9.22.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Polda Maluku Selidiki Asal Tembakan

Posted: 21 Sep 2011 07:46 PM PDT

1110291620X310 Polda Maluku Selidiki Asal Tembakan KOMPAS/ANTONIUS PONCO ANGGORO Kapolda Maluku Brigjen (Pol) Syarief Gunawan dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Sumarsoono, Jumat, berkunjung ke pos-pos keamanan di Ambon untuk memberikan semangat bagi anggotanya yang bertugas pasca kerusuhan Ambon, Minggu lalu.

AMBON, KOMPAS.com – Banyaknya warga yang terluka karena tembakan saat kerusuhan terjadi di sejumlah daerah di Ambon, 11 September lalu, membuat Kepolisian Daerah Maluku membentuk tim untuk menyelidiki asal tembakan.

quote 1 Polda Maluku Selidiki Asal Tembakan
Saat kerusuhan memang ada tembakan dari aparat ataupun dari warga yang menggunakan senapan angin. Namun kami belum dapat memastikan tembakan yang melukai banyak warga itu dari peluru aparat atau dari senapan angin warga. Kami membentuk tim tersendiri
quote 1 Polda Maluku Selidiki Asal Tembakan

"Saat kerusuhan memang ada tembakan dari aparat ataupun dari warga yang menggunakan senapan angin. Namun kami belum dapat memastikan tembakan yang melukai banyak warga itu dari peluru aparat atau dari senapan angin warga. Kami membentuk tim tersendiri untuk menyelidiki masalah tersebut," ujar Kepala Kepolisian Daerah Maluku Brigadir Jenderal Syarief Gunawan, di Ambon, Kamis (22/9/2011) .

Tim yang dibentuk itu juga melibatkan inspektorat pengawasan daerah (Irwasda) Polda Maluku . Irwasda sekaligus akan menyelidiki apakah penggunaan peluru oleh aparat sudah sesuai prosedur atau tidak, sehingga jika diketahui ada kesalahan prosedur, aparat yang bersangkutan bisa langsung dikenai sanksi.

Kapolda Maluku melanjutkan, penyelidikan ini dilakukan dengan memperhatikan pula mental petugasnya yang saat ini masih bertugas menjaga keamanan di Ambon paska kerusuhan. "Jangan sampai penyelidikan justru membuat mental mereka jatuh," katanya. 

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Polda Maluku Selidiki Asal Tembakan.


6 Sebab Kegemukan yang Jarang Orang Sadari

Posted: 21 Sep 2011 07:45 PM PDT

091106 diet sandwich 6 Sebab Kegemukan yang Jarang Orang Sadari
dok. Thinkstock

Jakarta – Selama ini banyak orang percaya, cara paling efektif untuk mengatasi obesitas dan kegemukan adalah makan lebih sedikit, dan aktif bergerak lebih banyak. Namun, masalah kegemukan ternyata tidak bisa diatasi sesederhana itu.

Dikutip dari Daily Mail, 20 persen orang yang melakukan diet secara teratur, gagal menurunkan berat badannya. Sementara itu, 40 persen pria dan 30 persen wanita yang rutin berolahraga juga tetap memiliki berat badan berlebih.

Apa yang menyebabkan seseorang sulit mengatasi kegemukan, padahal ia sudah diet dan olahraga teratur? Ternyata ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kegemukan, dan itu bukan hanya karena terlalu banyak makan. Apa sajakah faktor tersebut?

1. Metabolisme Tubuh Melambat
Setelah usia 30, metabolisme tubuh melambat hingga hampir 5 persen setiap 10 tahun. Tubuh membakar 100 kalori lebih sedikit per harinya dibandingkan saat masih berusia 25. Pembakaran akan semakin berkurang hingga 200 kalori, menjelang usia 45 tahun.

Untuk mengatasinya, cobalah membuat tubuh lebih aktif secara fisik. Gabungkan latihan angkat beban dalam rutinitas olahraga Anda, minimal dua kali sehari. Latihan ini berfungsi membangun massa otot yang akan meningkatkan metabolisme. Otot, bisa membakar 25 hingga 33 kalori lebih banyak dibandingkan lemak tubuh.

Setiap pon otot, menambah tingkat metabolisme tubuh ketika Anda beristirahat. Lakukan juga press-up, squat dan push-up dalam program fitnes Anda.

