6.19.2011

IPK Korupsi Rendah, Bukti Kegagalan Pemimpin


Minggu, 19 Juni 2011 23:00 WIB

20110619 102232 korup2 IPK Korupsi Rendah, Bukti Kegagalan Pemimpin

Foto : MI/Usman Iskandar/rj

JAKARTA: Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang sangat rendah, yaitu di angka 2,8 dari total nilai IPK tertinggi 10 selama lima bulan terakhir, merupakan bukti kegagalan pemimpin dalam memberantas korupsi di Tanah Air.

Bahkan ini menjadi kritik pedas bagi Presiden SBY, karena pada awal pemerintahannya ia dengan lantang mengatakan akan memimpin langsung pemberantasan korupsi di Indonesia.

Demikian dikatakan oleh Koordinator Divisi dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Wacth (ICW) Febri Diansyah dalam diskusi bertajuk Mencari Pimpinan KPK Berani Vs Upaya Kriminalisasi KPK, di Cikini, Jakarta, Minggu (19/6).

Menurut Febri, dengan angka IPK 2,8, Indonesia jelas masuk dalam kategori sangat parah. Angka empat saja untuk sekolah sudah dikategorikan tidak lulus. Apalagi angka 2,8. Itu sudah sangat rendah. Dan pemerintah tidak bisa menganggap ini main-main, ujarnya.

IPK yang rendah itu, katanya, disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, birokrasi pemerintahan yang masih sangat korup, lembaga penegak seperti kepolisian dan kejaksaan yang mandul memberantas korupsi, dan bahkan dicurigai menjadi pelaku, ditambah kegagalan pemerintah merawat Komisi Pemberantasan Korupsi.

Khusus untuk birokrasi pemerintahan ini belum sungguh-sungguh bersih, dan memang ini yang banyak disorot, termasuk juga kepolisian dan kejaksaan. Lebih lagi soal keengganan pemerintah untuk merawat KPK, bahkan cenderung melemahkan KPK. Kasus Antasari dan Bibit Chanda bisa jadi contoh untuk ini, jelas Febri. (OL-8)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - IPK Korupsi Rendah, Bukti Kegagalan Pemimpin.


mejiku 20 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/ipk-korupsi-rendah-bukti-kegagalan-pemimpin-249901.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com