6.22.2011

Pelabuhan Hijau Harus Diimplementasikan


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
2020454p Pelabuhan Hijau Harus Diimplementasikan
shutterstock
ilustrasi

MEDAN, KOMPAS.com – Konsep pelabuhan hijau (green port) harus diimplementasikan oleh pelabuhan anggota International Maritime Organisation.

Hal ini diingatkan Ketua The 32th Asean Port Association Working Committee (APA WCM), Datuk Abdul Rahim bin Abdul Aziz, dalam pertemuan APA WCM di Medan, Rabu (22/6/2011).  

"Pelabuhan hijau sudah ditetapkan dalam konvensi IMO. Pelabuhan yang tidak mengikuti itu tentu akan ditinggalkan oleh pelanggannya," tutur Abdul Rahim.

Konsep pelabuhan hijau adalah bagian dari komitmen pelabuhan-pelabuhan di untuk mengurangi emisi karbon. Beberapa negara yang telah menerapkan konsep ini antara lain Belanda (Rotterdam), USA (Los Angeles), Jerman (Hamburg), Jepang, dan Korea.

Pelabuhan-pelabuhan itu memberi insentif bagi kapal-kapal yang tidak membuang sampah atau mengurangi konsumsi minyak. Di sisi lain pelabuhan juga diuntungkan karena pelabuhan terjaga kebersihannya.

Untuk kawasan Asean, Singapura dan Malaysia tengah melangkah dalam menerapkan konsep pelabuhan hijau itu.

Salah satu yang paling penting dalam pengembangan pelabuhan, lanjut Abdul Rahim, adalah kemampuan pelabuhan menguasai teknologi informasi. Dengan itu, pekerjaan kepelabuhanan akan lebih efektif dan efesien yang membuat waktu tunggu kapal semakin singkat dan pelayanan semakin baik.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, Harry Sutanto, mengakui masih banyak ketertinggalan di Pelindo I dibandingkan dengan daerah lain. Pertemuan-pertemuan seperti APA WCM ini salah cara pelabuhan yang tertinggal belajar pada pe labuhan yang lebih maju.

Harry mengatakan Pelindo I mengejar ketertinggalan dengan investasi sebesar Rp 1,99 triliun pada tahun 2011 ini. Angka itu naik 400 persen dibandingkan investasi tahun 2010 yang hanya sebesar Rp 400 juta, dan tahun 2008 sebesar Rp 150 juta.

Investasi itu antara lain digunakan untuk memperpanjang dermaga di Belawan Container Terminal sepanjang 2 meter x 50 meter,  dan membeli container crane dan rubber tyred gantry crane.

"Kami tengah mengusulkan ke pemerintah agar bisa menambah panjang dermaga 350 meter lagi," tutur Harry. 

 

 

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Pelabuhan Hijau Harus Diimplementasikan

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pelabuhan Hijau Harus Diimplementasikan.


whitefox 22 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/pelabuhan-hijau-harus-diimplementasikan-252616.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com