9.17.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Sekolah Ini Haramkan Cermin di Toilet

Posted: 16 Sep 2011 07:51 PM PDT

123502 remaja bercermin 300 225 Sekolah Ini Haramkan Cermin di Toilet

  Sebuah sekolah di Inggris mengeluarkan aturan yang cukup unik, yang dinyatakan ditujukan agar siswa-siswi mereka dapat lebih berkonsentrasi pada pelajaran. Selain melarang siswi mengenakan kosmetik saat bersekolah, Shelley College di Yorkshire Barat juga meniadakan cermin dari semua kamar mandi sekolah.

Tak cuma itu, setiap hari, para siswa di sekolah menengah itu–yang berusia 13-16 tahun–diwajibkan menjalani pemeriksaan rutin apakah mereka mengenakan riasan wajah, seperti eyeliner dan pemerah pipi sebelum belajar. Ini semua dijelaskan merupakan upaya untuk menghapus “kesombongan dan obsesi berlebihan” siswi terhadap kecantikan .

“Ada satu sesi khusus di mana seorang guru akan berdiskusi dengan para siswa mengenai make up selama setengah jam,” kata Kepala Sekolah John McNally. “Hal ini lebih masuk akal dibandingkan bila menyatakan bahwa hal itu tak boleh. Inilah cara yang baik untuk membantu anak-anak fokus pada pelajaran mereka,” ungkapnya seperti ditulis The Week.

Salah seorang guru menyatakan dukungannya atas aturan baru ini. “Ini bisa menjadi waktu yang baik siswa perempuan untuk belajar bahwa mereka akan baik-baik saja saat wajah mereka tidak dipulas kosmetik sama sekali,” ungkap Judy Margareth.

“Saya menghabiskan banyak waktu mengajar dan  melihat aktivitas bercermin benar-benar merusak konsentrasi belajar mereka. Para siswai terus-menerus menyelinap keluar atau bercermin untuk memperbaiki make up mereka.”

Namun tak semua siswa menerima kebijakan ini. Seorang siswi, Emily Stonehouse, 14, menyatakan hal tersebut tak adil. “Saya percaya riasan berlebihan memang mengganggu konsentrasi belajar, tapi begitu juga jika make up terlalu tipis,” urainya kepada Daily Mail.

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sekolah Ini Haramkan Cermin di Toilet.


Melaju menuju Puncak Pendakian

Posted: 16 Sep 2011 07:46 PM PDT

1305338p Melaju menuju Puncak Pendakian

KOMPAS/AGUS SUSANTO
Ilustrasi balap sepeda

SOLO, KOMPAS.com- Hari kedua lomba balapsepeda Lomba Customs Cycling (LCC) seri 2/2011, Sabtu (17/9/2011), melombakan rute sejauh 84,10 kilometer dari Solo menuju puncak Cemoro Sewu di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Rute sejauh itu akan coba diperebutkan 48 pebalap kategori Men Elit. "Tanjakannya tajam," ujar Hartono Gunawan, pebalap men elit dari Customs Cycling Club (CCC).

Selain men elit, rute juga dilombakan untuk beberapa kategori dengan jarak tempuh berbeda-beda. Di kategori men junior, 37 pebalap yang akan menempuh rute sejauh 47,40 kilometer, dan kategori men youth atau pemula diikuti 43 pebalap yang akan menempuh 36,10 kilometer.

Adapun kategori women elit dan junior diikuti 14 pebalap dan akan menempuh jarak 47,40 kilometer. Sedangkan women youth diikuti 23 pebalap dan menempuh 36,10 kilometer. Nomor road race di hari kedua lomba akan berakhir di puncak pendakian Cemoro Sewu di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan air laut.

Source: kompas – olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Melaju menuju Puncak Pendakian.


Kenali Kelainan Kaki si Kecil Sejak Dini

Posted: 16 Sep 2011 07:43 PM PDT

Sabtu, 17 September 2011 – 09:16 wib

GOQyZ2etP4 Kenali Kelainan Kaki si Kecil Sejak Dini
(Foto: gettyimages)

BILA si kecil sering jatuh ketika mulai belajar jalan, Moms patut waspada kalau-kalau ada yang salah dengan kakinya. Kenali beberapa kelainan kaki pada anak.

