12.22.2011

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Morning flu jabs dan#039;work better for mendan#039;

Posted: 21 Dec 2011 06:18 PM PST

By Michelle RobertsHealth reporter, BBC News
 55954711 fluvaccinespl Morning flu jabs dan#039;work better for mendan#039; Men fare better if they are vaccinated in the morning, say the researchers

Flu jabs can be made more effective by changing the time of day they are given – mornings for men and afternoons for women are best – scientists believe.

Synchronising the jab with the body's natural daily cyclical rhythm makes it more likely to offer good immunity, says the Medical Research Council team.

The immune system gets sluggish as we age which explains why only a third of elderly people vaccinated get full protection from their winter flu vaccine.

Rescheduling appointments may help.

To test their theory, the researchers are using GP patients in Birmingham as guinea pigs.

300 of them will be given morning or afternoon vaccination appointments, determined by their gender.

Professor Janet Lord, who is leading the research, said: "It's a major health issue trying to find ways to improve the vaccination response.

"We know that immunity goes down with ageing. But we may have found a way to counter that."

She said it was a chance finding in about 150 patients that led them to the idea in the first place.

"A colleague discovered that vaccine response varies with the time of day.

"Men tend to have a better response in the morning, and women in the afternoon.

"We're not sure why, but we think it is down to hormones."

Hormone levels in the body change throughout the day in a predictable, cyclical pattern. And the effect of this differs between men and women, the scientists suspect.

Prof Lord and her team hope to get a definitive answer by studying at least 300 elderly patients attending for their routine flu vaccinations this winter and next.

"We've already made a start and hope to get enough patients on board to be able to see if such a simple, cheap measure of changing appointment times can make all the difference."

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Morning flu jabs dan#039;work better for mendan#039;.


Harta Wakaf Wajib Dikelola Lewat Lembaga Keuangan Syariah

Posted: 21 Dec 2011 06:13 PM PST

dbd77b1558bbc564922373a2c3fb1929 Harta Wakaf Wajib Dikelola Lewat Lembaga Keuangan Syariah

BOGOR: Bank Indonesia menegaskan pengelolaan dan pengembangan atas harta benda wakaf uang hanya dapat dilakukan melalui investasi pada produk-produk lembaga keuangan syariah atau instrumen keuangan syariah.

Mulya E.Siregar, Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia, menjelaskan persyaratan itu merupakan keputusan dari Menteri Agama setelah dipertimbangkan Badan Wakaf Indonesia dan instansi terkait.

“Pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf uang yang dilakukan bank syariah juga mengikuti ketentuan lembaga penjaminan simpanan sesuai perundang-undangan,” ujar Mulya E.Siregar pada workshop Peluang Pengelolaan Wakaf untuk Pemberdayaan Usaha Mikro dan Kecil hari ini.

Selain itu, kata dia, pengelolaan harta benda wakaf uang dalam investasi di luar perbankan syariah harus diasuransikan pada asuransi syariah. Penegasan ini tertuang dalam pasal 48 butir 5 Peraruran Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Wakaf.

Pada kegiatan yang diprakarsai Kementerian Koperasi dan UKM, wakaf hendak dijadikan sebagai permodalan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Dalam catatan Kementerian Agama, saat ini nilai wakaf tercatat sekitar Rp3 triliun.

Melalui forum tersebut hendak dirumuskan pola penyaluran investasi dari wakaf. Lembaga dan instansi terkait dalam rencana tersebut, telah sepakat dana itu dikelola dan disalurkan melalui koperasi jasa keuangan syariah dan unit jasa keuangan syariah (KJKS/UJKS) berbadan hukum koperasi.

Menurut Mulya, wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selama atau jangka waktu tertentu, sesuai kepentingannya guna ibadah atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Salah satu di antaranya memanfaatkan dana wakaf bagi permodalan pelaku UMK. Adapun wakif dapat mewakafkan benda bergerak berupa uang melalui lembaga keuangan syariah yang ditunjuk Menteri Agama.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Pariaman Sinaga, menambahkan wakaf yanghendak dijadikan sebagai sarana pembiayaan bagi UMK, merupakan alternatif terbaik untuk pengembangan usaha pelaku usaha yang termarginalkan.

