6.30.2011

Probolinggo Gelar Pawai Budaya


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
 Probolinggo Gelar Pawai Budaya K18-11 Ondel-ondel Betawi, salah satu kebudayaan yang ditampilkan dalam pawai budaya Semipro.

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Pawai budaya dan seni yang digelar Pemerintah Kota Probolinggo sebagai bagian dari kegiatan Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro), menampilkan pesona menarik hingga menyedot puluhan ribu warga. Mulai sebelum start di di depan Kantor Walikota Jl PB Sudirman hingga finish di alun-alun kota Jl A. Yani, penonton rela berdesak-desakan, Rabu (29/6/2011).

Antusiasme penonton ini memberikan spirit bagi kehadiran pawai budaya sebagai kegiatan wisata yang pada akhirnya akan memberikan dampak ekonomi pada masyarakat.

Koordinator pawai budaya Endro Suroso, dalam sambutannya, mengatakan, pemerintah mempunyai kewajiban menggali dan melestarikan seni budaya. Endro menambahkan, pawai seni budaya memberikan ajang pada seniman untuk berkreasi dan berekpresi. "Selain itu, pawai budaya akan dikemas menjadi kegiatan wisata budaya yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara," ujar Endro.

Peserta pawai budaya dan seni sebanyak 54 peserta dengan rincian 12 kabupaten/kota, 15 utusan dari berbagai daerah baik Jatim maupun luar Jatim serta tampilan budaya dari 25 SKPD. Daerah-daerah antara lain; Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Probolingggo Kabupaten/Kota, Pasuruan Kabupaten/Kota, Sidoarjo, Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep.

Selanjutnya Surabaya, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Tuban, Ponorogo, Blitar, Boyolali, Banyumas, Kulon Progo Jogja, Cimahi Jawa Barat menampil Rampak Gendang, Bali dengan ogoh-ogoh, Betawi dengan Ondel-ondel, etnis Tionghoa dengan Liang-Liong, dan etnis Arab juga tampil dengan tari Jafen.

Walikota HM Buchori mengatakan, seni dan budaya memberikan identitas dan menyemangati NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Pancasila. "Pawai ini meramu rasa, karsa seni budaya dari berbagai daerah," ujar Buchori yang ikut menari Jafen bersama etnis Arab.

Seni budaya yang ditampilkan sangat beragam dan mempesona. Diantaranya, topeng ireng dari Boyolali, gandrung dari Banyuwangi, berbagai tari-tarian dari Madura dan wilayah pesisir utara. "Kami merasa terhibur dengan adanya pawai budaya ini, Mas. Penampilannya kali ini bagus-bagus dan sangat beragam," ujar salah seorang pengunjung.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Probolinggo Gelar Pawai Budaya

Source: kompas regional

Berita Lain:

    + Arsip Berita Indonesia - Probolinggo Gelar Pawai Budaya.


    cherrio 30 Jun, 2011


    --
    Source: http://arsipberita.com/show/probolinggo-gelar-pawai-budaya-257261.html
    ~
    Manage subscription | Powered by rssforward.com

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com