaan  e-learning sebagian besar bukan karena masalah tools, software, atau infrastruktur tetapi mayoritas karena faktor manusia, karena beratnya perubahan kultur kerja, dan karena tidak adanya kemauan untuk knowledge sharing.

“Oleh karena itu, idealnya e-learning harus didesain untuk dapat memberikan nilai tambah secara formal dan nonformal seperti ilmu, skill teknis, dan lain-lain untuk pengguna dari mulai pembelajar, instruktur, hingga admin,” katanya.

Selain itu, pada masa sosialisasi, kata Romi, sebaiknya diterapkan metode e-learning campuran untuk melatih dan membiasakan perilaku pengguna dalam e-life style atau dengan kata lain tidak langsung full e-learning.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri menyatakan pembelajaran e-learning mampu meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi dan sesuai untuk kondisi geografis Indonesia.

Itu seperti target Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M. Nuh, yang menyatakan sampai 2014 APK harus mencapai 35 persen. Sementara sekarang ini secara nasional APK hanya 18 persen.

Pembelajaran e-learning juga diperlukan karena adanya permintaan masyarakat di pelosok-pelosok Indonesia yang ingin kuliah. Sementara kondisi di daerah-daerah sejauh ini masih sedikit institusi pendidikan yang memadai.

E-learning kemudian diharapkan mampu menghapus buramnya potret pendidikan di Tanah Air sebab membuka peluang kesempatan belajar hingga ke pelosok dan wilayah tapal batas NKRI.
(H016)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – IpTek

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - E-learning untuk jangkau pelosok hingga tapal batas.


Ducati ala China Hadir di Indonesia

Posted: 29 Mar 2012 07:58 PM PDT

de51a2e582b3a58c38164256557dbf88 L Ducati ala China Hadir di Indonesia "Ducati" buatan China, National Sport Bike 350 VIVAnews/Randi Aditya

JAKARTA – Pameran otomotif, aksesoris, dan peralatan kendaraan terbesar di Asia Tenggara, International Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition (Inapa) 2012, menjadi kesempatan para produsen otomotif untuk menunjukkan produk yang akan diperkenalkan di Indonesia dari berbagai negara.

Tak terkecuali China, negara dengan populasi mencapai 1,3 miliar ini hadir di Inapa dengan memamerkan beberapa sepeda motor dengan kapasitas mesin yang berbeda. Salah satunya adalah Zhen Hua Manufacture yang memiliki pabrik di Zhejiang, China.

Motor yang ditawarkan sudah memenuhi standar regulasi Euro 3, seperti pada motor ZH-A50, ZH-B125, ZH-B50, dan masih banyak dari berbagai varian.

Selain Zhen Hua Manufacture, salah satu perusahaan di China, Guangdou Silk-Tex Group, menghadirkan motor Tianheng dengan desain motor sport dan motor niaga. Meski produsen motor China belum memiliki pabrik di Indonesia, namun hal ini cukup menarik pabrikan motor China untuk mulai memasuki pasar motor Indonesia yang cukup ramai.

Yang cukup menarik perhatian adalah motor National Sport Bike 350. Motor ini memiliki mesin 4 silinder, 343,2 cc bertenaga 37 hp pada 8.000 rpm dan torsi 32,3 Nm pada 6.500 rpm. Motor yang memiliki pabrik Guang Dong, China memiliki banderol US$2.600 atau Rp 24 juta, sementara National Street Bike 350 dengan banderol US$2.500 atau Rp23 juta.

Uniknya kedua motor ini memiliki desain motor sport layaknya Ducati Superbike 1199 Panigale dengan harga Rp385 juta, dan Ducati Streetfighter 848 dengan banderol Rp290 juta

Motor pabrikan China lain adalah model 200II 2-wheel ATV yang dirancang sebagai motor yang ampuh untuk melalui rute yang sulit, seperti pegunungan dan pantai. Motor dengan bobot 60 kg ini memiliki panjang 1.150 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 820 mm. 200II 2-wheel ATV memiliki mesin 1 silinder, 200 cc, berpendingin cairan dan memiliki kecepatan maksimum 70 km/jam.