2. Pengobatan Medis
Banyak pengobatan yang memiliki efek samping menggemukkan tubuh. Beberapa jenis obat seperti anti-depresan, Pizotifen (obat migrain), obat-obatan untukdiabetes dan bera-blockers (tekanan darah tinggi) kerap dituding jadi salah satu faktor penyebab kegemukan.

Jika yang membuat diet Anda tidak berhasil adalah pengobatan medis, maka yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda. Tanyakan apakah ada alternatif obat lain yang tidak punya efek samping menggemukkan. Sebelum konsultasi dan mendapatkan penjelasan dari dokter, jangan pernah berhenti mengonsumsi obat karena bisa membahayakan tubuh.

3. Melakukan Olahraga yang Salah
Jika Anda melakukan gerakan olahraga yang sama dalam periode terlalu lama, tubuh akan beradaptasi dengan gerakan tersebut. Akibatnya, latihan tidak lagi memberi hasil maksimal pada tubuh Anda dibandingkan saat awal-awal latihan dulu. Gerakan-gerakan olahraga yang dilakukan di tempat fitnes biasanya hanya bermanfaat dalam jangka pendek.

Misalnya saja, latihan angkat beban berguna membentuk otot lengan dan dada. Jika lengan dan dada telah terbentuk sempurna, maka latihan angkat beban tersebutsebaiknya tidak Anda lakukan lagi.

Untuk mendapat hasil lebih maksimal dari olahraga, adalah dengan memberi ‘tantangan baru’ bagi tubuh untuk mencoba jenis latihan yang berbeda-beda. Ganti gerakan secara konstan, minimal dua minggu sekali. Perubahan tidak perlu terlalu besar. Misalnya, ganti dumbbell squat dengan barbell squat, atau dumbbell ditukar dengan kettlebell.

“Mengganti jalan cepat dengan jogging, bisa meningkatkan pembakaran kalori hingga 100 persen. Anda tentunya bisa mempersingkat waktu saat berolahraga,” jelas Dr Ulf Ekelund, spesialis olahraga dan obesitas di Medical Research Council.

4. Lipoedema
Lipoedema merupakan suatu kondisi dimana tubuh seseorang lebih besar di bagian paha dan kaki (seperti bentuk buah pir). Kondisi ini biasanya disebabkan penumpukan sel lemak di jaringan bawah kulit. Akibatnya, cairan juga berkumpul di dalam sel lemak tersebut.

Biasanya, kulit pengidap Lipoedema sangat empuk ketika dipegang dan mudah memar. Dalam beberapa kasus, terlihat adanya penampakan selulit.

“Kondisi ini timbul karena ada masalah dalam sistem drainase getah bening. Lipoedema biasanya terjadi pada daerah betis, lutut dan paha,” jelas Conctantinos Kyriakides, ahli bedah vaskular di Barts and London NHS.

Lipoedema bisa terjadi pada 5-10 persen populasi wanita di dunia dan sampai saat ini, belum ditemukan penyebab terjadinya. Namun faktor keturunan kerap disinyalir kuat sebagai penyebabnya. Hingga kini juga belum ditemukan solusi paling tepat untuk kondisi tersebut. Tapi bisa diminimalisir dengan membungkus tubuh menggunakan bahan khusus untuk mengeluarkan kelebihan cairan pada sistem limfa. Sebagian besar diet center atau slimming center biasanya menyediakan pelayanan serupa.

5. Perubahan Hormon Karena Bertambahnya Usia
Sekitar 90 persen wanita yang mengalami menopause mengaku, berat tubuhnya bertambah secara signifikan begitu memasuki tahun-tahun usia matangnya. Kelebihan berat badan ini, biasanya lebih terlihat di bagian tengah tubuh seperti perut atau pinggang. Kondisi ini, merupakan efek dari ketidakseimbangan hormon seks seperti estrogen, progesteron dan testosteron.

Menurut Dr C. W. Randolph, seorang ginekologis dan apoteker, terlalu banyak estrogen bisa meningkatkan lemak. Pada usia 40-an ke atas, tubuh menjadi agen ‘penyimpan lemak’ yang baik, tapi kemampuannya mengubah lemak jadi energi berkurang. Sehingga yang terjadi adalah, tubuh menggemuk karena penumpukan lemak berlebih.

“Berat berlebih ini sulit dihilangkan, bahkan dengan olahraga keras atau diet ketat,” kata Randolph.

Jika Anda memasuki usia rentan menopause, tidak usah terlalu khawatir. Mulailah jalani diet sehat dan gaya hidup aktif dari sekarang.