”Adapun sasaran dari pemanfaatan dana wakaf, untuk memperluas lapangan kerja melalui pemberdayaan UMK oleh KJKS/UJKS. Pemanfaatan wakaf dilakukan setelah dana zakat lebih dulu disepakati untuk pemberdayaan UMK,” tutur Pariaman Sinaga.(bas)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harta Wakaf Wajib Dikelola Lewat Lembaga Keuangan Syariah.


City Masih Perkasa, Mancini Tetap Waspada

Posted: 21 Dec 2011 06:11 PM PST

Kamis, 22 Desember 2011 08:44 WIB

MANCHESTER: Kemenangan 3-0 atas Stoke City di Etihad Stadium, dinihari tadi, memastikan City tetap bertahan di puncak klasemen Liga Primer Inggris sebelum perayaan Natal, sekaligus memperbesar peluang mereka menjuarai kompetisi di musim 2011-12.

Dua gol dari Sergio Aguero serta satu gol Adam Johnson menambah perolehan angka The Citizens menjadi 44. Namun, Don Mancio belum bisa bernapas lega, mengingat Manchester United terus menekan di posisi kedua dengan hanya terpaut dua angka.

“Ini raihan yang istimewa,” komentar Mancini kepada Sky Sports, Kamis(22/12).

“Tapi kami hanya unggul dua angka atas United. Seharusnya, ketika mengemas 44 poin anda memiliki keunggulan lima hingga enam poin dari tim di bawah anda.”

Kendati Stoke sama sekali tidak mengancam pertahanan The Citizens, pelatih Italia toh melontakan pujiannya terhadap skuad asuhan Tony Pulis.

“Saya pikir selalu sulit ketika menghadapi Stoke. Pemain pemain mereka terus bertahan selama 90 menit, jadi ketika anda menghadapi tim seperti ini tentu sulit,” ujarnya.

“Tapi kami bermain bagus, kami harus sabar dan baru bisa mendapatkan solusinya hingga gol pertama. Ini pertandingan yang sulit, nyaris sepanjang laga kami bermain dengan lebih dari 20 pemain di satu sisi lapangan,” tutup Mancini. (goal/OL-3)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - City Masih Perkasa, Mancini Tetap Waspada.


Bursa Asia dibuka melemah

Posted: 21 Dec 2011 06:09 PM PST

c4e4847ae36e718b23d973a3b0c69757 Bursa Asia dibuka  melemah

Indeks Bursa Jepang & Korsel Kamis 22 Desember 2011IndeksPosisiPerubahanWIBBursa JepangTOPIX 724,87-0,11% 7:40NIKKEI 2258.432,85-0,32%7:40TSE Induk 394,38-0,76%7:32Bursa KorselKRX 1003.923,97-0,35%7:33KOSPI1.840,06-0,45%7:32Sumber: Bloomberg

JAKARTA:Bursa saham di Asia hari ini, Kamis 22 Desember 2011, melemah sebagai reaksi terhadap kondisi Eropa di mana bank-bank meminjam dana ke Bank Sentral Eropa lebih tinggi dari perkiraan para ekonom.
Pada transaksi pukul 9:09 waktu Tokyo (7:09 WIB), Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,4% di level 112,78. Ini merupakan penurunan pertama dalam tiga hari terakhir, setelah Selasa dan Rabu lalu bursa Asia menguat secara beruntun.
Shane Oliver, Analis AMP Capital Investors Ltd yang bermarkas di Sydney, Australia, mengatakan pasar bereaksi terhadap kucuran pinjaman Bank Sentral Eropa yang melampaui perkiraan para ekonom.
“Ini memang negatif, tetapi dalam hal ini Bank Sentral Eropa menjalankan peran sebagai banknya perbankan Eropa,” ujarnya seperti dikutip Bloomberg.
Shane menambahkan suasan libur akhir tahun juga berpengaruh terhadap pasar saham.”Mendekati liburan akhir tahun, volume transaksi menurun.”
Sinyalemen penurunan indeks MSCI itu paralel dengan yang terjadi di bebera bursa Asia, seperti Tokyo, Jepang dan Seoul, Korea Selatan.
Indeks Topix Jepang pada pukul 9:40 waktu Tokyo (7:40 WIB) turun 0,35% ke level 724,87. Indeks Jasdaq dan Nikkei Jasdaq mengalami anomali, karena justru menguat kendati tipis.
Indeks Jasdaq pada pukul 9:33 Waktu Tokyo (7:33) WIB menguat 0,13% ke level 47,94, sedangkan Nikkei Jasdaq menguat 0,31% ke level 1.181,43 semenit sebelumnya.
Suasana bursa saham Korsel juga tidak jauh berbeda. Indeks Kospi turun 0,45% ke level 1.840 pada pukul 9:32 waktu Seoul (7:32 WIB). Sementara itu Indeks Kosdaq dan Kosdaq Star justru menguat masing-masing 0,68% ke level 504,2 dan 0,5% ke level 1.304,18 pada pukul 7:33 WIB. (sut)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Bursa Asia dibuka melemah.


