1.14.2013

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Pendiri Situs Berita Sosial Tewas Gantung Diri

Posted: 13 Jan 2013 06:10 PM PST

8Jigt2Y1PQ Pendiri Situs Berita Sosial Tewas Gantung DiriAaron Swartz

BROOKLYN – Salah satu pendiri situs berita sosial dan hiburan Reddit, Aaron Swartz, ditemukan tewas di apartemennya di Brooklyn, New York City. Menurut keterangan keluarga dan kekasihnya, Swart tewas karena gantung diri.

Dilansir dari Los Angeles Times, Senin (14/1/2013), Swartz merupakan salah seorang pejuang internet yang berusaha menyuguhkan konten online gratis untuk publik. “Komitmen Aaron terhadap keadilan sosial sangat mendalam dan mendefinisikan hidupnya. Dia menggunkaan keahliannya yang luar biasa sebagai seorang programmer dan ahli teknologi bukan untuk memperkaya diri, tapi untuk membuat internet dan dunia menjadi tempat yang lebih baik dan adil,”  demikian pernyataan yang dibuat oleh pihak keluarga Swartz.

Pada 2011, Swartz dituduh mencuri sekira lima juta artikel dari arsip komputer Massachussetts institute of Technology (MIT). Dia menghadpaai 13 tuduhan kejahatan, termasuk melakukan kecurangan melalui komputer dan mendapatkan informasi secara tidak sah dari komputer yang “rahasia”. Jaksa menuduh Swartz ingin mendistribusikan artiketl-artikel itu ke situs berbagi file, tapi Swatz membantah tuduhan tersebut.

Sidang dijadwalkan akan digelar di pengadilan federal pada bulan depan. Jika terbukti bersalah, ia bisa mendekam puluhan tahun di penjara. Beberapa pihak menyatakan dukungannya, termasuk beberapa ahli hukum yang yakin tuduhan terhadap Swartz tidak berdasar.

Keluarga dan kekasih Swartz, menyinggung jaksa dan MIT telah berkontribusi terhadap kematian pria berusia 26 tahun tersebut. “Hasil dari sistem peradilan yang merajalela dengan intimidasi dan penuntutan yang melampaui batas,” ungkap keluarga Swartz.

Swartz merupakan salah satu orang yang berjasa dalam dunia internet. Pada usia 14 tahun, ia membantu mengembangkan software di balik RSS, yang mendistribusikan konten melalui internet. Swartz juga terus memperdalam keahliannya di bidang teknologi.

Pada 2005, dia mengerjakan sebuah proyek yang kemudian menjadi situs berita sosial, Reddit, yang memanfaatkan “kebaikan” banyak orang dengan mengizinkan pengguna mengirimkan dan memberi nilai berita serta konten online lainnya. (adl)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Pendiri Situs Berita Sosial Tewas Gantung Diri

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pendiri Situs Berita Sosial Tewas Gantung Diri.

Jokowi: Enam Ruas Tol Belum Final

Posted: 13 Jan 2013 06:07 PM PST

1216152 jokowiagus martowardojo 620X310 Jokowi: Enam Ruas Tol Belum Final Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (depan, kedua dari kiri) bersama Menteri Keuangan Agus Martowardojo (depan, kedua dari kanan) di Jalan Tirtayasa, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2013). Jokowi mengunjungi kawasan perumahan Agus menampik untuk melobi transportasi massal berbasis reL atau mass rapid transit (MRT). Adapun sharing investment yang diminta Jokowi kepada Pemerintah Pusat adalah 60:40 untuk Pemprov DKI.

JAKARTA, KOMPAS – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan, persetujuannya atas rencana pembangunan enam ruas jalan tol baru belum final.

”Soal itu belum final,” ujarnya di Jakarta, Minggu (13/1/2013).

Menurut Jokowi, Pemerintah Provinsi DKI masih akan mendengarkan tanggapan publik atas rencana pembangunan enam ruas jalan tol itu. Apabila warga Jakarta menolak pembangunan enam ruas jalan tol itu, bisa jadi rencana tersebut tidak dijalankan.