Gangguan rotasi

Menurut dr Meidy H. Triangto, SpKFR, kelainan kaki yang banyak dialami anak balita, umumnya bukan disebabkan penyakit tulang, namun lebih banyak berupa gangguan rotasi atau putaran tulang yang salah, sehingga sumbu putaran bergeser dan tidak jatuh pada titik sumbu yang semestinya.

“Yang dimaksud dengan kaki adalah telapak kaki. Sedangkan pergelangan kaki hingga paha disebut tungkai. Nah, gangguan telapak kaki dapat merusak struktur kaki karena titik berat tubuh tidak jatuh pada tempat yang tepat atau normal, misalnya kaki berbentuk flat (datar/leper),” jelas Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi ini.

Jenis kelainan kaki

Kelainan pada kaki ada beberapa jenis yaitu telapak kaki leper (flat foot), lengkung kaki terlalu tinggi (high arch), jari ke arah dalam (metatarsus adductus), gaya jalan dengan kaki mengarah ke dalam (toe in) dan mengarah keluar (toe out).

Telapak kaki keluar adalah kelanjutan kelainan kaki datar yang menyebabkan anak mengarahkan telapak kaki keluar. Telapak kaki ke dalam terjadi pada anak dengan kaki X parah dimana titik berat tubuhnya bergeser.

Sementara gangguan pada tungkai yang sering ditemukan pada anak balita yaitu kelainan kaki X (genu valgum) dan kaki O (genu varum).

Bisa karena faktor genetik

Telapak kaki bayi pada umumnya datar karena dilapisi bantalan lemak dan belum aktif digunakan. Kemudian secara bertahap seiring bertambahnya usia, pola lengkung kaki mulai terlihat pada usia 2 tahun. Akan tetapi, ada anak yang memang terlahir dengan telapak kaki saja yang datar tapi tungkai dan paha normal.

“Penyebabnya kebanyakan faktor genetik dan akibat gangguan tumbuh kembang organ tubuh lainnya,” ujar Kepala Kidsfoot Rehabilitation Center RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta ini.

Kaki X dan O

Sedangkan penyebab kaki X dan kaki O adalah sejenis gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Sehingga, sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal, lebih dari 8 derajat. Akibatnya, saat si kecil berdiri, titik beratnya tidak terletak antara jari kaki pertama dan kedua seperti yang terjadi pada kaki normal. Ini lah yang membuat si kecil sering jatuh. Baik kaki leper ataupun kaki X dan kaki O sama-sama membuat anak mudah lelah kalau berjalan dan aktivitas pun terbatas.

Penyebab kelainan kaki

Sebenarnya penyebab kelainan kaki bukan hanya faktor genetik saja tapi juga sejumlah faktor lain seperti:

1. Ruang gerak sempit di dalam rahim, kaki anak ‘terkunci’ di satu posisi sampai lahir (banyak dialami anak kembar).
2. Posisi tidur yang salah. Misalnya tengkurap seperti katak. jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
3. Kebiasaan duduk yang salah. Misalnya duduk dengan posisi kaki membentuk huruf W.
4. Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki si kecil terentang melingkari tubuh Moms dan membentuk sudut 90 derajat.
5. Memakai popok sekali pakai (disposable diapers) dengan cara dan saat yang tidak tepat. Misalnya terus menerus pada saat si kecil sedang belajar jalan. Hal ini membuat anak sulit menemukan posisi kaki yang stabil. Diapers yang kebesaran dan mengganjal juga membuat anak sulit berjalan.
6. Memakai baby walker yang tidak sesuai umur dan tidak sesuai ukuran tinggi duduk.
Si kecil yang belum cukup kuat menopang tubuhnya akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga terjadi ketidakseimbangan kekuatan otot (muscle imbalance).

Koreksi sebelum 5 tahun

Kelainan kaki sebaiknya diketahui sebelum si kecil berumur 2 tahun dan sebaiknya perbaikan atau koreksi dilakukan sebelum mencapai umur 5 tahun. Jika anak sudah berusia di atas 7 tahun, terapinya memakan waktu lebih lama dan pencapaian target terapi tidak maksimal karena putaran atau rotasi tulangnya makin sedikit.

