8.03.2011

Puluhan Posko Kesehatan Layani Pemudik


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
 Puluhan Posko Kesehatan Layani Pemudik KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Calon penumpang berjubel menunggu kedatangan KA Kertajaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Ini terjadi pada arus mudik memasuki H-7 Hari Raya Idul Fitri 2010.

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi kenyamanan pemudik, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan posko-posko kesehatan di sejumlah lokasi seperti di terminal dan stasiun. Keberadaan posko ini untuk menjaga stamina pemudik agar aman dan selamat sampai tujuan.

"Akan ada 43 posko kesehatan mudik di empat pintu keluar masuk warga Jakarta ke luar daerah seperti terminal, stasiun, Pelabuhan Tanjung Priok, serta Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusumah," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati ketika dihubungi wartawan, Selasa (2/8/2011).

Posko kesehatan mudik ini akan beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Lebaran untuk melayani kebutuhan kesehatan para penumpang yang akan menggunakan keempat jenis transportasi itu. Posko ini nantinya memberikan bantuan kesehatan bagi penumpang bus, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut.

"Ini memang disedikan untuk para pemudik, biasanya karena berdesak-desakan banyak pemudik yang kurang sehat. Ini gratis, tidak dipungut biaya," ungkap Dien. Nantinya, posko ini terbagi menjadi dua yakni tetap dan bergerak.

Untuk yang tetap akan beroperasi selama 24 jam dan ditempatkan di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan. Sementara, untuk yang bergerak, itu termasuk dalam kegiatan mudik bareng yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan. Untuk posko kesehatan yang melayani 24 jam akan dibagi dalam tiga termin. Masing-masing termin terdapat tenaga medis, yakni dokter, perawat, farmasi, dan sopir ambulan. Selain itu, disediakan 43 ambulan yang merupakan bantuan dari Sudinkes dan puskesmas wilayah masing-masing.

"Untuk posko kesehatan ini dipantau langsung oleh Kepala Sudin di tiap wilayah," ujarnya. Setiap posko akan dilengkapi dengan stok obat disentri, mual, batuk, pilek, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Selain itu, Pemprov DKI juga akan melaksanakan tes kesehatan dan urine pada sopir bus AKAP yang akan meninggalkan terminal.

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Puluhan Posko Kesehatan Layani Pemudik.


dewa 03 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/puluhan-posko-kesehatan-layani-pemudik-281649.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com