”Kalau publik terus-menerus menolak, ya harus kita pertimbangkan,” ungkapnya.

Untuk menampung aspirasi warga, Pemerintah Provinsi DKI pun akan segera menggelar acara dengar pendapat publik dalam waktu dekat. ”Mungkin Selasa atau Rabu besok public hearing-nya,” kata Jokowi.

Terkait informasi bahwa enam ruas jalan tol baru itu sudah ditenderkan, Jokowi membantah hal itu. ”Belumlah. Lha wong amdal dan proses lain-lainnya saja belum kok,” ujarnya.

Saat ditanya kemungkinan pembangunan enam ruas jalan tol itu berpotensi melanggar Pasal 29 Ayat 3 Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI, Jokowi mengaku belum membaca detail pasal itu.

”Saya tidak tahu sedetail itu, tetapi yang jelas semua proyek harus sesuai dengan hukum berlaku,” katanya.

Melanggar RTRW

Peneliti perkotaan dari Rujak Center for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja, mengatakan, rencana pembangunan enam ruas jalan tol baru itu melanggar Perda RTRW DKI. Pasalnya, Perda RTRW menyatakan pembangunan jalan tol baru harus memenuhi sejumlah syarat.

Syarat pertama adalah Pemerintah Provinsi DKI harus memenuhi koridor transjakarta sebanyak 12 beserta sistem pengumpannya. Syarat kedua, harus ada manajemen pembatasan lalu lintas di jalan, seperti sistem ganjil genap.

Syarat ketiga, Pemerintah Provinsi DKI harus membuat manajemen lalu lintas di pintu masuk dan keluar tol. Pemerintah Provinsi DKI juga harus sudah mengintegrasikan transportasi umum.

”Kalau syarat-syarat itu tidak dipenuhi, tol baru tidak bisa dibangun,” katanya.

Selain tidak sesuai dengan RTRW, Elisa menyatakan, pembangunan jalan tol baru juga tidak akan menambah akses jalan baru. Pasalnya, di semua rute yang akan dibangun jalan tol baru itu sudah ada jalan umum dan jalur transportasi publik, seperti rel kereta api.

Mengenai rencana dengar pendapat publik, Elisa mengatakan, sebaiknya forum itu tidak diadakan pada hari kerja agar benar-benar bisa menampung aspirasi warga Jakarta.

”Kalau diadakan pas hari kerja, tentu kebanyakan warga Jakarta tidak bisa hadir,” katanya.

Jalan rusak

Selain jalan tol, berdasarkan pantauan Kompas, jalan lokal ataupun jalan provinsi di DKI Jakarta juga banyak yang rusak. Hal ini terjadi karena guyuran hujan deras yang sering melanda belakangan ini.

Kerusakan jalan antara lain di Jalan Arteri Pondok Indah, Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Suprapto, Jalan Kramat Raya, Jalan Pegangsaan Dua, Jalan Gunung Sahari, Jalan Panjang, Jalan Daan Mogot, dan Jalan Palmerah Utara.

Kerusakan jalan bervariasi, mulai jalan bergelombang, berkerikil, hingga berlubang. Kondisi ini menghambat kelancaran lalu lintas kendaraan.

Pengguna jalan yang melaju di jalan lurus itu beberapa kali terkejut karena tidak menduga ada lubang jalan di depannya. Akibatnya, nyaris terjadi insiden kecelakaan karena kendaraan tiba-tiba menghindari kerusakan jalan, sementara kendaraan di belakang tidak siap mengantisipasi.

Oleh karena itu, diharapkan pengendara kendaraan bermotor mewaspadai jalan-jalan tersebut untuk meminimalkan kecelakaan.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Maman Suparman, Sabtu, membenarkan adanya hal itu. Menurut dia, awal tahun ini kerusakan terjadi di 5.000 titik. Luas kerusakan di jalan lokal dan jalan provinsi ini mencapai 2 juta meter persegi.

”Memang sangat tajam kerusakan jalan. Seluruh kerusakan 5,7 persen dari total jalan lokal dan provinsi. Kerusakan terjadi karena guyuran hujan,” tutur Maman.