Lego Motor, Rangsang Kreatifitas Anak

Posted: 21 Dec 2011 06:09 PM PST

20111221 lego 1 Lego Motor, Rangsang Kreatifitas Anak

Natal tinggal sebentar lagi. Bingung tentuin kado buat buah hati?  Eits, jangan takut, sob! Ada mainan dari Lego yang pastinya bikin anak makin gembira saat Natal.

Mainan ini bernama Lego Technic. Punya 467 bagian yang bisa dirakit sendiri. Bentuk bagiannya juga mirip motor asli, cuma dibentuk skala kecil. Motor juga disesuaikan Lego, bergaya chopper.

Lego ini dihargai Rp 400.000. Modelnya keren, Cuy! Untuk mainan anak umur 9-16 tahun. Siapa tau dengan mainan ini punya bakat jadi calon insinyur motor.  (motorplus-online.com)

Penulis : SP | Teks Editor : Nurfil | Foto : Technic.lego.com
Tags : Lego Motor,

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lego Motor, Rangsang Kreatifitas Anak.


TSVC Padang Partisipasi di Balap Resmi

Posted: 21 Dec 2011 06:09 PM PST

20111221TSVCPadang TSVC Padang Partisipasi di Balap ResmiSetelah beberapa pekan lalu Toyota Soluna Vios Club (TSVC) Jakarta ikutan adu balap di sirkuit sentul, kini giliran chapter daerahnya yang ikutan berpartisipasi.

Sabtu (17/12) lalu, TSVC Padang ikutan dalam acara dragrace yang digelar di Sirkuit NP Landasan Udara TNI AU, Tabing, Padang.

Dalam ajang yang bertajuk “Kapacak 402 meter Night Dragrace”, TSVC Padang menurunkan empat mobil Toyota Vios jagoan mereka. Namun sayang meski sudah berupaya keras, para member TSVC Padang belum mampu merengkuh juara di ajang ini.

Wah nampaknya klub TSVC makin giat saja mengikuti acara Otomotif di berbagai daerah. Selain itu juga klub yang terbentuk 14 Februari 2011 silam iini juga rutin menggelar acara turing kecil dan family gathering guna mempererat silaturahmi antar anggota dan mencari member baru.

20111221TSVCPadang1 TSVC Padang Partisipasi di Balap Resmi

Nah buat otonetters, terutama yang berdomisili di Sumatera Barat dan ingin gabung bersama TSVC Padang silahkan saja kontak Nofri Suryani – 082171544844. (otoklub.otomotifnet.com)

Penulis : Heru | Teks Editor : Bagja | Foto : TSVC Padang
Tags : TSVC,

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - TSVC Padang Partisipasi di Balap Resmi.


Motor Injeksi Aman Kok Pasang Alarm

Posted: 21 Dec 2011 06:09 PM PST

20111220 motorinjeksi 1 Motor Injeksi Aman Kok Pasang Alarm
Diputus dari kabel masa ECM

Banyak yang kebingungan. Di satu sisi pencurian motor merajalela, sementara di sisi lain motor sudah menganut sistem bahan bakar injeksi. Sehingga dikhawatirkan kalau pasang alarm akan mengundang kerusakan fatal.