6. Polycystic Ovary Syndrome
Sindrom ini biasanya terjadi pada wanita di usia produktif, dimana lemak umumnya muncul di tubuh bagian tengah seperti perut, dada dan punggung. Sindrom ini bisa muncul setelah wanita mengalami pubertas, namun biasanya hilang ketika menopause.

Kebanyakan sindrom ini muncul karena dipicu hormon testosteron yang berlebihan pada tubuh. Orang yang menderita Polycystic Ovary juga kerap mengalami kondisi yang disebut resistensi insulin –membuat berat badan mereka sangat mudah bertambah. Kondisi ini memang sulit disembuhkan, tapi gejalanya bisa dikurangi dengan perawatan medis.

Konsumsilah makanan dengan glikemik indeks rendah untuk membantu mengontrol kadar insulin yang berlebihan, juga bisa menurunkan berat badan.

(hst/kik)

Install Aplikasi “Wolipop” GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Source: wolipop

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 6 Sebab Kegemukan yang Jarang Orang Sadari.


Sakit Kepala Saat Orgasme? Ini Penyebabnya!

Posted: 21 Sep 2011 07:45 PM PDT

084909 seks sakitkepala Sakit Kepala Saat Orgasme? Ini Penyebabnya!
dok. Thinkstock

Jakarta – Bercinta sebenarnya bisa membuat rasa sakit dan stres hilang. Namun ada juga aktivitas bercinta yang bisa menyebabkan Anda sakit kepala. Apa penyebabnya?

Menurut konsultan seks wolipop, dr. Vanda Mustika, sakit kepala biasanya dapat terjadi akibat terganggunya aliran darah ke otak. Aliran darah tersebut dapat meningkat ataupun menurun.

Aliran yang menurun bisa disebabkan karena tekanan darah yang rendah sehingga aliran darah ke otak menjadi tidak kuat dan banyak sel-sel otak yang menjadi kekurangan oksigen. Sedangkan tekanan darah yang tinggi menyebabkan tekanan di dalam rongga kepala menjadi berlebihan.

Hubungan seksual yang biasanya diakhiri dengan orgasme dan ejakulasi sangat dipengaruhi oleh sistem saraf simpatis. Sistem saraf simpatis ini selain dapat membuat terjadinya ejakulasi, namun juga mempunyai efek lain berupa peningkatan denyut jantung, penngkatan kerja jantung dan peningkatan tekanan darah.

Hal ini pada laki-laki yang sudah memiliki penyakit sebelumnya seperti tekanan darah tinggi ataupun penyakit jantung sering dapat terpicu kekambuhannya saat atau setelah melakukan hubungan seksual. Pada orang-orang dengan kondisi tubuh yang tidak bugar ataupun mengalami tekanan darah rendah, dengan adanya ereksi dan mengalirnya sejumlah darah ke dalam pembuluh darah Mr Happy akan menyebabkan aliran darah ke dalam tubuh akan terganggu, termasuk ke kepala.

Oleh karena itu seringkali penderita sakit tersebut mengeluh adanya rasa mengantuk, lelah ataupun dapat mengalami sakit kepala setelah melakukan hubungan seksual. Untuk lebih tahu secara jelas, dr. Vanda menyarankan Anda yang merasakan sakit kepala ini diri ke dokter. Jika ada masalah maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis nantinya.

(eny/kik)

Install Aplikasi “Wolipop” GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Source: wolipop

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sakit Kepala Saat Orgasme? Ini Penyebabnya!.


Angin Topan Tewaskan 6 Orang di Jepang

Posted: 21 Sep 2011 07:43 PM PDT

avvNfjWDRD Angin Topan Tewaskan 6 Orang di JepangFoto : Serangan topan Roke di Nagoya (ibtimes)
TOKYO – Enam orang tewas dan enam lainnya hilang akibat angin topan dan hujan lebat di Jepang. Meski demikian, angin topan tidak merusak reaktor nuklir Fukushima.

Angin Topan Roke menyerang Kota Nagoya yang terletak di bagian tengah Jepang dan memaksa lebih dari satu juta penduduk dievakuasi pada Selasa lalu. Demikian seperti diberitakan Reuters, Kamis (22/9/2011).

Topan Roke merupakan angin topan kedua menyerang Jepang setelah Topan Talas yang menewaskan sekira 100 orang. Meski angin tersebut menyerang Jepang, reaktor nuklir di Prefektur Fukushima tidak mengalami kerusakan.

