4.02.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Filipina Protes Rencana Peluncuran Roket Korut

Posted: 01 Apr 2012 07:56 PM PDT

0843137620X310 Filipina Protes Rencana Peluncuran Roket Korut AFP PHOTO/JUNG YEON-JE Para aktivis dari kalangan konservatif Korea Selatan berunjuk rasa menentang rencana peluncuran roket oleh Korea Utara di Seoul, 20 Maret 2012. Korut berkeras dengan rencana peluncuran itu meskipun negara-negara Barat dan Asia meminta membatalkannya. Ada kekhawatiran peluncuran itu merupakan uji coba rudal balistik.

MANILA, KOMPAS.com – Filipina, Minggu (1/3/2012), mengatakan telah mengajukan protes atas rencana peluncuran roket Korea Utara kepada perwakilan Pyongyang di PBB, di China, dan di negara-negara Asia Tenggara yang menghadiri sebuah pertemuan puncak pada pekan ini.

Seorang diplomat tinggi AS sebelumnya mengatakan, puing-puing peluncuran roket itu diperkirakan akan mendarat di Filipina.

Menteri Luar Negeri Filipina, Albert del Rosario, mengatakan, misi diplomatik Manila di PBB dan di China, sekutu terdekat Pyongyang, diminta untuk mengajukan protes kepada para diplomat Korea Utara. Del Rosario mengatakan, surat protes juga dikirim ke pos-pos diplomatik Korea Utara di negara-negara angota Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), menjelang sebuah pertemuan puncak pada minggu ini.

Filipina menjalin hubungan diplomatik dengan Korea Utara pada 2000, tapi Pyongyang tidak punya kedutaan di Manila. Negara itu hanya diwakili seorang utusan yang berbasis di Thailand bukan di Filipina.

"Saya akan mencari kesempatan untuk meningkatkan posisi kami dalam pertemuan ASEAN di Kamboja," kata del Rosario, merujuk kepada KTT pertemuan tahunan ASEAN selama dua hari yang digelar di Phnom Penh, Selasa. Dia menambahkan, rencana peluncuran roket itu jelas melanggar resolusi PBB.

Kurt Campbell, asisten menteri luar negeri AS untuk Asia Timur dan Pasifik, bulan lalu mengatakan bahwa peluncuran roket itu akan berdampak "di daerah sekitar Australia, Indonesia dan Filipina." Ia melontarkan komentar itu dalam sebuah pesan kepada Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr, sebagaimana dilaporkan harian Sydney Morning Herald.

Pyongyang bulan lalu mengumumkan akan meluncurkan sebuah roket antara 12-16 April ini yang bertujuan untuk menempatkan sebuah satelit di orbit. Pengumuman itu langsung memicu kekhawatiran. Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya mengatakan, peluncuran itu adalah uji coba rudal balistik terselubung, dan akan melanggar larangan PBB mengenai peluncuran rudal Korea Utara. Washington juga mengatakan, rencana peluncuran itu akan melanggar kesepakatan pada Februari lalu. Saat itu Pyongyang sepakat untuk menghentikan sebagian kegiatan nuklir dan mengakhiri uji coba rudal dengan imbalan bantuan pangan.

Del Rosario mengatakan, Filipina telah meminta Amerika Serikat membagi informasi intelijen tentang peluncuran roket itu. Sementara itu, militer kedua negara berkoordinasi untuk melacak jalur roket tersebut.

Sumber :
AFP

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Filipina Protes Rencana Peluncuran Roket Korut.


Kalahkan Napoli, Juventus Terus Tempel AC Milan

Posted: 01 Apr 2012 07:56 PM PDT

Senin, 02 April 2012 09:18 WIB

20120402 083036 Juventus Kalahkan Napoli, Juventus Terus Tempel AC Milan

Foto : AP/Massimo Pinca/bo

ROMA: Juventus sukses mengalahkan Napoli 3-0 untuk menempel AC Milan yang berada di puncak klasemen Seri A dengan selisih dua poin.

Leonardo Bonucci mencetak gol pembuka bagi Juventus pada menit 53, Arturo Vidal menggandakan keunggulan Bianconeri pada menit 75 sebelum Fabio Quagliarella mencetak gol ketiga Juventus pada menit 83.