Apalagi jumlah motor injeksi sekarang variannya sudah banyak. Seperti Supra X125 Helm In PGMI-FI, Spacy Helm In PGM-FI trus Yamaha V-ixion dan Kawasaki KLX 250.

Ditambah lagi di tahun 2012 bakal bermunculan motor-motor injeksi. Makin banyak saja pemakai motor yang kebingungan dan jadi korban maling sialan.

Namun menurut Endro Sutarno, tidak haram kok pasang alarm. Asal pahami dulu prinsip kerjanya. Karena kalau asal pasang dikhawatirkan salah cangkok. Akibatnya komponen injeksi yang kena imbasnya.

Menurut pria yang menjabat instruktur Honda Training Centre PT AHM (Astra Honda Motor) ini, paling aman yang diputus kabel masa. Misalnya kabel yang menuju ECM (Electronic Control Module) atau ECU (Electronic Control Unit).

Sebagai contoh pemasangan kunci rahasia. Silakan yang diputus kabel masanya. Sehingga tidak menimbulkan korslet ketika kabel masa menyentuh bodi, jelas Pak Endro yang berambut lurus itu.

Namun bagaimana kalau alarm yang digunakan membutuhkan setrum. Atau perlu aliran listrik untuk menunjang kerja alarm itu. Menurut Pak Endro juga tidak perlu kuatir.

Ngakali alarm yang perlu aliran listrik, bisa dibypass dari kabel setrum sebelum kunci kontak. Sehingga kalau korslet tidak mengganggu komponen injeksi.

Justru yang perlu dicermati dalam pemilihan jenis alarm. Pilih yang memutus kabel masa. Sehingga lebih aman dan tidak memakan setrum dari aki. Supaya kerja komponen injeksi tetap stabil.

Paling penting lagi, perhatikan jangka waktu garansi. Untuk kelistrikan biasanya hanya berlaku satu tahun. Dan kalau ketahuan terdapat alam, bisa dianggap gugur.  (motorplus-online.com)

Penulis : Aong | Teks Editor : Nurfil | Foto : GT
Tags : Motor Injeksi Pasang Alarm, ECM (Electronic Control Module) atau ECU (Electronic Control Unit), ,

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Motor Injeksi Aman Kok Pasang Alarm.


Korupsi, Polisi Meksiko Dibubarkan

Posted: 21 Dec 2011 06:07 PM PST

ZAlIO41DId Korupsi, Polisi Meksiko DibubarkanPolisi Meksiko (Foto: Reuters)
VERACRUZ – Seluruh satuan polisi di kota Veracruz, Meksiko dibubarkan pada Rabu 21 Desember kemarin. Pemerintah pun mengirimkan pasukan Angkatan Laut untuk melakukan patroli di wilayah tersebut.
Pemerintah Veracruz terpaksa mengambil keputusan di kota pelabuhan tersebut, sebagai upaya untuk menghabisi korupsi yang marak dilakukan oleh kepolisian dan memulai semua bentuk keamanan dari awal.
“800 petugas polisi dan 300 karyawan administrasi terpaksa kami berhentikan. Mereka bisa melamar pekerjaan di kepolisian nasional tetapi mengikuti standar yang lebih ketat,” ungkap juru bicara Pemerintah Kota Veracruz Gina Dominguez seperti dikutip Associated Press, Kamis (22/12/2011).
“Siapapun yang terlatih dengan baik dan berkomitmen lebih serta dapat bekerja dalam kondisi keamanan saat ini, bisa bergabung dengan kepolisian nasional,” imbuhnya.
Hingga saat ini pasukan marinir dan helikopter milik Angkatan Laut Meksiko terus melakukan patroli di sekitar kota. Veracruz memang dikenal sebagai wilayah yang rawan dengan tingkat kekerasan. Umumnya kekerasan itu terkait dengan kartel narkoba.
Sementara perubahan kendali keamanan ini sudah disetujui oleh Gubernur Veracruz Javier Duarte dan Menteri Dalam Negeri Federal Alejandro Poire. 
Pengambilalihan yang dilakukan oleh pihak militer terhadap kesatuan polisi Meksiko kerap terjadi beberapa kali. Umumnya hal tersebut terjadi di kota perbatasan seperti Ciudad Juarez dan Tamaulipas. 