Angin topan ini dikabarkan mulai bergerak ke Pulau Hokkaido di wilayah utara Jepang. Salah satu dampak dari topan ini adalah tanah longsor yang terjadi di dekat Kota Hamamatsu.

Tahun ini, Jepang tampaknya masih bergelut melawan bencana alam. Bencana alam paling mengerikan yang muncul di Jepang terjadi pada Maret lalu, dimana gempa berkekuatan 9,0 Skala Richter melanda negeri Sakura tersebut. Reaktor nuklir Fukushima Daiichi akhirnya bocor dan membuat masalah baru di Jepang.(rhs)

Source: OkeZone – International

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Angin Topan Tewaskan 6 Orang di Jepang.


Gunung Lokon diprediksi membentuk kubah lava

Posted: 21 Sep 2011 07:42 PM PDT

“Sejak Rabu (21/9) asap kawah semakin sedikit yang muncul ke permukaan,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Farid Ruskanda Bina, di Tomohon, Sulut, Kamis.

Menurut Farid ada dua kemungkinan mengakibatkan asap kawah yang keluar sangat tipis dibanding beberapa hari lalu tampak tebal dengan ketinggian sekitar 350 meter.

Kemungkinan pertama menurutnya adalah membentuk sumbat lava di dasar kawah. Sedangkan kemungkinan kedua, kubah lava mulai terbentuk sedikit demi sedikit naik dari dasar kawah.

“Ini mungkin mengakibatkan gas yang bisa berberbentuk asap dari dalam kawah sedikit terhalang menuju permukaan kawah,” imbuhnya.

Kemungkinan terjadinya kubah lava atau sumbat lava menurut dia bisa tergambar dari tremor yang terus terekam tanpa henti dengan amplitudo fluktuatif.

“Kalau terbentuk sumbat lava ataupun kubah lava berarti akan butuh energi yang cukup untuk membongkar sumbat lava atau kubah lava tersebut,” katanya.

Artinya ini butuh waktu dan energi yang besar, tapi tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi letusan besar, tambahnya.
(ANT-305)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gunung Lokon diprediksi membentuk kubah lava.


Linkin Park Bikin Maia Puas

Posted: 21 Sep 2011 07:41 PM PDT

d4577649cc5e577369ccf19edd33d15d Linkin Park Bikin Maia Puas

Maia Estianty. ANTARA/Teresia May

TEMPO Interaktif, Jakarta – Penyanyi sekaligus pencipta lagu, Maia Estianty, puas menyaksikan penampilan band asal Amerika Serikat, Linkin Park, di Gelora Bung Karno, Senayan.

Maia yang bukan kali pertama menyaksikan langsung penampilan Chester cs itu mengaku merasa sangat puas. “Tadi keren banget, penampilan mereka keren banget,” ujar Maia Estianty, di Jakarta, Rabu, 21 September 2011.

Menurutnya, lagu yang dibawakan Linkin Park tidak ada satu pun yang dia tidak tahu. “Baguslah, orang aku suka sama lagunya. Semua lagu kesukaan aku dibawain,” ungkap Maia.

Meski ketiga anaknya juga datang ke konser tersebut, Maia hadir ditemani teman duetnya, Mei Chan. “Enggak apa-apalah (enggak ketemu). Dia juga kan sama bapaknya. Tapi tadi aku sempat BBM-an kok. Mereka mau nonton juga,” pungkasnya.

Konser band asal Agoura Hills, California, Amerika Serikat, Linkin Park, sendiri sukses menghibur sekitar 20.000 penonton yang memadati Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Rabu, 21 September 2011.

SYIFA JUNITA

Source: tempo

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Linkin Park Bikin Maia Puas.


Ditebus Rp 3,6 Miliar, Iran Bebaskan Pendaki AS

Posted: 21 Sep 2011 07:41 PM PDT

MUSCAT, KOMPAS.com – Pesawat yang membawa dua pendaki Amerika Serikat, yang telah dibebaskan dari Iran setelah lebih dari dua tahun dalam penjara dengan tuduhan menjadi mata-mata dan memasuki sebuah negara secara tidak sah, tiba Muscat, Rabu (21/9/2011).

Sebuah pesawat dari Angkatan Udara Kerajaan Oman yang membawa Josh Fattal dan Shane Bauer tiba di bandara Royal, Muscat, lapangan terbang pribadi bagi Sultan Oman Qaboos bin Said, pewarta AFP melaporkan.

