8.19.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

“Stealth” China Contek Desain Rusia?

Posted: 18 Aug 2011 07:20 PM PDT

0853313620X310 Stealth China Contek Desain Rusia? MILITARY-TODAY.COM Inilah model pesawat Mikoyan 1.44 buatan Rusia, yang diduga mendasari desain pesawat J-20 China.
0859599620X310 Stealth China Contek Desain Rusia? Reuters Pesawat tempur berteknologi siluman (stealth) China terlihat di Chengdu, Provinsi Sichuan. Foto diambil 7 Januari 2011 dan dipublikasikan oleh kantor berita Jepang Kyodo 8 Januari 2011.
Foto:
1 2 » Play Slideshow

MOSKWA, KOMPAS.com- Pembicaraan mengenai pesawat tempur berteknologi stealth pertama buatan China kembali menghangat setelah muncul spekulasi pesawat itu dirancang berdasarkan desain pesawat Rusia yang tak jadi diproduksi. Spekulasi itu muncul karena ada banyak kesamaan mendasar antara garis desain pesawat J-20 China dengan gambar rancangan pesawat Mikoyan 1.44 Rusia.

 Stealth China Contek Desain Rusia?

J-20 menggegerkan dunia saat muncul dan terbang perdana, Januari lalu. Seorang narasumber yang dekat dengan kalangan industri pertahanan Rusia mengatakan kepada Reuters bahwa kesamaan desain J-20 dan Mikoyan 1.44 mengindikasikan teknologi Mikoyan, produsen pesawat-pesawat MiG Rusia, telah dipindahtangankan ke pihak China.

"Sepertinya mereka (para desainer China) mendapat akses ke berbagai dokumen terkait Mikoyan (1.44), pesawat yang tidak menang tender di Kementerian Pertahanan (Rusia)," tutur sumber yang tak bersedia menyebut namanya itu, Kamis (18/8/2011).

Kesamaan desain yang paling kentara adalah penggunaan canard (sayap kecil di depan) di depan sayap utama berbentuk delta, dan dua sayap tegak yang miring. Penggunaan canard pada pesawat J-20, yang dimaksudkan sebagai pesawat stealth (siluman, sulit terlacak radar), ini sempat dipertanyakan para pengamat dunia penerbangan, karena meski membantu pesawat lebih lincah bermanuver, sayap tambahan ini membuat pesawat lebih mudah terdeteksi radar.

Pengamat independen yang memantau hubungan Rusia dan China, Adil Mukashev, mengatakan, ada kemungkinan transfer desain ini terkait transaksi keuangan. "China menukar beberapa bagian teknologi, termasuk bagian ekor Mikoyan itu, dengan uang," kata dia.

Pihak Kementerian Pertahanan China menolak berkomentar tentang spekulasi ini. Sementara pihak United Aircraft Corporation (UAC), yang kini menjadi perusahaan induk Mikoyan, membantah telah ada transfer desain maupun teknologi kepada China.

China sudah lebih dulu membantah bahwa desain dan teknologi J-20 diambil dari teknologi pesawat-pesawat siluman AS, termasuk dari bangkai F-117 Nighthawk milik AS yang jatuh di Serbia tahun 1999. Sekilas, dari samping, bentuk J-20 yang memanjang justru mengingatkan pada bentuk prototip pesawat YF-23 buatan AS.

Sumber yang dikutip Reuters juga mengatakan, para pejabat China diundang oleh Rusia saat rancangan Mikoyan 1.44 pertama kali ditampilkan ke publik, akhir 1990-an. Pada akhirnya, program Mikoyan 1.44 ini ditolak oleh Kemenhan Rusia karena kurang memiliki teknologi pengelak radar, dan proyek pesawat tempur generasi kelima Rusia kemudian diserahkan ke pesaing Mikoyan waktu itu, Sukhoi.

Sukhoi kemudian menggarap desain Sukhoi PAK FA atau Sukhoi T-50, yang terbang perdana Januari lalu, dan ditampilkan pertama kali ke publik dalam MAKS Air Show di dekat Moskwa, Rusia, hari Selasa pekan ini. Sukhoi T-50 akan dikembangkan bersama dengan India, dan mulai diharapkan mulai diproduksi dalam tiga tahun mendatang.

Sumber :
REUTERS

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - “Stealth” China Contek Desain Rusia?.