Tetapi Veracruz menjadi negara bagian yang membubarkan secara menyeluruh kesatuan polisi mereka.

(faj)

Source: OkeZone – International

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Korupsi, Polisi Meksiko Dibubarkan.


Mahmoud Abbas pilih PBB bagi berdirinya negara Palestina

Posted: 21 Dec 2011 06:05 PM PST

Tindakan Abbas pada Jumat (23/9) untuk meminta pengakuan negara Palestina sebagai anggota penuh PBB dilakukannya setelah selama satu tahun perundingan langsung dengan Israel macet total gara-gara Israel tak bersedia melanjutkan moratorium bagi pembangunan permukiman Yahudi.

Israel bahkan melanjutkan kegiatan tidak sah tersebut di wilayah Palestina yang dikuasainya.

Untuk itu, Abbas mengupayakan penyeimbangan diplomatik bagi upaya Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA) mengenai “pembangunan lembaga” dan “pembangunan ekonomi”, yang dimaksudkan untuk menciptakan prasarana negara masa depan.

Tapi program pembangunan lembaga dipandang tak lebih daripada khayalan belaka, yang didorong oleh taktik hubungan masyarakat dan tekanan kuat.

Tokoh Palestina di PNA, yang berpusat di Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, menilai strategi mereka untuk pengakuan PBB sebagai cara meningkatkan tekanan internasional atas Israel.

Pengakuan semacam itu dapat menciptakan tekanan politik dan hukum atas Israel agar menarik pasukan militernya ke luar tanah negara lain yang diakui dengan perbatasan 1967, kata “Menteri Luar Negeri” Palestina Riyadh al-Malki kepada wartawan pada awal tahun ini.

Pendapat serupa disampaikan oleh Nabil Shaath, seorang pejabat senior Fatah. Ia pernah menjelaskan kepada New York Times kalau negara Palestina diakui oleh PBB, maka Israel berarti akan melakukan pelanggaran setiap hari terhadap negara anggota lain PBB.

Oleh karena itu, konsekuensi hukum dan diplomatik pun dapat dilancarkan, yang semuanya akan menyakitkan buat Israel.

Tapi bisakah dipercaya harapan semacam itu terwujud, padahal “masyarakat internasional tak bisa berkutik” jika sudah berhadapan dengan Israel?

Lebanon, misalnya, telah menjadi negara anggota PBB sejak 1945 namun itu pun tak menghalangi Israel menyerang dan menduduki Lebanon selatan dari 1978 sampai 2000. “Masyarakat internasional” juga tak bisa berbuat apa-apa selama sewaktu negara Yahudi tersebut beberapa tahun lalu melancarkan agresi ke Lebanon gara-gara wilayahnya diserang gerilyawan.

Pendudukan Israel atas Lebanon berakhir bukan karena tekanan “masyarakat internasional”, tapi semata-mata karena perlawanan rakyat Lebanon mengusir tentara Yahudi dan milisi asuhannya ke luar wilayah itu.

Sejak pemboman besar-besarnnya terhadap Lebanon pada 2006, Israel jelas-jelas telah melanggar kedaulatan Lebanon ribuan kali, begitulah kesimpulan PBB sendiri. Namun pelanggaran wilayah udara oleh pesawat Israel dan penculikan warga Lebanon juga tak pernah memicu “konsekuensi hukum atau diplomatik”, yang menyatakan Israel bertanggung jawab.

Duduki Dataran Golan
Kondisi serupa terjadi; sejak 1967 Israel telah menduduki Dataran Tinggi Golan, milik Suriah –yang juga menjadi anggota PBB sejak 1945.

Namun apa yang terjadi? Tak ada perlawanan bersenjata mengenai Dataran Tinggi Golan dan juga tak ada tekanan “masyarakat internasional” agar Israel menarik pasukannya atau bagi pemulangan pengungsi Suriah ke rumah mereka di Dataran tinggi strategis tersebut.

Bahkan setelah Israel secara tidak sah mencaplok wilayah itu pada 1981, tindakan yang dikutuk oleh Dewan Keamanan PBB, kebungkaman “masyarakat internasional” telah memungkinkan kolonisasi Israel atas Dataran Tinggi Golan terus berlangsung tanpa ada hambatan apa pun.

