6.26.2011

Moratorium bukan Solusi Masalah TKI


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

2ilmyif Moratorium bukan Solusi Masalah TKI

Minggu, 26 2011 01:35 WIB

PEKANBARU: Kebijakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk melakukan moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri sebagai buntut kasus pancung Ruyati di Arab Saudi dinilai bukti cara berpikir pendek.

Pemerintah sudah dianggap gagal total dalam melindungi warga negaranya dan tak mampu menyelesaikan persoalan akut pengiriman TKI.

“Selama ini pemerintah bersikap tak tahu menahu dan tiba-tiba saat timbul tuntutan mengambil kebijakan dangkal untuk menghentikan sementara pengiriman TKI,” kata pengamat politik Universitas Indonesia Maswardi Rauf kepada Media Indonesia di Pekanbaru, Sabtu (25/6).

Ia mengungkapkan kesalahan pemerintah amat fatal karena melakukan pembiaran dan tak mau mengurus warga negaranya sendiri yang dikirim ke luar negeri. Padahal kasus TKI sudah lama berlangsung dan bahkan praktek penyimpangannya terlanjur parah mulai calo TKI, BNP2TKI, Kemenakertrans, dan Kemenlu.

“Ini negara macam apa ini. Jelaslah sudah persoalan ini akibat lemahnya dalam koordinasi,” tegas Maswardi.

Sebenarnya, lanjut Maswardi, kasus penyiksaan TKI berasal moral suap dan korupsi yang terjadi di lembaga negara terkait. Para TKI sudah dipalsukan sejak imigrasi, non skill dan keahlian, tanpa ada pencatatan dokumen siapa yang mengirim baik itu di kementrian maupun di kedutaan negara tujuan.

“Moratorium dan satgas TKI itu bukanlah solusi. Harusnya pemerintah memperbaiki sistem TKI dan menegakkan hukum atas bukti praktek menyimpang lembaga negara yang mengorbankan warganya sendiri,” tegas Maswardi. (RK/OL-04)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Moratorium bukan Solusi Masalah TKI.


mejiku 26 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/moratorium-bukan-solusi-masalah-tki-254842.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com