6.12.2011

Industri Otomotif Indonesia Menarik Perhatian Investor


Minggu, 12 Juni 2011 23:30 WIB

20110612 083241 oto2 Industri Otomotif Indonesia Menarik Perhatian Investor

Foto : MI/Ramdani/ip

JAKARTA: Produsen mobil asal Jepang, Nissan, berencana untuk membangun pabrik manufaktur mobil dan komponennya di Indonesia sebesar US$150-250 juta. Rencana tersebut menambah sejumlah investasi otomotif yang tahun ini diterima Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Nissan berencana investasi, saya lupa besarannya berapa. Sekitar US$150-250 juta. Selain itu, pihak VW juga sudah menyampaikan minatnya, meski belum menyebutkan angkanya. Sedangkan, Piaggio akan membangun pabrik memproduksi vespa,” papar Kepala BKPM Gita Wirjawan, di sela-sela World Economic Forum East Asia, Minggu (12/6).

Gita melanjutkan, Tata Motors ikut menambahkan rentetan rencana investasi otomotif. Pemegang merek Jaguar dan Land Rover tersebut berencana membuat produksi light transport minibus, nanao, dan SUV.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan salah satu produsen mobil Eropa tengah menjajaki pembicaraan eselon satunya untuk pembangunan pabrik di Tanah air. Kendati belum mau menyebutkan mereknya, Hidayat mengaku produsen mobil tersebut cukup serius.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik, pertumbuhan industri otomotif memang paling pesat dibandingkan industri lain. Hal tersebut yang membuat Presiden Direktur Indomobil Group Gunadi Sindhuwinata merasa principal otomotif melirik Indonesia untuk mendirikan pabriknya di sini.

“Rata-rata sektor otomotif tumbuh 10-12%. Faktanya bisa lebih dari itu,” tukas Gunadi.

Gunadi memperkirakan kapasitas produksi mobil di Indonesia dapat mencapai 1 juta unit dari kapasitas saat ini 800 ribut unit. Untuk motor, kapasitasnya dapat tumbuh menjadi 10 juta unit dari yang saat ini 8 juta unit. Itu belum menghitung meningkatkan kapasitas setelah program mobil murah digulirkan.

“Jika aturan dari program itu berjalan, butuh 150.000-200.000 unit per tahun sehingga yang mempunyai kapasitas untuk program itu akan ikut,” lanjut Gunardi. Termasuk yang dapat mengikuti program tersebut merupakan Nissan lewat Indomobil. Saat ini kapasitas produksi Nissan merupakan 40.000 unit per tahun. (*/OL-11)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Industri Otomotif Indonesia Menarik Perhatian Investor.


whitefox 13 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/industri-otomotif-indonesia-menarik-perhatian-investor-245106.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com