Strategi putus-asa?
Upaya untuk mencari pengakuan diplomatik bagi negara Palestina merdeka di sebongkah tanah Palestina dipandang sebagai strategi putus-asa oleh pemimpin Palestina. Mereka dianggap telah kehabisan pilihan, kehilangan keabsahannya, dan menjadi penghalang serius di jalan untuk meraih kembali hak bangsa Palestina.

Para pemimpin Palestina sesungguhnya telah mengandalkan berbagai forum diplomatik dan i`tikad baik “masyarakat internasional”, tapi semua itu tak menghasilkan apa-apa kecuali perundingan tanpa ujung dengan negara Yahudi.

Pada 2004, Pemerintah Otonomi Palestina melancarkan upaya besar untuk memperoleh putusan saran dari Mahkamah Pidana Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda, tembok apartheid Israel di Tepi Barat tidak sah dan harus dirobohkan.

Namun terbukti bahwa selain menunggu putusan itu, PNA benar-benar tak memiliki strategi guna mengerahkan rakyat Palestina dan sekutu mereka agar menekan “masyarakat dunia” agar putusan tersebut benar-benar dilaksanakan.

Putusan itu tak lebih daripada kemenangan “macan kertas”, yang tak menghasilkan perubahan apa pun di lapangan.

Memang ada bukti bahwa sementara perunding dan korps diplomatik PNA sibuk di Den Haag, pemimpinnya berusaha menahan upaya organisasi masyarakat sipil di Tepi Barat dan Jerusalem Timur untuk melancarkan pawai dan menarik perhatian bagi putusan ICC, yang hampir bisa dipastikan akan menekan Israel dan Amerika Serikat.

Kini apakah pemerintah “Palestina merdeka” yang wilayahnya masih diduduki Israel dan mengandalkan bantuan dari AS serta Uni Eropa mampu melancarkan tekanan serupa pada masa depan? Catatan PNA setakat ini tak memperlihatkan dasar bagi optimisme.

Terlebih lagi, Amerika Serikat sejak jauh-jauh hari sudah mengancam akan menggunakan hak vetonya jika upaya Palestina untuk memperoleh pengakuan sebagai negara merdeka dan anggota penuh PBB bergulir di Dewan Keamanan.

Washington berkeras kemerdekaan Palestina “cuma bisa diperoleh lewat perundingan langsung dengan Israel”, padahal perundingan itu sudah macet lebih dari satu tahun. Penyebabnya ialah Israel tak mau menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Palestina dan malah menuntut perundingan diselenggarakan “tanpa prasyarat dari Palestina”.

Namun, terlepas dari semua upaya tersebut, pendapat ICC jelas memiliki konsekuensi pending. Bukan PNA atau Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) –yang kini tak berkiprah lagi– lah yang memulai pengerahan, tapi masyarakat sipil Palestina pada 2005 mengeluarkan Seruan Palestina bagi Pembooikotan Divestasi dan Sanksi (BDS).

Upaya itu adalah upaya untuk “mengucilkan” Israel dan “menekannya” agar menghormati hak asasi rakyat Palestina dan hukum internasional, melalui boikot rakyat serupa terhadap mereka yang membantu mengakhiri apartheid di Afrika Selatan.

Namun bukannya “menggolkan negara merdeka”, aksi BDS dipusatkan pada hak asasi manusia dan kenyataan. Gerakan tersebut menyerukan diakhirinya pendudukan Israel dan kolonisasi atas semua tanah Arab yang direbut pada 1967; persamaan total bagi warganegara Palestina di Israel; dan penghormatan serta pelaksanaan hak pengungsi Palestina. Semua tuntutan itu sepenuhnya sejalan dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan hukum internasional.

PNA tak pernah mensahkan aksi tersebut, dan pada kenyataannya telah berusaha menjauhkan diri dari dan tak mendukungnya dengan hanya menyerukan boikot setengah-hati terhadap barang produksi pemukim Yahudi sementara secara aktif mendorong perdagangan dengan Israel, pelanggaran terhadap seruan BDS.

