7.31.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

AS kecam komentar anti-Israel oleh Chavez

Posted: 30 Jul 2012 07:33 PM PDT

20120112CHAVEZ AS kecam komentar anti Israel oleh Chavez

Presiden Venezuela Hugo Chavez (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Laporan tahunan “International Religious Freedom” tersebut menyebut Presiden Venezuela Hugo Chavez sebagai khusus karena komentar lantang anti-Israelnya.

Di dalam surat terbuka kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada September lalu, Chavez menuduh Israel melakukan pemusnahan suku dan pembersihan etnik terhadap orang Palestina. Ia juga menyebut Zionisme bersikap rasis.

Awal tahun ini, satu harian milik pemerintah Venezuela menyebut pembunuh massal Norwegia, “Sabbath goy”, istilah yang digunakan buat orang non-Yahudi yang membantu kegiatan yang dilarang dilakukan bagi pengikut Yahudi pada hari Sabtu.

Menurut laporan tersebut pada April, Kementerian Sains dan Teknologi menjadi tuan rumah pameran yang menyatakan Israel diciptakan sebagai bagian dari rencana genosida oleh orang Yahudi.

Pameran itu membandingkan penghalang keamanan di Tepi Barat Sungai Jordan dengan kamar gas Auschwitz, demikian laporan AFP di Jakarta, Selasa pagi.

Aspek lain kehidupan beragama di Venezuela relatif tak terbelenggu, kata Departemen Luar Negeri AS.

Berbagai kelompok agama yang mengecam pemerintah menjadi “sasaran gangguan dan intimidasi”, tapi tidak sampai seperti yang dialami kelompok lain oposisi, kata laporan tersebut.

Laporan itu juga menyatakan hubungan beku dengan pemerintah Presiden Hugo Chavez menghalangi dialog tentang kebebasan agama. Perseturuan yang meningkat pada 2010 mengakibatkan kedua negara menarik duta besar masing-masing.

Chavez (58), yang baru saja menyelesaikan pengobatan kanker serta mengumumkan dirinya “sembuh”, sedang berusaha mencalonkan diri lagi dalam pemilihan umum 7 Oktober melawan Henrique Capriles (40). (C003)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - AS kecam komentar anti-Israel oleh Chavez.


Perampok Penjual Rumah Bergentayangan

Posted: 30 Jul 2012 07:27 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com – Komplotan perampok yang pura-pura akan membeli rumah, masih bergentayangan. Salah satu korbannya adalah Farida Nurhayati (56), yang dibius korban saat sedang melakukan negosiasi harga rumah.

Informasi dari aparat Polda Metro Jaya, Selasa (31/7/2012) pagi, menyebutkan, polisi masih mencari pembius dan perampok Farida. Pelakunya dua orang, yang menurut korban bernama Leni dan Anton.

Kejadian pembiusan dan perampokan terhadap korban pada Minggu (29/7/2012) lalu.

Awalnya, korban menemui kedua pelaku di restoran Crystal Jade di Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Korban menemui pelaku, karena pelaku menyatakan berminat untuk membeli rumah korban di Taman Duren Sawit, Jakarta Timur, yang akan dijual.

Korban diajak makan pelaku. Seusai makan, korban merasa mengantuk. Setelah itu pelaku mengajak korban untuk ke rumah pelaku yang disebutkan di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Korban lalu diminta naik ke mobil pelaku, mobil Honda CRV warna hitam. Di dalam mobil itu, korban langsung tertidur.

Korban sadar kembali esok harinya, Senin pagi, dan sudah berada di RS Fatmawati. Barang-barang korban pun sudah hilang, yakni uang tunai Rp 12 juta, empat telepon seluler, sepasang giwang bermata berlian, dua buah cincin emas, satu kalung emas, dan dua lembar deposito Bank BCA dan Citybank.

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Perampok Penjual Rumah Bergentayangan.


