8.04.2011

Pria Ini Mampu Mendengar Gerakan Bola Matanya


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Stephen Mabbutt, warga Inggris, bisa mendegar gerakan bola matanya sendiri.

LONDON —Seorang pria dengan kondisi kesehatan langka, bisa mendengar gerakan bola matanya sendiri dalam rongganya, telah disembuhkan. Stephen Mabbutt, 57 tahun, dari Charlton, dekat Banbury, Inggris, juga bisa mendengar degup jantungnya sendiri.

Mabbutt kali pertama mengalami gejala itu enam tahun lalu ketika merasakan nyeri di sisi kepalanya. Dokter mengobati dia dengan semprotan hidung dan antibiotik, tetapi pendengarannya memburuk. Mabbutt akhirnya didiagnosis mengalami kondisi telinga yang tidak biasa, yaitu suara di dalam tubuh terdengar sangat keras. Dalam kondisi seperti ini, suara saat mengunyah makanan akan sangat memekakkan telinganya.

Kondisi Mabbutt bertambah buruk karena suara keras menyebabkan dia pusing dan pandangan matanya kabur. Mabbutt mengatakan kepada BBC, “Ketika saya menaikkan volume suara, saya bisa mendengar suara itu bergema di kepala saya dan getarannya membuat pandangan saya bergoyang. Akhirnya, saya bisa mendengar degup jantung saya dan gerakan bola mata saya dalam rongganya. Itu benar-benar mengganggu.”

Mabbutt lalu dirujuk ke Martin Burton, ahli bedah dari Rumah Sakit Radcliffe di Oxford yang membantu mendirikan Cochrane Ear, Nose and Throat Disorders Group. Hasil CT scan menemukan lubang kecil di kanalis semisirkularis di telinga Mabbutt.

Dia didiagnosa mengalami superior canal dehiscence syndrome (SCDS), sebuah kondisi langka yang ditemukan ahli bedah Amerika, Lloyd B Minor, pada 1995. Kondisi ini diperkirakan dalam setahun hanya terjadi pada satu orang dari 500.000 orang di Inggris.

Menurut BBC, operasi penyembuhan itu mencakup sayatan 5 cm di belakang telinga. Operasi juga mencakup pembuatan sebuah saluran melalui tulang untuk menemukan “organ keseimbangan” dan menggunakan tulang pasien sendiri untuk membuat sebuah segel di sekitar lokasi kerusakan.

Hal itu dilakukan Richard Irving, seorang ahli di Klinik Telinga Birmingham. “Itu membuat perbedaan besar bagi kehidupan saya. Kini saya merasa sebagai orang yang berbeda,” kata Mabbutt seperti dikutip Telegraph, Senin (1/8/2011).

Sumber

Mira Tukumasha 04 Aug, 2011


--
Source: http://berita24.net/pria-ini-mampu-mendengar-gerakan-bola-matanya/
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com