12.09.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Pope to visit to Cuba next year

Posted: 08 Dec 2011 06:28 PM PST

 57220868 pope Pope to visit to Cuba next year Pope Benedict is expected to travel to Cuba next year

Pope Benedict will visit Cuba next year, Vatican officials have announced.

It will be the second visit of a Pope to the Communist-run island, following a trip there by John Paul II in 1998.

The Vatican said it would announce the exact dates of Benedict's visit on Monday. A Cuban Church leader said the Pope would meet government officials.

The Cuban Church has played an important role in negotiating the release of dozens of political prisoners in recent years.

Officials also said that Pope Benedict was considering visiting Mexico as part of the same trip.

The head of the Cuban Bishops Conference, Monsignor Jose Felix Perez, said the pontiff had "a special affection toward the people of Cuba for the social conditions in our country".

During his 1998 visit, John Paul II called on "Cuba to open to the world, and the world to open to Cuba" at a packed Mass in Revolution Square in Havana.

Monsignor Perez said Benedict would meet members of President Raul Castro's government.

But he stressed that the primary purpose of the Pope's visit would be to honour the patron of Cuba, the Virgin of Caridad del Cobre.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pope to visit to Cuba next year.


Bursa Jepang juga rontok, indeks Nikkei 225 turun 1,5%

Posted: 08 Dec 2011 06:22 PM PST

4147b2f7740c1e40183778e3827bf081 Bursa Jepang juga rontok, indeks Nikkei 225 turun 1,5%

TOKYO: Kinerja bursa Jepang juga menurun, memicu penurunan terbesar indeks Nikkei dalam dua minggu terakhir, setelah Bank Central Eropa menurunkan tingkat suku bunga 25 basis poin dari 1,25% menjadi 1% untuk bulan kedua secara berturut-turut di tengah ancamam resesi.

Mitsubishi UFJ Financial Group Inc kehilangan 1,2%, Kyocera Corp, produsen elektronika yang memiliki pasar terbesar di Eropa hingga 20%, anjlok 2,4%. Adapun Mitsubishi Corp, trader komoditas terbesar di Jepang, tergelincir 2,3% setelah harga minyak dan baja turun.

“Kebijakan ECB tersebut mengisyaratkan bahwa Eropa tidak akan mudah keluar dari krisis,” ujar Juichi Wako, a senior strategist Nomura Holdings Inc yang berbasis di Tokyo.

Menurut dia, skenario terbaik untuk pasar adalah ECB diharapkan memutuskan untuk memperluas pembelian pbligasi pemerintah dan kemudian Uni Eropa memperkuat kebijakan finansial mereka.
Indeks Nikkei 225 anjlok 1,5% menjadi 8.536,61 pukul 9:21 waktu Tokyo, yang merupakan penurunan terbesar sejak 24 November

Sementara itu, indeks S&P 500 tergelincir 2,1% di New York setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengungkapkan pihaknya tidak memberi sinyal untuk melakukan pembelian obligasi pemerintah.

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bursa Jepang juga rontok, indeks Nikkei 225 turun 1,5%.


Pendonor Darah ke-100 dari NTT ke Istana Negara

Posted: 08 Dec 2011 06:21 PM PST

1318223620X310 Pendonor Darah ke 100  dari NTT  ke Istana Negara REPRO KOMPAS/ICHWAN SUSANTO Ilustrasi donor darah

KUPANG, KOMPAS.com- Sebanyak 6 warga Nusa Tenggara Timur yang melakukan donor darah ke-100 akan ke Istana Negara di Jakarta untuk menerima penghargaan khusus di bidang pelayanan kemanusiaan. Total penerima penghargaan khusus dari presiden RI ini berjumlah 3.315 orang.

Andreas Mangu, salah satu peserta pendonor darah ke-100, Jumat (9/12/2011), mengatakan, mereka akan menerima penghargaan di Istana Negara, Senin (12/12/2011). Mereka diundang khusus oleh Palang Merah Indonesia yang juga menyediakan tiket pergi-pulang dan akomodasi selama di Jakarta.

"Ini kebanggaan luar biasa bagi kami. Selama ini saya rindu, bagaimana bisa bertemu Presiden, ternyata kesampaian juga, apalagi bertemunya di Istana Negara. Meski undangan itu hanya untuk saya sendiri, tetapi saya bawa juga dengan istri agar dia juga turut menikmati kebahagiaan itu," kata Mangu.

Mangu yang bergolongan darah B memulai mendonorkan darahnya sejak tahun 1983. Setiap ada pasien atau kegiatan mendonor darah, dia selalu melibatkan diri.

