12.20.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

384 Karyawan Kayu Lapis Kaget Di-PHK Tiba-tiba

Posted: 19 Dec 2012 06:02 PM PST

1145097620X310 384 Karyawan Kayu Lapis Kaget Di PHK Tiba tiba KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Ilustrasi.

BEKASI, KOMPAS.com- Manajemen pabrik kayu lapis PT Pinafal Nusantara memberhentikan secara mendadak 384 karyawan. Manajemen beralasan menanggung rugi dua tahun dan tidak mampu menggaji karyawan sesuai Upah Minimum Kota Bekasi 2013.  

Hingga Kamis (19/12/2012) pagi, karyawan berkumpul di gerbang pabrik di Jalan Wahab Affan, Pondok Ungu, Medan Satria, Kota Bekasi. Mereka tidak lagi bekerja sejak Senin (17/12/2012).

Karyawan menanti hasil pembicaraan antara perwakilan serikat pekerja dan manajemen terkait pesangon jika opsi PHK jadi ditempuh.  

Pemberhentian secara sepihak itu mengagetkan karyawan perusahaan dengan cabang di Purwokerto dan Temanggung (Jawa Tengah) serta di Gresik dan Surabaya, Jawa Timur.

Pada Rabu dan Kamis pekan lalu, karyawan masih kerja bahkan lembur. Jumat, ada pengumuman perusahaan akan tutup mulai Senin.  

Seorang karyawan bernama Setiono mengatakan, Sabtu dan Minggu pun, pabrik masih beroperasi. Namun, Senin, karyawan diminta tidak lagi menghidupkan mesin dan memproduksi kayu lapis. "Barang ada tuh di gudang dan keluar (ekspor) terus tapi kenapa kami malah enggak bisa kerja," katanya.  

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bekasi Raden Abdullah mengatakan, ada kesan perusahaan menutup diri dengan alasan sedang menanggung kerugian dan ketidaksanggupan membayar UMK 2013. Perusahaan secara sepihak mengatakan, rugi dalam dua tahun senilai Rp 3 miliar. Jika terus berproduksi dan menanggung UMK 2013 senilai Rp 2,1 juta, kerugian sampai tahun depan bisa mencapai Rp 9 miliar.  

Abdullah menyayangkan, penutupan perusahaan pada Senin itu secara mendadak. Sesuai aturan, jika perusahaan akan tutup harus mengumumkan kepada karyawan tiga bulan sebelumnya.

Masalahnya, pemberitahuan malah tiga hari sebelum penutupan dan cuma kepada ketua serikat pekerja tingkat pabrik. Selain itu, tawaran pesangon senilai satu kali gaji pokok dikalikan masa kerja, kata Abdullah, tidak bisa diterima begitu saja.

Menurut aturan, pesangon minimal dua kali gaji pokok dikalikan masa kerja. "Saya mendengar perusahaan inginnya cuma satu," katanya.  

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal saat dihubungi terpisah mengatakan keheranan dengan alasan kerugian yang ditanggung perusahaan. "Itu klaim sepihak, buktikan dengan audit independen," katanya.  

Iqbal mengatakan, jika benar rugi, maka bisa diatasi misalnya dengan penangguhan UMK 2013, peningkatan produksi untuk memperbesar keuntungan, dan peningkatan produktivitas dengan memastikan tingkat kehadiran karyawan meningkat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bekasi Abdul Iman mengatakan, pemberhentian karyawan PT Pinafal Nusantara akan segera dikaji. Perwakilan pengusaha dan pekerja akan dimediasi.   Sayang, manajemen PT Pinafal Nusantara tidak ada yang bisa ditemui di lokasi pabrik.

Editor :
Marcus Suprihadi

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 384 Karyawan Kayu Lapis Kaget Di-PHK Tiba-tiba.

