12.14.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Harga minyak dekati level tertinggi dalam seminggu

Posted: 13 Dec 2011 06:54 PM PST

e334e2d9924cc9070bcfda861ac5081b Harga minyak dekati level tertinggi dalam seminggu

MELBOURNE: Minyak diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam satu minggu di New York di tengah tanda-tanda Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan menetapkan batas produksi ketika mereka bertemu di Wina hari ini.

Minyak mentah untuk pengiriman Januari berada di US$99,95 per barel, turun 19 sen, dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange pukul 10.58 waktu Sydney.

Kontrak itu kemarin naik 2,4% menjadi US$100,14, penutupan tertinggi sejak 7 Desember. Harga 9,4% lebih tinggi tahun ini setelah naik 15% pada 2010.

Adapun minyak Brent untuk penyelesaian Januari naik US$2,24 atau 2,1% menjadi US$109,50 per barel di ICE Futures Europe yang berbasis di London.

Kenaikan harga kemarin terjadi setelah laporan dari kantor berita Fars yang dikelola negara bahwa Iran akan mengadakan latihan untuk menutup Selat Hormuz. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan spekulasi mengenai penutupan itu tidak benar.

Menteri perminyakan negara-negara OPEC berada di Wina dalam pertemuan hari ini untuk memutuskan tingkat pasokan paruh pertama 2012.

Pertemuan terakhir OPEC Juni lalu tidak menghasilkan konsensus setelah enam anggota termasuk Iran dan Venezuela menentang keinginan Arab Saudi dan tiga Negara lainnya untuk memompa lebih banyak karena produksi Libya terpangkas.

Seorang delegasi yang menolak disebut namanya, seperti dukutip dari Bloomberg, mengatakan anggota OPEC sebetulnya telah sepakat menetapkan plafon produksi untuk semester pertama tahun depan 30 juta barel per hari.

Hal itu senada dengan perkiraan Badan Energi Internasional bahwa OPEC akan perlu memompa 30,2 juta barel per hari tahun depan.

Di tempat terpisah, data Amerika Petroleum Institute menunjukkan stok minyak mentah AS naik 462.000 barel selama pekan lalu.

Laporan Departemen Energi akan menyusul hari ini. Survei Bloomberg menunjukkan persediaan mungkin turun 2,5 juta barel. (Taufikul Basari)(api)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harga minyak dekati level tertinggi dalam seminggu.


Rusuh, Polisi China Kepung Sebuah Kota

Posted: 13 Dec 2011 06:51 PM PST

0913503p Rusuh, Polisi China Kepung Sebuah Kota

REUTERS
Warga merusak sebuah mobil polisi dalam kerusuhan di Wusan, kota di China selatan, Senin (12/12/2011).

WUKAN, KOMPAS.com – Ribuan polisi anti-huru hara China mengepung sebuah kota di selatan negara itu dengan memotong pasokan makanan dan air demi memadamkan serangkaian kerusuhan. Demikian diberitakan Sydney Morning Herald, Rabu (14/12/2011).

Selama berbulan-bulan, sekitar 20.000 orang yang tinggal di Wukan, yang terletak dekat kota Shanwei di Provinsi Guangdong, melakukan memprotes karena tanah mereka disita dan dijual pemerintah lokal. Polisi lalu melakukan taktik brutal untuk mengendalikan situasi.

Protes terbaru pecah hari Minggu lalu ketika polisi mencoba untuk menangkap seorang warga. Warga lain yang bersenjatakan tongkat menentang penangkapan itu. Polisi lalu menembakkan gas air mata sebelum mundur.

Pada saat bersamaan, pemerintah setempat membuat kemarahan warga jadi mendidih ketika mengakui bahwa Jinbo Xue, seorang tukang daging berusia 43 tahun yang telah mewakili warga dalam negosiasi dengan pemerintah, meninggal dalam tahanan polisi karena "gagal jantung". Xue ditahan pekan lalu dan dituduh telah menghasut kerusuhan.