Lalu pada Senin (31/10), Palestina kembali membuat berita. Dalam pemungutan suara yang bersejarah Organisasi Pendidikan, Sains dan Kebudayaan PBB (UNESCO) memberi PNA anggota penuh di badan dunia tersebut.

Keputusan UNESCO –yang memiliki 194 anggota dan didirikan di ibu kota Prancis, Paris, pada 1946– dalam sekejap mengundang beragam reaksi dari seluruh dunia, persis seperti saat Abbas pada 23 September mengajukan permohonan Palestina jadi anggota penuh PBB.

Israel tentu saja mengecam tindakan UNESCO sementara pelindungnya, Amerika Serikat, tak ketinggalan menyuarakan penentangannya dan negara adi daya tunggal tersebut bahkan memutuskan sumbangan finansialnya buat badan PBB itu.

Dalam proses pemungutan suara, PNA mengantungi 107 suara dukungan bagi upaya keanggotaannya di UNESCO, sementara hanya 14 negara menentang dan 52 negara lagi abstein.

Sebagai sekutu dekat Israel, AS telah menggambarkan masuknya Palestina ke badan dunia tersebut sebagai “pradini”. Washington juga menyatakan tindakan semacam itu “akan merusak proses perdamaian Timur Tengah” –yang telah macet pada Oktober 2010, ketika Israel memutuskan untuk tidak memperbarui moratorium pembangunan permukiman di Tepi Barat. Akibatnya ialah Palestina mundur dari pembicaraan.

Hampir dua dasawarsa sejak “Kuartet Internasional” –Amerika Serikat, PBB, Uni Eropa dan Rusia– sepakat bahwa Pemerintah Otonomi Palestina dan pemerintah Yahudi mesti mewujudkan perdamaian lewat dua negara terpisah, yang hidup berdampingan.

Presiden AS Barack Obama telah merujuk kepada keputusan Kuartet sebagai prinsip pembimbingnya bagi aksi diplomatik dalam konflik Palestina-Israel, tapi situasi tetap saja suram. Perundingan palestina dengan Israel muncul-tenggelam tanpa pernah ada hasil nyata dan malah macet total sejak Oktober 2010.

Sejak Kesepakatan Oslo ditandatangani pada tahun 1993, “babak baru dalam sejarah Timur Tengah pun merekah”. Pemimpin PLO saat itu Yasser Arafat dan perdana menteri Israel Yitzak Rabin, di hadapan presiden AS Bill Clinton, berfoto di depan para wartawan, berjabat tangan, dan membawa perundingan Israel-Palestina ke “hasil kesepakatan yang sebenarnya”.

Pemerintah Yahudi pun silih berganti tapi perundingan perdamaian Palestina-Israel tak kunjung selesai.

Palestina menghendaki negara merdeka, tapi dengan syarat Jerusalem jadi ibu kotanya, dan Israel menghentikan perluasan permukiman di wilayah yang telah didudukinya sejak Perang Enam Hari 1967.

Namun Israel tak pernah mempertimbangkan untuk menyerahkan Jerusalem kepada Palestina, apalagi dengan Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri. Banyak orang berharap, di bawah tekanan untuk memperbarui perbatasan kotapraja, Israel “akan mempertimbangkan penyelesaian itu”.

Tapi masalah permukiman bahkan lebih sulit diselesaikan. Sekalipun menghadapi tekanan masyarakat internasional dan, yang paling kuat dari Amerika Serikat, Israel tak pernah tunduk dan menolak untuk memperlambat perluasan permukimannya di Tepi Barat Sungai Jordan.

Anti-perdamaian?
Untuk memperlihatkan kegeramannya atas tindakan UNESCO, AS memutuskan untuk menghentikan pembayaran 60-juta dolar AS untuk iuran November, kata wanita juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland dalam taklimat hariannya, sebagaimana dilaporkan media transnasional.

Para tokoh Demokrat dan bahkan Republik AS juga tak ketinggalan mengecam tindakan UNESCO, dan Senator AS Ileana Ros-Lehtinen, pemimpin Komite Urusan Luar Negeri mengatakan di dalam satu pernyataan, Senin (31/10), “tindakan gegabah hari ini oleh UNESCO adalah anti-Israel dan antiperdamaian”.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu tentu saja dengan keras mengecam tindakan UNESCO dan memperingatkan pemerintahnya “takkan duduk berpangku tangan saja”.