Pemerintah Provinsi DKI merencanakan akan menutup lubang jalan ketika hujan reda. ”Perbaikan sementara ini kami lakukan setiap malam agar tidak mengganggu lalu lintas,” katanya.

Perbaikan total dilakukan di semua titik kerusakan jalan pada pertengahan tahun. (K02/NDY/K11)

quote 1 Jokowi: Enam Ruas Tol Belum Final
Kalau publik terus-menerus menolak, ya harus kita pertimbangkan
– Joko Widodo
quote 1 Jokowi: Enam Ruas Tol Belum Final

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

Sumber :
Kompas Cetak

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jokowi: Enam Ruas Tol Belum Final.

Di Australia, Kepemilikan Senjata Capai Rekor

Posted: 13 Jan 2013 06:06 PM PST

1531576620X310 Di Australia, Kepemilikan Senjata Capai Rekor shutterstock ilustrasi

SYDNEY, KOMPAS.com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa jumlah senjata api yang dimiliki warga Australia sama banyaknya seperti sebelum terjadi peristiwa pembantaian Porth Arthur di tahun 1996.

Penelitian yang dilakukan Prof Philip Alpers dari Sekolah Kesehatan Masyarakat, Universitas Sydney mengatakan, warga terus menambah koleksi senjata mereka, dan sekarang jumlah senjata api mencapai 3.2 juta.

Dalam peristiwa Porth Arthur, Tasmania tersebut, seorang pria bersenjata, Martin Bryant menembak mati 35 orang dan mencederai 23 orang lainnya. Perdana Menteri Australia ketika itu John Howard kemudian menerapkan pembatasan kepemilikan senjata, dengan melarang senjata semi otomatis, dan memberlakukan ijzn yang lebih ketat. Pemerintah juga membeli kembali senjata yang diserahkan oleh pemiliknya, dengan sekitar 700 ribu senjata dikembalikan.

Menurut Prof Alprer, Port Arthur merupakan salah satu dari sejumlah pembantaian bersenjata, dan secara keseluruhan, lebih dari 1 juta senjata diserahkan kembali oleh pemiliknya. "Dalam penelitian, kami menemukan bahwa sejumlah besar warga menyerahkan kembali senjata mereka tanpa meminta kompensasi sama sekali." kata Prof Alpers.

"Ini tidak pernah dibicarakan. Jadi sekitar satu juta senjata tidak beredar lagi dan dimusnahkan." Impor senjata kembali meningkat setelah tahun 1996, karena warga mengganti senjata yang dilarang, dengan senjata baru. "Perlahan tapi pasti dalam 10 tahun terakhir, kepemilikan senjata meningkat lagi."

Menurut Prof Alpers, pembelian senjata oleh pemerintah dan juga amnesti membuat resiko warga tewas karena senjata api turun 50 persen. Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, penelitian yang dilakukan Institut Kriminologi Australia menunjukkan bahwa penyebab kematian karena senjata api terus menurun sejak tahun 1980-an dan kalah dari pisau. Kebanyakan kematian karena senjata terjadi karena bunuh diri atau kekerasan dalam rumah tangga.

Namun sekarang dengan kepemilikan senjata mencapai rekornya, menurut Prof Alpers, sulit untuk memprediksi apakah Australia akan menjadi negeri yang kurang aman. "Ini bisa menjadi masalah, bisa menjadi masalah serius, atau mungkin tidak terlalu buruk, namun kita belum tahu apa yang akan terjadi." kata Alpers.

Editor :
Rusdi Amral

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Di Australia, Kepemilikan Senjata Capai Rekor.

Kevin Rudd: Persenjatai Pemberontak Suriah

Posted: 13 Jan 2013 06:06 PM PST

0732105620X310 Kevin Rudd: Persenjatai Pemberontak Suriah AFP PHOTO / ABC NEWS Mantan PM Australia Kevin Rudd.

SYDNEY, KOMPAS.com- Mantan perdana menteri Australia Kevin Rudd mengatakan, masyarakat internasional harus mempertimbangkan guna mempersenjatai pemberontak Suriah dalam usaha mengakhiri perang saudara di sana.