Napoli harus bermain dengan 10 pemain pada lima menit terakhir laga setelah Juan Zuniga terkena kartu merah setelah menyikut wajah Giorgio Chiellini.

Hasil itu menguntungkan Juventus setelah sebelumnya AC Milan ditahan Catania 1-1. (AP/OL-12)

Hasil laga Seri A lainnya:

AS Roma vs Novara 5-2, Bologna vs Palermo 1-3, Cagliari vs Atalanta 2-0, Fiorentina vs Chievo 1-2, Inter Milan vs Genoa 5-4, Lecce vs Cesena 0-0, Siena vs Udinese 1-0

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kalahkan Napoli, Juventus Terus Tempel AC Milan.


Rumah Persembunyian Osama Bin Laden Terungkap

Posted: 01 Apr 2012 07:50 PM PDT

Ba3Ptlr8nx Rumah Persembunyian Osama Bin Laden TerungkapRumah Osama bin Laden d Haripur (Foto: AP)
ABBOTTABAD – Sebuah rumah yang ditempati oleh Osama Bin Laden usai serangan 11 September 2001, terungkap. Rumah yang kelima ini ditemukan tidak jauh dari tempat persembunyian Bin Laden, yang juga menjadi tempat peristirahatannya yang terakhir.
Berdasarkan hasil interogasi dari salah satu istri dari Bin Laden, rumah yang terletak di Haripur, Pakistan tersebut menjadi tempat persembunyiannya selama setahun. Pemimpin Al Qaeda itu menunggu pembangunan dari rumah di Abbottabad yang jaraknya mencapai 18 mil.

Associated Press melaporkan, rumah tersebut berada di wilayah jalanan kumuh di Kota Naseem, Haripur. Wilayah itu dikenal amat berantakan dengan dipenuhi rumah-rumah yang dindingnya dibuat dari lumpur, milik warga keturunan Afghanistan.

Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) mengaku tidak menemukan bukti bahwa rumah di Abbottabad ataupun di Haripur, menunjukan keterlibatan dari pihak Pemerintah Pakistan.

“Tidak ada keterkaitan apapun. Kami tidak menemukannya,” ujar pejabat tersebut seperti dikutip Associated Press, Senin (2/4/2012).

Rumah di Haripur ini merupakan  salah satu dari lima rumah persembunyian yang digunakan Bin Laden, semasa pelariannya di Pakistan.

Informasi mengenai rumah ini diketahui lewat keterangan dari salah satu istri Bin Laden, yakni Ahmed Abdel-Fatah al-Sada. Perempuan asal Yaman ini diketahui sebagai istri favorit dari Osama Bin Laden, diantara istri-istrinya yang lain.

Awalnya lewat penyelidikan yang dilakukan oleh pensiunan pasukan Pakistan Brigadir Shaukat Qadir, rumah tersebut tidak diketahui lokasinya. Al-Sada hanya memberi pentunjuk bahwa rumah ini berada di ujung kota Haripur dan memiliki dua lantai serta sebuah ruang bawah tanah. 

(faj)

Source: OkeZone – International

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rumah Persembunyian Osama Bin Laden Terungkap.


Wapres bertolak menuju Kamboja

Posted: 01 Apr 2012 07:47 PM PDT

20120330010 Wapres bertolak menuju Kamboja

Wapres Boediono (FOTO ANTARA)

KTT ASEAN ke-20 di Kamboja berlangsung mulai 3 hingga 4 April 2012.

Sejumlah isu akan dibicarakan dalam pertemuan kepala negara dan kepala pemerintahan negara kawasan Asia Tenggara antara lain peningkatan kerjasama, progres pencapaian ASEAN Community dan sejumlah isu lainnya.

Ikut serta dalam rombongan Wapres antara lain Seskab Dipo Alam dan sejumlah pejabat lainnya.

Wapres dan rombongan dijadwalkan tiba di tanah air pada Rabu (4/2).
(P008)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wapres bertolak menuju Kamboja.