Ia menuturkan, sebenarnya kegiatan mendonor darah itu dapat juga dilakukan oleh mereka yang mengalami obesitas. Makin sering mendonor, badan terasa makin ringan, dan segar. Tetapi rentang waktu mendonor harus diatur sedemikian rupa agar tidak merugikan kesehatan sendiri.

Atas penghargaan dari Presiden itu, Mangu pun bertekad, sepulangnya dari Jakarta nanti dia akan mengampanyekan kepada generasi muda dan orang dewasa agar lebih sering donor darah.

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pendonor Darah ke-100 dari NTT ke Istana Negara.


Ada Petunjuk Identitas Korban Bakar Diri

Posted: 08 Dec 2011 06:15 PM PST

1039593620X310 Ada Petunjuk Identitas Korban Bakar Diri SHUTTERSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol mengatakan, polisi telah memeriksa anggota keluarga yang mengenali identitas korban bakar diri di depan Istana Negara. Namun, kepolisian belum bisa memastikannya sampai hasil tes DNA keluar.

"Tadi malam (Kamis, 8/12/2011) sudah ada yang datang ke kami dan sudah diperiksa katanya dari pihak keluarga mengaku kenal korban," ujar Yoyol saat dihubungi wartawan, Jumat (9/12/2011) pagi.

Dari keterangan anggota keluarga itu, korban bakar diri diketahui berinisial SH dan berusia 24 tahun. Namun, Yoyol masih belum dapat membeberkan identitas korban karena polisi belum mendapatkan bukti otentik berupa hasil tes DNA.

Yoyol mengatakan, sampel DNA dari anggota keluarga itu sudah diambil untuk kemudian dicocokkan dengan DNA korban bakar diri yang kini masih menjalani rawat intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). "Kami tunggu dulu hasil tes DNA supaya pasti. Saat ini masih diperiksa," ujarnya,

Pria yang membakar diri itu melakukan aksinya setelah menyeberang ke arah Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada Rabu (7/12/2011) sore. Tubuh pria itu penuh kobaran api. Perbuatan nekat itu itu mengagetkan polisi yang berjaga-jaga seusai demonstrasi pamong desa. Pria itu kemudian ditolong dengan disiram air, lalu dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk dirawat.

Bersama pria itu, ditemukan dua botol air mineral yang sudah kosong dan satu botol berisi bensin. Dua buah botol kosong itu diduga berisi bensin yang sudah dituangkan korban ke tubuhnya. Polisi masih menyelidiki motif di balik aksi bakar diri ini.

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ada Petunjuk Identitas Korban Bakar Diri.


Penusuk Christopher Melky Ditangkap

Posted: 08 Dec 2011 06:15 PM PST

0843274620X310 Penusuk Christopher Melky Ditangkap Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com- Seorang laki-laki yang diduga pelaku penodong dan penusuk Christopher Melky Tanujaya (16) ditangkap aparat gabungan Kepolisian Sektor Metro Penjaringan dan Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara, Kamis (9/12/2011) malam. Tersangka kini ditahan di Polres.

Polisi yang terlibat dalam penangkapan laki-laki tersebut tidak bersedia memberi keterangan lebih rinci.

Ketika dihubungi per telepon pagi ini, Kepala Polres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Andap Bhudy  menjawab, "Alahamdulillah," berkait  perkembangan pencarian pelaku penusuk Christofer.

"Rilisnya akan disampaikan Pak Irawan (Kepala Satuan Reserse Kriminal Umum Polres) nanti siang. Sialakan koordinasi dengannya, ya. Rilis di Polres," katanya, ketika ditanya kapan publikasi penangkapan pelaku penusuk Christofer dilaksanakan.

Berkait dengan kasus itu, Andap Budhy berencana mengunjungi keluarga korban di Rumah Duka Atmajaya, Penjaringan, Jakarta Utara pukul 09.00 Jumat ini. 

Seperti diberitakan, Christopher Melky Tanujaya (16) ditemukan tewas di depan SDN 01 Pagi Pluit, Jalan Pluit Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin sore. Siswa SMA Saint Joseph Institute di Singapura itu tewas setelah ditusuk orang tidak dikenal di pinggir jalan dekat selter.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00. Saat itu, Melky yang baru saja pulang bermain futsal menuju rumahnya seorang diri. 

 

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Penusuk Christopher Melky Ditangkap.


Samsung to sell Galaxy tablets in Australia

Posted: 08 Dec 2011 06:11 PM PST

 55791217 appleipadandgalaxytab Samsung to sell Galaxy tablets in Australia Apple and Samsung have accused each other of copying aspects of their devices

Australia's High Court has lifted a ban on the sale of Samsung's Galaxy tablet in the country in time for the Christmas shopping season.