Namun pemerintahan pimpinan PM Julia Gillard menolak usulan bahwa Australia akan membantu pasok senjata dan mengatakan bahwa hanya bersedia membantu obat-obatan untuk korban konflik.

Menurut laporan harian The West Australina, komentar Rudd muncul menjelang pertemuan antara Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Inggris dengan Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith dan Menlu Bob Carr di Perth minggu ini guna membicarakan masalah di Suriah, Iran, dan keamanan regional.

Kevin Rudd yang sebelumnya menyerukan aksi lebih keras terhadap rejim di Suriah, mengatakan dunia internasional harus "mengerahkan semua opsi yang ada" guna menyelamatkan penduduk sipil. "Bila itu berarti negara-negara yang memiliki kapasitas untuk memasok senjata kepada koalisi nasional Suriah, ya lakukanlah itu." kata Rudd. Minggu lalu,

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan, dia akan melobi Uni Eropa guna mencabut embargo senjata atas Suriah sehingga membuka kemungkinan Inggris memberikan senjata kepada pemberontak. "Suriah sekarang sudah melewati ambang krisis kemanusiaan, sekarang dalam perjalanan menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan." kata Rudd yang menjadi Perdana Menteri Australia 2007-2010 tersebut.

Menurut Rudd, dunia internasional melakukan intervensi di Libya di tahun 2011, ketika hanya 2.000 orang tewas, namun sekarang di Suriah, PBB memperkirakan sudah lebih dari 60 ribu orang menjadi korban.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, Menlu Inggris William Hague dan Menteri Pertahanan Philip Hammond akan berada di Perth bagi pembicaraan AUKMIN hari Jumat.

Seorang jurubicara Deplu Australia mengatakan, Suriah akan menjadi agenda pembicaraan namun Australia tidak mempertimbangkan untuk mempersenjatai pemberontak. "Prioritas utama kami adalah di bidang medis, memastikan akses ke rumah sakit dan akses bagi para pekerja medis di dalam Suriah," kata juru bicara tersebut.

Editor :
Rusdi Amral

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kevin Rudd: Persenjatai Pemberontak Suriah.

Jaket bisbol jadi tren di Filipina

Posted: 13 Jan 2013 06:05 PM PST

20130113jaket bisbol Jaket bisbol jadi tren di Filipina

Ilustrasi–jaket bisbol dan celana jins warna-warni yang sedang tren di Filipina (lookbook penshoppe)

“Kami menyebutnya varsity jacket, itu paling populer di sana selama 2012,” kata Alex saat konperensi pers pembukaan toko baru Penshoppe di Jakarta, Minggu malam.

Menurut dia, tren itu masih akan berlangsung di tahun 2013. Hanya saja, diprediksi ada penambahan tempelan-tempelan logo atau nama merk di bagian lengan dan dada jaket.

Selain itu, Alex juga menjelaskan untuk celana laki-laki di Filipina yang sedang tren masih jins. Biarpun begitu warnanya bukanlah biru, tetapi warna-warni.

“Jins Merah, hijau, coklat, itu juga lagi sangat populer,” ujar Alex.

Menurutnya, Indonesia pun punya kecenderungan tren yang sama. Dia memprediksikan sebentar lagi jaket dan celana jins tersebut akan populer di kalangan anak muda Indonesia. 
(lod)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2013

Source: AntaraNews.com – Hiburan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jaket bisbol jadi tren di Filipina.

Gelombang Selat Sunda lima meter

Posted: 13 Jan 2013 06:00 PM PST

20120316GelombangTinggi 160312 1xx Gelombang Selat Sunda lima meter

Gelombang tinggi (FOTO ANTARA)

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Klas IV Lampung, Rintiana di Bandarlampung, hari ini mengatakan, kemungkinan cuaca buruk juga terjadi di Samudera barat, Lampung dengan tinggi gelombang maksimum mencapai lima meter.

Ia menjelaskan, cuaca buruk juga berpeluang terjadi di wilayah perairan timur Lampung dengan tinggi gelombang maksimum empat meter.