Kedua pria berusia 29 tahun itu setengah berlari saat menuruni tangga pesawat. Mereka berseru gembira dan memeluk orangtua masing-masing lalu berfoto bersama.

"Mereka sehat, senang dan kuat," kata ayah Fattal pada AFP.

Sara Shourd yang ditangkap dengan kedua orang itu dan dibebaskan tahun lalu juga di bandara tersebut, di samping Dubes AS untuk Muscat Richard Schmierer dan sejumlah anggota kementerian Oman untuk keamanan istana, badan keamanan tertinggi kesultanan itu.

Fattal dan Bauer dibebaskan Rabu dini hari dari penjara Evin di Teheran. Keduanya diterbangkan ke Kesultanan Oman, yang telah membayar uang jaminan pembebasan, masing-masing 400.000 dollar AS (Rp 3,68 miliar). Utusan Sultan Oman untuk Iran yang menengahi pembebasan mereka, Salim al-Ismaili, tiba bersama mereka dalam pesawat yang sama.

Bauer dan Fattal ditangkap bersama dengan Shourd di dekat perbatasan yang berbukit-bukit dengan Irak pada 31 Juli 2009. Ketiganya berkeras bahwa mereka dengan tak sengaja telah tersasar ke Iran.

Shourd dibebaskan tahun lalu dengan alasan kemanusiaan dan medis dan uang jaminannya ditetapkan 500.000 dollar AS serta dibayar melalui Oman, sekutu AS di Teluk yang mempertahankan hubungan bersahabat dengan Iran.

Pembebasan keduanya, yang telah ditahan selama lebih dari dua tahun dalam kasus yang telah mempersulit hubungan antara Teheran dan Washington, terjadi saat Presiden Mahmoud Ahmadinejad di New York untuk menghadiri sidang Majelis Umum PBB.

Sumber :
ANT, AFP

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ditebus Rp 3,6 Miliar, Iran Bebaskan Pendaki AS.


Kue Terlalu Mahal, Pengeluaran Dikaji

Posted: 21 Sep 2011 07:41 PM PDT

1014553p Kue Terlalu Mahal, Pengeluaran Dikaji

AFP
US President Barack Obama

WASHINGTON, KOMPAS.com – Presiden AS Barack Obama, Rabu (21/9/2011), memerintahkan semua lembaga federal agar mengkaji kembali biaya pertemuan mereka setelah satu laporan yang memalukan mengungkapkan Departemen Kehakiman menyediakan kue bolu seharga 16 dollar AS atau sekitar Rp 137.600 dalam satu pertemuan pada 2009.    

Kepala Office of Management and Budget Jack Lew menginstruksikan semua kepala lembaga agar melakukan kajian menyeluruh mengenai bagaimana dolar pembayar pajak dibelanjakan untuk pertemuan.

Berdasarkan instruksi tersebut, seorang wakil menteri atau pejabat senior lembaga nantinya harus menyetujui pengeluaran yang berkaitan dengan rapat sementara kajian dilakukan.    

Satu laporan oleh Office of Inspector General di Departemen Kehakiman, Selasa, menyatakan lembaga tersebut mengeluarkan 121 juta dolar untuk pertemuan selama dua tahun, sehingga melampaui batas pengeluarannya sendiri. Sebagian pengeluaran itu tampaknya "penghambur-hamburan dan berlebihan", demikian antara lain hasil audit tersebut.     "Kami mendapati Departemen mengeluarkan 16 dolar AS untuk setiap satu dari 250 kue bolu yang disajikan dalam pertemuan hukum pada Agustus 2009 di Washington," kata laporan itu. Audit tersebut cuma dipusatkan pada 10 pertemuan yang diadakan selama tahun fiskal 2008 dan 2009.    

Contoh lain tindakan menghambur-hamburkan uang yang dilaporkan adalah camilan sebesar 32 dollar AS (Rp 275.200) per orang, brownies seharga 10 dollar AS, kopi seharga delapan dollar AS, dan pengeluaran hampir 600.000 dollar AS untuk makanan dalam pertemuan perencanaan kegiatan selama lima pertemuan.    

Wakil Jaksa Agung James Cole, Rabu, mengatakan Departemen Kehakiman melakukan berbagai langkah pada 2009 guna mencegah pengeluaran berlebih yang menghambur-hamburkan uang buat berbagai pertemuan. "Pada awal tahun ini, jaksa agung mengeluarkan memo yang memerintahkan pengurangan pengeluaran, termasuk pembatalan semua rapat tak penting," kata Cole.    