“Sayangnya, Palestina terus menolak untuk berunding dengan kami. Eh, bukannya duduk di meja perundingan, mereka malah telah memutuskan untuk membentuk persekutuan dengan HAMAS dan melakukan tindakan sepihak di PBB, termasuk hari ini,” kata Netanyahu, Senin, sebagaimana dilaporkan.

Pada Selasa (1/11) Netanyahu bahkan mengadakan pertemuan dengan delapan menteri seniornya guna menyerukan diluncurkannya gelombang baru pembangunan 2.000 unit rumah di Jerusalem Timur, Ma`aleh Adumim, dan Gush Etaion.

Sebelumnya, tak lama setelah Mahmoud Abbas tampil di Sidang Majelis Umum PBB, pemerintah kotapraja Jerusalem juga mensahkan pembangunan 1.100 unit rumah baru di permukiman Yahudi di wilayahnya.

Kini di antara tindakan penghukuman Yahudi adalah pembekuan status VIP buat para pejabat senior Palestina untuk melintasi pos pemeriksaan Israel, memberi lampu hijau bagi pembangunan permukiman lagi, dan penghentian pengiriman uang pajak yang dikumpulkan Israel atas nama PNA.

Selain penentangan AS dan Israel atas tindakan UNESCO, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon juga menyampaikan keprihatinan mengenai dampak yang bakal dihadapi dari keputusan UNESCO terhadap pendanaan badan PBB tersebut.

“Apakah kalian sudah menyadari sampai saat ini, tindakan ini dapat memiliki dampak potensial pada dana yang disediakan oleh sebagian negara anggota,” kata Ban sebagaimana dikutip Xinhua.

Sebagai penyumbang dana terbesar buat organisasi PBB itu, AS menanggung 22 persen dari anggaran tahunan kantor cabang PBB tersebut –sebanyak 70 juta dolar AS per tahun.

Pemungutan suara Senin dalam sidang UNESCO adalah kemenangan simbolis dan nyata bagi Pemerintah Otonomi Palestina sejak Abbas mengajukan permohonan resmi untuk meminta pengakuan sebagai anggota penuh PBB di Sidang Majelis Umum 23 September. Sementara itu, Dewan Keamanan PBB telah memutuskan untuk membahas masalah tersebut pada November.

Tentu saja Palestina telah memuji tindakan UNESCO sebagai “kemenangan” dan “awal” buat diri mereka.
(C003)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Mancanegara

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mahmoud Abbas pilih PBB bagi berdirinya negara Palestina.


Amazon masih pikir-pikir beli RIM

Posted: 21 Dec 2011 06:02 PM PST

Amazon menyewa sebuah bank investasi pada musim panas ini untuk meninjau potensi merger dengan RIM, tapi Amazon tidak membuat tawaran resmi, kata salah satu sumber. Belum jelas jika telah terjadi diskusi informal antara Amazon dan RIM tentang transaksi.

Dewan RIM menginginkan pendiri dan kepala eksekutif RIM Mike Lazaridis dan Jim Balsillie untuk fokus dan  dengan peluncuran ponsel baru, mmanfaatkan aset yang sudah ada seperti BlackBerry Messaging dan melakukan restrukturisasi, kata sumber-sumber.

“Mereka memiliki pendekatan tertentu untuk berdiskusi,” kata salah satu kepala perbankan investasi teknologi di Wall Street bank. “Masalahnya sulit menemukan nilai yang masuk akal.”

Nilai pasar RIM jatuh senilai 77 persen dalam 12 bulan terakhir menjadi sekitar $ 6.8 miliar setelah n serangkaian laporan kuartalan yang mengecewakan, peluncuran ponsel yang tertunda, penjualan tablet PlayBook yang lemah dan kesalahan lainnya. Pada pekan lalu, saham RIM anjlok dari perkiraan hasil kuartalan dan RIM menunda  peluncuran sepuluh ponsel BlackBerry baru.
(adm)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – IpTek

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Amazon masih pikir-pikir beli RIM.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com