12.08.2012

ArsipBerita.com - update next 9


ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Tim-tim lolos ke babak 32 besar Liga Europa

Posted: 07 Dec 2012 06:08 PM PST

20110616052014bola Tim tim lolos ke babak 32 besar Liga Europa

Ilustrasi – Kompetisi sepakbola. (istimewa)

Pada babak 32 besar Liga Europa ini, sebanyak 24 tim dari laga tersebut akan digabungkan dengan delapan tim yang menempati posisi ketiga pada grup dari laga Liga Champions yang fase grupnya sudah berakhir Rabu lalu (5/12) atau Kamis WIB yang dilansir AFP:

Grup A
Liverpool
Anzhi Makhachkala

Grup B
Viktoria Plzen
Atletico Madrid

Grup C
Fenerbahce
Muenchengladbach

Grup D
Bordeaux
Newcastle

Grup E
Steaua Bucharest
VfB Stuttgart

Grup F
Dnipropetrovsk
Napoli

Grup G
RC Genk
Basel

Grup H
Rubin Kazan
Inter Milan

Grup I
Lyon
Sparta Prague

Grup J
Lazio
Tottenham

Grup K
Bayer Leverkusen
Metalist Kharkov

Grup L
Hanover
Levante

Delapan tim dari laga Liga Champions:
Chelsea
BATE Borisov
Benfica
CFR Cluj
Dynamo Kiev
Olympiakos
Zenit St. Petersburg
Ajax

(A016/O001)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Olahraga

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tim-tim lolos ke babak 32 besar Liga Europa.

Stres Penyakit Tak Kunjung Sembuh, Wanita Tua Gantung Diri

Posted: 07 Dec 2012 06:03 PM PST

1139587620X310 Stres Penyakit Tak Kunjung Sembuh, Wanita Tua Gantung Diri shutterstock Ilustrasi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Gara-gara penyakit ginjal yang diderita tak kunjung sembuh, seorang perempuan tua di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri, Sabtu (8/12/2012).

Sebelum bunuh diri, korban sempat menuliskan sepucuk surat yang berisi permintaan maaf kepada kelima anaknya serta seluruh keluarga yang telah merawatnya selama menderita komplikasi penyakit maag dan gagal ginjal.

Perempuan tua itu, Damaris (70) warga Jalan Durian, ditemukan pertama kali oleh anaknya tergantung di belakang rumah dengan seutas tali.

Polisi yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara sebelum memindahkan korban ke dalam rumahnya.

Suami korban tidak kuasa menahan tangis mendapati istrinya sudah dalam keadaan tidak benyawa lagi, sebab sebelumnya ia bersama istrinya masih sempat melakukan doa bersama untuk kesembuhan penyakit yang dideritanya.

Belum diketahui motif nenek enam cucu ini mengakhiri hidupnya, namun salah seorang keluarga korban menduga Damaris bunuh diri karena stres penyakitnya yang tak kunjung sembuh.

"Korban masih sempar melakukan doa bersama dengan suaminya agar penyakitnya bisa segera sembuh, tiba-tiba korban memilih jalan lain," ujar Syamsul Bahri, salah seorang kerabat korban.

Kasus bunuh diri gara-gara stres bukan yang pertama kali terjadi di Polewali Mandar. Sepekan lalu seorang kakek berumur 65 tahun nekat menggorok leher sendiri lantaran tidak mampu membayar biaya pengobatan penyakit yang dideritanya.

 

Editor :
Ervan Hardoko

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Stres Penyakit Tak Kunjung Sembuh, Wanita Tua Gantung Diri.

Populer, Nexus 4 Cetak Penjualan Gemilang

Posted: 07 Dec 2012 05:47 PM PST

ZM0qGouLts Populer, Nexus 4 Cetak Penjualan GemilangNexus 4 (Foto: Cnet)

LONDON – Nexus 4 sukses menarik minat konsumen. Pasalnya menurut laporan situs Cnet, smartphone Google-LG yang dijual pada pertengahan November itu, beberapa kali habis terjual ketika baru setengah jam atau satu hari tersedia di pasar.

Pihak LG Inggris, mengklaim tingginya minat pemblei terhadap Nexus 4 karena smartphone berbasis Android Jelly Bean itu sangat populer di pasar. “Nexus 4 telah terbukti sangat populer dan peritel juga menghadapi permintaan yang besar,” jelas Head of Mobile LG Inggris Andy Coughlin, seperti dilansir dari Cnet, Sabtu (8/12/2012).