Program RESPEK bisa jawab kebutuhan masyarakat Papua

Posted: 18 Aug 2011 07:18 PM PDT

LINK2 Program RESPEK bisa jawab kebutuhan masyarakat Papua

“Program RESPEK memperkuat posisi masyarakat yang ada di kampung-kampung, karena kita tidak pernah berpikir mengenai kebutuhan mereka secara detail dan terperinci,” katanya di Jayapura, Jumat.

Ia mengatakan, RESPEK yang hadir semasa kepemimpinan Barnabas Suebu mantan Gubernur Papua periode lalu telah memberikan suatu terobosan dan gagasan yang baik ditengah-tengah masyarakat Papua yang merindukan dan menantikan pembangunan hingga ke kampung-kampung.

“RESPEK program yang bagus, yang mana dana bisa langsung didapatkan oleh masyarakat yang ada di kampung, yang bisa dikelola secara mandiri dan bertanggungjawab sesuai pemenuhan kebutuhan mereka,” katanya.

Dengan manfaat dana Rp100 juta yang digulirkan tiap tahun oleh pemerintah Provinsi Papua, RESPEK diharapkan bisa memberikan dampak yang cukup signifikan termasuk memberikan kemandirian masyarakat kampung dalam mengelola dana yang mengalir tersebut.

“Saya pikir dana Rp100 juta yang diberikan oleh pemerintah lewat RESPEK bisa menyentuh sejumlah kebutuhan masyarakat, dan saya sambut baik dengan sejumlah daerah yang mulai memberikan bantuan hingga Rp1 miliar kepada kampung-kampung seperti yang dilakukan oleh Pemkab Keerom dan Supiori,” katanya.

Menyinggung tentang pelaksanaan Otonomi Khusus yang telah berjalan kurang lebih 10 tahun di Papua, mantan Wakil Gubernur daerah tersebut tidak menampik jika perlunya `grand desain` dan evaluasi yang menyeluruh.

“Iya, saya rasa perlunya grand desain dan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan Otsus di Papua, agar penempatan sejumlah dana yang mengalir kepada masyarakat lebih tepat guna dan sasaran sesuai yang diamanatkan,” katanya.

Ia menyebutkan, pembuatan grand desain dan evaluasi terhadap pelaksanaan Otsus bisa dilakukan oleh instansi teknis yang ada di Pemprov Papua atau pun dilakukan secara bersama-sama oleh pemerintah dan akamedisi serta profesional lainnya.

“Evaluasi ini bisa dilakukan lewat Bapeda provinsi Papua atau pun bersama pihak lainnya,” katanya.

Sebelumnya, pada Kamis (18/8) Ketua Harian KPA Provinsi Papua itu menghadiri peluncuran buku `RESPEK Pemenuhan Hak Ekonomi Sosial Dan Budaya Orang Papua yang dikeluarkan oleh Lembaga Studi Pers dan Otsus Papua di Jayapura. (ANT185/Y008/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Program RESPEK bisa jawab kebutuhan masyarakat Papua.


KNPB: kekerasan di Papua dilakukan “sayap militer”

Posted: 18 Aug 2011 07:18 PM PDT

 KNPB: kekerasan di Papua dilakukan sayap militer

“Saya tegaskan, KNPB tidak terlibat dalam serangkaian peristiwa kekerasan di Jayapura dan sekitarnya. Itu dilakukan oleh `sayap militer` (OPM) yang telah ada dan dilakukan sejak tahun 1960-an,” katanya di Jayapura, Papua, Jumat.

Buhtar Tabuni yang baru saja mendapat remisi bebas murni pada perayaan HUT RI pada Rabu (17/8), juga membantah jikalau kekerasan yang terjadi di Jayapura dan sekitarnya yang telah memakan korban dan harta benda tidak ada kaitannya dengan konferensi tingkat tinggi Internasional di Oxford, London, Inggris, 2 Agustus lalu.

“Sejumlah media lokal mencoba mengkait-kaitkan keterlibatan kami dengan kekerasan di Papua, tetapi hal itu sama sekali tidak ada hubungan dengan KTTI di London, Inggris,” bantahnya.

Menurutnya, perjuangan KNPB merupakan murni lewat diplomasi tanpa kekerasan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menghormati hak asasi manusia.

“Kami akan berjuang dengan cara damai, bukan dengan kekerasan. Dan kami bukan saja berjuang melepaskan penindasan dari bangsa ini tetapi juga dari kolonial dan imperialisme Amerika Serikat dan negara Uni Eropa seperti Inggris, Kanada dan Australia,” katanya.