Kabar yang beredar menyebutkan, keluarga Xue menemukan sejumlah tulangnya patah ketika mereka menerima jenazahnya. Hari Senin, sekitar 6.000 orang menghadiri pemakaman Xue dan foto-foto kerumunan orang banyak saat pemakamnnya beredar luas di internet China.

"Kami sangat sedih dan marah atas kematiannya," kata seorang warga, yang menolak disebutkan namanya. "Dia hanya seorang negosiator yang berbicara dengan pemerintah, yang berusaha untuk mendapatkan tanah kami kembali. Dia membela hak-hak petani.”

Warga mengatakan, blokade telah diberlakukan dan pasokan bahan pangan, termasuk beras, mulai menipis. "Banyak polisi yang berkumpul di luar desa," tulis salah seorang warga di situs Weibo, versi China dari Twitter, yang menyebut dirinya Charles Suen.

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rusuh, Polisi China Kepung Sebuah Kota.


Ini Alasan Orang Lanjut Usia Disarankan Berhenti Mengemudi.

Posted: 13 Dec 2011 06:51 PM PST

lansia Ini Alasan Orang Lanjut Usia Disarankan Berhenti Mengemudi.
Amerika Di negara maju seperti Amerika atau negara Eropa pengemudi berusia lanjut kerap ditemui. Padahal banyaknya angka kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi berusia lanjut usia juga cukup marak.

Namun kadang masih susah untuk berhenti mengemudi. Entah karena sudah terbiasa menyetir sendiri. Atau mereka merupakan orang yang tergila-gila dengan dunia otomotif.

Orang lansia yang tergabung di AARP (American Association of Retired Person) menyimpulkan tanda-tanda orang lansia yang harus menanggalkan setirnya.

Pertama, munculnya rasa yang tidak nyaman, gugup, dan takut saat mengemudi. Seringnya ditemukan goresan atau penyok pada mobil karena kesulitan dalam mengemudi sesuai dengan jalur. Serta seringnya tersesat.

Ada lagi kesulitan dalam memperhatikan sinyal atau rambu, menimbulkan respon lambat dalam menanggapi situasi tak terduga. Kondisi medis yang tidak memungkinkan, serta pengaruh obat yang dapat mengganggu proses mengemudi.

Seringnya menerima telepon. Tempramen tinggi. Kesulitan pandangan lurus dan ke depan. Bahkan ketidakinginan keluarga atau kerabat yang dikemudikan mobil oleh mereka.

Kasus itu kebanyakan,ditemui pada supir berusia di atas 65. Dan disarankan, pada usia tersebut sudah mengurangi aktifitas berkendara sendiri. (mobil.otomotifnet.com)

Penulis : JJ | Teks Editor : Bagja | Foto : Autoevolution
Tags : Lansia, Safety Driving,

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Ini Alasan Orang Lanjut Usia Disarankan Berhenti Mengemudi..


10 Tipe Kamera Terbaik di 2011

Posted: 13 Dec 2011 06:48 PM PST

092050 canon 10 Tipe Kamera Terbaik di 2011
dok. Canon

Jakarta – Ada hampir ratusan tipe kamera digital dari berbagai merek yang dirilis sepanjang tahun 2011 ini. Di antara banyak tipe, tentunya ada beberapa yang dianggap lebih unggul dan menjadi perhatian masyarakat.

Body compact, superzoom dan lensa yang bisa diganti-ganti (interchangeable lens) adalah beberapa keunggulan yang dimiliki kamera-kamera pilihan ini. Berikut daftar 10 kamera terbaik tahun 2011, seperti yang dikutip detikINET dari situs teknologi Cnet:

1. Canon Ixus 230HS
Kamera terbaik di tahun 2011 adalah Canon Ixus 230HS. Ia memang tidak memiliki lensa interchangeable, layar yang bisa diputar atau resolusi super tinggi. Namun Canon menjadikan sistem HS sebagai salah satu keunggulan kamera ini. Sistem HS (High Sensitivity) bisa membidik objek dengan hasil yang bagus di hampir semua kondisi pencahayaan. Ixus 230 HS dibekali sensor 12.1 MP dan 8x zoom. Dengan bodynya yang kecil, ia bisa dijejalkan di saku pengguna dan cocok untuk mereka yang suka bepergian.