“Kami bekerjasama dengan Google untuk memastikan bahwa orang yang ingin membeli handset itu bisa mendapatkannya,” lanjut Coughlin.

Selain melalui mitra penjualan seperti peritel dan operator, Choughlin mengatakan bahwa permintaan Nexus 4 juga sangat tinggi di Play Store.

“Seperti halnya proses penjualan, LG memasok sejumlah produk terhadap mitra atau pelanggan kami (peritel, operator, dan lainnya). Selain itu, permintaan melalui Play Store juga sangat tinggi dalam hal ini,” pungkasnya.
(adl)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Populer, Nexus 4 Cetak Penjualan Gemilang

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Populer, Nexus 4 Cetak Penjualan Gemilang.

Petunjuk Baru Ungkap Gunung Api di Venus

Posted: 07 Dec 2012 05:47 PM PST

qxtoumnVXH Petunjuk Baru Ungkap Gunung Api di VenusIlustrasi (foto: Live Science)

WASHINGTON – Sebuah petunjuk baru mengungkap bahwa Venus merupakan planet yang aktif secara vulkanik. Sampai hadirnya petunjuk tersebut, keadaan Venus merupakan sesuatu yang menjadi kontroversi di kalangan ilmuwan.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (8/12/2012), pesawat antariksa Venus Express milik European Space Agency telah mengamati planet tersebut selama enam tahun. Hasilnya ditemukan perubahan signifikan dalam kandungan sulfur dioksida di atmosfer Venus.

Sejak tiba di Venus pada 2006 silam, pesawat antariksa itu merekam peningkatan signifikan dalam rata-rata kepadatan sulfur dioksida di bagian atas atmosfer. Hal itu berlanjut dengan penurunan tajam karena menjadi rusak oleh sinar Matahari.

“Jika Anda melihat peningkatan sulfur dioksida di permukaan atas atmosfer, itu berarti ada sesuatu yang membawanya ke sana, karena molekul individu akan hancur begitu sampai di sana dan terkena Matahari selama beberapa hari,” ujar peneliti dari LATMOS, Emmanuel Marcq.

“Letusan vulkanik bisa bertindak sebagai pemicu untuk melontarkan sulfur dioksida sampai ke level tersebut. Tapi sebuah keanehan sirkulasi yang belum kami pahami juga bisa mencampurkan gas yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang sama,” imbuhnya.

Atmosfer venus mengandung sulfur dioksida dalam tingkatan yang lebih tinggi ketimbang Bumi. Di planet kita, gas beracun tersebut dikeluarkan oleh sebuah gunung berapi. (yhw)

stLight.options({publisher:’b847f3a4-e695-414e-b3c3-11a67607a605′});

!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”http://clasensation.com/button.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”clasit-wjs”);

Sent from Indosat Internet

logo isat inet Petunjuk Baru Ungkap Gunung Api di Venus

Source: Okezone – Techno

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Petunjuk Baru Ungkap Gunung Api di Venus.

Golkar sudah bulat pecat Aceng Fikri

Posted: 07 Dec 2012 05:47 PM PST

20121031hut partai golkar2 Golkar sudah bulat pecat Aceng Fikri

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Seperti kita ketahui, bahwa perbuatannya sangat melukai hati rakyat. Yang jelas, hal itu juga mencoreng partai,” “Seperti kita ketahui, bahwa perbuatannya sangat melukai hati rakyat. Yang jelas, hal itu juga mencoreng partai,” katanya usai mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Riau 2012-2015 di Pekanbaru, Jumat malam.

Menurut dia, keputusan partai sudah bulat untuk mengeluarkan Aceng itu dari keanggotaan dengan secara baik-baik atau paksa.

Aceng Fikri saat ini masih tercatat sebagai Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, sejak bergabung dengan partai berlambang pohon beringin itu pada 2010.

“Secara baik-baik maksudnya mengundurkan diri. Paksa artinya dicopot tanpa ada surat pengajuan pengunduran diri,” katanya.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung menilai perbuatan Bupati Garut Aceng Fikri yang melakukan pernikahan kilat dapat merusak citra partai berlambang pohon beringin itu.

“Kami akan cermati lagi kasus tersebut, dan jika memang terbukti ada kesengajaan maka kami akan ambil tindakan tegas,” katanya.

Saat ini, pihaknya bersama pimpinan DPP Golkar sedang mempertimbangkan untuk memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.

“Yang jelas sanksi. Sanksi itu bisa berupa pemecatan, karena Aceng dinilai telah merusak citra Partai Golkar,” katanya.

