6.19.2011

Bahrain Cabut Larangan untuk Partai Oposisi


4219727620X310 Bahrain Cabut Larangan untuk Partai Oposisi AP PHOTO/HASAN JAMALI Perempuan pengunjuk rasa anti-Pemerintah Bahrain, sebagian memakai masker bersiap menghadapi gas air mata, menolak mundur dari aksi di Lapangan Mutiara, Manama, Bahrain, Senin (14/3). Saat itu pemimpin oposisi Syiah, Sheikh Habib al-Muqdad, mengatakan pasukan bersenjata Arab Saudi akan datang sehingga Al-Muqdad meminta mereka pulang menaiki bus yang disediakan.

MANAMA, KOMPAS.com – Pemerintah Bahrain akan mencabut larangan atas partai oposisi terbesar kedua di negara itu, kata kelompok tersebut pada Sabtu (18/6/2011) menjelang penyelenggaraan dialog nasional untuk meredakan krisis politik di dalam negeri.    

Penguasa negara kerajaan di Teluk itu menutup Waad, partai sayap kiri yang bersekutu dengan Wafaq, kelompok oposisi terbesar Syiah, pada April di tengah-tengah penumpasan oleh pasukan keamanan terhadap protes-protes prodemokrasi.     Juru bicara Waad, Radhi al-Mousawi, mengatakan bahwa pemerintah akan mencabut larangan itu di kantor pusatnya di Manama dan kemudian di kantornya di Muharraq.    

Kantor berita negara BNA yang mengutip pernyataan Kementerian Kehakiman mengatakan langkah-langkah sedang diambil untuk mencabut larangan itu.    

Mousawi mengatakan kelompok itu telah mengirim satu pernyataan kepada pemerintah yang menyambut dialog politik tersebut, yang ditetapkan oleh Raja Hamad bin Isa al-Khalifa mulai 1 Juli, dan juga meminta raja itu untuk memeriksa kasus pemimpin Waad yang ditahan.    

Ibrahim Sharif berada di balik jeruji bersama dengan beberapa pemimpin oposisi lainnya termasuk ketua partai al-Haq yang beraliran Syiah dan Hassan Mushaimaa.    

Keduanya termasuk di antara 21 orang yang diadili dengan dakwaan bersekongkol melakukan kudeta dengan dukungan "kelompok-kelompok teroris asing".    

Penguasa Bahrain yang beraliran Sunni telah menuding para pengunjuk rasa, yang sebagian besar dari kelompok-kelompok Syiah tetapi juga Waad yang sekuler, didukung oleh Iran. Kelompok oposisi membantah tuduhan tersebut.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Bahrain Cabut Larangan untuk Partai Oposisi

Sumber :
ant, afp, aap

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bahrain Cabut Larangan untuk Partai Oposisi.


luna.cute 19 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/bahrain-cabut-larangan-untuk-partai-oposisi-249460.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com