6.22.2011

Presiden Minta Kaji Bank Pertanian


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
3500591p Presiden Minta Kaji Bank Pertanian
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi

KUTAI KARTANEGARA, KOMPAS.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta usulan petani mengenai wacana adanya bank pertanian, agar dikaji kementerian terkait. Kajian ini diperlukan untuk mengetahui perlu tidaknya bank pertanian dibangun.

Hal itu diungkapkan Presiden saat telewicara dengan peserta Pekan Nasional XIII Petani Nelayan, Rabu (22/6/2011) . Presiden berada di Istana Negara Jakarta, sedangkan peserta berada di lokasi Penas di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Ide untuk membangun bank pertanian tolong dikaji. Di sini ada Menteri Keuangan, ada Gubernur Bank Indonesia, ada Menteri Pertanian. Silahkan dikaji, plus dan minusnya apa," kata Presiden.

Usulan adanya bank pertanian itu disampaikan Rahmat, petani Sulawesi Selatan. Menurut Rahmat, dengan adanya bank pertanian, terdapat lembaga perbankan yang memfokuskan diri untuk membantu petani dan nelayan dalam menyalurkan kredit. Selain itu, petani dan nelayan juga dapat terpicu untuk menabung jika ada bank khusus yang melayani mereka.

Presiden mengatakan, usulan ini tidak bisa disetujui karena banyak hal yang mesti dikaji seperti, berapa banyak uang yang diperlukan, investasi awalnya kemudian petani dapat apa dari pendirian bank ini.

"Begitu disetujui, nanti ada 14 bank baru. Bank-bank baru itu bawa masalah atau bawa solusi. Takutnya nanti malah tabrakan kiri-kanan," ujar Presiden.

Menteri Pertanian Suswono menambahkan, sebenarnya petani bukan membutuhkan bank khusus pertanian, tetapi fungsi bank yang mau mendukung pembangunan pertanian, sehingga petani dapat dengan mudah mengakses layanan di lembaga perbankan.

Namun pihaknya tetap akan mengkaji keberadaan bank pertanian bersama kementerian terkait. Menurut Suswono, membangun bank pertanian baru butuh infrastruktur yang juga memerlukan anggaran besar.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Presiden Minta Kaji Bank Pertanian

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Presiden Minta Kaji Bank Pertanian.


mejiku 23 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/presiden-minta-kaji-bank-pertanian-252629.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com