Apple won a ban on the devices, claiming Samsung had copied its iPhone and iPad.

South Korean Samsung had been unable to sell products in Australia since July.

The two companies are engaged in legal battles in more than 10 countries since April accusing each other of infringing smartphone and tablet patents.

Last month, Samsung won an appeal against a temporary ban on sales.

However, Apple was awarded a stay of the orders. On Friday Apple's bid to extend the ban was turned down by the High Court.

The ruling is a rare win for Samsung as it allows the company to sell its Galaxy Tab 10.1 in time for the busy Christmas shopping season, a lucrative time for the industry.

The decision comes after a US court ruled against Apple's bid to ban Galaxy phones and tablets, another win for Samsung. Apple has appealed that ruling.

However, the legal tussle in other markets is not going as well for Samsung.

The company said on Friday that a French court had turned down its request to ban sale of the latest iPhone in that country.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Samsung to sell Galaxy tablets in Australia.


Pasokan belum gas pasti, Pertamina terus bangun terminal

Posted: 08 Dec 2011 06:11 PM PST

6955536p Pasokan belum gas pasti,  Pertamina terus bangun terminal

JAKARTA. Mulai Maret 2012, PT Pertamina (Pesero) akan mengoperasikan floating storage regasification unit (FSRU) Teluk Jakarta. Namun, dari total kapasitas 3 juta metrik ton per tahun atau setara 400 juta kaki kubik gas per hari (mmscfd), Pertamina baru mendapatkan komitmen pasokan separuhnya, dari LNG Bontang.

M. Harun, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, komitmen pasokan gas hingga kini masih menjadi kendala atas FSRU yang dibangun Pertamina. Padahal, mulai tahun 2013, Pertamina membutuhkan 10 juta metrik ton gas alam cair (LNG) per tahun untuk mengisi terminal-terminal apung yang dibangunnya.

Sayang, hingga kini, belum semua terminal apung tersebut mendapatkan komitmen pasokan LNG dari pemerintah. Misalnya, pembangunan FSRU Jawa Tengah berkapasitas 3 juta metrik ton per tahun yang bakal beroperasi kuartal I 2013, hingga kini, Pertamina belum mendapatkan kepastian pasokan gas.

Kondisi yang sama juga dialami pada proyek anak usaha Pertamina, PT Pertamina Gas yang membangun pipa Transjawa mulai awal 2012. Pipa ini menghubungkan Semarang-Gresik sepanjang 250 km dan diperkirakan beroperasi pada 2013. Melalui pipa ini, gas FSRU Jawa Tengah mengalir ke pembangkit PLN di Gresik.

Pertamina juga akan membangun mini LNG receiving terminal bersama PLN untuk Tanjung Batu, Batakan, Balikpapan, Semberah, Bali, Pomala, Jeneponto, Tello, Minahasa dan Halmahera dengan total kapasitas 1 juta metrik ton per tahun. Terminal mulai beroperasi pada kuartal III 2013.

Kemudian, Pertamina tengah merevitalisasi kilang Arun di Aceh menjadi LNG receiving terminal berkapasitas 3 juta metrik ton. Terminal akan bekerja di awal 2013 untuk memasok industri di Aceh dan Sumatera Utara, serta pembangkit listrik.

Ketika semua fasilitas itu sudah beroperasi di 2013, kata Harun, Pertamina butuh pasokan LNG besar. Agar pasokan gas lancar, Harun bilang, kecil kemungkinan Pertamina memilih opsi impor LNG dari Timur Tengah. Sebab, harga LNG sudah melambung ke US$ 18 per mmbtu mengikuti harga minyak dunia. “Makanya, Pertamina mendorong Pemerintah memanfaatkan opsi kewajiban domestic market obligation (DMO) yang belum dipenuhi produsen gas Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang menghasilkan LNG,” ujar Harun, Kamis (8/12).

Pertamina juga mendorong pemerintah merenegosiasi kontrak LNG yang harganya masih murah, misalnya kontrak pembelian LNG dari Tangguh, Papua, dengan Fujian, China. Harga pasar LNG berkisar 15%-20% dari harga Japan Cocktail Crude (JCC) atau sekitar USD 16,5-US$ 22 per mmbtu.

Source: kontan online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pasokan belum gas pasti, Pertamina terus bangun terminal.


Harga minyak kelapa mulai naik

Posted: 08 Dec 2011 06:11 PM PST

1843139227p Harga minyak kelapa mulai naik

JAKARTA. Harga crude coconut oil (CCO) terus melambung. Tak pelak, kondisi ini akan menggelembungkan pendapatan petani dan para eksportir CCO.