Tindakan yang dapat dilakukan

Jika Anda mencurigai ada kelainan pada kaki si kecil, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Secara bertahap, dokter akan menganalisa penyebabnya dulu dengan bertanya kepada orangtua. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan pada kaki anak untuk mengetahui sudut kaki, dan arah rotasi atau putaran persendian lututnya. Lalu dilakukan pemeriksaan footprint dan footscan.

“Gunanya untuk mengetahui arah kaki anak saat berjalan serta titik berat tubuh,” jelas dr Meidy.

Berikut beberapa tindakan koreksi yang bisa dilakukan:

1. Apabila sudutnya tidak normal sesuai usianya maka perbaikan mulai dilakukan dengan membuatkan semacam sol di dalam sepatu (insole) khusus sesuai dengan tingkat kelainan kaki yang diderita anak. Pemantauan terhadap tindakan tersebut dilakukan selama 3 – 6 bulan.

2. Kelainan kaki X dan O. Jika diketahui sejak dini dapat dikoreksi antara lain dengan memakaikan gips, sepatu sol di dalam (insole) sesuai kelainan, sepatu berpenahan besi (brace) untuk menarik tulang ke posisi benar atau alat bebat tungkai agar tidak bergerak saat tidur.

3. Untuk kaki datar/leper. Sejak bayi atau sebelum belajar berjalan dapat memakai sepatu khusus dan alat bantu koreksi AFO (ankle foot orthose). Kemudian saat belajar merangkak memakai sepatu khusus sesuai perkembangan yang berpunggung tebal. Ketika merambat, gunakan sepatu yang berpinggiran kokoh, dan bertumit kuat saat belajar berjalan.

Sabar dan konsisten

Peran orangtua sangat penting dalam membantu memasangkan sepatu koreksi pada si kecil sesuai umur dan tahap perkembangan berjalannya selama beberapa jam setiap hari.

“Termasuk saat ia tidur. Kemudian memijat dan memutar telapak kaki anak ke arah berlawanan untuk merangsang agar kembali ke arah normal,” saran dr Meidy.

Pada tingkat kelainan yang lebih berat, perbaikan dilakukan dengan memakaikan sepatu atau alat bantu khusus disertai dengan fisioterapi  secara rutin. “Paling lama, proses koreksinya akan memakan waktu berkisar 2 tahun,” tutupnya.

Patut waspada jika…

1. Kaki masih berbentuk huruf O hingga anak berumur 18 bulan. Apabila ciri-ciri kecenderungan kaki O di luar batas normal, segera koreksi sebelum si kecil berumur 2 tahun.

2. Tulang paha, tulang lutut dan arah kaki tidak berada pada satu garis lurus dan tidak menghadap ke arah depan tubuh.

3. Sudut yang terbentuk antara tulang paha dan lutut lebih dari 8 derajat.

4. Jarak antara kedua tulang mata kaki bagian dalam lebih dari 4 cm. Kelainan kaki X sering terlihat pada anak umur 3 tahun. Asalkan sudut pada tulang paha dan tulang lututnya tidak lebih dari 8 derajat, jarak antara kedua mata kakinya tidak lebih dari 4 cm dan tidak ada rotasi lutut berlebihan, maka kelainan kaki si kecil ini dapat tumbuh dan berkembang normal tanpa terapi. Setelah melewati usia balita, sudut yang terbentuk pada tulang lututnya seharusnya akan berkurang secara bertahap.

5. Anak sering jatuh pada usia yang seharusnya sudah bisa berjalan dengan baik.

6. Anak sering mengeluh capek dan minta digendong. (Sumber: Tabloid Mom & Kiddie)

(//ftr)

Source: okezone – lifestyle

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kenali Kelainan Kaki si Kecil Sejak Dini.


Reno air race crash: Three people killed

Posted: 16 Sep 2011 07:41 PM PDT

The National Championship Air Races draws thousands of people every year in September to watch various military and civilian planes race.

Three people have died and scores are injured after an airplane crashed near a grandstand at an air race near Reno, Nevada, say medical officials.

