8.09.2011

BNP2TKI Terapkan Data Berbasis ‘On Line’


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
20110331112605bnp2tki BNP2TKI Terapkan Data Berbasis On Line

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) (ANTARA News/Lukisatrio)

Diharapkan dapat rampung hingga akhir September mendatang, maksimal akhir tahun lah. Saat ini baru 121 kabupaten kota, seperti Jakarta, Lampung dan Sulsel. Dari total 500 kabupaten kota di Indonesia kemungkinan 400 akan dijadikan basis on line atau s “Data berbasis on line sangat mudah diketahui dan aksesnya lebih cepat. Contoh misalnya jumlah tenaga kerja yang ada di provinsi lain jumlahnya 100 ribu, saat data dikirim ke pusat jumlahnya tidak berkurang. Kalau dulu memakai metode konvensional seperti persuratan sangat mudah di mark up oleh calo atau oknum pengurus TKI dari 150 naik menjadi 15 ribu,” ucap Kepala BNP2TKI, Mohammad Jumhur Hidayat, usai berbuka puasa bersama dalam rangka safari Ramadhan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Kata dia, saat ini BNP2TKI terus melakukan perbaikan-perbaikan jaringan dan penambahan di berbagai provinsi di Indonesia guna mengakses jumlah pasti yang berangkat menjadi TKI.

“Diharapkan dapat rampung hingga akhir September mendatang, maksimal akhir tahun lah. Saat ini baru 121 kabupaten kota, seperti Jakarta, Lampung dan Sulsel. Dari total 500 kabupaten kota di Indonesia kemungkinan 400 akan dijadikan basis on line atau sekitar 80 persen,” paparnya.

Ia menyebutkan, Indonesia sekarang ini telah mengeluarkan instruksi penghentian pengiriman sementara atau Moratorium TKI ke Arab Saudi maupun Negara tetangga, Malaysia di Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di sana.

“TKI untuk bekerja di Arab Saudi setiap bulannya mencapai rata-rata 20 ribu orang mayoritas bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga. Saat ini pemerintah telah melarang pengiriman TKI akibat tidak kekerasan yang dilakukan majikan hal ini akan memicu penurunan devisa ke negara,” akunya.

Jumhur mencontohkan, bila satu orang PRT menyumbang devisa 1 juta ke Negara, dengan perincian 100 ribu orang PRT yang bekerja di Arab Saudi dan Malaysia, dapat dihitung secara total mencapai 100 miliar perbulan.

“Sulsel baru masuk 5000 orang TKI telah terdaftar di PJTKI, targetnya sekitar 8000 sampai 15 ribu orang tahun ini, tetapi terkendala dengan moratorium. Tetapi untuk tenaga lain yang bukan IRT dapat diberangkatkan kalau sudah memenuhi prosedur,” katanya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - BNP2TKI Terapkan Data Berbasis ‘On Line’.


jonathan.f 09 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/bnp2tki-terapkan-data-berbasis-on-line-286432.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com