8.09.2011

ADB Kucurkan US$100 Juta untuk Sanitasi


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Satu%2BLagi%2BPaskibra%2BKorban%2BPelecehan%2BSeks%2BLapor%2Bke%2BPolisi ADB Kucurkan US$100 Juta untuk Sanitasi

Selasa, 09 Agustus 2011 05:28 WIB

JAKARTA: Bank Pembangunan Asia (ADB) memberikan pinjaman kepada Indonesia US$100 juta untuk mendanai proyek peningkatan infrastruktur dasar di desa miskin dan peningkatan pelayanan air bersih di kawasan kumuh perkotaan.

Siaran pers ADB di Jakarta, Senin (8/8) menyebutkan pinjaman tersebut merupakan bagian dari program PNPM Mandiri untuk pengurangan kemiskinan dengan memberikan bimbingan kepada kaum miskin.

Meski Indonesia telah berhasil dalam penanggulangan kemiskinan dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs), sekitar 31 juta penduduk masih tinggal di daerah pedesaan dan terjebak dalam kemiskinan.

Penyebab kemiskinan itu antara lain adalah kekurangan akses dalam pelayanan dasar, kehilangan kesempatan ekonomi, akses yang terbatas dalam modal dan kurangnya jaringan dan infrastruktur di desa miskin.

Sekitar separuh desa miskin tidak bisa dilalui dengan jalan aspal dan satu dari setiap 10 desa tidak bisa ditembus dalam waktu yang pasti dalam setahun.

Selain itu, hanya separuh dari populasi penduduk yang memiliki akses untuk meningkatkan pemakaian air bersih, yang mengakibatkan sekitar 30 persen penduduk menderita penyakit akibat air kotor seperti diare dan tifus yang disebabkan air yang tidak layak minum dan rendahnya sanitasi.

“Proyek ini akan menyediakan bantuan paket langsung pada penduduk untuk meningkatkan infrastruktur dasar pelayanan sanitasi termasuk banhunan kamar mandi umum, toilet dan tempat mencuci dengan saluran pembuangan yang baik,” kata Ketua ADB bidang sosial Wolfgang Kubitzki.

Menurutnya, sekitar 1,3 juta penduduk di desa miskin dan daerah kumuh kota di 9 provinsi akan mendapatkan manfaat dari proyek ini.

Proyek ini juga akan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menghasilkan desain dan penerapan proyeknya sendiri guna memastikan manfaat dari yang dibutuhkan masyarakat serta pemeliharaannya.

Pinjaman ADB ini akan menutupi 73 persen kebutuhan biaya proyek ini yang mencapai 135,6 juta dolar AS dengan tambahan dari Pemerintah Indonesia 19 persen dan sisanya berupa kontribusi dari berbagai kalangan dalam bentuk investasi masyarakat.

Kementerian Pekerjaan Umum merupakan pengambil keputusan proyek ini yang harus diselesaikan paling lambat Maret 2015. (Ant/OL-2)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - ADB Kucurkan US$100 Juta untuk Sanitasi.


whitefox 09 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/adb-kucurkan-us100-juta-untuk-sanitasi-286431.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com