48 SMA masuk daftar hitam Universitas Brawijaya

Posted: 19 Dec 2012 05:55 PM PST

20120113UNBRAW2 48 SMA  masuk daftar hitam Universitas Brawijaya

Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito (ANTARA/HO/Staf JK)

“Tahun lalu ke-48 SMA ini telah memalsukan data siswanya agar bisa diterima di UB melalui jalur undangan. Dari 48 SMA ini tidak satu pun yang berasal dari Kota Malang,” kata Rektor UB Prof Dr Yogi Sugito, di Malang, Kamis.

Yogi mengemukakan, indikasi kecurangan dan pemalsuan data siswa tersebut diketahui ketika ada siswa yang berprestasi, tapi tidak didaftarkan oleh sekolahnya. Namun, ada siswa (temannya) yang tidak berprestasi atau rangking justru didaftarkan dan diterima di UB.

Ia mengakui, tidak semua sekolah melakukan input data siswa yang salah itu dilakukan dengan sengaja. Memang ada yang sengaja dan ada pula yang tidak disengaja, namun UB tetap memasukkan sekolah tersebut dalam daftar hitam, sehingga tahun ini tidak ada kuota untuk SMNPTN jalur undangan.

Sejumlah kriteria yang menjadi acuan itu di antaranya adalah berdasarkan rata-rata skor SMNPTN secara nasional, rata-rata indeks prestasi komulatif (IPK) siswa yang saat ini kuliah di UB, akreditasi sekolah bersangkutan serta popularitas sekolah berdasarkan data dari Disdik masing-masing daerah.

SMNPTN selalui jalur seleksi rapor (jalur undangan) tahun 2013 kuotanya akan diperbesar hingga 50 persen. Dan tahapan SMNPTN 2013 sudah dimulai dengan Pengisian Pangkalan Data Siswa (PPDS) sejak Senin (17/12) hingga 8 Februari mendatang.

(E009)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 48 SMA masuk daftar hitam Universitas Brawijaya.

LAYANAN TKI: Pemerintah Tunjuk Lima Lembaga Pemberi Pinjaman TKI

Posted: 19 Dec 2012 05:52 PM PST

 LAYANAN TKI: Pemerintah Tunjuk Lima Lembaga Pemberi Pinjaman TKI

JAKARTA-Pemerintah menyetujui lima lembaga keuangan perbankan dan non-perbankan untuk membantu memberikan pinjaman kepada calon Tenaga Kerja Indonesia dengan tujuan Singapura dan Hong Kong.

Kelima lembaga itu yakni PT Bank Chinatrust Indonesia, PT BPR Sentra Dana Makmur, PT BPR Tata Karya Indonesia, Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah) serta Pusat Koperasi Syariah (Puskopsyah).

Ricky Adriansjah, Kasubdit Kerjasama Antarlembaga Keuangan dan Lembaga Nonkeuangan Direktorat Pemberdayaan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengatakan penunjukkan lima lembaga keuangan itu untuk memastikan pinjaman pembiayaan.

“Jika ada calon TKI yang hendak meminjam dana untuk pembiayaan penempatan ke Singapura dan Hong Kong dapat menggunakan lembaga keuangan tersebut,” katanya hari ini (20/12).

Terkait dengan pembiayaan penempatan calon TKI, Menakertrans Muhaimin Iskandar juga menerbitkan dua keputusan.

Peraturan itu adalah Kepmenakertrans No.588/2012 tertanggal 25 Juli 2012 tentang Komponen dan Besarnya Biaya Penempatan Calon Tenaga Kerja Indonesia Sektor Domestik Negara Tujuan Singapura.

Dalam ketentuan itu ditetapkan pembiayaan penempatan untuk calon TKI ke Singapura asal Pulau Jawa sebesar Rp12.647.000 dan untuk yang berasal dari luar Jawa sebesar Rp13.788.000.

Dari Keputusan menakertrans itu, BNP2TKI meminta pada lembaga keuangan memberlakukan cicilan dengan cara potong gaji selama 8 bulan setelah ditambah bunga dan biaya administrasi sebesar Rp15.680.000 untuk calon TKI Singapura asal Jawa.