The vintage World War II-era P-51 Mustang crashed at about 1630 local time (2330 GMT) at the National Championship Air Races.

There are unconfirmed reports that up to 12 people may have been killed.

Eyewitnesses said smoking debris and body parts were strewn across the airfield.

‘Just pulverized’

Stephanie Kruse, a spokeswoman for the Regional Emergency Medical Service Authority, told AP news agency that 75 people had been injured, 25 of them critically, and another 25 seriously.

"This is a very large incident, probably one of the largest this community has seen in decades," she said.

"The community is pulling together to try to deal with the scope of it. The hospitals have certainly geared up and staffed up to deal with it."

Kathy Carter, a spokeswoman for Renown Medical Center in Reno, said that two people had died, not including the pilot.

The Mustang, named The Galloping Ghost, was flown by well-known racing pilot Jimmy Leeward, 80.

Mike Houghton, head of the Reno Air Racing Association, told a news conference that Leeward, from Ocala, Florida, was a real estate developer who had been racing planes since the mid-1970s.

He added that most of Leeward's family had been at Friday's event.

Nevada Governor Brian Sandoval was on his way to the scene.

 55423833 012933029 1 Reno air race crash: Three people killed Jimmy Leeward has been racing planes since the 1970s

Leeward's website says he has flown in more than 120 races and had been a movie stunt pilot.

Ronald Sargis, who was sitting in the box-seat area, said spectators could tell the plane was in trouble before it crashed.

"About six or seven boxes down from us, it impacted into the front row," Sargis told KCRA-TV in Sacramento. He added: "It appeared to be just pulverized."

Jeff Martinez, a local weatherman who was just outside the air race grounds, said he saw the plane veer to the right and then crash into the ground.

Mr Martinez said he saw "pieces and parts going everywhere".

‘Unbelievable gore’

The Reno Gazette-Journal website has posted a witness video of the crash from YouTube.

 55423606 arizona reno 0911 Reno air race crash: Three people killed

Eyewitness Dr Gerald Lent, of Reno, told the newspaper: "It's just like a massacre. It's like a bomb went off. There are people lying all over the runway.

"One guy was cut in half. There's blood everywhere. There's arms and legs. One guy just said, 'hey, there's another foot over here.'"

Maureen Higgins of Alabama, who has been coming to the show for 16 years, told the Associated Press that the pilot was on his third lap when he lost control.

"I saw body parts and gore like you wouldn't believe it. I'm talking an arm, a leg," Ms Higgins said.

"The alive people were missing body parts. I am not kidding you. It was gore. Unbelievable gore."

National Guard members who were already on site helped with the response, air show spokesman Mike Draper told CNN.

Officials from the Federal Aviation Administration and the National Transportation Safety Board were also at the scene, he added.

Democratic Nevada Senator Harry Reid issued a statement saying he was "deeply saddened" about the tragedy.

"My thoughts are with the families of those who have lost their lives and with those who were wounded in this horrific tragedy," he said.

The National Championship Air Races are held every year in September in Reno.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Reno air race crash: Three people killed.


Gunman alert ends at Arizonadan#039;s Davis-Monthan Air Base

Posted: 16 Sep 2011 07:41 PM PDT

 55422352 tucson airforce base Gunman alert ends at Arizonadan#039;s Davis Monthan Air Base Earlier reports of wounded at the Air Force base were unfounded

A security alert at a large air base in the US state of Arizona is over, after reports that an armed man had barricaded himself in a building.

The commander of the Davis-Monthan Air Force Base in Tucson said no gunman or weapons were found.

The base, in Tucson, went into lockdown over an unconfirmed sighting of an armed man entering a building.

FBI agents, armed police, bomb disposal experts and hostage negotiators were all called to the base over the alert.

Students were removed from two primary schools at the base.

The commander of Davis-Monthan, Col John Cherrie, said the base had been searched "floor-by-floor, room-by-room" and officials were satisfied it was safe, the Associated Press reported.

An ambulance leaving the base carrying a pregnant woman sparked unconfirmed reports in the local media that someone had been shot.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gunman alert ends at Arizonadan#039;s Davis-Monthan Air Base.


