8.08.2011

40 Orang Ditahan Pada Amuk Massa di London Utara


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
8d2d352177553035380c8d89065116aa L 40 Orang Ditahan Pada Amuk Massa di London Utara Toko yang dijarah di London. daylife/getty

LONDON – Lebih dari 40 orang ditangkap Minggu (7/8) setelah kerusuhan dan penjarahan di sekitar Tottenham, London utara.

Sebanyak 26 polisi dan tiga lainnya terluka akibat insiden kekerasan yang muncul setelah aksi protes terhadap penembakan fatal yang dilakukan polisi terhadap Mark Duggan, Kamis (4/8).

Warga setempat datang ke bekas terjadinya kerusuhan setelah rumahnya dijarah dan sejumlah toko dibakar.

Anggota Parlemen Inggris asal Tottenham David Lammy mengatakan, “Masyarakat yang sudah terluka, lalu hatinya juga dirobek-robek.”

Polisi Metropolitan London mengatakan dua anggotanya masih dirawat di rumah sakit.

Orang yang ditangkap masih dalam penahanan polisi karena sejumlah pelanggaran seperti aksi kekerasan, pembobolan dan pencurian.

Polisi sebelumnya mengatakan masih ada kantung-kantung kriminal di kawasan itu Minggu pagi.

Toko-toko dan rumah diserbu dan ATM dijarah di Tottenham. Selain itu pencurian dari toko-toko terjadi di kawasan Wood Green.

Dinas Pemadam Kebakaran London menerima 264 telepon Sabtu malam dan Minggu dinihari. Mereka juga memadamkan 49 titik api di kawasan Tottenham.

Seorang juru bicaranya mengatakan semua api kebakaran sudah dapat dikendalikan.

Hari Minggu, polisi mengawasi sekitar tempat kejadian kekerasan sementara sejumlah warga melihat-lihat kerusakan yang terjadi di sekitarnya.

Anggota Parlemen Lammy mengatakan, “Terdapat sejumlah tunawisma berdiri di sana sekarang”.

“Ini adalah serangan terhadap Tottenham, terhadap warganya, pemilik toko, wanita, anak-anak yang sekarang berdiri kehilangan rumah,” tambahnya,

“Saya prihatin aksi protes yang damai itu kemarin berubah menjadi seperti ini,” katanya.

“Dan saya kira bentrokan kecil pada awalnya seharusnya bisa dihentikan lebih cepat,” katanya.

Jendela depan toko elektronik Currys dihancurkan sedangkan pintu toko Argos juga dirusak. Kaca berserakan di dalam dan di luar toko setelah para penjarah menyerbu gudang toko.

Menteri Dalam Negeri Theresa May mengecam insiden kekerasan itu. Dia mengatakan, “Tindakan yang tidak mempedulikan keselamatan umum dan properti tidak akan diberi toleransi dan Polisi Metropolitan didukung sepenuhnya untuk memulihkan ketertiban.”

Komandan Polisi Metropolitan Adrian Hanstock mengatakan, “Tingkat kekerasan meningkat melampaui perkiraan”.

“Unjuk rasa damai dirampok oleh preman-preman. Kami tidak mampu mengantisipasi tingkat kekerasan,” lanjutnya.

Namun seorang pria berusia 18 tahun yang tidak mau disebut namanya mengungkapkan sentimen yang dikatakan dirasakan banyak orang.

“Polisi tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka harus berbicara langsung kepada masyarakat. Mereka tidak peduli,” katanya.

Jurubicara Downing Street menyebut kerusuhan itu sama sekali tidak dapat diterima.

Dia menambahkan, “Tidak ada pembenaran terjadinya agresi kepada polisi dan publik atau merusak properti.”

Polisi antihuru-hara dipanggil setelah protes memburuk menjadi kekerasan sekitar 20.20 malam Sabtu (6/8).

Perusuh melemparkan bom molotov ke arah polisi dan sejumlah bangunan. Bus bertingkat dua juga dibakar di persimpangan High Road dan Brook Street.

Massa penjarah memukuli jendela toko ritel dekat stasiun kereta bawah tanah Tottenmahm Hale dan mengambil barang-barang dari berbagai toko Sabtu malam.

Toko-toko seperti Vision Express, the Body Shop, Boots dan JD Sports ikut dijarah di Wood Green High Street.

Penduduk setempat mengatakan penjarahan berlanjut sampai Minggu pagi. [bbc]

Source: nonblok online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 40 Orang Ditahan Pada Amuk Massa di London Utara.


sultan.h 08 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/40-orang-ditahan-pada-amuk-massa-di-london-utara-285629.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com