Pria yang senang menggunakan kacamata hitam dan pakaian loreng ala militer itu, juga tak lupa memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh warga Indonesia.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun, semoga panjang umur. Dan Indonesia harus bisa merdeka dari segi hukum dan politik, karena jika tidak hal ini bisa menunjukan kelemahan dan ketidak-merdekaan-nya Indonesia terhadap hal itu,” ucapnya. (ANT185/Y008/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - KNPB: kekerasan di Papua dilakukan “sayap militer”.


Gotze Hanya Akan Dijual ke Luar Negeri

Posted: 18 Aug 2011 07:17 PM PDT

Jumat, 19 Agustus 2011 09:12 WIB

20110819 083540 goetze Gotze Hanya Akan Dijual ke Luar Negeri

Foto : REUTERS/Marcelo del Pozo/bo

BORUSSIA: Manajemen Borussia Dortmund mengatakan hanya akan menjual Mario Gotze ke luar negeri, bukan ke rival domestik di Bundesliga.

“Mario Gotze juga tidak pernah berpikir akan memperkuat salah satu tim di Bundesliga,” ujar Hans-Joachim Watzke, CEO Borussia Dortmund, kepada Sport-Bild.

Bayern Munich, klub Bundesliga yang paling banyak menghabiskan dana belanja, tertari memboyong Gotze ke Allianz Arena. Franz Beckenbauer, presiden kehormatan Bayern, yakin Gotze akan menjadikan Bayern kompetitif di liga domestik dan Eropa.

Gotze masih berusia 19 tahun, dan terikat kontrak sampai 2014. Harga pemain itu tidak lagi murah sejak tampil mengesankan sepanjang musim lalu, dan terakhir ketika Jerman mengalahkan Brasil.

“Alangkah bodohnya kami jika menjual Gotze ke Bayern,” ujar Watzke.

“Bayern jangan bermimpi mendapatkannya,” lanjut sang petinggi.

Gotze, masih menurut Watzke, tumbuh bersama Bayern dan musim lalu mengantar Borussia Dortmund ke podium juara. Seluruh keluarga Gotze juga tinggal di Dortmund.

“Saya pastikan Gotze hanya akan dijual ke luar negeri, bukan ke klub yang berlokasi di Jeman,” pungkas Watzke. (/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gotze Hanya Akan Dijual ke Luar Negeri.


Milan Tepis Minat Juventus pada Luca Antonini

Posted: 18 Aug 2011 07:17 PM PDT

Jumat, 19 Agustus 2011 09:06 WIB

20110819 083109 REU 201003 032884 D Milan Tepis Minat Juventus pada Luca Antonini

Foto : Reuters/Alessandro Garofalo/vg

MILAN: Juventus terpaksa gigit jari dalam usaha mereka menjajaki peluang mendatangkan Luca Antonini dari AC Milan.

La Gazzetta dello Sport mengungkapkan pendekatan resmi perdana Si Hitam-Putih langsung disambut penolakan mentah-mentah kubu San Siro.

Juventus diklaim telah menanyakan harga yang diperlukan untuk menggaet full-back serbabisa itu, tapi Milan menegaskan bahwa Antonini tak dijual.

Sejak berlabuh tiga tahun silam dari Empoli, pesepakbola berumur 29 tahun itu telah 55 kali merumput di Serie A bersama I Rossoneri. (goal.com/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Milan Tepis Minat Juventus pada Luca Antonini.


Situs Arca Semen Kediri Rusak Lagi

Posted: 18 Aug 2011 07:14 PM PDT

1738596620X310 Situs Arca Semen Kediri Rusak Lagi k20-11 Petugas Polisi Sektor Pagu Resor Kediri, Jawa Timur memeriksa Arca Semen yang baru saja dirusak oleh orang, Kamis (18/8/2011).

KEDIRI, KOMPAS.com – Situs Arca Semen di Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur kembali dirusak oleh segeromboran orang. Kini kasusnya ditangani oleh kepolisian setempat.

 Situs Arca Semen Kediri Rusak Lagi

Mbah Djudi (66), juru kunci situs menuturkan, beberapa bagian yang dirusak meliputi dirobohkannya pagar batu yang melingkari arca, atap arca yang terbuat dari terpal, papan peringatan, dan papan penunjuk jalan. "Selain itu, beberapa barang milik pedagang sekitar juga ikut dibuang. Kini semuanya kita pasrahkan kepada kepolisian," kata Judi, Kamis (18/8/2011) kemarin.