2. Sony Cyber shot DSC-HX7V
Piranti ini memiliki zoom yang panjang di body compactnya. Ia sudah dilengkapi dengan GPS dan sistem smart focusing. Zoomnya yang bisa mencapai 10x cocok dipakai untuk pemotretan outdoor dengan kualitas foto yang sangat bagus.

3. Canon EOS 600D
Penerus EOS 550D ini dibekali dengaan sensor APS-C yang memiliki resolusi 18 MP serta layar tilt. Kinerjanya masih mumpuni di pemotretan low light. Untuk performa tinggi namun dengan harga yang tidak terlalu mahal, kamera yang masuk dalam kategori entry level ini patut diacungi jempol.

4. Panasonic Lumix DMC-FZ48
FZ48 memiliki sensor 12.1 MP dan 24x zoom. Lensa Leica yang dimilikinya menghasilkan foto yang tetap terlihat cerah dan tajam di semua level zoom. Foto yang dihasilkan pun bebas dari vignette meski di zoom paling panjang.

5. Canon PowerShot SX40 HS
Canon membekali kamera ini dengan segala keunggulan yang dibutuhkan konsumen: 35x optical zoom, fold-out lens, dan lain-lain. Mode macronya sangat menjanjikan. Ia juga dilengkapi dengan berbagai scene mode dan creative filter dari fish eye hingga tilt-shift.

6. Sony Alpha NEX-5N
Dengan layar touchscreen yang bisa di-tilt dan lensa yang bisa ditukar-tukar, Sony NEX-5N merupakan kombinasi dari Nikon P7100 dan J1 dalam body compact. Sensor 16.1 MP, perekaman video 1080 dan lensa kit 18-55m adalah sejumlah spesifikasi NEX-5N.

7. Nikon Coolpix P7100
Seperti J1, Nikon P7100 hanya memiliki 10.1 MP namun ia bisa menghasilkan foto yang tajam. Layarnya mampu diputar sehingga pengguna bisa mengambil gambar dari posisi low level atau overhead. Lensanya juga sudah punya bukaan lebar yakni f/2.8 untuk fokus yang lebih dalam.

8. Fujifilm FinePix F600EXR
Kamera ini sudah dijejali dengan GPS sehingga tak hanya bisa mengambil gambar yang tajam, namun ia juga bisa menyajikan informasi mengenai lokasi pemotretan. Sensitivitasnya (ISO) mengagumkan yakni mencapai 12,800.

9. Nikon 1 J1
Kamera compact dengan interchangeable lens, Nikon 1 J1. Ia menawarkan body klasik yang sederhana. J1 memiliki resolusi 10.1 MP yang memungkinkan hasil foto yang tetap terjaga di kondisi pemotretan low-light tanpa menghasilkan bintik-bintik.

10. Samsung WB700
WB700 memiliki zoom 18x, manual control, dan layar LCD berukuran 3 inch. Resolusi sensornya adalah 14.2 MP dan untuk menghindari foto ngeblur, Dual Image Stabilization sudah dijejalkan Samsung.

(sha/hst)

Install Aplikasi “Wolipop” GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

Source: wolipop

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 10 Tipe Kamera Terbaik di 2011.


Pikiran Redknapp mulai Bercabang

Posted: 13 Dec 2011 06:47 PM PST

Rabu, 14 Desember 2011 09:24 WIB

20111213 114718 Harry Redknapp Pikiran Redknapp mulai Bercabang

Foto : Harry Redknapp–AP/Tom Hevezi/cs

LONDON: Konsentrasi arsitek Tottenham Hotspur Harry Redknapp disebut-sebut mulai bercabang.Di satu sisi ia mulai memikirkan timnas Inggris, di sisi lain ia harus berkonsentrasi dengan timnya di ajang Liga Primer.