Selain produk motor dari China, hadir juga motor lansiran Taiwan, seperti Sym, dan Aeon. Sym saat ini sudah dapat dipesan dengan empat produk andalan saat ini : Sym Attila Elizabeth, Sym Shark, Sym Joyride 200 cc injection, dan Sym Joymax GTS 250 cc. Dan untuk Aeon yang memiliki desain layaknya motor premium pada Aeon Urban 180, Aeon Elite 250, dan Aeon Elite 180, masih dalam tahap pengenalan dan belum dapat dipesan.[viv]

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ducati ala China Hadir di Indonesia.


Pembacok Polisi di Bekasi Ditembak di Tangerang

Posted: 29 Mar 2012 07:58 PM PDT

1340353620X310 Pembacok Polisi di Bekasi Ditembak di Tangerang KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi penyergapan

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua orang yang diduga sebagai pembacok polisi di Kampung Jati, Kecamatan Setu, Bekasi Timur, 25 Maret lalu, tewas ditembak polisi dalam sebuah penggerebekan di Pondok Kacang, Pondok Aren, Tangerang, Jumat (30/3/2012) sekitar pukul 05.30.

"Dua perampok tewas, satu perampok ditangkap hidup,"  kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto.

"Memang ada baku tembak di sana antara polisi dan kelompok perampok. Dua orang tergeletak, kemungkinan tewas, setelah baku tembak itu," katanya.

Rikwanto belum bisa menjelaskan lebih rinci mengenai peristiwa baku tembak antara polisi dan komplotan perampok tersebut. Sebab, penanganan peristiwa pasca-penggerebekan yang kemudian baku tembak itu masih berlangsung.

"Yang memimpin operasi penggerebekan para pelaku perampokan  Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Toni Harmanto. Beliau masih di tempat kejadian perkara," katanya.

Namun, Rikwanto memastikan, komplotan perampok yang disergap itu, antara lain, yang membacok dua orang polisi di Bekasi, yang memergoki mereka saat akan merampok.

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pembacok Polisi di Bekasi Ditembak di Tangerang.


Malaysia deportasi 173 TKI bermasalah

Posted: 29 Mar 2012 07:57 PM PDT

Mereka akan ditampung di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Sebanyak 173TKI tersebut terdiri dari 104 orang laki-laki dan 69 orang perempuan. Selain itu, juga terdapat enam orang bayi dan anak yang dideportasi Malaysia pada Kamis (29/3) malam.

“Mereka kami tampung sementara sebelum dipulangkan ke daerah asalnya,” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) TKI Bermasalah, Juramadi Esram di Tanjungpinang, Jumat.

Juramadi mengatakan, TKI yang dideportasi Malaysia itu tidak memiliki dokumen resmi sebagai tenaga kerja di Malaysia dan pada umumnya masuk Malaysia dengan menggunakan paspor pelancong.

Ratusan TKI bermasalah yang diusir Malaysia itu, mengaku mendapat perlakukan yang kasar selama di penjara Malaysia. Diantara mereka juga mengaku kehilangan seluruh harta benda karena dirampas pihak polisi Malaysia saat penangkapan.

“Tidak ada lagi yang tersisa, hanya baju di badan ini yang saya bawa, semua habis dirampas polisi Malaysia,” kata salah seorang TKI bermasalah asal Surabaya, Ari.

Hukuman “sebat” atau cambuk, juga menjadi hal biasa yang dialami para TKI bermasalah selama menjalani hukuman penjara Malaysia. Bahkan diantara TKI yang masih nampak meringis kesakitan saat berjalan, karena bekas cambukan masih belum sembuh total.

Ketika ditanya, umumnya para TKI bermasalah mengaku mendapat hukuman cambuk pada bagian pantat sebanyak dua hingga lima kali. Bahkan ada yang mengaku sepuluh kali karena tindak kejahatan tertentu.

