6.27.2011

Penaikan Harga BBM harus Diimbangi Anggaran Transportasi Publik


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

73363 Penaikan Harga BBM harus Diimbangi Anggaran Transportasi Publik

Senin, 27 Juni 2011 00:46 WIB

JAKARTA: Pemerintah telah merampungkan simulasi postur RAPBN Perubahan (RAPBNP) 2011 dengan memperhitungkan rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Ada dua opsi penaikan harga BBM yang diajukan pemerintah, yakni Rp500 per liter dan Rp1.000 per liter.

Pengamat Tranportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit menegaskan rencana penaikan harga BBM tersebut harus dibarengi dengan adanya alokasi anggaran pembenahan dan pembangunan transportasi publik.

“Itu yang saya kira harus juga eksplisit dalam RAPBNP. Jadi, kalau ada (potensi) pengurangan subsidi secara eksplisit dalam RAPBNP, juga ada anggaran perbaikan angkutan umum secara eksplisit dalam RAPBNP,” ujar Danang, ketika dihubungi Media Indonesia, Minggu (25/6).

MTI menekankan upaya mengurangi subsidi BBM tidak bisa dipisahkan dari upaya pemerintah memperbaiki pilihan mobilitas bagi masyarakat, antara lain untuk mendorong skema pembiayaan angkutan umum, baik dari sisi infrastruktur maupun layanan angkutannya. “Saya kira itu akan fair dari perspektif kebijakan publik,” jelas Danang

Ditambahkan Danang, MTI secara prinsip mendukung penyesuaian harga BBM secara bertahap untuk tidak memberikan subsidi kepada masyarakat yang tidak berhak. Dengan demikian, tidak ada beban fiskal pemerintah bagi mereka yang sebenarnya tidak membutuhkan.

“Jadi keduanya tidak bisa dipisahkan. Hanya dengan menyatukan dua prinsip tersebut, maka keadilan fiskal bagi pelaku perjalanan bisa diwujudkan,” imbuhnya. (*/OL-11)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Penaikan Harga BBM harus Diimbangi Anggaran Transportasi Publik.


whitefox 27 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/penaikan-harga-bbm-harus-diimbangi-anggaran-transportasi-publik-255302.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com