Polisi Kejar Pencuri Kayu di Madiun

Posted: 30 Jul 2012 07:23 PM PDT

MADIUN, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Madiun, Jawa Timur, masih berupaya keras memburu pelaku pencurian 54 gelondong kayu sono di Kesatuan Pemangkuan Hutan Saradan. Selasa (31/7/2012) ini merupakan hari ketiga pengejaran.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Madiun Ajun Komisaris Edy Susanto mengatakan, pelaku kabur saat polisi hendak menangkapnya, Minggu (29/7/2012) malam.

Ketika itu, pelaku mengemudikan truk yang memuat puluhan glondong kayu sono keluar dari Resor Pemangkuan Hutan Biji, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan Tulung.

"Sopir truk lari masuk ke dalam hutan, dan meninggalkan truk yang berisi kayu. Karena kondisi gelap, kami kesulitan mengejar pelaku yang sepertinya jauh lebih mengenal medan," ujarnya.

Diduga kayu hasil kejahatan itu hendak dibawa ke Bojonegoro. Namun, polisi yang mendapatkan laporan dari masyarakat berhasil menggagalkan pencurian itu.

 

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Polisi Kejar Pencuri Kayu di Madiun.


Uji Kompetensi Guru Hari Kedua di Kudus Lancar

Posted: 30 Jul 2012 07:23 PM PDT

1140169620X310 Uji Kompetensi Guru Hari Kedua di Kudus Lancar KOMPAS/ALBERTUS HENDRIYO WIDI ISMANTO Para guru peserta uji kompetensi guru di Kabupaten Kudus, Senin (30/7/2012), tak berhasil mengakses soal secara online. Mereka pun diminta menunggu sampai koneksi ke server normal.

KUDUS, KOMPAS.com — Uji kompetensi guru secara online di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada hari kedua berjalan lancar.

Para peserta UKG bisa mengakses soal-soal karena server telah terkoneksi.

Anggota panitia UKG dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kudus, Witono, Selasa (31/7/2012), mengatakan, server telah tersambung dan berjalan baik. UKG pada hari kedua diikuti 646 guru dan kepala sekolah.

Mereka terbagi menjadi tiga gelombang di tujuh SMP Negeri. Gelombang I berlangsung pada pukul 08.00-10.00, Gelombang II 11.00-13.00, dan Gelombang III 14.00-16.00.

"Kami berharap koneksi berjalan baik dan tidak ada gangguan selama UKG berlangsung," kata Witono.

Sehari sebelumnya, sebanyak 646 guru di Kudus batal mengerjakan soal-soal UKG karena server pusat terkendala. Panitia akan mengatur jadwal lagi bagi para guru yang batal itu.

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Uji Kompetensi Guru Hari Kedua di Kudus Lancar.


Palestina Berang Terhadap Romney

Posted: 30 Jul 2012 07:22 PM PDT

1706373620X310 Palestina Berang Terhadap Romney AFP/JUSTIN SULLIVAN Calon Presiden AS, Mitt Romney.

JERUSALEM, KOMPAS.com — Palestina berang atas pernyataan Mitt Romney, yang menyimpulkan bahwa Israel dan Yahudi lebih superior dari Palestina.

Ditambahkan berbagai fakta menyebutkan bahwa keunggulan Israel nyata. Pernyataan ini membuat Palestina berang.

Saeb Erekat, anggota staf senior yang dekat dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, kepada kantor berita Associated Press mengatakan, pernyataan Romney berbau rasisme.

Erekat menambahkan, Romney tidak menyinggung betapa tindakan Israel yang melakukan pendudukan berperan besar terhadap perekonomian Palestina.

Erakat pun menegaskan bahwa Romney memperlihatkan bahwa dia tidak tahu soal sejarah dan perkembangan tahun demi tahun yang terjadi akibat tindakan Israel terhadap Palestina.

Hal senada dikatakan Menteri Tenaga Kerja Palestina Ahmed Majdalani. "Pernyataan Romney menyiratkan semangat rasisme. Jika Romney berkunjung ke Israel untuk meraih simpati dan dukungan pemilih Yahudi di AS, itu bisa dia lakukan tanpa menyakiti hari orang Palestina."

Romney berkunjung ke Israel, tidak lepas dari dukungan dana Yahudi yang menjamu dia di Jerusalem hari Minggu (29/7/2012).

