6.24.2011

Realisasi Penerbitan SBSN Capai Rp18,8 Triliun


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

20110315185606813 Realisasi Penerbitan SBSN Capai Rp18,8 Triliun

Jumat, 24 Juni 2011 22:58 WIB

JAKARTA: Direktur Pembiayaan Syariah Ditjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Dahlan Siamat mengatakan realisasi penerbitan surat berharga syariah negara (SBSN) atau sukuk negara hingga 20 Juni 2011 mencapai Rp18,84 triliun.

“Jumlah tersebut berasal dari realisasi penerbitan sukuk dana haji Indonesia, sukuk ritel dan islamic fix rate,” ujarnya dalam pemaparan di Jakarta, Jumat (24/6).

Ia menjelaskan realisasi sukuk penerbitan sukuk dana haji Indonesia (SDHI) mencapai Rp8 triliun, sukuk ritel Rp7,34 triliun dan islamic fix rate (IFR) Rp3,5 triliun.

Dibandingkan penerbitan sukuk negara pada 2010, realisasi tersebut mengalami penurunan Rp8,12 triliun karena tahun lalu penerbitan mencapai Rp26,96 triliun.

“Jumlah frekuensi perdagangan sukuk tertinggi terjadi pada Februari 2011 mencapai Rp602 miliar karena waktu itu sedang ada penerbitan sukuk ritel sekaligus listing di BEI, yang ternyata memancing banyak minat investor,” ujar Dahlan.

Pemerintah memastikan akan menerbitkan sukuk negara pada 2011 dalam rangka mengundang minat investor syariah yang saat ini dirasakan masih rendah.

“Saat ini minat beli SBSN di pasar perdana rendah, partisipasi sebagai agen penjual/peserta lelang kurang dan partisipasi dalam pasar sekunder masih terbatas,” ujarnya mengungkapkan kendala yang dialami pemerintah dalam penerbitan sukuk negara.

Menurut dia, pasar sekunder yang belum berkembang tersebut diakibatkan belum sempurnanya infrastruktur pasar, termasuk infrastruktur pendukung dalam rangka price discovery untuk mendukung transparansi harga.

“Selain itu masih ada ketentuan peraturan perundang-perundangan yang masih perlu diharmonisasi dan memastikan ketersediaan underlying asset,” ujar Dahlan. (Ant/OL-9)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Realisasi Penerbitan SBSN Capai Rp18,8 Triliun.


dewa 25 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/realisasi-penerbitan-sbsn-capai-rp188-triliun-254384.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com