Untuk calon TKI asal luar Jawa dengan negara tujuan yang sama sebesar Rp17.136.000, sedangkan terkait kredit untuk calon TKI Singapura ini mulai berlaku 1 September 2012.

Peraturan yang kedua, Kepmenakertrans No.98/2012 tertanggal 24 Mei 2012 tentang Komponen dan Besarnya Biaya Penempatan Calon Tenaga Kerja Indonesia Sektor Domestik Negara Tujuan Hong Kong.

Dalam peraturan itu ditetapkan biaya penempatan calon TKI ke Hong Kong sebesar Rp14.780.400, berlaku per 1 Juli 2012 dan tidak mengatur mengenai beban biaya pengembalian oleh TKI.

BNP2TKI kemudian meminta pada perbankan memberlakukan kredit dengan cara potong gaji selama 6 bulan setelah ditambah bunga dan biaya administrasi sebesar Rp16.711.200.(yus)

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right
Follow @bisniscom!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);
Tweet!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - LAYANAN TKI: Pemerintah Tunjuk Lima Lembaga Pemberi Pinjaman TKI.

Laga Arsenal vs West Ham diundur

Posted: 19 Dec 2012 05:49 PM PST

20111228045 Laga Arsenal vs West Ham diundur

Pemain Arsenal Gervinho merayakan golnya ke gawang Wolverhampton Wanderers pada pertandingan sepakbola Liga Premier Inggris di Stadion Emirates, London, Selasa (27/12). Arsenal ditahan imbang oleh Wolverhampton 1-1. (FOTO ANTARA/RETUERS/Eddie Keogh)

Keputusan telah diambil setelah konfirmasi tindakan industri di sistem transportasi London Underground pada hari itu.

Pertandingan dijadwal ulang menjadi Rabu, 23 Januari atau Sabtu, 26 Januari 2013, tergantung hasil laba babak ketiga Piala FA yang berlangsung pada akhir pekan pertama Januari.

Keputusan ini telah ditetapkan sekarang, karena masa periode persiapan diperlukan oleh semua instansi terkait untuk amannya operasi Stadion Emirates, kata Arsenal dalam satu pernyataan di laman resminya.

Arsenal sudah berkoordinasi dengan semua instansi terkait, termasuk kepolisian metropolitan London, Transportasi London, London Underground, Liga Primer, West Ham United, dan Dewan Islington untuk membuat keputusan penundaan itu.

The Gunners menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pendukungnya atas ketidaknyamanan akibat keputusan penundaan tersebut.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Laga Arsenal vs West Ham diundur.

Nvidia Tegra 4 Punya Grafis 6 Kali Lebih Besar

Posted: 19 Dec 2012 05:42 PM PST

2XP8echgxH Nvidia Tegra 4 Punya Grafis 6 Kali Lebih BesarBocoran Nvidia Tegra 4 (foto: TechRadar)

CALIFORNIA – Tahun depan, pengguna perangat genggam akan menemukan gadget yang berisi prosesor baru. Pasalnya Nvidia tengah bersiap meluncurkan sebuah prosesor baru yang menjajikan kekuatan grafis enam kali lipat dari Tegra 3 yang ada saat ini.

Dilansir dari TechRadar, Kamis (20/12/2012), situs Engadget melaporkan bahwa bocoran dari presentasi slide Nvidia di China mengungkapkan rencana perusahaan untuk menghadirkan prosesor Tegra 4. Prosesor tersebut diberi kode nama “Wayne.”

Prosesor itu menggunakan teknologi pemrosesan 28 nanometer, seperti yang ada di Tegra 3. Slide presentasi itu menggambarkan Tegra 4 memiliki 72 core, yang berarti enam kali lipat kekuatan Tegra 3.

Dengan kekuatan grafis seperti itu, Tegra 4 akan mampu menyalakan layar 2560 x 1600 di frekuensi 120Hz.