Kenaikan ini tampak dari perdagangan di pasar internasional. Di bursa spot minyak kelapa di Philipina misalnya, harga minyak kelapa pada perdagangan Rabu (7/12) lalu US$ 1.400 per metrik ton (MT). Bandingkan dengan harga pada awal Oktober yang berada di titik terendah tahun ini, yakni US$ 1.050 per MT.

Sutardi Lili, Direktur PT Mangga Dua, mengatakan, tren kenaikan harga CCO sudah berlangsung sejak dua bulan yang lalu. Saat ini harga CCO di pasar lokal berkisar Rp 10.450 per kilogram (kg) atau naik 23,44% dibandingkan dua bulan lalu hanya Rp 8.000 per kg. “Semakin mahal harga CCO, banderol produk turunannya juga naik,” kata Sutardi, kemarin.

Salah satu produk akhir yang dihasilkan yakni refined bleached deodorized (RBD) coconut oil misalnya, harganya juga ikut terkerek naik. Saat ini, harga RDB coconut oil atau minyak goreng kelapa di pasar lokal sudah mencapai Rp 11.200-Rp 11.400 per kg, naik 19,64 % dibandingkan September lalu hanya Rp 9.000 per kg.

Menurut petinggi salah satu pabrik minyak kelapa yang beroperasi sejak tahun 1949, kenaikan harga karena pasokan kelapa yang berkurang di pasar internasional. Misalnya dari Thailand, India dan Sri Langka, seladi di Philipina. Di Thailand, yang merupakan salah satu produsen utama kelapa, pasokan terganggu karena banjir yang menerjang di negara itu.

Padahal, selain untuk minyak kelapa, CCO merupakan bahan baku untuk berbagai produk konsumsi, seperti biskuit dan cokelat.

Sutardi bilang, dampak dari kenaikan harga CCO ini sudah pasti akan membuat petani ikut merasakan kenaikan tersebut. Harga bahan baku industri minyak kelapa, yakni kopra naik.

Kopra adalah daging buah kelapa yang sudah dikeringkan, baik melalui pengasapan, penjemuran, pembakaran, atau kombinasi dari ketiganya. “Harga kopra sudah mencapai Rp 6.200 per kg, Oktober lalu hanya Rp 4.500 per kg,” terang Sutardi.

Kelapa ikut naik

Donatus Gede Sabu, Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Perkelapaan Indonesia (Fokpi), menjelaskan, harga kelapa di sejumlah daerah juga naik. Menurut data di Kementerian Pertanian, harga kelapa di Kabupaten Aceh Timur awal November kemarin Rp 2.750 per butir. Namun sekarang, harga tersebut telah naik menjadi Rp 3.000. Kemudian di Kabupaten Parigi tetap Rp 1.500 per butir.

Kemudian di Kabupaten Kolaka, Sulawesi naik dari Rp 1000 menjadi Rp 2.000 per butir dalam kurun waktu tersebut, sementara di Pontianak naik dari Rp 600 per butir menjadi Rp 950.

Namun, menurut Donatus, kenaikan ini karena imbas musim hujan yang mengguyur di sentra-sentra perkebunan kelapa. Hujan menghambat petani memetik buah kelapa sehingga produktivitasnya menurun. “Jadi, tren harga kepala bakal semakin naik di periode mendatang, karena hujan diperkirakan masih akan terus turun,” papar Donatus yakin. n

Source: kontan online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harga minyak kelapa mulai naik.


ESPN ekspansi produk di Indonesia

Posted: 08 Dec 2011 06:11 PM PST

701975943p ESPN ekspansi produk di Indonesia

JAKARTA. Sebentar lagi, warga Indonesia bakal semakin mudah mendapatkan tayangan olah raga secara langsung. Perusahaan penyedia konten tayangan olah raga, ESPN Star Sports (ESS) segera meluncurkan dua aplikasi terbaru, yakni ESPN Player dan mobileESPN. Kedua aplikasi ini hanya akan ada di Indonesia.

Adam Zecha, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Penjualan ESS Asia Tenggara, bilang, peluncuran dua aplikasi ini akan dilakukan tahun depan. ESPN Player merupakan aplikasi di internet yang menayangkan siaran olah raga langsung di personal computer (PC) berinternet. “Sedangkan mobile ESPN, melalui telepon selular berbasis Android dan Apple,” jelas Zecha dalam wawancara khusus dengan KONTAN, kemarin.

