6.24.2011

Daerah Harus Terus Upayakan Kemandirian


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
 Daerah Harus Terus Upayakan Kemandirian Mendagri Gamawan Fauzi

SUNGAI RAYA, KOMPAS.com -  Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, meminta para bupati untuk membuat terobosan-terobosan tujuan meningkatkan kemandirian daerah. Kemandirian daerah akan mendorong tumbuhnya perekonomian.

Gamawan mengemukakan itu dalam pembukaan Rapat Kerja VII dan Musyawarah Luar Biasa Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (24/6/2011).

"Kalau pertumbuhan ekonomi di setiap daerah bisa sampai tujuh persen, pertumbuhan ekonomi pun bisa tujuh persen. Namun, kalau ada daerah yang pertumbuhan ekonominya tidak sampai lima persen, pertumbuhan ekonomi nasionalpuna kan terganggu," kata Gamawan.

Kemandirian daerah itu, kata Gamawan, kini harus terus diusahakan oleh para bupati karena semenjak pelaksanaan otonomoi daerah, kewenangan yang diberikan pemerintah pusat ke daerah semakin besar. Dalam soal izin misalnya. Selama order baru, hanya terbit 650 izin kuasa pertambangan, tetapi kini setelah otonomi daerah sudah terbit 8.500 izin kuasa pertambangan yang diterbitkan oleh bupati.

"Itu kan artinya sudah ada pemanfaatan sumber daya alam," kata Gamawan.

Kendati demikian, pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung kemandirian daerah itu harus tetap dievaluasi secara berkala. "Apakah mulai dieksploitasinya sumber daya alam itu lantas meningkatkan kesejahteraan masyarakat, itu yang harus dievaluasi," ujarnya.

Bersamaan peningkatan kewenangan untuk pemerintah daerah, pemerintah pusat juga mengalokasikan dana besar untuk daerah. Tahun 2006 alokasi pusat baru Rp 139 triliun, tetapi untuk 2012 bisa mencapai Rp 437,1 triliun.

 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Daerah Harus Terus Upayakan Kemandirian

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Daerah Harus Terus Upayakan Kemandirian.


dewa 25 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/daerah-harus-terus-upayakan-kemandirian-254383.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com