Meskipun lompatan besar dalam pengolahan grafis, slide bocor menunjukkan tidak ada peningkatan untuk core CPU. Namun tampaknya menggunakan desain terbaru ARM Cortex-A15. (yhw)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Nvidia Tegra 4 Punya Grafis 6 Kali Lebih Besar

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Nvidia Tegra 4 Punya Grafis 6 Kali Lebih Besar.

RI-PAKISTAN: RI Segera Ratifikasi Preferential Trade Agreement

Posted: 19 Dec 2012 05:35 PM PST

 RI PAKISTAN: RI Segera Ratifikasi Preferential Trade Agreement

NEW DELHI-Indonesia akan segera meratifikasi aturan tarif terkait preferential trade agreement (PTA) dengan Pakistan. Saat ini Kementerian Perdagangan telah menyelesaikan berbagai aturan terkait tarif yang tinggal menunggu pengesahan dari Kementerian Keuangan.

“Dengan Pakistan, PTA sudah ditanda tangani pada Februari lalu. Sudah akan diratifikasi [aturan turunannya], Pak Iman [Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kemendag Iman Pambagyo] sedang bekerja keras, mudah-mudahan dalam beberapa hari ini bisa diratifikasi tinggal menunggu PMK dari Menteri Keuangan,” kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan saat ditemui di sela-sela Pertemuan Para Menteri Perdagangan ASEAN-India di New Delhi, India, Rabu (19/12).

Sebelumnya, Indonesia dan Pakistan telah menyepakati PTA yang telah ditandatangani di Jakarta pada 3 Februari 2012. Kemudian pemerintah Indonesia telah meratifikasi PTA bilateral itu melalui Peraturan Presiden Nomor 98/2012 tanggal 20 November 2012. Pelaksanaan PTA ini merupakan bagian dari Framework on Comprehensive Economic Partnership FACEP) Indonesia-Pakistan yang ditandatangani pada 2005.

Di dalam PTA, RI menyetujui untuk menawarkan akses pasar ke Pakistan dengan 216 pos tarif preferensi. Daftar pos tarif itu meliputi produk ekspor yang diminati Pakistan seperti buah segar, benang, bahan katun, pakaian jadi, dan perlengkapan olah raga (badminton dan raket tenis).

Bahkan RI menawarkan akses pasar untuk jeruk kino dari Pakistan dengan bea masuk 0%. “Tapi masuknya jeruk kino itu masih lebih kecil ketimbang kepentingan kita di Pakistan untuk sawit dan lainnya,” ujar Gita.

Pada kesempatan sama, Pakistan juga membuka akses pasar bagi RI dengan total 287 pos tarif preferensi. Hal ini termasuk untuk produk minyak kelapa sawit, produk olahan gula, produk kakao, dan berbagai barang konsumsi (consumer good). “Tahun ini saja ekspor kita ke Pakistan sudah naik 60%-70%,” tuturnya.(yus)

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right
Follow @bisniscom!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);
Tweet!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - RI-PAKISTAN: RI Segera Ratifikasi Preferential Trade Agreement.

Australia Penderma Paling Banyak, Indonesia Nomor 7

Posted: 19 Dec 2012 05:31 PM PST

1224223 kum    rupiah menguat tipis  620X310 Australia Penderma Paling Banyak, Indonesia Nomor 7 KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi

SYDNEY, KOMPAS.com- Australia merupakan negara dengan  penduduknya paling banyak memberikan derma, dengan Yunani berada di peringkat terbawah. Indonesia berada di peringkat 7 dunia.

Dalam laporan terbarunya, Charities Aid Foundation World Giving Indeks menempatkan Australia di tempat pertama disusul Irlandia, Kanada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Demikian menurut situs smh.com.au, Kamis (20/12/2012).

Dari 146 negara yang disurvei, Yunani menempati urutan terbawah. Tampaknya krisis ekonomi dunia yang melanda sejak tahun 2008 membuat penduduk negara tersebut mengurangi sedekah maupun waktu untuk membantu kegiatan amal.