Sementara, Ahmad Khoiruman (30), pembantu Djudi, menuturkan, perusakan itu terjadi secara berkala. Mulai pada Sabtu malam Minggu lalu, berawal dari datangnya segerombolan orang yang naik sepeda motor ke lokasi. "Sekitar jam 20.30 wib, jumlahnya lebih dari 13 orang. Mereka merusak atap dengan menarik pakai tangan," kata Ahmad Khoiruman.

Namun demikian, ia mengaku tidak mengetahui pasti kapan perusakan batu bata terjadi. Sebab, kejadian itu baru diketahui pada Selasa lalu sekitar pukul 06.00 wib. "Kapan perusakannya tidak tahu, sebab kami tidak tidur di sini. Hanya saja, kami tahu pagi saat mau bersihkan area," katanya.

Sementara itu, petugas kepolisian yang mendapatkan laporan segera datang ke lokasi guna melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara. "Kita lakukan pemeriksaan guna pengumpulan barang bukti," kata Aiptu Bambang, anggota kepolisian sektor Pagu Resor Kediri usai periksa lokasi.

Situs itu ditemukan oleh Djudi pada tahun 2009 lalu. Berawal saat ia mendapat wangsit untuk menggali tanah milik Imam Afas yang terletak dipinggir sungai. Dari penggalian itu ditemukanlah barang purbakala yang meliputi dua buah arca naga dan sebuah arca dewa Wisnu. Waktu itu, BP3 Trowulan menduga bahwa situs itu Patirtan atau Kaputren.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Situs Arca Semen Kediri Rusak Lagi.


“Nyimeng”, Warga Jerman Dituntut 8 Bulan

Posted: 18 Aug 2011 07:14 PM PDT

1637189620X310 Nyimeng, Warga Jerman Dituntut 8 Bulan shutterstock Ilustrasi

DENPASAR, KOMPAS.com — Lagi-lagi warga asing harus berurusan dengan hukum di Indonesia akibat menikmati narkoba. Andreas Wolfgang Binder (33), seorang warga negara Jerman yang dibekuk saat nyimeng alias mengisap ganja, dituntut delapan bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Kamis (18/8/2011).

Jaksa penuntut umum Deny Iswanto menyatakan, terdakwa terbukti bersalah telah menyalahgunakan narkotika berupa ganja dan dijerat dengan Pasal 127 Ayat 1 Huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menuntut agar majelis hakim yang menangani perkara ini menjatuhkan pidana penjara selama delapan bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan," ucap Deny Iswanto saat membacakan tuntutannya di depan ketua majelis hakim Amzer Simanjuntak.

Atas tuntutan ini, terdakwa akan mengajukan pleidoi atau pembelaan untuk meminta keringanan hukuman pada sidang berikutnya.

Seperti diberitakan, Andreas dibekuk polisi di sebuah hotel di kawasan poppies, Kuta, pada 20 Januari silam. Saat menggeledah kamar Andreas, aparat menemukan satu plastik klip yang berisi biji, batang, dan daun ganja kering dengan berat bersih 1,26 gram.

Andreas yang merupakan pencandu narkoba ini membeli barang haram tersebut dari seorang berinisial CAP dengan harga Rp 300.000. Polisi pun langsung memproses Andreas untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - “Nyimeng”, Warga Jerman Dituntut 8 Bulan.


Akan Dibuat Film ‘Habibie dan Ainun’

Posted: 18 Aug 2011 07:10 PM PDT

Akan Dibuat Film ‘Habibie dan Ainun’
1766698 Akan Dibuat Film Habibie dan Ainun

Jakarta – Cinta sejati BJ Habibie dengan Ainun rupanya telah menginspirasi rumah produksi MD Entertainment. MD berencana akan memproduksi film Habibie Ainun.

Kisah cinta Habibie dan Ainun memang telah memberikan inspirasi banyak orang. Bahkan, kisah cinta mantan orang nomor satu di Indonesia ini sempat dibuat buku dan bukunya terjual laris.

Manoj Punjabi, spemilik MD Entertainment melihat peluang ini dan berencana akan membuat film Habibie Ainun di 2012.

“Insya Allah MD nanti akan bikin film, bahwa sudah disepakati bahwa MD akan berusaha membikin film dari buku Habibie dan Ainun,” terang Habibie yang diamini Manoh, saat ditemui usai menonton premier film Di Bawah Lindungan Ka'bah, di Plasa Senayan, Kamis (18/8) malam.

“Ya, kisah cinta Bapak Habibie sangat dikenal dan banyak menginspirasi. Ini harus dibuat dan akan menjadi the best,” timpal Manoj.