Wakil Presiden AS Joe Biden, yang memimpin upaya pemerintah untuk mengurangi penghambur-hamburan uang oleh berbagai lembaga federal, pekan lalu meminta para menteri Kabinet untuk berbuat lebih banyak guna mengakhiri pengeluaran yang tak perlu.    

Ia mengatakan ia menunggu laporan kemajuan dari kepala lembaga dalam pertemuan mendatang mereka pada Desember, termasuk "apa yang mereka kerjakan untuk menghemat pengeluaran yang berkaitan dengan rapat".    

"Setiap hari, keluarga klas menengah membuat pilihan berat untuk hidup pas-pasan," kata Biden."Tanggung jawab kita lah untuk memastikan dolar pembayar pajak tidak dihambur-hamburkan," katanya.

Sumber :
Ant, Reuters

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kue Terlalu Mahal, Pengeluaran Dikaji.


Wapres Rapat Lapindo di Surabaya

Posted: 21 Sep 2011 07:38 PM PDT

1352455620X310 Wapres Rapat Lapindo di Surabaya KOMPAS/HENDRA SETIAWAN Wapres Boediono

SURABAYA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Boediono telah tiba di Bandara Internasional Juanda dan langsung menggelar rapat tertutup dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan jajaran badan penanggulangan lumpur sidoarjo (BPLS).

Wapres yang didampingi Ibu Herawati Budiono segera menuju ke lumpur Lapindo di titik 70 tepatnya bekas Desa Jatirejo, Kecamatan Porong Sidoarjo.

Setelah dari lokasi lumpur, rencananya Boediono kembali ke Bandara Juanda dan berdialog dengan warga korban lumpur Lapindo dari sembilan rukun tetangga di tiga desa yakni Siring Barat, Jatirejo Barat dan Mindi.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wapres Rapat Lapindo di Surabaya.


Sidang PK Antasari Agendakan Keterangan Saksi Ahli

Posted: 21 Sep 2011 07:36 PM PDT

Kamis, 22 September 2011 09:25 WIB

JAKARTA: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (22/9), akan kembali menggelar sidang Peninjauan Kembali (PK) untuk terpidana Antasari Azhar. Sidang PK hari ini mengagendakan mendengarkan keterangan saksi ahli yakni ahli forensik Abdul Mun’Im Idris.

Informasi itu disampaikan kuasa hukum Antasari Azhar, Maqdir Ismail ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (22/9). Maqdir mengatakan bahwa keterangan saksi ahli tersebut akan menjelaskan soal foto-foto otopsi almarhum Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnaen, yang dijadikan bukti baru dalam pengajuan PK Mantan Ketua KPK itu.

“Sidang PK Pak Antasari hari ini akan menghadirkan saksi ahli,” kata Maqdir melalui pesan singkat.

Seperti yanng diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan novum (barang bukti baru) berupa 28 foto almarhum Nasrudin Zulkarnaen yang diajukan oleh terpidana Antasari Azhar tidak tepat.

Jaksa berpendapat bahwa 28 foto almarhum Nasrudin Zulkarnaen yang menurut Antasari tidak pernah diajukan, sebagaimana diketahui, hanyalah rangkaian gambar setelah terjadinya penembakan maupun tahap otopsi yang dilakukan oleh Dokter Mu’nim Idris.

Ke-28 gambar sudah disampaikan pada alat bukti surat sehingga bukan bukti baru atau novum, kata Jaksa Indra.

Selain itu, kata Indra, pemohon PK hanya sebagai penganjur dan bukan pembunuh di lapangan, sehingga novum 28 foto tidak tepat diajukan sebagai novum permohonan PK.

Diketahui Majelis Hakim PN Jaksel yang dipimpin Herri Swantoro memvonis Antasari dengan 18 tahun penjara karena terbukti terlibat dalam pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnaen. Mantan Ketua KPK itu lalu mengajukan PK dengan menyertakan tiga bukti baru dan 48 kekhilafan hakim.

Selain itu disertai pula bukti baru atau novum yakni jasad Nasrudin yang dimanipulasi, mobil almarhum serta pesan singkat berupa ancaman yang tidak dapat dibuktikan di persidangan. (FA/OL-12)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Sidang PK Antasari Agendakan Keterangan Saksi Ahli.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com