Juru taktik berusia 64 tahun dianggap sebagai figur paling tepat untuk mengantikan Fabio Capello yang akan mundur setelah Euro 2012.

Hanya saja Ketua Umum Spurs, Daniel Levy sepertinya keberatan untuk melepasnya. Sebab sejak ditukangi Rednapp, Spurs mengalami kebangkitan. Terbukti dengan keberhasilan tim asal London utara itu masuk di jalur kualifikasi Liga Champions.

“Harry punya 18 bulan kontrak tersisa. Kami sudah berbicara dan sejaun ini ia sangat senang di sini dan tidak terlalu mempertimbangkan Inggris,” ujar Levy dikutip harian Evening Standard, Selasa, 14/12. (AP/Rtr/OL-8)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Pikiran Redknapp mulai Bercabang.


Miss Venezuela 2002, Asyik Berbikini di Pantai

Posted: 13 Dec 2011 06:46 PM PST

Miss Venezuela 2002, Asyik Berbikini di Pantai

Miami – Miss Venezuela 2001, Aida Yespica asyik berbikini di sebuah pantai di Miami. Dengan mengenakan bikini super mini, Aida begitu menggoda.

Seperti dikutip Dailymail, Aida mengenakan bikini dua potong berwarna ungu. Wanita yang telah memiliki anak berusia tiga tahun ini tetap terlihat seksi menggoda.

Dengan rambutnya cokelatnya, Aida menghabiskan sore di pantai sambil berjemur, merokok, minum dan sesekali melihat ke arah BlacBerry-nya.

Aida hingga kini menjadi salah seorang model tenar di Italia. Wanita berusia 29 tahun ini telah menghiasi majalah bergengsi sekelas Maxim dan GQ.

Pesepakbola Adrian Mutu dan Matteo Ferrari pernah menjalin hubungan asmara dengannya. Bahkan, Aida juga dikabarkan sempat berhubungan dengan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi. Saat itu, Berlusconi memuji Aida dengan mengatakan, “Dengan kamu, aku akan pergi kemana pun.”

Source: inilah online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Miss Venezuela 2002, Asyik Berbikini di Pantai.


24,000 diabetes deaths a year dan#039;could be avoideddan#039;

Posted: 13 Dec 2011 06:41 PM PST

By Jane HughesHealth correspondent, BBC News
 57281346 diabetes 24,000 diabetes deaths a year dan#039;could be avoideddan#039; Insulin injections can control the condition

Up to 24,000 deaths from diabetes could be avoided in England each year, if patients and doctors better managed the condition, a report concludes.

The first-ever audit of patient deaths from the condition said basic health checks, a good diet and regular medication could prevent most of them.

Diabetes UK said it was vital the NHS provided high quality care.

An estimated 2.3 million people in the UK are affected; about a third of them do not realise they have the condition.

It means their bodies cannot use glucose properly. If they do not manage it, they can develop potentially fatal complications like heart or kidney failure.

The report, by the NHS Information Centre, compared information about people with diabetes in England with data from death records.

Around 70-75,000 diabetic patients die every year.

The study estimated that a third of them were dying from causes that could be avoided if their condition were better managed.

That includes basic health checks from doctors, and patients taking medication and keeping to a healthy diet.

For patients with Type 1, the risk of dying was 2.6 times higher than it was for the general population.

With Type 2, the risk was 1.6 times higher.

But in younger age groups, the risk was far greater. Women between the ages of 15 and 34 with diabetes were nine times more likely to die than other women of the same age.

Men in the same age group were four times more likely to die if they had the condition.

It is the first time there has been such a comprehensive assessment of the number of affected people dying.

The National Diabetes Information Service said the number of people with the condition was rising, so if nothing was done, the number of deaths would also increase.

