8.10.2011

LPSK Siap Berikan Perlindungan Bagi Nazaruddin


Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

 LPSK Siap Berikan Perlindungan Bagi Nazaruddin

“LPSK siap berikan perlidungan kepada mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut bila Polri, KPK maupun pihak Nazaruddin meminta bantuan perlindungan,” kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, bila Polri atau KPK meminta LPSK memberikan perlindungan bagi Nazaruddin, tentunya LPSK akan segera respon permintaan tersebut yaitu bertemu dengan Nazar sekaligus menanyakan kesediaannya untuk dilindungi.

Tetapi, lanjut dia, bila Nazar atau pengacaranya yang mengajukan permohonan, maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan aparat yang menyidik kasus tersebut untuk mengetahui posisi Nazaruddin.

Posisi tersebut menurut Haris apakah selain sebagai tersangka, dia juga sebagai saksi yang mau bekerja sama dengan aparat penegak hukum yang ingin membantu membongkar kejahatan yang lebih besar, pelaku lain yang perannya lebih besar (aktor intelektual/mastermindnya) atau dapat menyelamatkan kerugian negara.

Sejauh ini, kata Haris, pihaknya belum menerima permintaan bantuan perlindungan Nazaruddin karena prioritas pertama penyidik tentunya adalah memeriksa Nazar sebagai tersangka dan keterlibatan serta perannya dalam berbagai dugaan korupsi yang terjadi.

Setelah itu, penyidik akan mengembangkan penyidikannya untuk mendalami keterlibatan dan peran dari pelaku lainnya.

Dalam kesempatan itu, Nazar harus dapat memberikan dukungan tuduhannya ke berbagai pihak yang dituding selama ini agar keterangannya dapat ditindak-lanjuti oleh penyidik.

“Biasanya bila aparat penegak hukum menilai dia juga sebagai saksi kunci untuk yang lainnya, maka LPSK diminta untuk memberikan perlindungan dalam kapasitasnya sebagai “justice collaborator”,” tutur Haris.

Namun, permintaan perlindungan juga dapat diajukan oleh Nazarudin atau kuasa hukumnya. Bila Nazar merasa penting dilindungi agar dalam pemeriksaan sabagai pengungkap kejahatan pihak lain, dirinya merasa lebih nyaman dan tidak khawatir mendapat tekanan, ancaman dari pihak manapun.

LPSK juga akan berhati-hati agar perlindungan yang diberikan tidak disalahgunakan untuk melindungi pelaku kejahatan dari jerat hukum, karena perlindungan LPSK diberikan untuk kepentingan penegakan hukum.

Mengenai kemungkinan Nazaruddin mendapat keringanan hukuman sebagai “whistleblower” sesuai dengan surat edaran Ketua MA, menurut dia, tidak sesederhana itu karena untuk menilai apakah dia mau kerja-sama dengan aparat penegak hukum kan tidak sesederhana itu.

“Dia saja tidak mau bekerja-sama dengan aparat. Saat itu dia ditangkap bukan karena dia menyerahkan diri dan secara sukarela mau memberikan informasi,” ujarnya.

Nazaruddin menurut Haris hanya ingin melakukan manuver-manuver politik melalui media bukan melalui jalur hukum. Jadi akan dilihat dalam proses pemeriksaan terhadap dirinya nanti apakah mau bekerja-sama dan membantu aparat penegak hukum atau tidak.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bisa memberikan perlindungan terhadap tersangka kasus suap Wisma Atlet M Nazaruddin yang dikabarkan telah ditangkap interpol di Kolombia.

“Saya berharap LPSK bisa memberikan perlindungan bagi mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin bila telah sampai ke Indonesia. Tentu kita harus fair,” kata Mahfud dalam acara buka bersama antara Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan KAHMI di rumah dinas Ketua MPR Taufik Kiemas, di Jakarta, Senin (8/8).

Menurut dia, permasalahan yang menyangkut Nazaruddin harus diselesaikan secara hukum, baik yang menyangkut yang bersangkutan maupun orang-orang yang pernah disebut olehnya.

“Semua harus di “clearkan” dan harus diberi keamanan dari teror. Tidak boleh dia dibuat takut untuk berbicara,” kata Mahfud.

Ia pun mengaku tidak bisa memberikan jaminan LPSK akan memberikan perlindungan bagi Nazaruddin karena dirinya tidak punya ikatan struktural lembaga itu.

“Tetapi saya berharap aparat keamanan melindungi dengan sebaik- baiknya. Karena kalau tidak diperlakukan dengan tidak fair, maka nanti akan terbongkar juga. Situasi kita ini sudah lain, sudah terbuka,” jelasnya. (S037/M027/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - LPSK Siap Berikan Perlindungan Bagi Nazaruddin.


jonathan.f 10 Aug, 2011


--
Source: http://arsipberita.com/show/lpsk-siap-berikan-perlindungan-bagi-nazaruddin-287143.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com