Tentu saja ini semakin menguntungkan konsumen siaran olah raga di Indonesia. Soalnya, selama ini masyarakat hanya bisa menikmati siaran ESPN melalui TV berbayar saja.

Bagi ESPN, dua produk anyar itu juga akan mudah mendatangkan keuntungan. Melalui aplikasi itu, mereka bisa menjual iklan. “Potensi bisnisnya besar, karena banyak masyarakat Indonesia yang menggilai siaran olah raga secara live,” ucap Zecha tanpa merinci.

Hal ini terlihat dari semakin besarnya penetrasi industri televisi berbayar di Indonesia. Menurut Adam, jumlah pemilik TV di Indonesia sudah mencapai 33 juta.

Dari jumlah itu, konsumen TV berbayar mencapai 3%. Asosiasi Pengusaha Multimedia Indonesia (APMI) mencatat, jumlah pelanggan TV berbayar tahun ini tumbuh sekitar 30% dari tahun lalu.

“Ke depan, jumlah pelanggan TV berbayar bisa tumbuh 10%. Ini potensi bisnis yang besar, karena jumlah penduduk Indonesia paling banyak di Asia Tenggara,” tandas Adam yang juga bungkam soal nilai investasi bisnisnya.

Arya Mahendra Sinulingga, Sekretaris Perusahaan MNC, menambahkan, potensi bisnis penyiaran olahraga secara live memang sangat besar. “Penggemar siaran olah raga sangat besar, sehingga ini bisa mendongkrak rating,” papar Arya. Peningkatan rating akan mempermudah perusahaan untuk menarik para pengiklan.

Source: kontan online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - ESPN ekspansi produk di Indonesia.


Pengusaha nilai tarif revisi asih terlalu mahal

Posted: 08 Dec 2011 06:11 PM PST

1877103885p Pengusaha nilai tarif revisi asih terlalu mahal

JAKARTA. Mendapat protes bertubi, Kementerian Perhubungan dan Tim Kecil sepakat merevisi SKEP 255/IV/2011 mengenai agen inspeksi. Salah satu poin penting dalam revisi aturan itu adalah tarif pemeriksaan barang agen inspeksi regulated agent (RA) untuk kargo internasional yang turun, dari Rp 440-Rp 450 per kilogram (kg) Rp 385 per kg.

Meski turun, harga ini masih dirasakan terlalu mahal oleh kalangan eksportir. Komar Muljawibawa Sekjen Asosiasi Eksportir Sayuran dan Buah Indonesia berharap agar tarif inspeksi jangan dipukul rata, tetapi ada tarif khusus untuk inspeksi produk pertanian.

Komar berpendapat, pemberlakuan biaya agen inspeksi yang justru naik itu bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang tengah mendorong ekspor produk-produk pertanian.

Nanang Soengkono, Direktur Utama PT Fishindo Lintas Samudra malah mengaku belum mengetahui mengenai hasil revisi tarif pemeriksaan agen inspeksi pengiriman kargo internasional. Namun, ia menilai, tarif inspeksi Rp 385 per kg itu masih terlalu tinggi. Apalagi, selama ini, Fishindo rutin mengirim tuna ke Amerika Serikat dan Jepang yakni 3 kali dalam seminggu. Sekali kirim, Fishindo kirim 3 ton.

Seperti telah ditulis KONTAN, kenaikan tarif pemeriksaan RA bukan tak mungkin akan berdampak pada harga. “Kita belum tahu akan menaikkan berapa. Tapi, itu untuk menutupi biaya pengiriman yang terlalu mahal,” kata Nanang. Kenaikan RA tidak mustahil akan ada pengaruhnya ke pelanggan, bahkan juga ke para eksportir.

Di bisnis tuna misalnya. Kata Nanang, mereka harus bersaing dengan para eksportir dari negara lain. Menaikkan harga berpotensi akan menurunkan daya saing bagi mereka.

Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin Muhammad Said mengatakan, seharusnya ada pemisahan produk-produk dalam pemberlakuan tarif agen inspeksi. “Ada barang-barang khusus terkait dengan publik yang dapat prioritas, misalnya berkaitan mendorong produktivitas petani,” paparnya. Makanya, kata dia, penerapan tarif agen inspeksi bertentangan dengan kebijakan pemerintah mendorong ekspor.

Seperti yang ditulis KONTAN kemarin (8/12), selain soal tarif, revisi aturan juga mencakup soal kewenangan maskapai dalam menunjuk RA untuk memeriksa kargo. Selama ini, pemilik baranglah yang memilih RA.

Source: kontan online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pengusaha nilai tarif revisi asih terlalu mahal.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com