6.30.2011

Psikolog: Kesadaran Membangun Bangsa Masih Rendah


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
20110308113947pancasila Psikolog: Kesadaran Membangun Bangsa Masih Rendah

Lambang Negara RI Burung Garuda. (ilustrasi/ Ferly)

“Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang cukup banyak dapat menjadi kekuatan bangsa untuk maju,” katanya dalam diskusi `Psychology of The Nation`, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, Jerman, negara yang sempat mengalami dua kali kehancuran, bisa menjadi negara yang berkembang karena setiap warganya memiliki kesadaran untuk melakukan sesuatu dengan serius, fokus, dan benar.

“Ketika semua orang melakukan hal itu, maka sebuah negara akan menjadi kuat. Jika prinsip itu diterapkan di Indonesia, saya yakin bangsa ini bisa maju,” kata Direktur Center for Indigenous and Cultural Psychology UGM ini.

Ia mengatakan kurang kuatnya karakter untuk fokus dan serius membangun bangsa disebabkan pengaruh penjajahan Belanda selama 350 tahun.

Pada masa penjajahan Belanda posisi masyarakat Indonesia adalah sebagai budak yang memiliki sejumlah karakter tertentu seperti bergerak jika disuruh. Selain itu, sifat memecah belah yang sudah mendarah daging.

“Saya memiliki keyakinan bahwa karakter mental terjajah terjadi pada bangsa kita. Hal itu menyebabkan bangsa Indonesia sangat inferior, mudah menjadi penjilat, dan tidak proaktif,” katanya.

Pakar antropologi budaya dari UGM Heddy Shri Ahimsa Putra mengatakan pandangan tentang kebudayaan dengan unsur-unsurnya perlu direvisi.

“Pandangan yang selama ini berlaku yang dikemukakan Koentjaraningrat mengenai tujuh unsur kebudayaan universal masih kurang rinci, karena belum dapat mencakup seluruh unsur kebudayaan yang ada dan mengundang kerancuan pemikiran,” katanya.

Menurut dia, kebudayaan juga mempunyai tiga wujud, yakni wujud material, perilaku, dan gagasan. Dalam hal ini diperlukan kajian lebih mendalam terhadap unsur-unsur kebudayaan agar dapat ditentukan jumlahnya secara tetap.

Unsur-unsur itu harus mampu mencakup semua gejala budaya yang ada di masyarakat, dan dapat dirinci lagi subunsurnya, agar upaya untuk mengembangkan, mengubah, dan memperbaiki suatu unsur dapat dilakukan dengan lebih mudah.

“Suatu kebudayaan setidaknya perlu dirinci menjadi 10 unsur agar berbagai gejala kebudayaan yang ada dapat tercakup di dalamnya,” katanya.(*)

(L.B015*H010/M008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Psikolog: Kesadaran Membangun Bangsa Masih Rendah.


happyme 01 Jul, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/psikolog-kesadaran-membangun-bangsa-masih-rendah-258095.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com