6.13.2011

Kopi Luwak Cuma Rp 10.000 Secangkir


2011555p Kopi Luwak Cuma Rp 10.000 Secangkir
IMANUEL MORE GHALE
Kopi luwak, kopi termahal di dunia, cuma dijual seharga Rp 10.000 per cangkir di Fair 2011, Kemayoran, .

, KOMPAS.com – Kopi luwak dikenal sebagai kopi termahal di dunia, tetapi status itu tidak berlaku di Fair 2011. Secangkir kopi luwak dijual Rp 10.000 . 

Kelompok Karya Cipta Bumi (KCB), perkumpulan petani asal Tabanan, Bali,  yang berani melakukan terobosan promosi dengan menawarkan harga kopi luwak super murah itu.

Tak tanggung-tanggung, mereka menawarkan kopi yang di beberapa tempat harganya hingga ratusan ribu rupiah per cangkir, dengan harga Rp 10.000 per cangkir pula.

"Ini hanya harga promosi. Harga sebenarnya lebih mahal," ucap Wayan Artayasa, staf KCB kepada Kompas.com di arena Fair, Senin (13/6/2011).

Nilai jual kopi luwak di Fair 2011 tersebut tergolong banting harga besar-besaran. Wayan menuturkan, di Pupuan, Tabanan, kampung halamannya, mereka menjual kopi yang telah melalui saluran pencernaan luwak (sejenis musang), dengan harga Rp. 30.000 per cangkir. "Di kota Tabanan malah lebih mahal, Rp 70.000 per cangkir," tambah Wayan.

 

Jenis kopi yang semakin mengundang perhatian dunia, sejak kemunculannya dalam film The Bucket List dan dalam program acara populer Oprah Winfrey Show ini, memang terbilang usaha kelompok KCB. Sebelumnya mereka lebih fokus pada produksi kopi rait dan peaberry.

Seiring melonjaknya popularitas dan nilai jual kopi luwak, kelompok KCB mulai mengarahkan perhatian pula pada produksi jenis kopi yang di New York telah mencapai harga US$ 100 per 450 gram. "Apalagi daerah Pupuan memang dikenal sebagai penghasil kopi di Bali," ucap Wayan.

Untuk memperluas pasar mereka, kelompok yang diketuai oleh Wirawan ini mencoba bekerja sama dengan Pemprov Bali. Gayung pun bersambut. Proposal yang mereka ajukan melalui Pemda Tabanan diterima pihak pemprov. Alhasil, KCB beberapa kali diajak dan difasilitasi dalam kegiatan promosi oleh Pemprov Bali, termasuk dalam acara Fair 2011.

"Saya sendiri sudah tiga kali terlibat dalam kegiatan promosi yang difasilitasi Pemerintah (Bali), termasuk di Inacraft 2011 bulan April lalu," kata Wayan.

Ia mengaku, pihaknya tidak akan rugi dengan melakukan banting harga di Fair 2011, karena terbuka kemungkinan mereka akan diajak bekerja sama oleh calon mitra dalam dan luar negeri. "Ini juga untuk mengundang minat orang yang ingin memasarkan produk kami," ujarnya.

Pada Fair 2011, kopi luwak dapat dinikmati di stand Pemprov Bali, Hall B.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Kopi Luwak Cuma Rp 10.000 Secangkir

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Kopi Luwak Cuma Rp 10.000 Secangkir.


dewi.pw 13 Jun, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/kopi-luwak-cuma-rp-10000-secangkir-245965.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com