Keadaan cuaca berdasarkan citra satelit terlihat adanya badai tropis Narelle di perairan Samudera Hindia barat Australia dan defressi tropis di laut Pilipina utara.

Cuaca diperkirakan hujan di seluruh wilayah perairan Lampung. Angin di atas wilayah perairan periaran Indonesia di utara Khatulistiwa bertiup dari barat sampai timur dan di selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah tenggara sampai barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 05-30 knot.

Ia menambahkan, prakiraan cuaca dan gelombang laut itu berlaku 24 jam, mulai 14 Januari pukul 07.00 WIB hingga 15 Januari 2013 pukul 07.00 WIB.

(A054)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2013

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gelombang Selat Sunda lima meter.

Nelayan Kolaka Dituding Jual Solar Bersubsidi

Posted: 13 Jan 2013 05:58 PM PST

 Nelayan Kolaka Dituding Jual Solar Bersubsidi KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Ilustrasi. Tangki modifikasi pada mobil milik mafia penyelewengan solar, Rabu (19/9/2012) di Batam, Kepulauan Riau.

KOLAKA,KOMPAS.com – Para petugas Solar Paket Dealer Nelayan (SPDN) di desa Wawo Tamboli, Kolaka, Sulawesi Tenggara, menuding nelayan setempat sering kali menyelundupkan jatah solar subsidi mereka keluar dari kampung. Tudingan itu menyusul sorotan dari berbagai pihak yang menyebut bahwa SPDN menjual solar ke beberapa perusahaan di Kolaka.

Tudingan ini diungkapkan oleh Syarif, pengelolah SPDN setempat. Menurutnya sebenarnya solar untuk nelayan itu mencukupi, namun di daerah tersebut memang banyak nelayan yang mengambil jatah solar lalu dijual kembali keluar kampung dengan harga yang lebih tinggi. Setelah itu mereka datang untuk mengambil jatah lagi yang sebenarnya sudah habis.

"Kalau mau jujur kami sebenarnya kewalahan melayani mereka (nelayan) karena memang banyak di antara mereka itu kalau sudah dapat jatah, solarnya dijual kembali. Terus datang untuk antre lagi. Kalau sudah habis pasti dikatakan kalau kami kurangi jatah mereka. Padahal mereka ada yang selundupkan keluar kampung solarnya," papar Syarif.

Syarif menambahkan, ada warga yang bukan nelayan tetapi ikut mengambil solar yang seharusnya hanya untuk nelayan itu. "Kami tidak bisa larang karena ada surat keterangannya," ungkap Syarif, Senin (14/1/2013).

Dia menegaskan, tidak ada penyelewengan solar subsidi oleh petugas SPDN. Syarif juga mengeluhkan data yang tidak teratur sehingga menyulitkan petugas untuk mengawasi, serta tidak adanya kartu kontrol yang berguna untuk mengetahui berapa kebutuhan setiap nelayan yang ada.

"Tiap pengisian pasti tidak sampai tiga jam solar sudah habis. Kalau kita di SPDN ini satu bulan dapat suplai enam kali yang di mana satu tangki isinya 5.000 liter. Harusnya nelayan paham kalau solar subsidi yang diperuntukkan untuk mereka disalahgunakan, yang rugi mereka juga. Pemda juga harus memberikan kartu kontrol untuk mempertegas masalah ini," tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Minyak dan Gas, Dinas Pertambangan dan Energi Kolaka, Anhar Mendong mengatakan seharusnya para nelayan mengambil solar itu pada saat untuk melaut saja untuk menghindari penyalahgunaan solar subsidi.

"Seharusnya nanti mau melaut baru isi solar. Jadi ketersediaan solar itu selalu mencukupi, setiap kali dibutuhkan akan ada. Kartu kontrol akan diusulkan sama dinas perikanan untuk para nelayan ini. Saya juga menyayangkan adanya tindakan seperti itu (menyelundupkan solar)," cetus Anhar.