Sebagai pejabat bupati, kata Akbar, Aceng dianggap tidak pantas melakukan pernikahan kilat dengan wanita berusia 18 tahun, apalagi pernikahan siri yang hanya berumur empat hari.

“Dan keputusan bisa jadi bulat, yakni pemecatan dari kepartaian dan ini sedang diproses,” katanya.

(KR-FZR/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Golkar sudah bulat pecat Aceng Fikri.

Off-Road Jatinangor, Cara Sakti Lepas Tali

Posted: 07 Dec 2012 05:39 PM PST

20121206 offroadJatinangor 1 Off Road Jatinangor, Cara Sakti Lepas Tali

Hamparan Bandung Selatan, menjadi pemandangan lintasan off-road Djarum Super Real 4×4 Adventure Offroad (DSRAO) Seri 5, di Sirkuit Cikuda, Jatinangor, Kab. Bandung, Sabtu-Minggu (1-2/12) lalu. Indahnya pemandangan ini sungguh berbanding terbalik dengan lintasan yang ada di gelaran yang juga menjadi seri terakhir Kejurnas Adventure Off-road IMI ini.

TERJAL DAN LICIN

Sirkuit yang letaknya dekat dengan Universitas Padjadjaran itu, memang tak jauh dari jalan utama. Tetapi, menuju ke trek, langsung terasa nuansa adventure off-roadnya.

Begitu tiba di lokasi yang terbagi dalam 8 SS serta satu SS perorangan, langsung terlihat tantangan yang sebenarnya bagi peserta DSRAO ini. Tanjakan terjal, yang merupakan lereng-lereng, disulap menjadi obstacle adventure off-road oleh pak Bedor, pembuat lintasan dari Genta Auto & Sport selaku penyelenggara.

Namun, makin besar tantangan, tentu semakin dicari off-roader bukan? Di putaran akhir ini pun bertambah pula satu tim dengan kendaraan 4×4 yang belum umum di Tanah Air, yaitu Polaris dari tim Jhonlin Racing, Batulicin, Kalsel.

Dengan bodi yang ringkas, serta mesin 900 cc turbo plus sistem transmisi otomatik (CVT), tim ini mencoba melawan tunggangan berpenggerak empat roda yang sudah lebih dulu malang melintang di dunia off-road adventure Tanah Air.

Memang, power to weight ratio dari Polaris yang besar lebih menguntungkan dibandingkan dengan jip-jip tubular sekalipun. Di salah satu SS (Special Stage) dengan tanjakan terjal, tunggangan yang dikendarai H Samsudin dan rekan-rekannya ini sanggup melewatinya tanpa bantuan winch.

Namun, tak semua rintangan itu bisa terlewati, alat derek (winch) elektrik pun perlu digunakan di SS lain. Nah, jika sudah begini, jip dengan PTO yang terhubung dengan mesin serta rasio penderek yang dihubungkan dengan gardan yang rasionya tak jauh berbeda dengan diferensial roda, mendapat keuntungan. Laju mobil di tanjakan seolah berada di jalan datar!

Di tanjakan seperti ini, kereta kencana’ alias Derek menderek pun dilakukan, agar syarat minimal dua peserta bisa masuk ke garis finish. Nah, ada hal baru di seri tahun ini yang dilakukan oleh beberapa tim.

20121206 offroadJatinangor 2 Off Road Jatinangor, Cara Sakti Lepas Tali

Pengait sling, bisa dilepas secara manual dari dalam mobil dengan menarik tuas. Dengan begitu, mobil yang sedang ditarik bisa langsung melaju menuju finsih. Trik jitu ini memang hampir dilakukan oleh semua tim yang berlaga.

Tetapi ada lagi yang sangat membantu, terutama di lintasan yang banyak menggunakan winch seperti di Cikuda ini. “Menggunakan pelepas kait sling yang dipakai winching point,” tutur Fiddoh Muhammad, dari tim Galau 4×4. Ia pun mengaku belum menggunakan peranti ini. “Mungkin tahun depan,” ujarnya.

Tetapi beberapa tim, seperti Jangkar Miring Hiu, Surabaya, lantas Khesena, Bogor dan beberapa tim papan atas lain, seperti Alpindo sudah menggunakan alat ini.

Caranya cukup sederhana, ketika pengait menggunaka D-Shackle seperti umumnya melakukan winching dengan strap, D-Shackle ini tak dikunci dengan ulir seperti biasanya. Tetapi menggunakan pen yang bisa dilepas, sehingga pengait langsung terlepas.