Mali coup: Soldiers dan#039;will cede powerdan#039;

Posted: 01 Apr 2012 07:45 PM PDT

 59428028 014416927 1 Mali coup: Soldiers dan#039;will cede powerdan#039; Mali troops, pictured here near the capital Bamako, fled Timbuktu before rebels arrived

Malian soldiers who ousted the president last month have pledged to cede power, as their West African neighbours threaten sanctions.

Coup leader Amadou Sanogo, who last week unveiled a new constitution, said he would restore the 1992 constitution.

Regional trading bloc Ecowas, which had set a deadline of Monday for the troops to return to their barracks, is due to meet later to decide on sanctions.

Meanwhile, Tuareg rebels now control the north of the country.

On Sunday, they encountered no resistance as they seized the city of Timbuktu, the third northern regional hub to fall in three days.

A rebel statement said they had "control of the entire region" and had ended Malian "occupation".

Capt Sanogo's dramatic U-turn and promise to reinstate the constitution came after regional leaders put huge pressure on the junta.

Located on the southern edge of the Sahara, and just north of the River Niger, Timbuktu is nearly 1,000 years old. Famous writers have contributed to its mythical status. The Moorish author, Leo Africanus, described how the king of Timbuktu was so rich that some of his golden objects weighed hundreds of kilos.

The town made its fortune through trade, where salt brought in from the Sahara was worth its weight in gold. Slaves and ivory were also traded.

With its distinctive mud mosques rising from the sand, the town is a centre for Islamic scholarship. About 700 ancient manuscripts are held in the town's approximately 60 libraries.

But the Timbuktu of today is very different from the golden age. It is poor and parts of it are sinking under the encroaching desert sands. It has until recently attracted tourists but they have been put off by a spate of kidnappings by a group with links to al-Qaeda.

Capt Sanogo said he would consult local political forces to set up a transition body "with the aim of organising peaceful, free, open and democratic elections in which we will not take part".

He also told AFP news agency he had despatched envoys to the Timbuktu region to try to obtain a ceasefire with the rebels.

Ecowas had threatened to close borders, freeze assets and withhold credit if the troops had not returned to their barracks by Monday. That deadline has now passed.

Ivory Coast President Alassane Ouattara, who heads Ecowas, said he had spoken to Capt Sanogo on Sunday and would work to ensure the return of constitutional rule as quickly as possible.

But Capt Sanogo gave no timeline for the transition, and it is unclear whether his promise will be enough to lift the threat of sanctions.

Ecowas leaders will hold a meeting in Senegal later, and Mr Ouattara said earlier that the bloc was prepared "to take the necessary measures".

The government's handling of the fight against the Tuareg rebels had been the main grievance of the soldiers.

But since they ousted President Amadou Toumani Toure 10 days ago, they have lost huge swathes of territory.

 59418450 mali gao march 2012.cmp Mali coup: Soldiers dan#039;will cede powerdan#039;

Witnesses in Timbuktu said rebel fighters had taken the airport, administrative buildings and military camps.

"The city is totally under their control," city Mayor Ousmane Halle told AP news agency by phone.

Residents told the BBC that there had been no fighting in the town.

"Early in the morning there were some noises, and people were scared. And then later on there's no fighting on the streets, nothing happened they just fired in the air and finished," said one resident contacted by telephone.

Witnesses said rebel fighters were mixing with local Arab militiamen, who have been protecting businesses since troops fled the town.

Rebels from the National Movement for the Liberation of Azawad (MNLA) are said to have been driving around the town in pick-up trucks, waving the MNLA flag.

The rebels, who want an independent Tuareg homeland, are reported to be backed by Islamist fighters.

A statement released by the MNLA said they would now begin their "mission of defending and securing the territory of the Azawad, for the happiness of its people".

Azawad is the rebels' term for the entire north of Mali.

Two other important northern centres, Kidal and Gao, fell to the Tuareg fighters in recent days.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mali coup: Soldiers dan#039;will cede powerdan#039;.