Seorang nelayan bernama Anwar mengaku kaget mendengar ada rekannya yang menjual kembali solar bersubsidi. "Terancam kita kalau begini, bisa susah solar lagi kalau pemda tidak percaya mi sama kita. Kalau begitu nanti kita cari info sendiri siapa nelayan diantara kita yang suka jual jatash solar subsidinya sama industri," kata Anwar dengan nada kesal.

Editor :
Kistyarini

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Nelayan Kolaka Dituding Jual Solar Bersubsidi.

Politeknik Maritim Milik Pemerintah Diresmikan

Posted: 13 Jan 2013 05:58 PM PST

0835471 politeknik maritim diresmikan 620X310 Politeknik Maritim Milik Pemerintah Diresmikan Kompas/Ester Lince Napitupulu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah salah satu unit pelakasana teknisnya di bidang kemaritiman di Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin).

SEMARANG, KOMPAS.com – Pendidikan vokasi kemaritiman di jenjang diploma diperkuat dengan menambah politeknik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah salah satu unit pelakasana teknisnya di bidang kemaritiman di Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin).

Peresmian Polimarin dilakukan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Semarang, Senin (14/1/2013). Hadir juga Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso.

Ada tiga pendidikan vokasi yang diselenggarakan Polimarin yakni nautika, teknika, dan ketatalaksanaan pelayaran niaga & kepelabuhan. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan mulai tahun 2012 untuk angkatan pertama dengan menerima mahasiswa diploma tiga."Polimarin harus jadi sumber keunggulan dalam pendidikan maritim," kata Nuh. 

 

Editor :
Rusdi Amral

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Politeknik Maritim Milik Pemerintah Diresmikan.

Ketua IPW: Polisi Harus Hati-hati Tangani Kasus RI

Posted: 13 Jan 2013 05:47 PM PST

 Ketua IPW: Polisi Harus Hati hati Tangani Kasus RI shutterstock Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta pihak kepolisian untuk bertindak hati-hati dalam menyelidiki kematian RI (11), bocah yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pertamina Pusat, Minggu (6/1/2013). Meski dinyatakan meninggal akibat mengalami radang otak, muncul kecurigaan gadis cilik ini menjadi korban pelecehan seksual. Kecurigaan ini didasarkan pada ditemukannya luka tak terobati pada alat vital bocah malang tersebut.

"Sampai saat ini memang masih belum ada kepastian, jadi saya rasa masyarakat harus bersabar. Sementara dari polisi harus berhati-hati, jangan sampai ada kesalahan penyidikan," kata Neta saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/1/2013).

Sebelumnya, Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa jumlah tindak kekerasan pada anak dan perempuan terus bertambah sejak tahun 2010. Namun menurut Neta, khusus di wilayah DKI Jakarta angka kasus kekerasan justru mengalami penurunan.

"Tahun 2012 di Jakarta tercatat ada 16 kasus terjadi," kata Neta.

tindak kekerasan seksual, kata Neta, tidak melulu diakibatkan lambannya kinerja kepolisian. Dilihat juga dari segi hukuman yang tidak memberi efek jera pada pelakunya, serta faktor lain seperti kondisi sosial dan ekonomi. Di lain pihak, Neta menyarankan bahwa dalam melakukan penyidikan kasus seperti yang dialami RI, polisi memang harus terlebih dulu fokus pada orang-orang terdekat korban.

Kalau mengacu pada kasus tiga tahun belakangan, kata Neta, kebanyakan pelaku memang orang terdekat korban. Jadi, menurut Neta, dalam penyidikan kasus demikian polisi memang harus fokus ke orang terdekat, agar masyarakat tidak sampai resah berkepanjangan. Apalagi pada kasus RI korbannya masih anak kecil.

Hingga saat ini kasus RI masih terus menjadi fokus penyidikan pihak Polrestro Jakarta Timur. Sebagai bagian dari penyidikan, penyidik telah mengambil sampel DNA dari pakaian RI serta menanyai sejumlah saksi. Dari pemeriksaan tersebut, polisi telah mempersempit ranah penyidikan menjadi tinggal dua orang saksi. Namun demikian pihak kepolisian masih belum bersedia mengungkapkan lebih banyak mengenai dua saksi tersebut.