Untuk menariknya, pen tersebut dihubungkan dengan tali yang akan ditarik oleh salah satu navigator setelah memasang strap di winching point.

Dengan cara ini, waktu untuk melepas strap dan melepas pengait ke PTO pun menjadi singkat. Tentu kordinasi dengan pengemudi tetapi harus dilakukan dengan baik.

Memang, perkembangan teknologi’ ini semakin bertambah di tiap musim balap. Seperti di tahun ini, setelah penggunaan winch PTO di beberapa tahun lalu, lantas berkembang ke sistem pengait yang bisa dilepas secara manual dan kemudian pengait sling PTO yang bisa dilepas dengan mudah.

Bagaimana di tahun depan? “Kemungkinan masih diselenggarakan 5 seri,” tutur T Gunawan. Namun, ada beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti kesiapan peserta ketika line-up.

“Masih ada peserta yang sedang menonton atau survey, padahal sudah dekat waktu line up,” tutur Jim Sudaryanto, pimpinan lomba. Untuk itu, rencananya di tahun depan akan ada regulasi soal hal tersebut. “Peserta harus siap 10 menit sebelum line-up, dengan perlengkapan terpasang, seperti helm dan sarung tangan,” ungkapnya. Jadi, pelaksanaannya bisa lebih cepat, tak menunggu pesertanya duduk dan bersiap-siap lagi,” tukasnya.

Bagus! (otosport.co.id)

Hasil Lomba
1. Jangkar Miring Hiu
2. Alpindo 47
3. J-Adventure Melia Laundry

Perorangan <2.500 cc
1. Imam S/Pandu Jangkar Miring Hiu
2. Munir/Daniel Pitbull
3. Krisnadianto/Deri S Alpindo 47

Perorangan >2.501 cc
1. Wahyu L/Andi Jangkar Miring Hiu
2. Yuma WK/Sanzan Manado Offroad
3. Ricki C/Eko P JAngkar Miring Hiu

Klasemen Akhir
1. Alpindo 47
2. Jangkar Miring Hiu
3. J-Adventure Melia Laundry
4. Grage Zebra Offroad
5. Galunggung Offroad 1
 

Penulis : Ben | Teks Editor : Uda | Foto : Benny
Tags : Speed Off-Road, Off-Road, Kejurnas Off-Road,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Off-Road Jatinangor, Cara Sakti Lepas Tali.

Asian Karting Open Championsip, Seri 4-5 Bakal Digelar di Indonesia

Posted: 07 Dec 2012 05:39 PM PST

20121206 seri4dan5diIndonesia 1 Asian Karting Open Championsip, Seri 4 5 Bakal Digelar di Indonesia
Sepanjang tahun 2012, gokart nasional kurang bersinar. Kemungkinan besar karena tidak terselenggaranya event kejurnas. Namun kerinduan akan balap gokart berkualitas bisa terobati dengan akan diselenggarakannya Asian Karting Open Championship di Sentul International Karting Circuit.

Kita akan menyelenggarakan seri keempat dan kelima pada 15 dan 16 Desember nanti, ujar Arso Sadewo, ketua umum penyelenggara event yang diberi nama Auto Stage Asian Karting Open Championship.

Menurut Arso, saat ini persiapan sudah 80 persen. Tinggal menghitung hari saja menuju acara. Tim-tim lokal pun dipastikan ikut, yaitu TKM, RWR, Tanaka, UT Racing, Jakarta Theather, Go Serge, Go, Mayasari, MBG.

Sedangkan pegokart lain yang mengikuti seri AKOC berasal dari berbagai negara di Asia. Peserta lain dari Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Macau dan Hong Kong, ujar Yongliek Santoso, ketua harian Auto Stage-AKOC.

Tentunya dua seri di Indonesia nanti bakal seru setelah seri pertama di Macau , lanjut seri kedua dan ketiga di Filipina. Bagaimana acaranya nanti? Kita tunggu saja!.(otosport.co.id) 

Penulis : Manut | Teks Editor : Uda | Foto : Toncil
Tags : Asian Karting Open Championship (AKOC), AKOC, Karting Asia, Kejuaraan Gokart Asia,
Ikuti kuis TEBAK JUARA MotoGP dan Formula 1, dapatkan hadiah menarik dari OTOMOTIFNET.COM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Asian Karting Open Championsip, Seri 4-5 Bakal Digelar di Indonesia.