Film ini akan diproduksi pada 2012 dan akan diputar bertepatan dengan hari lahir Ainun, 11 Agustus.

“Kalau di buku kan judulnya Habibie dan Ainun. Kalau ini nanti akan dibuat dalam bahasa Inggris, 'Habibie and Ainun The Power of Love'. The power of love ini memperlihatkan tidak bisa dipisahkan selama 48 tahun. Dan ini seperti novel, tapi ini bukan novel, ini benar-benar, real,” ujarnya. [mor]

Source: inilah online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Akan Dibuat Film ‘Habibie dan Ainun’.


Pasar Saham Asia Terjun Bebas

Posted: 18 Aug 2011 07:09 PM PDT

 Pasar Saham Asia Terjun Bebas

Jumat, 19 Agustus 2011 09:02 WIB

TOKYO: Pasar saham Asia anjlok pada pembukaan perdagangan Jumat (19/8) pagi, dipicu oleh penjualan saham besar-besaran di bursa AS dan Eropa.

Indeks Nikkei 225 Jepang turun hampir 2 %, Indeks Kospi Korea Selatan anjlok 4%, dan Indeks ASX Australia turun 1%.

Penurunan indeks perdagangan saham di bursa Asia terjadi setelah sesi penjualan saham besar-besaran di AS, yang menyebabkan indeks Dow Jones ditutup lebih rendah 3,7%.

Sementara di Eropa, indeks perdagangan saham anjlok antara 4%-6%.

Para investor mengatakan kondisi itu terjadi akibat meningkatnya kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi global dan dampak krisis utang di Eropa.

Penjualan saham secara bersar-besaran terjadi di AS pada Kamis (18/8), seperti dilansir dalam data Ekonomi AS.

Data itu menunjukan aktivitas sektor manufaktur AS turun ke tingkat paling rendah, sejak Maret 2009.

Pada saat yang bersamaan, penjualan perumahan di AS turun dan angka pengangguran dilaporkan meningkat tajam.

“Para investor khawatir pengambil kebijakan tidak lagi memiliki cara untuk mencegah resesi,” kata analis dari HSBC Hongkong, Frederic Neumann.

“Jadi ekonomi dalam kondisi rentan.” (BBC/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pasar Saham Asia Terjun Bebas.


Jaksa Siapkan Ahli Akustik di Sidang Rosa dan Idris

Posted: 18 Aug 2011 07:09 PM PDT

Jumat, 19 Agustus 2011 08:41 WIB

20110819 085438 ANT 201108 000264 D Jaksa Siapkan Ahli Akustik di Sidang Rosa dan Idris

Foto : Antara/Fanny Octavianus/vg

JAKARTA: Tim jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini menyiapkan seorang ahli akustik, Joko Sarwono, untuk menjadi sakasi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jumat (19/8).

Ia akan memeriksa kebenaran rekaman percakapan yang diperoleh sebelum tertangkapnya dua tersangka kasus dugaan suap pembangunan Wisma Atlet, Marketing PT Anak Negeri Mindo Rosalina Manulang dan Manager Marketing PT Duta Graha Indah Mohammad El Idris.

“Untuk sidang hari ini (persidangan Rosa dan Idris) saksinya hanya saksi ahli akustik,” kata Ketua Tim Jaksa Agus Salim dalam pesan singkat yang diterima Media Indonesia, Jumat (19/8).

Ahli akustik yang akan dihadirkan dalam persidangan hari ini adalah Joko Sarwoko. Ia merupakan salah seorang dosen fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Persidangan ini sendiri akan digelar secara bergantian, untuk terdakwa Rosa pukul 09.00 WIB, sedangkan terdakwa Idris pukul 13.00.

Sayangnya jaksa Agus tidak menjelaskan rekaman percakapan yang mana yang akan diperdengarkan nanti. Ia hanya mengatakan ahli akustik itu akan bersaksi dalam dua persidangan sekaligus.

Dalam kasus ini Rosa dan Idris telah didakwa bersama-sama dengan Direktur Utama PT DGI Dudung Purwadi memberikan sejumlah uang berbentuk cek kepada penyelenggara negara, yaitu Seskemenpora Wafid Muharram dan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazarudin.

Pemberian tersebut dimaksudkan agar PT DGI terpilih sebagai pelaksana proyek pembangunan wisma atlet di Jakabaring, Palembang. (*/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Jaksa Siapkan Ahli Akustik di Sidang Rosa dan Idris.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com