'Shocking' variations

"Many of these deaths could be prevented," said Dr Bob Young, diabetologist and spokesman for the National Diabetes Information Service.

"Doctors, nurses and the NHS working in partnership with people who have diabetes should be able to improve these grim statistics."

Diabetes UK described the figures as alarming.

"We know that half of people with Type 2 and more than two thirds of people with Type 1 diabetes are not receiving the care they need to stay healthy," said Barbara Young, Diabetes UK chief executive.

"It is imperative we take action now to stop even more lives being needlessly cut short.

"We will be holding the NHS to account wherever it fails to deliver high-quality care."

The Department of Health in England said the audit had revealed shocking variations in care, and an unacceptable death toll.

Care services Minister Paul Burstow said: "I expect the NHS to learn from the best. It's not rocket science – integrated health care can help people manage their diabetes, and stay well and out of hospital."

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 24,000 diabetes deaths a year dan#039;could be avoideddan#039;.


Hangout Sore-Sore di Sekitar Panglima Polim

Posted: 13 Dec 2011 06:40 PM PST

135705 makanan minuman denanta kitchen 300 225 Hangout Sore Sore di Sekitar Panglima Polim

VIVAnews – Kawasan Panglima Polim IX memang padat dengan sejumlah resto dan kafe. Banyak dari kafe-kafe tersebut yang pertumbuhannya terbilang cepat. Baru sebentar beroperasi, tak lama kemudian terpaksa harus tutup. Tapi, ada juga yang bertahan lama dan jadi favorit banyak orang. Keadaan yang tak membuat gamang Denanta Kitchen yang mulai beroperasi pada awal November 2011 kemarin.

Ruangan resto lumayan luas dengan sofa-sofa yang besar sehingga nyaman untuk duduk leyeh-leyeh sembari menyantap comfort food. Posisinya pun selain di lantai bawah juga bisa di mezanin.

Bicara soal makanan, Denanta Kitchen memang menyajikan makanan-makanan penyaman perut ber-genre continental. Paduan antara makanan barat dan Asia populer bisa dicicipi di sini. Misalnya, Quesadilas with Salsa.

Pizza ala Meksiko terbuat dari dua tortilla berisi cincangan daging ayam dan paprika yang ditumpuk. Agar tak berantakan direkatkan dengan keju mozzarella. Dipping sauce-nya tentu saja salsa tomat merah yang asam segar dengan harum daun ketumbar samar-samar. Dinikmati selagi baru keluar dari oven, hmmm…terasa lelehan keju mozzarella yang gurih membelai lidah.
 
Atau, Grill Salmon with Orange Sauce. Salmon berbumbu minimalis yang dipanggang. Cita rasa daging salmon yang masir dan manis tidak tertutupi oleh saus jeruk home made buatan Chef Ade. Rasa asam sedikit manis saus jeruknya malah memperkuat rasa daging salmonnya. Pelengkapnya mashed potato dan salad sayuran yang generous.

135709 makanan minuman denanta kitchen Hangout Sore Sore di Sekitar Panglima Polim

Untuk penyuka sajian manis, Creme Brulee asal Prancis harus dicoba. Dessert terbuat dari telur dan susu ini tidak terlalu manis. Yang patut dipujikan adalah adonan susu dan telurnya yang halus nyaris tanpa lubang-lubang walau sekecil lubang jarum. Ini menandakan bahwa adonan dibuat dengan kehati-hatian tinggi. Dikocok secara konstan dan perlahan lalu dipanggang dengan api kecil secara au bain marie (direndam dalam air dalam loyang di oven) hingga matang sempurna. Gula yang biasanya ditaburi di atas Creme Brulee ini tidak dibuat gosong dengan torch, melainkan dilelehkan dan kemudian dibentuk menjadi dome sebagai topi pada mangkuk Creme Brulee. Manis penampilannya.