Secara umum, menurut survei, jumlah penduduk di dunia yang memberikan derma tahun lalu turun ke angka 28 persen, dari angka 30 persen di tahun 2007. Indonesia menempatkan urutan tertinggi diantara negara berkembang, berada di tempat 7.

Disebutkan, sekitar 126 juta warga Indonesia memberikan sumbangan kepada orang lain tahun lalu. Ini berarti 71 persen rakyat Indonesia memberikan sedekah atau zakat, 41 persen memberikan waktu untuk membantu orang lain, dan 43 persen membantu orang yang tidak dikenal.

Australia di peringkat pertama dengan 76 persen penduduknya memberikan sumbangan uang tahun lalu, dan 67 persen pernah membantu orang tidak dikenal.

Menurut John Low, Direktur Eksekutif Charities Aid Foundation, krisis ekonomi yang melanda dunia dalam beberapa tahun terakhir membuat banyak orang menurunkan derma mereka. "Di beberapa bagian dunia, pendapatan warga menurun, harga naik, dan keamanan kerja menurun, sehingga warga kurang memiliki waktu untuk berbuat baik dan juga dana yang berkurang." kata Low.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, lembaga survei Gallup mewawancarai 155.000 orang di 146 negara atas nama Charities Aid Foundation. Wanita memberikan sumbangan uang lebih banyak dibandingkan laki-laki, meskipun pria lebih mungkin melakukan kerja amal ataupun membantu orang yang tidak dikenal dibandingkan wanita.

BNerikut adalah Indeks 20 besar penderma terbesar di dunia:
1. Australia
2. Irlandia
3. Kanada
4. Selandia Baru
5. Amerika Serikat
6. Belanda
7. Indonesia
8. Inggris
9. Paraguay
10. Denmark
11. Liberia
12. Iran
13. Turkmenistan
14. Qatar
15. Sri Lanka
16. Trinidad and Tobago
17. Finlandia
18. Filipina
19. Hongkong
20. Oman
76. Malaysia
133. India
141. China

Editor :
Marcus Suprihadi

Source: kompas internasional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Australia Penderma Paling Banyak, Indonesia Nomor 7.

Lima Pendaki Gunung Merapi Tersesat

Posted: 19 Dec 2012 05:20 PM PST

 Lima Pendaki Gunung Merapi Tersesat KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Gunung Merapi.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Lima pendaki gunung tersesat di Gunung Merapi, Rabu kemarin sekitar pukul 18.15. Sampai hari ini, Kamis (20/12/2012) pagi, kelima pendaki belum juga ditemukan.

Sejak, Rabu petang sampai malam, Tim SAR DIY dan sejumlah relawan melakukan pencarian terhadap para pendaki. Kelima pendaki itu adalah Ipung, Resa, Dayan, Aris, dan Sayid. Mereka adalah warga Terban, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta dan Blimbingsari, Depok, Sleman.

Laporan hilangnya kelima pendaki awalnya disampaikan Meli, istri salah satu pendaki yang bernama Ipung. Lokasi hilangnya para pendaki tersebut di sebelah utara bukit Turgo, sisi barat daya Merapi.

Rencananya, Tim SAR gabungan akan melanjutkan pencarian kelima pendaki, Kamis (20/12) pukul 07.00 ini.

Editor :
Marcus Suprihadi

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Lima Pendaki Gunung Merapi Tersesat.

Call for rethink over older cancer patients

Posted: 19 Dec 2012 05:13 PM PST

 58778945 elderly Call for rethink over older cancer patients The number of older cancer patients is on the rise

All older cancer patients should get physical and mental health tests so they are not unfairly written off as too old for treatment, a report says.

The assessments were recommended by a joint Macmillan Cancer Support, Age UK and Department of Health review.

They evaluated five pilot projects set up to look at new ideas for ensuring the over-65s get the best care.

Previous research has shown that older patients are less likely to get surgery, radiotherapy and chemotherapy.

It is estimated if NHS performance was brought up to the best internationally, another 15,000 lives a year would be saved.