Konsep Pernikahan Julia Perez

Posted: 16 Sep 2011 07:40 PM PDT

Sabtu, 17 September 2011 – 09:02 wibEgie Gusman – Okezone 5AHWgA4enA Konsep Pernikahan Julia Perez Gaston & Jupe (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

JAKARTA – Julia Perez (Jupe) sudah sangat ingin menikah dengan Gaston Castano. Dia sudah mempersiapkan konsep pernikahan dengan pesepakbola itu.

Jupe dan Gaston kompak ingin menggunakan konsep garden party (pesta kebun).

“Kalau saya sih inginnya enggak yang heboh-heboh. Inginnya sederhana, tapi unik. Seperti garden party atau pantai, intinya outdoor,” kata Jupe yang dihubungi di Jakarta, belum lama ini.

Konsep pesta kebun itu ingin dikombinasi aktris seksi ini dengan balutan gaun pengantin berwarna putih. Sementara, untuk lokasi resepsi pernikahan Jupe masih bingung antara di Jakarta atau Argentina.

“Insya Allah akan tetap dilakukan di Jakarta kalau enggak sempat di Argentina, tapi kalau sempat ke Argentina, ya ngadain juga pestanya di sana,” pungkasnya.(ang)

Source: Okezone – Celebrity

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Konsep Pernikahan Julia Perez.


Ciuman, Gerad Butler dan Model Australia

Posted: 16 Sep 2011 07:27 PM PDT

Ciuman, Gerad Butler dan Model Australia
1775325 Ciuman, Gerad Butler dan Model Australia

Los Angeles – Gerard Butler tanpa sungkan berciuman dengan Model Australia, Nicole Trunfio. Pasangan mesra ini melakukannya saat pesta mode di New York, AS pada Rabu (14/9).

Mengutip femalefirst, Jumat (16/9), Gerard Butler menjalin hubungan dengan Nicole Trunfio, model Chanel dan Dior. Aktor Machine Gun Preacher tampak menciumi Nicole saat pesta mode majalah V di depan tamu, termasuk Lindsay Lohan, Courtney Love dan Editor Vogue Prancis, Carine Roitfeld.

Sebuah sumber kepada New York Post mengatakan, “Begitu keduanya bertemu, mereka sudah tak terpisahkan. Mereka berciuman di pojok bilik. Mereka meninggalkan pesta bersama-sama, tetapi masuk ke mobil terpisah.”

Aktor kelahiran Skotlandia ini sebelumnya dekat dengan Jennifer Aniston, Ashley Green dan Jessica Biel. [aji]

Source: inilah online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ciuman, Gerad Butler dan Model Australia.


Israel upgrades links with European nuclear lab

Posted: 16 Sep 2011 07:25 PM PDT

Israel upgrades links with European nuclear lab
Associated Press, Geneva | Sat, 09/17/2011 9:18 AM
A |A |A|
Israel upgrades links with European nuclear lab[ Eds: APNewsNow.[
GENEVA (AP) – Israel has signed an agreement to upgrade links with the European nuclear physics laboratory CERN, famed for its giant atomic collider beneath the Swiss-French border.
The European Organization for Nuclear Research said Friday it has admitted the country as an associate member pending ratification by Israel’s parliament.
Israeli scientists have long collaborated with CERN, including on an experiment searching for the Higgs particle inside the $10 billion Large Hadron Collider. If proven to exist, the Higgs particle could explain why matter has mass.
The Geneva-based organization has 20 members and CERN says Israel can become the first non-European member after a minimum two-year waiting period. The U.S. has observer status at CERN, one step below associate membership.

Israel has signed an agreement to upgrade links with the European nuclear physics laboratory CERN, famed for its giant atomic collider beneath the Swiss-French border.

The European Organization for Nuclear Research said Friday it has admitted the country as an associate member pending ratification by Israel’s parliament.

Israeli scientists have long collaborated with CERN, including on an experiment searching for the Higgs particle inside the $10 billion Large Hadron Collider. If proven to exist, the Higgs particle could explain why matter has mass.

The Geneva-based organization has 20 members and CERN says Israel can become the first non-European member after a minimum two-year waiting period. The U.S. has observer status at CERN, one step below associate membership.

Source: the jakarta post

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Israel upgrades links with European nuclear lab.