Sporting Lisbon Kalahkan Leiria 1-0

Posted: 01 Apr 2012 07:45 PM PDT

Senin, 02 April 2012 09:09 WIB

20120402 083338 Leiria Sporting Lisbon Kalahkan Leiria 1 0

Foto : REUTERS/Jose Manuel Ribeiro/bo

LISBON: Matias Fernandez menjadi pahlawan kemenangan Sporting Lisbon setelah mencetak gol pada masa injury time untuk mengangarkan klub itu meraih kemenangan 1-0 atas Leiria.

Fernandez yang tampil sebagai pemain pengganti pada babak kedua melepaskan tendangan bebas ke pojok gawang Leiria pada masa injury time.

Kemenangan itu mengantarkan Sporting kini hanya tertinggal satu poin dari peringkat empat Maritimo. Adapun FC Porto berada di puncak klasemen, unggul dua poin dari Benfica dan dua poin dari Braga. (AP/OL-12)

Hasil laga Liga Portugal lainnya:

Feirense vs Beira Mar 1-3, Gil Vicente vs Vitoria Setubal 0-1, Nacional vs Rio Ave 2-1, Vitoria Guimaraes vs Pacos Ferreira 3-1

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sporting Lisbon Kalahkan Leiria 1-0.


Harga Premium di Semarang Tembus Rp 6.500 Per Liter

Posted: 01 Apr 2012 07:43 PM PDT

2038077620X310 Harga Premium di Semarang Tembus Rp 6.500 Per Liter KOMPAS/AUFRIDA WISMI Ilustrasi

SEMARANG, KOMPAS.com  — Keputusan pemerintah menunda kenaikan harga bahan bakar minyak per 1 April 2012 ternyata tidak serta-merta menurunkan harga Premium di tingkat eceran di Kota Semarang, Jawa Tengah. Harga Premium di Penggaron dan Pedurungan, Kota Semarang, Senin (2/4/2012), tetap tinggi bahkan menembus Rp 6.500 per liter.

Sutopo, pedagang Premium eceran yang membuka kios kecil di depan rumahnya di Penggaron, mengatakan, sejak kisruh rencana kenaikan harga BBM seminggu terakhir ini, pedagang Premium eceran mengalami kesulitan membeli BBM. Pihak pengelola SPBU mempersulit pembelian dengan jeriken, dengan alasan menjaga supaya tidak ada penimbunan.

"Untuk mendapatkan Premium sebanyak 15 liter saja, saya harus mengurus surat izin ke mana-mana. Karena memperoleh Premium saja sulit, ya terpaksa saya tidak menjual solar," ujar Sutopo.

Jika harga Premiun di tingkat eceran mencapai Rp 6.500 per liter, bisa dimaklumi. Sebab, selama ini, pedagang ini melayani pengguna sepeda motor yang hendak ke pusat Kota Semarang melalui jalur alternatif dari Mranggen maupun Sayung, wilayah Kabupaten Demak. Jalur alternatif kebanyakan tidak tersedia SPBU sehingga pedagang eceran dibutuhkan pengguna jalan yang tidak sempat mengisi BBM di SPBU sehari sebelumnya.

Di sejumlah pedagang BBM eceran di Pedurungan, harga Premium masih Rp 6.000 per letir. Pedagang berharap, kalau memang pemerintah tidak akan menaikkan harga BBM dalam waktu dekat, sebaiknya pedagang eceran diberi kelonggaran untuk membeli Premium secara eceran dengan menggunakan jeriken.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harga Premium di Semarang Tembus Rp 6.500 Per Liter.


Lakukan Ini Agar Terhindar dari Kepungan Polusi Udara

Posted: 01 Apr 2012 07:40 PM PDT

8afeb3417343e42fc1d9d4df3ca4c29b L Lakukan Ini Agar Terhindar dari Kepungan Polusi Udara

JAKARTA Polusi udara memang telah diketahui dapat merugikan kesehatan. Namun polusi udara seringkali tidak dapat atau sulit dihindari, karena banyak kegiatan yang harus dilakukan di luar ruangan.

Aktivitas fisik yang dapat menyehatkan, seperti olahraga pun juga sering dilakukan di luar ruangan. Lalu, kira-kira bagaimana cara untuk menghindari polusi udara?