Berita terkait, baca :

MISTERI KEMATIAN BOCAH "RI"

Editor :
Hertanto Soebijoto

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ketua IPW: Polisi Harus Hati-hati Tangani Kasus RI.

Empat warga China diculik di Darfur

Posted: 13 Jan 2013 05:43 PM PST

2012050267 Empat warga China diculik di Darfur

Ilustrasi (FOTO REUTERS/Goran Tomasevic )

Penyerang menculik orang-orang China itu–satu insinyur dan tiga supir–serta lima warga Sudan rekan mereka pada Sabtu larut malam di dekat al-Fasher di Darfur Utara, tulis SUNA, dengan menambahkan bahwa mereka semua bekerja untuk sebuah perusahaan pembangunan jalan China.

Aparat keamanan pemerintah dengan 15 kendaraan militer kini memburu para penculik, kata SUNA, tanpa penjelasan terinci lebih lanjut.

Orang-orang bersenjata sering menculik warga asing di Darfur dengan menuntut uang tebusan bagi pembebasan mereka.

Pada Januari 2012, gerilyawan di negara bagian Kordofan Selatan, wilayah penghasil minyak utama di Sudan, menculik 29 orang China. Mereka dibebaskan hampir dua pekan kemudian.

Bentrokan-bentrokan antara pasukan Sudan dan gerilyawan masih terus berlangsung di Darfur meski misi penjaga perdamaian terbesar dunia UNAMID ditempatkan di wilayah Sudah barat itu.

Misi PBB-Uni Afrika di Darfur (UNAMID), yang kini berjumlah 23.500 orang dan merupakan misi penjaga perdamaian terbesar di dunia, ditempatkan di Darfur, Sudan barat, sejak 2007 untuk berusaha mengakhiri permusuhan antara pemberontak dan pemerintah Sudan.

PBB mengatakan, lebih dari 300.000 orang tewas sejak konflik meletus di wilayah Darfur pada 2003, ketika pemberontak etnik minoritas mengangkat senjata melawan pemerintah yang didominasi orang Arab untuk menuntut pembagian lebih besar atas sumber-sumber daya dan kekuasaan. Pemerintah Khartoum menyebut jumlah kematian hanya 10.000.

Menurut PBB, sekitar 1,4 juta pengungsi tinggal di kamp-kamp di Darfur dan mereka bergantung pada jatah makanan.

Pemerintah Sudan menandatangani sebuah perjanjian perdamaian sponsoran Qatar dengan sebuah aliansi kelompok pemberontak pada 2011, namun kelompok-kelompok besar menolaknya.

Kelompok gerilya utama Gerakan Keadilan dan Persamaan Hak (JEM) menolak perjanjian itu, yang ditandatangani Sudan dan Gerakan Keadilan dan Kebebasan (LJM), sebuah kelompok pemberontak lain di Darfur.

JEM adalah satu dari sejumlah kelompok Darfur yang memberontak pada 2003 untuk menuntut otonomi lebih luas bagi wilayah barat yang gersang itu. Mereka kini dianggap sebagai kelompok pemberontak yang paling kuat di Darfur.

Perpecahan di kalangan pemberontak dan pertempuran yang terus berlangsung menjadi dua halangan utama bagi perundingan perdamaian yang berlangsung sejak 2003 di Chad, Nigeria dan Libya, sebelum pindah ke Doha.

Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) yang bermarkas di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Sudan Omar al-Bashir pada 2009 atas tuduhan kejahatan perang dan kejahatan atas kemanusiaan di Darfur, Sudan barat. Bashir juga dituduh melakukan genosida dalam surat perintah penangkapan selanjutnya.

Bashir telah membantah tuduhan-tuduhan pengadilan Den Haag dan menyebutnya sebagai bagian dari konspirasi Barat untuk menjatuhkannya. Surat perintah penangkapan itu merupakan yang pertama dikeluarkan pengadilan internasional tersebut terhadap seorang kepala negara yang aktif.

(M014)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2013

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Empat warga China diculik di Darfur.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com