Madrid ke Kandang Levante Tanpa Ronaldo

Posted: 16 Sep 2011 07:24 PM PDT

123501 cristiano ronaldo 300 225 Madrid ke Kandang Levante Tanpa Ronaldo

VIVAnews – Real Madrid akan memainkan partai ketiganya di La Liga musim ini. Hari Minggu, 18 September 2011, Madrid akan bertandang ke markas Levante.

Di partai itu, Madrid tentu menjadi unggulan. Nilai sempurna dari dua pertandingan pertama berbanding Levante yang baru memetik dua kali imbang. Belum lagi materi ‘wah’ yang dimiliki Merengues.

Namun di pertandingan besok, Madrid tak bisa diperkuat sang bintang, Cristiano Ronaldo. Penyerang tajam ini sudah tak ikut latihan bersama timnya dua hari menjelang pertandingan.

Engkel Ronaldo masih cedera. Masalah ini didapatnya saat tampil di Liga Champions pertengahan minggu.

Beberapa pemain Madrid lainnya juga masih diragukan bisa tampil. Hamit Altintop yang bergabung dari Munich awal musim ini baru mulai latihan untuk kali pertama. Sedangkan Nuri Sahin dan bek tengah Raul Albiol masih istirahat.

Madrid saat ini ada di puncak klasemen La Liga dengan 6 poin dari dua pertandingan. Nilainya sama dengan Valencia dan Real Betis. Sedangkan sang musuh bebuyutan, Barcelona, ada di tangga keempat dengan 4 poin. (Sumber: Reuters)

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Madrid ke Kandang Levante Tanpa Ronaldo.


Manisnya Semangka Lamongan

Posted: 16 Sep 2011 07:23 PM PDT

 Manisnya Semangka Lamongan KOMPAS/ADI SUCIPTO Petani semangka di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tahun ini beruntung karena panas terik cukup dan panenan melimpah. Harga semangka merah Rp 2.000 per kilogram sedangkan semangka kuning Rp 3.000 per kg. Satu hektar bisa menghasilkan 9-24 ton semangka.

LAMONGAN, KOMPAS.com- Tahun ini dengan panas yang terik, petani semangka di Lamongan untung. Pertumbuhan semangka bagus, buahnya besar-besar dengan bobot per buah 6-11 kilogram. Bahkan ada semangka yang berbobot 15 kg.

Petani semangka di Lamongan bisa ditemui di Kecamatan Pucuk, Sekaran, dan Karanggeneng. Selain memanfaatkan sawah, mereka juga menanamm semangka di rawa yang mengering.

Petani semangka di Pucuk, Ngatimah (48), Sabtu (17/92011), menuturkan, tahun ini dia menanam semangka di atas lahan seluas 1,5 hektar dengan biaya Rp 20 juta. Saat ini harga semangka merah berkisar Rp 1.500-Rp 2.000 per kg, semangka kuning Rp 2.500-Rp 3.000 per kg.

Di Desa Latek dan Miru di Kecamatan Sekaran, satu hekta bisa menghasilkan 9-24 ton semangka. Seorang petani, Kartijan, mengungkapkan, jika harga dibuat rata-rata Rp 2.000 dan per hektar panen 9 ton saja, maka hasilnya Rp 18 juta. "Untung petani Rp 6 juta per hektar dari biaya produksi Rp 12 juta per hektar," katanya.

Petani di Desa Trosono Kecamatan Karanggeneng Abdul Rahman memaparkan, semangka yang dikembangkan jenis tanpa biji. Warnanya merah alami tanpa suntikan, dan manis rasanya.

Selain di Trosono, di Desa Latukan, Banteng Putih, Sonoadi, Guci, dan Kawistologi juga ditanami semangka. Total lahan yang ditanami semangka di Karanggeneng seluas 530 hektar. Petani sebagian menjual langsung semangkanya di tepi jalan Pucuk-Brondong dekat sawah mereka.

Semangka dikumpulkan di bawah tenda. "Sekarang pembeli bisa memilih semangka segar. Tahun lalu kami tak bisa tanam karena sering hujan," kata Ngatimah sambil menunggu semangkanya.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Manisnya Semangka Lamongan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com