Menurut harian The Washington Post, edisi Senin (30/7/2012), salah satu keturunan Yahudi AS yang menyumbang untuk pendanaan pemilu bagi Romney adalah Sheldon Adelson, raja kasino Las Vegas, yang menyatakan akan memberi sumbangan 100 juta dollar AS bagi Romney.

Editor :
Agus Mulyadi

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Palestina Berang Terhadap Romney.


Status Jerusalem akan diputuskan oleh Israel-Palestina

Posted: 30 Jul 2012 07:22 PM PDT

20120713009 Status Jerusalem akan diputuskan oleh Israel Palestina

Kandidat presiden Partai Republik Mitt Romney (REUTERS/Richard Carson)

itu posisi yang telah dipegang oleh pemerintah sebelumnya, baik Demokrat maupun Republik Saat mengomentari pernyataan oleh Mitt Romney, calon presiden dari Partai Republik dalam pemilihan umum 2012, bahwa Jerusalem adalah ibu kota Israel, Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest kembali mengatakan, “Pandangan pemerintah ini adalah ibu kota adalah sesuatu yang mesti diputuskan dalam perundingan status akhir antara kedua pihak.”

“Saya ingin mengingatkan anda, itu posisi yang telah dipegang oleh pemerintah sebelumnya, baik Demokrat maupun Republik,” kata Eartnest kepada wartawan dalam taklimat rutin di Washington, sebagaimana dikutip dari Xinhua di Jakarta, Selasa.

“Jika Romney tak sependapat dengan sikap itu, ia juga tak setuju dengan posisi yang diambil oleh presiden seperti Bill Clinton dan Ronald Reagan,” ia menambahkan.

Romney, yang mengandalkan pemilih dari orang Yahudi saat ia menghadapi Presiden Barack Obama dalam pemilihan presiden November, Minggu (29/7), menyatakan, “Sungguh pengalaman yang mengharukan untuk berada di Jerusalem, ibu kota Israel.”

Sikapnya segera memicu kecaman dari pihak Palestina, yang ingin mendirikan negara merdeka dengan Jerusalem Timur sebagai ibu-kotanya.

Israel merebut Jerusalem Timur dalam Perang Enam-Hari 1967, tapi Amerika Serikat dan sebagian besar negara lain telah mempertahankan kedutaan besar mereka di Tel Aviv.

Sewaktu berada di Israel, Romney juga menyatakan ia akan memindahkan Kedutaan Besar AS ke Jerusalem kalau saja ia menjadi presiden.

Status Jerusalem, perbatasan, keamanan dan pengungsi termasuk masalah inti yang dihadapi Palestina dan Israel dalam proses perdamaian beberapa dasawarsa mereka.

Perundingan langsung antara kedua pihak macet total hanya beberapa pekan setelah diluncurkan kembali di Washington D.C. pada awal September 2010, saat Israel menolak untuk membekukan pembangunan permukiman di Tepi Barat Sungai Jordan.
(C003)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Status Jerusalem akan diputuskan oleh Israel-Palestina.


Pemkab Purbalingga dorong petani manfaatkan resi gudang

Posted: 30 Jul 2012 07:16 PM PDT

20110604112252purbalingga Pemkab Purbalingga dorong petani manfaatkan resi gudang

Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (ANTARA News/Lukisatrio)

“Pemanfaatan resi gudang ini kembali dipertegas oleh Pak Wakil Bupati Sukento Ridho Marhaendrianto kepada para petani singkong dan pengusaha tepung tapioka di Desa Nangkod, Kecamatan Kejobong, kemarin (30/7),” kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Purbalingga Rusmo Purnomo di Purbalingga, Selasa.

Kendati demikian, dia mengakui, petani singkong dan pengusaha tepung tapioka di Desa Nangkod masih terkendala dengan gudang penyimpanan sehingga kesulitan untuk mengajukan kredit modal usaha dengan memanfaatkan sistem resi gudang.

Oleh karena itu, kata dia, Wabup mengimbau pengusaha tapioka menjalin kerja sama sewa gudang dengan manajemen Perusahaan Daerah (PD) Puspahastama daripada mereka harus membangun gudang berkapasitas besar dengan kebutuhan dana sekitar Rp15 miliar.