“Saya baru dua hari di Malaysia sebelum ditangkap, padahal saya hanya pergi melacong, namun paspor saya dirampas dan digunting polisi Malaysia hingga akhirnya mendapat dua cambukan,” kata TKI bermasalah asal Medan, Jemi.
(KR-HKY/E001)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Malaysia deportasi 173 TKI bermasalah.


Ribuan Buruh Mulai Bergerak Kepung DPR

Posted: 29 Mar 2012 07:56 PM PDT

dem434048@ Ribuan Buruh Mulai Bergerak Kepung DPR
ilustrasi/dok/b8Ribuan buruh berasal dari berbagai aliansi di Kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bertolak menuju Gedung DPR RI Jakarta guna menyuarakan penolakan terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak, Jumat (30/3/2012).

“Kami kumpul di simpang pintu tol Bekasi Barat Jakarta-Cikampek, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, mulai pukul 09.00 WIB dan bergerak ke DPR semua,” kata Koordinator Aksi Forum Solidaritas Buruh Kota Bekasi Masrul Zambak di sela persiapan aksi mereka di Bekasi, Jumat.

Menurut Masrul yang juga Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Bekasi itu, aksi tersebut akan diikuti oleh Aliansi Buruh Bekasi Bergerak (BBB) dan Aliansi Sekretariat Bersama (Sekber) berasal dari Kabupaten Bekasi.

“Seluruh massa yang sebelumnya difokuskan untuk menutup akses tol akan kita ajak menuju Jakarta. Kita pantau dulu keputusan pemerintah terhadap BBM akan seperti apa. Jika harga BBM tetap dinaikan, tidak menutup kemungkinan tol kita tutup dari arah Jakarta,” katanya.

Menurut dia, FSBKB memiliki misi menyerahkan hasil pengumpulan dukungan dewan setempat untuk menolak kenaikan BBM.

“Kita ingin buktikan bahwa buruh bisa berjuang tidak hanya untuk masalah upah, tapi juga BBM yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat luas,” ujarnya.

Menurut dia, dukungan dewan dari setiap daerah bisa menentukan langkah final pemerintah untuk menaikkan harga BBM per 1 April 2012 karena dewan di daerah adalah perwakilan langsung masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan terpisah, Koordinator Aliansi Sekber Kabupaten Bekasi Nining Elitas mengaku, menggerakkan ribuan buruh berasal dari berbagai daerah di Jabodetabek menuju Jakarta.

“Mereka berasal dari berbagai serikat pekerja seperti KSPSI, Kasbi, dan lainnya. Kita berkumpul di Taman Ria dan bergerak menuju DPR RI,” katanya. (Fat/An)

Dibaca 196 X

source: berita8 news

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ribuan Buruh Mulai Bergerak Kepung DPR.


Spanyol Dilanda Protes, Jalanan Dipenuhi Api

Posted: 29 Mar 2012 07:56 PM PDT

920180ba42285e0964ee225b12120efc L Spanyol Dilanda Protes, Jalanan Dipenuhi Api

BARCELONA  Aksi protes berakhir dengan kerusuhan di Spanyol. Para pengunjuk rasa menghancurkan kaca jendela dan menyulut api di sebuah bangunan di Barcelona.

Protes menuntut perbaikan ekonomi di kota terbesar kedua di Spanyol ini awalnya berlangsung damai. Namun, tiba-tiba saja kerusuhan terjadi saat berlangsungnya aksi mogok yang menutup seluruh pabrik yang ada di kota itu.

Keadaan bertambah buruk saat pengunjuk rasa melemparkan batu ke bank yang ada di kota tersebut. Mereka juga menyulut api di sebuah kafe dan menghancurkan toko-toko lainnya. Demikian diberitakan Associated Press, Jumat (30/3).

Akibat peristiwa ini, sistem tranportasi di kota itu lumpuh. Sedangkan operasi rumah sakit juga turut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Protes juga berlangsung di Ibu Kota Madrid dan beberapa kota lain di Negeri Matador. Mereka menentang rencana pemerintah untuk menaikan pajak dan menggunakannya untuk keperluan negara.