135708 makanan minuman denanta kitchen Hangout Sore Sore di Sekitar Panglima Polim

Alamat: Jl. Panglima Polim IX No. 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telp. (021) 7201723.
Jam buka: 11.00 – 23.00 WIB (Senin – Kamis), 11.00 – 01.00 (Jumat – Minggu)
Harga: Makanan: Rp28.000 – Rp160.000. Minuman: Rp20.000 – Rp75.000 (masih ditambah pajak 10% dan servis 5%).
Suasana: Restoran yang nyaman untuk kumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Hangout Sore-Sore di Sekitar Panglima Polim.


Bangkok Buru-buru Berbenah

Posted: 13 Dec 2011 06:40 PM PST

0902384620X310 Bangkok Buru buru Berbenah Kompas/Neli Triana Bangkok pada Rabu (14/12/2011) pagin ini. Foto dari lantai 29 Hotel Centara Grand, Central World di pusat kota. Ada Attachment Foto: 20111214nel-pascabanjir, bangkok buru-buru berbenah.jpg

BANGKOK, KOMPAS.com – Matahari masih malu-malu di ufuk timur Kota Bangkok, Thailand pagi ini, meskipun jam sudah menunjukkan hampir pukul 06.30. Udara cerah dengan kisaran suhu sekitar 25 derajat Celcius. Beberapa turis asing berlomba dengan warga setempat memulai aktivitasnya.

Baru kurang dari dua pekan ini, banjir benar-benar hilang dari Bangkok dan sekitarnya. Namun aktivitas pariwisata negeri ini langsung menggeliat.

Setidaknya dalam dua hari terakhir, terhitung sejak Senin (12/12/2011) sampai pagi ini di Bangkok tidak terlihat redupnya aktifitas masyarakat pascabanjir.

Wartawan Kompas, Neli Triana, dari Bangkok melaporkan, Di berbagai sudut masih terlihat tumpukan karung-karung berisi pasir penghalang air, merembes masuk ke rumah atau gedung. Tetapi, secara umum kota tampak bersih dan semua alat transportasi serta tempat bisnis maupun tujuan wisata siap melayani pengunjung.

Deputy Governor for International Marketing Asia and Pacific Thailand Authority Tourism, Sonsern Ngaorungsi, mengatakan, pada 5 Desember lalu, dalam rangka ulang tahun Raja Bhumibol Thailand, segenap lapisan rakyat turun ke jalan untuk bersih-bersih.

Hasilnya, Bangkok dan kota sekitarnya bangkit ekonominya lagi setelah selama Oktober dan November lalu terganggu.

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bangkok Buru-buru Berbenah.


Analisis Investasi: Antara saham, obligasi dan valas

Posted: 13 Dec 2011 06:38 PM PST

4354f4b1acfd25342d9f937c6bd01530 Analisis Investasi:  Antara saham, obligasi dan valas

JAKARTA: Investor dihadapkan pada beberapa pilihan untuk investasi pada hari ini. Guna meraih hasil yang optimal direkomendasikan untuk mencermati perkembangan bursa nasional, regional dan internasional. Sementara itu, perkembangan valuta asing juga menjadi pilihan selain minyak dan emas. Berikut perkembangan indikator ekonomi paling anyar yang dirangkum Redaksi pagi ini:

>BURSA NASIONAL<
* Pada perdagangan hari ini, indeks harga saham gabungan diperkirakan bergerak di kisaran 3.715-3.793 dengan saham-saham yang dapat diperhatikan, a.l. IMAS, INTP, AKRA, ROTI, ADRO, ITMG, ADHI, SMGR dan BJBR. IHSG kemarin ditutup turun 28,57 poin (-0,75%) ke level 3.763.57 dengan jumlah transaksi sebanyak 11 juta lot dan nilai transaksi sebesar Rp5 triliun. Data ekonomi AS seperti data penjualan ritel dan perkembangan seputar krisis utang Eropa dapat memberikan sentimen terhadap indeks.
>BURSA REGIONAL<
* Saham Asia turun untuk hari kedua karena Federal Reserve menahan diri dari mengambil langkah-langkah baru untuk memacu pertumbuhan dan penjualan ritel AS naik pada tingkat paling lambat dalam lima bulan, mengaburkan prospek pendapatan bagi eksportir Asia.
* Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,6% menjadi 113,64 pada pukul 09:18 waktu Tokyo, dengan sekitar 3 saham jatuh untuk setiap 1 saham yang naik dalam indikator itu. Indeks itu turun 2,2% pekan lalu setelah Standard & Poor mengatakan akan memangkas peringkat kredit untuk Jerman, Prancis dan 13 negara zona Eropa lainnya.
>BURSA INTERNASIONAL<
* Indeks Standard & Poor 500 kehilangan 0,9% di New York kemarin setelah Kanselir Jerman Angela Merkel menolak menaikkan batas atas dana untuk bailout utang Eropa.
* Bursa-bursa saham di Eropa ditutup menguat seiring dengan keberhasilan Spanyol melepas kepemilikan surat utang dan keyakinan investor terhadap perkembangan Jerman. Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,5% menjadi 237,30 setelah membukukan penurunan 14% dalam setahun terakhir.
* Sebanyak 11 dari 18 bursa saham Eropa Barat tercatat naik. Indeks CAC 40 Prancis naik 0,4%, Indeks DAX Jerman turun 0,2%, Bursa FTSE 100 naik 1,2%.
>VALUTA<
* Euro diperdagangkan melemah 0,2%, terendah dalam 11 bulan, setelah negara-negara Eropa mempersiapkan diri untuk menjual obligasi di tengah kekhawatiran krisis utang di kawasan ini jauh dari resolusi. Mata uang Eropa itu diperdagangkan sedikit berubah pada tingkat US$1,3038 pada pukul 08:19 waktu Tokyo dari penutupan di New York kemarin, ketika menyentuh US$1,3009, level terlemah sejak 12 Januari.
* Yen berada di dekat level tertinggi dalam lebih dari 2 bulan terhadap 17 negara pengguna euro yang berdampak pada prospek saham Asia akan menurunkan kerugian dan meningkatkan permintaan untuk aset yang lebih aman. Euro berada di posisi 101,61 yen dari 101,68 yen, setelah jatuh ke 101,47 yen kemarin, terendah sejak 4 Oktober. Dolar sedikit berubah pada 77,95 yen.
>OBLIGASI<
* Italia hari ini dijadwalkan untuk melakukan lelang obligasi sebesar 3 miliar euro (US$3,9 miliar) yang jatuh tempo pada tahun 2016.
* Jerman berencana untuk menjual obligasi senilai 5 miliar euro untuk dua tahun.
* Spanyol besok akan menawarkan utang jatuh tempo pada tahun 2016, 2020, dan 2021.
>MINYAK<
* Minyak mentah untuk pengiriman Januari berada di US$99,95 per barel, turun 19 sen, dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange pukul 10.58 waktu Sydney. Kontrak itu kemarin naik 2,4% menjadi US$100,14, penutupan tertinggi sejak 7 Desember. Harga 9,4% lebih tinggi tahun ini setelah naik 15% pada 2010.
* Minyak Brent untuk penyelesaian Januari naik US$2,24 atau 2,1% menjadi US$109,50 per barel di ICE Futures Europe yang berbasis di London. Kenaikan harga kemarin terjadi setelah laporan dari kantor berita Fars yang dikelola negara bahwa Iran akan mengadakan latihan untuk menutup Selat Hormuz. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast mengatakan spekulasi mengenai penutupan itu tidak benar.
* Data Amerika Petroleum Institute menunjukkan stok minyak mentah AS naik 462.000 barel selama pekan lalu. Laporan Departemen Energi akan menyusul hari ini. Survei Bloomberg menunjukkan persediaan mungkin turun 2,5 juta barel. (ln)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Analisis Investasi: Antara saham, obligasi dan valas.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com