8.07.2011

Dinas Kesehatan Palembang Temukan Tahu Berformalin


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

tahu formalin Dinas Kesehatan Palembang Temukan Tahu Berformalin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Gema Asiani, di Palembang, Minggu, mengatakan, petugas telah memeriksa sampel tahu yang diambil dari sejumlah pasar tradisional dengan kesimpulan positif mengandung formalin.

“Kami mengimbau warga untuk berhati-hati membeli tahu, karena meskipun sudah berulangkali pedagang diingatkan ternyata mereka masih ada yang menjual tahu berformalin secara bebas,” katanya.

Dinkes bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Palembang akan kembali melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional di kota itu.

Ia mengatakan, pengawasan terhadap peredaran tahu berformalin akan ditingkatkan, sedangkan pedagang diingatkan untuk tidak menjual kembali produk mengandung bahan berbahaya tersebut.

Ia menjelaskan, ciri-ciri tahu berformalin antara lain saat ditekan keras, tidak mudah basi, dan ketika dimasak lebih kenyal.

Selain berpengawet, katanya, biasanya tahu juga ditambahi pewarna kimia sehingga tampak putih.

Ia menjelaskan, jika dikonsumsi secara terus menerus tahu atau makanan yang mengandung formalin itu akan mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor.

Pihaknya mengimbau kepada warga agar lebih berhati-hati memilih makanan yang berbahan baku kedelai tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Palembang, Yustianus, mengatakan, pihaknya secara rutin mengambil contoh bahan makanan seperti tahu dan mi basah dari pasar tradisional.

Pemeriksaan produk makanan tersebut dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Ia menyatakan, saat Ramadhan terjadi peningkatan konsumsi baik tahu maupun mi basah sehingga pemeriksaan juga harus ditingkatkan.

Hingga saat ini, katanya, dari dua jenis makanan yang diperiksa, hanya tahu yang mengandung zat berbahaya, sedangkan mi basah bebas pengawet dan pewarna kimia.  (ANT037/M029/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Dinas Kesehatan Palembang Temukan Tahu Berformalin.


nolimitz 07 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/dinas-kesehatan-palembang-temukan-tahu-berformalin-285161.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com