“Gudang milik PD Puspahastama masih memungkinkan untuk menampung hasil produksi tepung tapioka,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Desa Nagkod Sugeng mengakui, pemilik industri pengolahan tepung tapioka di desa ini terkendala oleh gudang penyimpanan.

“Gudang tersebut dapat digunakan untuk menampung tapioka ketika harganya anjlok. Tapioka yang ditampung akan dijual saat harganya baik,” katanya.

Menurut dia, harga tapioka selalu mengalami penurunan setiap Agustus hingga Oktober karena periode tersebut merupakan masa panen singkong sehingga harga komoditas di tingkat petani pun anjlok.

Ia mengatakan, di Desa Nangkod terdapat tujuh industri rumah tangga pengolahan tepung tapioka dengan kapasitas produksi rata-rata 5,5 ton per hari.

“Seluruh industri pengolahan tapioka di Nangkod dapat menghasilkan 1.100 ton tapioka per bulan. Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya gudang penyimpanan berkapasitas 3.000 ton agar bisa menampung produksi tapioka selama tiga bulan,” katanya.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pemkab Purbalingga dorong petani manfaatkan resi gudang.


Kemana Nasib Ratusan Karyawan Yang Di PHK?

Posted: 30 Jul 2012 07:15 PM PDT

0829243p Kemana Nasib Ratusan Karyawan Yang Di PHK?

KOMPAS.com/Anton Abdul Karim
Kantor PT MMC ini hanya dihuni beberapa karyawan saja yang belum di PHK. Sebab masih ada puluhan karyawan yang masih bertahan mengamankan aset perusahan setelah dilakukan penutupan pada Maret 2012 lalu.

MOROTAI, KOMPAS.com – Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan PT Morotai Marine Culture (MMC) terhadap 274 karyawannya menyisahkan masalah tersendiri bagi para karyawan. Para karyawan ini mengaku tidak lagi mendapat penghasilan setelah tidak lagi berkerja di PT MMC.

Tresya (37) misalnya, warga desa Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat ini mengaku tidak lagi mendapat penghasilan setelah tidak lagi bekerja di PT MMC. Tresya sendiri nampaknya tidak memahami betul apa itu PHK. Yang dia pahami bahwa dia sudah tidak lagi bekerja di PT MMC setelah perusahan pembudidaya mutiara dan ikan kerapu itu ditutup oleh Pemkab Pulau Morotai, beberapa bulan lalu.

"Iya saya sudah tidak lagi kerja disana. Saya hanya dikasih tahu bahwa perusahan sudah tutup jadi tidak lagi kerja. Sekarang saya hanya di rumah saja, tidak ada lagi kerja," ujar Tresya, Senin (30/7/2012). Tresya sendiri tidak mau banyak berkomentar soal pemutusan hubungan kerjanya termasuk pesangon yang diterima. Dia malah banyak mengomel karena tidak lagi bekerja di PT MMC setelah penutupan itu.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pulau Morotai, Alfatah Sibua menegaskan pemerintah tidak akan menutup mata terhadap ratusan karyawan PT MMC yang telah di PHK. Dia berjanji Pemkab Pulau Morotai akan memikirkan solusi terbaik bagi 274 karyawan yang kehilangan pekerjaan itu agar tetap mendapat penghasilan.

"Pada prinsipnya pasti ada langkah Pemerintah untuk memperhatikan mereka. Saya sudah bicarakan dengan pimpinan, kami punya program yang menyentuh langsung ke masyarakat jadi melalui program-program seperti itu akan kita libatkan mereka (karyawan yang di PHK)," cetus Alfatah.

Ia menambahkan, program pemerintah yang menyentuh langsung kepada masyarakat itu berupa program padat karya. Oleh pemerintah daerah, program tersebut sudah disepakati hanya melibatkan warga yang merupakan korban PHK. Sayangnya, tidak semua karyawan bisa dilibatkan langsung pada program ini.