Hingga kini sekira 176 pengunjuk rasa ditangkap di seluruh Spanyol. Sementara 104 lainnya dikabarkan terluka akibat kerusuhan, termasuk 58 orang anggota kepolisian. Belum ada laporan korban luka serius ataupun tewas.  [int]

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Spanyol Dilanda Protes, Jalanan Dipenuhi Api.


Gerilyawan Tuareg Serang Kota di Mali Utara

Posted: 29 Mar 2012 07:52 PM PDT

0923344620X310 Gerilyawan Tuareg Serang Kota di Mali Utara AFP PHOTO / KAMBOU SIA Seorang tentara Mali berpatroli di jalan di Kidal, kota utama di Mali utara, Senin (26/3/2012). Para pemberontak Tuareg dan sebuah kelompok bersenjata muslim menyerang kota tersebut, Kamis (29/3/2012).

BAMAKO, KOMPAS.com – Gerilyawan Tuareg yang berperang bersama sebuah kelompok muslim bersenjata menyerang Kidal, kota utama di Mali utara, Kamis (29/3/2012), kata kelompok gerilya itu dan satu sumber militer.

"Kami diserang pemberontak. Kami membalas serangan itu," kata seorang prajurit Mali di Kidal, yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Ia menyatakan, Gerakan Pembebasan Nasional Azawad (MNLA) menyerang dari wilayah utara, sementara gerilyawan muslim Ansar Dine memimpin ofensif dari wilayah selatan kota itu, yang terletak 1.000 kilometer dari Bamako. Seorang gerilyawan Ansar Dine (Pembela Iman) mengkonfirmasi bahwa mereka telah melancarkan serangan.

MNLA pada pertengahan Januari meluncurkan lagi perang puluhan tahun bagi kemerdekaan Tuareg di wilayah utara yang mereka klaim sebagai negeri mereka, yang diperkuat oleh gerilyawan bersenjata berat yang belum lama ini kembali dari Libya.

Ikut bergabung dengan mereka adalah tokoh Tuareg terkenal Iyad Ag Ghaly, yang memimpin pemberontakan pada tahun 1990-an dan kembali sebagai pemimpin Ansar Dine, yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda di Maghribi Islam.

Kedua pihak yang berperang itu memiliki hubungan yang mendua, namun MNLA menjauhkan diri dari tuntutan Ag Ghaly agar hukum sharia Islam diberlakukan di Mali.

Dalam serangkaian serangan kilat terhadap kota-kota di selatan, gerilyawan Tuareg berhasil mengatasi militer Mali, dan sebuah kelompok pasukan pembangkang pekan lalu menggulingkan Presiden Amadou Toumani Toure karena "ketidakmampuannya" dalam menangani konflik.

Angkatan bersenjata Mali telah lama mengalami kemunduran dan dalam posisi bertahan ketika mereka menghadapi kekerasan-kekerasan Al Qaeda di Maghribi Islam (AQIM) dan pemberontakan Tuareg di wilayah gurun utara luas, yang menjadi ajang penyelundupan narkoba dan senjata serta penyanderaan warga Barat.

Sumber :
ANT, AFP

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gerilyawan Tuareg Serang Kota di Mali Utara.


Densus 88 Lumpuhkan Terduga Teroris di Tangsel

Posted: 29 Mar 2012 07:50 PM PDT

Jumat, 30 Maret 2012 09:18 WIB

JAKARTA: Detasemen Khusus 88 Antiteror melumpuhkan terduga teroris di Tangerang Selatan, Jumat (30/3) dini hari. Mereka diduga terkait dengan penyerangan anggota kepolisian di Bekasi beberapa waktu lalu.

“Iya betul, memang ada penangkapan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Polisi Mochammad Taufik ketika dihubungi Mediaindonesia.com, Jumat (30/3).

Sebelumnya, Densus 88 menembak dua pria di Tangerang Selatan. Mereka diduga terlibat kasus penganiayaan terhadap anggota kepolisian di Bekasi. Densus terpaksa melumpuhkan keduanya karena mereka melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. (Bob/OL-12)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Densus 88 Lumpuhkan Terduga Teroris di Tangsel.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com