Berikut 5 cara yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi udara seperti dikutip dari WomensHealth, Senin (2/4) antara lain:

1. Mulai melakukan aktivitas di pagi hari

Ozon umumnya terendah saat sekitar jam 6-10 pagi, dan meningkat sepanjang hari sebagai pembatas sinar matahari yang semakin terik karena hidrokarbon dari gas buang mobil, telah berubah menjadi asap.

2. Mengambil rute yang tidak padat kendaraan bermotor

Mengambil rute yang lebih sepi dan lebih sedikit kendaraan bermotor, setidaknya dapat menghindari polusi yang parah.

3. Menghindari tinggal berlama-lama di tempat yang sangat polusi

Dengan menjauhi atau menghindari tinggal berlama-lama di tempat-tempat yang sangat polusi dapat mengurangi paparan terhadap polusi udara. Jauhilah tempat-tempat, seperti tempat parkir mobil (basement).

4. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan

“Sebaiknya mendapatkan dosis harian dari makanan yang mengandung antioksidan seperti yang direkomendasikan, yaitu sekitar 75 mg vitamin C. Hal tersebut cukup penting untuk menagkal efek buruk dari polusi udara. dosis harian dari antioksidan terutama diperoleh melalui makanan, misalnya brokoli, bayam, jeruk dan tomat, dapat membantu paru-paru melawan polusi yang berhubungan dengan kerusakan,” kata Thurston.

Vitamin C mengurangi radikal bebas, menurunkan produksi histamin inflamasi, dan membantu meningkatkan glutation. Glutation merupakan agen detoksifikasi yang membantu sel dalam menangani karsinogen dan logam berat seperti timbal dan merkuri.

5. Melakukan tes fungsi paru secara rutin

Pada pemeriksaan fisik tahunan, mintalah dokter untuk menilai fungsi paru-paru menggunakan spirometri. Tes tersebut dilakukan dengan meniup ke dalam alat ukur. Olahraga juga masih merupakan cara terbaik untuk menjaga paru-paru tetap dalam keadaan prima.

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lakukan Ini Agar Terhindar dari Kepungan Polusi Udara.


Wakil Presiden Terbang ke Kamboja

Posted: 01 Apr 2012 07:35 PM PDT

Senin, 02 April 2012 08:47 WIB

JAKARTA: Wakil Presiden Boediono, Senin (2/4), pukul 09.00 WIB, dijadwalkan bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri KTT ASEAN ke-20.

Wapres didampingi Ibu Herawati Boediono akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan dijadwalkan tiba di Phnom Phen sekitar pukul 12.10 waktu setempat.

Wapres ditugasi Presiden Yudhoyono untuk mewakili Indonesia dalam KTT ASEAN tersebut.

Wapres Boediono dan rombongan dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada Rabu (4/4). (Ant/OL-5)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wakil Presiden Terbang ke Kamboja.


Wapres Boediono Dijamu PM Kamboja

Posted: 01 Apr 2012 07:34 PM PDT

 Wapres Boediono Dijamu PM Kamboja

shutterstock
Kamboja

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Boediono, Senin (2/4/2012) siang, dijadwalkan tiba di Phnom Penh, Kamboja. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka persiapan KTT ASEAN ke-20, di negara tersebut.

Semula Presiden Susilo Bambang Yudhoyono direncanakan mengikuti KTT ASEAN ke-20. Namun, akibat situasi politik nasional yang menghangat terkait isu kenaikan harga BBM, Yudhoyono memutuskan untuk membatalkan keberangkatannya, pada Jumat malam pekan lalu. Boediono pun ditugaskan menggantikan Yudhoyono.

Setelah tiba di Phnom Penh pada Senin siang, Boediono akan dijamu makan malam oleh PM Kamboja Hun Sen. Jamuan makan malam direncanakan berlangsung di Peace Palace.

Sejumlah pejabat akan menemani Boediono dalam jamuan santap malam, antara lain Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa serta Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

KTT ASEAN ke-20 berlangsung pada Selasa-Rabu (3-4/12/2012). Salah satu isu penting dalam KTT ASEAN ke-20 ialah sengketa Laut China Selatan yang melibatkan empat negara ASEAN dan China.

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wapres Boediono Dijamu PM Kamboja.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com