"Ini ‘kan step by step. Kita tidak bisa libatkan semua langsung karena hanya butuh orang yang terbatas. Namun kita tetap mengakomodir mereka, hanya saja bertahap. Karena tidak mungkin mereka sebanyak itu kita libatkan sekaligus. Karena program ini juga berkelanjutan," jelas Alfatah. (K59-12)

Editor :
Pepih Nugraha

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kemana Nasib Ratusan Karyawan Yang Di PHK?.


Warga Rohingya sampaikan terima kasih

Posted: 30 Jul 2012 07:11 PM PDT

2012061856 Warga Rohingya sampaikan terima kasih

Perempuan dan anak Rohingya bersembunyi di sebuah rumah di Teknaf, Minggu (17/6) (REUTERS/Andrew Biraj)

Kami tidak mendapat pertolongan dimana-mana, di dalam, maupun di luar tanah air kami “Kami menerima surat pernyataan terima kasih itu langsung dari salah satu pemimpin Rohingya, Imum Ahmed, lewat surat elektronika yang dikirimkan kemarin,” kata jurubicara Jamaah Muslimin (Hizbullah), Ali Farkhan Tsani, di Jakarta, Selasa.

Dalam surat kepada pembina utama Jamaah Muslimin (Hizbullah) H. Muhyiddin Hamidy, Imum Ahmed menyatakan terima kasih kepada organisasi itu untuk rasa persaudaraan dan kebaikannya kepada manusia perahu Rohingya yang kehilangan hak-haknya dan terdampar di Indonesia.

Bantuan diberikan Jamaah Muslimin (Hizbullah) lewat cabangnya di Aceh itu, kata Ali Farkhan, disampaikan ketika orang-orang Rohingya melarikan diri dari serangan-serangan di kawasan Arakan, Myanmar, menggunakan perahu kemudian terdampar di Aceh belum lama ini.

“Kami tidak mendapat pertolongan dimana-mana, di dalam, maupun di luar tanah air kami dan hanya Saudara saudari Muslim Indonesia yang kami lihat ada secercah cahaya harapan dan mengungkapkan persaudaraan kemanusiaan pada kami, yang kami cari selama ini,” demikian salah satu kutipan dari surat elektronik tersebut.

Mengutip isi surat itu, Ali Farkhan menambahkan warga Rohingya menyatakan yakin Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di dunia Islam dengan segenap rakyatnya akan memimpin kami menuju tatanan dunia yang setara, adil dan bebas bagi segenap manusia dan seluruh umat Islam.

Sebelumnya, Asosiasi Rakyat Rohingya-Birma yang berkedudukan di Uni Emirat Arab melalui pemimpinnya, Dr. Than Aung, telah menyampaikan pernyataan serupa untuk bantuan tersebut.

Than Aung menambahkan pihaknya ingin bergabung dalam organisasi Jamaah Muslimin (Hizbullah) khususnya dalam perjuangan persaudaraan Muslim (Ukhuwah Islamiyah).
(E-004)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Warga Rohingya sampaikan terima kasih.


Dua Ruko di Cengkareng Hangus Terbakar

Posted: 30 Jul 2012 07:07 PM PDT

1727262620X310 Dua Ruko di Cengkareng Hangus Terbakar Shutterstock Ilustrasi kebakaran

JAKARTA, KOMPAS.com – Komplek rumah toko di Palem Mutiara Blok C24, Cengkareng, Jakarta Barat hangus terbakar. Sekitar pukul 03.10 WIB tadi, sebanyak 19 mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian.

Kepala Seksi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat, Sutarno, mengatakan, kebakaran tersebut menghanguskan dua buah ruko, salah satunya adalah sebuah restoran Jepang. "Iya, kebakaran dua ruko, lokasinya tepatnya di belakang Carrefour Palem Mutiara," ujar Sutarno saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/7/2012) pagi.

Sutarno menyebutkan, penyebab kebakaran berasal dari hubungan arus pendek yang terjadi dari restoran  Jepang tersebut. "Sumbernya dari rumah makan Jepang itu, korslet listriknya. Dari sana ruko sebelah kena juga, tapi hanya dua ruko," katanya.

Tidak lama kemudian api dapat dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun jumlah kerugian  belum dapat disebutkan.

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dua Ruko di Cengkareng Hangus Terbakar.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com