The review found carrying out comprehensive assessments, which look at existing medical conditions, physical capabilities, mental well-being and what social care support is needed, would help ensure older patients got the best care.

‘Unfairly written off’

As well as encouraging staff to give more consideration to whether the patient would benefit from cancer treatment, they also ensure other problems are picked up on.

The assessments are already commonplace in other areas of healthcare, such as orthopaedic surgery which involves knee and hip operations.

In the hospitals piloting the tests, the majority of patients – and in some cases all – benefited in one way or another.

For some it ensured they were put forward for more cancer treatment, while for others it meant important changes to medicines for other conditions were made or extra support was arranged.

The latter point meant hospitals needed to develop better links with the voluntary sector, council social services and teams specialising in dementia, the review said.

It also called for better training for cancer staff, pointing out that the number of older people with cancer was set to rise from 1.3 million to 4.1 million over the next 20 years.

Macmillan Cancer Support chief executive Ciaran Devane said: "Unless staff are given the time and training to carry out a proper assessment of a patients overall physical and mental well-being, some patients will be unfairly written-off as too old for treatment.

"The right practical support, whether it's transport or help with caring responsibilities must also be put in place so older people needing treatment can actually take it up."

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Call for rethink over older cancer patients.

Family meals dan#039;boost child fruit and vegetable intakedan#039;

Posted: 19 Dec 2012 05:13 PM PST

 64830048 familymeal Family meals dan#039;boost child fruit and vegetable intakedan#039; Children learn eating habits from family meals, say researchers

Eating meals as a family improves children's eating habits – even if it only happens once or twice a week, UK researchers suggest.

It is recommended children eat five portions of fruit and vegetables per day – about 400g.

The Journal of Epidemiology & Community Health study found those who always ate together achieved this – but those who only did sometimes came close.

Watching parents and siblings eat teaches good habits, experts said.

Parental example

This study looked at just under 2,400 children at 52 primary schools in south London.

Parents and fieldworkers compiled food diaries at school and at home, ticking off all the foods and drinks a child had in one 24-hour period.

Parents were also asked questions about their attitudes to fruit and vegetables, such as "On average, how many nights a week does your family eat at a table?" and "Do you cut up fruit and vegetables for your child to eat?"

The study found 656 families said they always ate meals together at a table, 768 sometimes did, while 92 families never did so.

Children in the "always" group ate five portions of fruit and vegetables, compared with 4.6 in the "sometimes" group and 3.3 in the "never".

That equates to the always group eating 125g more fruit and veg, and the sometimes group eating 95g more a day than the never group.

Seeing parents eat fruit and vegetables – and cutting up portions for children both boosted their intake.

‘Future habits’

The researchers say that, while this study gives a picture of eating habits on one day, it was able to investigate the diets of a large, diverse population.

Meaghan Christian, who conducted the study as part of her PhD, said: "Modern life often prevents the whole family from sitting round the dinner table, but this research shows that even just Sunday lunch round the table can help improve the diets of our families."

She added: "We spend a lot of time looking at interventions at school. But this is showing how important parents are in terms of fruit and vegetable consumption."

And Prof Janet Cade, of the University of Leeds' school of food science and nutrition, who supervised the study, said: "Watching the way their parents or siblings eat and the different types of food they eat is pivotal in creating children's own food habits and preferences."

She added: "Since dietary habits are established in childhood, the importance of promoting the family meal needs to be more prominent in public health campaigns."

Azmina Govindji, of the British Dietetic Association, said: "Eating habits developed in childhood die hard, and eating at a table with the family instead of in front of the TV helps reduce chances of mindless eating, which can increase the likelihood of obesity.

"This study reinforces the view that children learn more from what we do than what we say, so it's the role modelling that helps shape their future habits."

Ms Govindji, a practising dietitian, added: "If children are eating better in childhood, they are more likely to make healthier choices in adult life – and since food directly impacts risks of conditions like heart disease and type 2 diabetes, eating together as a family seems like a small price to pay."

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Family meals dan#039;boost child fruit and vegetable intakedan#039;.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com