6.24.2011

Saham Divestasi Newmont Diharap Langsung ke Daerah


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

sebuah truk loader melintasi lokasi penambangan pt newmont nusa  110523081206 104 Saham Divestasi Newmont Diharap Langsung ke Daerah

Jumat, 24 Juni 2011 00:02 WIB

JAKARTA: Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan tawaran 25% dari 7% divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang dimilki pemerintah pusat tidak untuk konsorsium daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Pasalnya, konsorsium itru dinilai sudah cukup memiliki 24 persen saham divestasi.

Menurut Menkeu, pemerintah ingin daerah juga bisa mendapatkan dampak langsung terhadap kepemilikan saham Newmont tersebut. Jadi nanti kalau Newmont menjadi perusahaan publik, misalkan harga sahamnya naik, otomatis kekayaannya (Pemda) juga naik,” ujar Agus di Istana Negara Jakarta, Kamis (23/6).

Agus mengatakan, jika misalkan kabupaten Sumbawa Barat itu yang ingin memiliki saham tersebut, tentu sangat masuk akal, tetapi idealnya juga mendapatkan persetujuan oleh Gubernur NTB hingga tingkat bupati. “Sepakat mau terima atau tidak mau terima, atau sepakat ini untuk Sumbawa Barat, karena yang banyak kena dampak, kata Agus.

Untuk itulah, Agus menawarkan sebagian dari divestasi newmont yang telah diambil alih oleh pemerintah yakni 25% dari 7% kepada pemda NTB ataupun Pemda Kabupaten Sumbawa Barat. Bahkan Agus mengatakan berbagai pola pembayaran dikaji untuk memudahkan NTB untuk membayar saham tersebut, di antaranya dengan dividen tahunan sehingga pemda tidak perlu mengeluarkan dana lagi.

“Kami berkeyakinan bahwa ini (peanawaran 25%) model yang baik dan menjadi model bagi divestasi selanjutnya di seluruh bagian Indonesia. Pemda harus bayar. Kalau seandainya tidak memiliki dana nanti, pemerintah akan membuat suatu sistem pembayaran yang nanti harus dibayar dengan deviden,” ujarnya.

Menurut dia, pola pembelian dengan dividen itu jauh lebih baik ketimbang pemda bekerja sama dengan pihak lain yang hasilnya belum tentu lebih bagi magi masyarakat NTB. Dengan pola itu, Agus memperkirakan dalam jangka lima tahun pemda sudah bisa memiliki sepenuhnya saham yang dibeli itu sehingga pemda bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Agus menegaskan bahwa pertimbangan pemerintah untuk ngotot memiliki saham Newmont, untuk kepentingan terbaik bagi negara. Sudah dipastikan saham 7 persen akan menjadi milik pemerintah pusat. Kalaupun diberikan pada daerah maka nanti harus dilakukan pembayaran.

“Untuk pembayarannya kita serahkan pada Pemda dalam hal ini NTB bekerjasama dengan Sumbawa Barat. Misalnya dengan membuat konsorsium untuk mengambil yang 1,75 persen ini, kata Agus. (Mad/OL-04)




Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Saham Divestasi Newmont Diharap Langsung ke Daerah.


whitefox 24 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/saham-divestasi-newmont-diharap-langsung-ke-daerah-253592.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com