6.22.2011

Gubernur: Inpres PLG Tak Berjalan Baik


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
 Gubernur: Inpres PLG Tak Berjalan Baik
KOMPAS/ ESTER LINCE NAPITUPULU
Pembuatan kanal di lahan proyek lahan gambut sejuta hektar di Kalimantan Tengah justru membuat kerusakan lahan gambut yang parah. Akibatnya, kebakaran hutan saat musim kemarau sering terjadi.

PALANGKARAYA, KOMPAS.com – Persoalan lahan gambut yang terjadi di Kalimantan Tengah, saat ini dipicu tidak optimalnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2007 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Revitalisasi Kawasan Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Kalteng.

Demikian dikatakan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang di Palangkaraya, Kalteng (22/6/2011). "Pelaksanaan inpres tersebut tidak berjalan dengan baik. Inpres itu cuma pasal dan ayatnya saja yang galak, tetapi pelaksanaan di lapangan minim," ujarnya.

Inpres ditetapkan untuk merehabilitasi gambut di Kalteng yang sempat rusak, akibat program pembukaan lahan dan pembuatan kanal yang dilakukan pada masa Orde Baru. Sebagian lahan gambut saat ini masih diterlantarkan. Bahkan, lahan gambut amat rawan terbakar.

Menurut Teras, PLG dapat dikatakan proyek pemerintah yang gagal. Karena itu, pihak yang berhak merehabilitasi dan merevitalisasi lahan gambut adalah pemerintah sendiri. "Jadi, pemerintah pusat juga harus punya perhatian dan perlu diingat juga bahwa kearifan lokal amat penting," katanya.

Saat ini, Kalimantan Forests and Climate Partnership (KFCP) yang merupakan program kemitraan pemerintah dan Australia tengah melakukan blocking kanal.

"Kondisi gambut saat ini membuat KFCP ikut serta karena pemerintah tak ber komitmen merehabilitasi dan revitalisasi gambut," ujarnya.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Gubernur: Inpres PLG Tak Berjalan Baik

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Gubernur: Inpres PLG Tak Berjalan Baik.


naomi 23 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/gubernur-inpres-plg-tak-berjalan-baik-252627.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com