8.07.2011

DPRD Mamuju Utara Dukung Warga Lawan Astra


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

798197 01171807082011@sawit DPRD Mamuju Utara Dukung Warga Lawan Astra
foto internetKetua DPRD Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat, mengatakan mendukung masyarakat di Kabupaten Matra melawan segala bentuk penyerobotan lahan yang diduga dilakukan perusahaan perkebunan sawit PT Astra Group.

“DPRD akan sangat gembira jika masyarakat Matra mulai sadar, dan berani melawan segala bentuk penyerobotan lahan yang diduga dilakukan perusahaan sawit PT Astra Group yang merupakan perusahaan sawit terbesar di Sulbar,” kata Ketua DPRD Matra, Yaumil RM, di Mamuju, Sabtu (6/8/2011).

Ia mengaku bangga jika masyarakat di Matra berani melawan PT Astra Group, yang selama ini dianggap telah membodohi masyarakat di Matra dengan iming-iming akan memberdayakan mereka namun ternyata hanya memperdaya dengan mengambil alih lahan mereka.

“Perlawanan masyarakat itu akan menjadi legitimasi bagi DPRD Matra untuk mengevaluasi perusahaan sawit PT Astra Group di Matra, yang selama ini kami akui penyerobotan lahan milik masyarakat yang dilakukannya sudah banyak dilaporkan ke DPRD Matra,” katanya.

Menurut dia, setelah perusahaan sawit di Matra yang dipimpin PT Astra Group beroperasi sejak tahun 1991 telah menimbulkan sejumlah kasus sengketa lahan dengan masyarakat di sejumlah titik di wilayah Matra, masalah itu semakin menjadi-jadi.

“Kasus demi kasus telah bermunculan di Kabupaten Matra, karena perusahaan sawit milik PT Astra Group dan enam anak perusahaannya dianggap mencaplok lahan masyarakat karena mengelola sawit di luar batas HGU miliknya, penyerobotan lahan itu selalu menjadi aspirasi masyarakat di DPRD Matra,” tukasnya.

Menurut dia, sengketa lahan sawit di Matra yang bermunculan itu diantaranya terjadi di Kecamatan Sarudu, Kabupaten Matra, antara perusahaan PT Letawa dan PT Mamuang anak perusahaan PT Astra Group dengan ribuan masyarakat.

“Ribuan masyarakat di daerah itu, sempat bersitegang dan hampir mengakibatkan konflik dengan perusahaan sawit karena saling klaim lahan sawit yang sudah menghasilkan di Kecamatan Sarudu,” ujarnya.

 Bukan hanya itu, kata dia, masyarakat di Kecamatan Pasangkayu yang dikenal dengan sebutan Suku Bunggu, juga bersengketa lahan dengan PT Astra Pasangkayu yang juga anak perusahaan PT Astra Group, perusahaan sawit di daerah itu juga dituding mengelola sawit di luar batas HGU miliknya dengan merampas tanah ulayat Suku Bunggu.

“Suku Bunggu menuding PT Astra Pasangkayu mengelola sawit di luar batas HGU miliknya dibuktikan dengan adanya makam leluhur Suku Bunggu, di atas lahan sawit yang kini dikelola perusahaan sawit PT Astra Pasangkayu,” pungkasnya. (ans/ant) 

Dibaca 14 X

source: berita8 news

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - DPRD Mamuju Utara Dukung Warga Lawan Astra.


berita8.sosial 07 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/dprd-mamuju-utara-dukung-warga-lawan-astra-285165.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

1 komentar:

Dio Toloy on 10 Agustus 2015 14.27 mengatakan...

Sulawesi, Aktual.com – Aparat keamanan diminta netral dalam menghadapi sengketa lahan perkebunan kelapa sawit antara petani dengan PT Astra di Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

Ketua Koalisi Petani Mamuju Utara (KPM) MA Agung T menuturkan pihaknya meminta kepolisian dari Brimob bisa bekerja profesional. Dan netral tanpa harus memihak pada perusahaan perkebunan Astra dalam ketegangan antara Masyarakat dan PT Mamuang yang tergabung dalam Astra Grup.

Agung mengaku pihaknya sangat kecewa dengan aparat pengamanan. Karena ikut membiarkan perusahaan melakukan panen sawit di lokasi yang disengketakan. Seakan aparat keamanan tidak melindungi petani dari sikap arogan perusahaan perkebunan.

BACA SELENGKAPNYA DI :

Polisi Diminta Netral di Sengketa Lahan Sawit Mamuju Utara

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com