Tes Darah untuk Ungkap Pelaku Arisan PSK

Posted: 07 Dec 2012 05:39 PM PST

1304295 psk sma 620X310 Tes Darah untuk Ungkap Pelaku Arisan PSK KOMPAS.com/ RONNY ADOLOF BUOL ilustrasi

SITUBONDO, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan Nasional (Dispendik) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berupaya mengungkap identitas dan asal sekolah para pelajar yang dikabarkan menggelar arisan PSK, di bekas Lokalisasi Gunung Sampan, Desa Kotakan, Kecamatan Kota.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan tes darah terhadap para siswa SMA dan SMK  di seluruh Kabupaten Situbondo.

Kepala Dispendik Situbondo Fathorrahman mengatakan meksi informasi arisan PSK itu belum tentu kebenarannya, pihaknya langsung mengumpulkan seluruh kepala SMA dan SMK.

"Dalam pertemuan dengan kepala SMA/SMK, kami menghimbau untuk tes darah terhadap para siswanya. Alhamdulillah para kepala sekolah setuju, itu untuk mengetahui kebenaran siswa SMA yang mem-booking PSK, yang telah terjangkit HIV/AIDS, sebagaimana ditemukan oleh KPA," katanya, Jumat (7/12/2012).

Fathorrahman juga meminta para kepala sekolah melakukan pembinaan mental di sekolahnya masing-masing, dengan cara memberikan pendidikan agama setiap pekannya.

"Kami juga berharap agar lebih mengoptimalkan konseling dan guru untuk mencermarti perilaku siswanya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, KPA setempat menemukan adanya sejumlah pelajar SMA yang menggelar arisan tiap pekan untuk memesan PSK.

Perilaku menyimpang itu terkuak berdasarkan pengakuan seorang PSK penderita HIV/AIDS, yang sering melayani para pelajar tersebut. K18-11

Editor :
Ervan Hardoko

Source: kompas regional

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tes Darah untuk Ungkap Pelaku Arisan PSK.

Golkarsudah bulat pecat Aceng Fikri

Posted: 07 Dec 2012 05:29 PM PST

20121031hut partai golkar2 Golkarsudah bulat pecat Aceng Fikri

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Seperti kita ketahui, bahwa perbuatannya sangat melukai hati rakyat. Yang jelas, hal itu juga mencoreng partai,” “Seperti kita ketahui, bahwa perbuatannya sangat melukai hati rakyat. Yang jelas, hal itu juga mencoreng partai,” katanya usai mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Riau 2012-2015 di Pekanbaru, Jumat malam.

Menurut dia, keputusan partai sudah bulat untuk mengeluarkan Aceng itu dari keanggotaan dengan secara baik-baik atau paksa.

Aceng Fikri saat ini masih tercatat sebagai Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, sejak bergabung dengan partai berlambang pohon beringin itu pada 2010.

“Secara baik-baik maksudnya mengundurkan diri. Paksa artinya dicopot tanpa ada surat pengajuan pengunduran diri,” katanya.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung menilai perbuatan Bupati Garut Aceng Fikri yang melakukan pernikahan kilat dapat merusak citra partai berlambang pohon beringin itu.

“Kami akan cermati lagi kasus tersebut, dan jika memang terbukti ada kesengajaan maka kami akan ambil tindakan tegas,” katanya.

Saat ini, pihaknya bersama pimpinan DPP Golkar sedang mempertimbangkan untuk memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.

“Yang jelas sanksi. Sanksi itu bisa berupa pemecatan, karena Aceng dinilai telah merusak citra Partai Golkar,” katanya.

Sebagai pejabat bupati, kata Akbar, Aceng dianggap tidak pantas melakukan pernikahan kilat dengan wanita berusia 18 tahun, apalagi pernikahan siri yang hanya berumur empat hari.

“Dan keputusan bisa jadi bulat, yakni pemecatan dari kepartaian dan ini sedang diproses,” katanya.

(KR-FZR/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Golkarsudah bulat pecat Aceng Fikri.

150 ilmuwan bahas mobilitas urban di Unair

Posted: 07 Dec 2012 05:20 PM PST

20121206Kemacetan Paska Hujan 051212 RN 4 150 ilmuwan bahas mobilitas urban di Unair

Ilustrasi – mobilitas masyarakat urban. (FOTO ANTARA/Reno Esnir)

Konferensi internasional itu sengaja melibatkan akademisi dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu untuk menunjukkan bahwa sebuah permasalahan tidak hanya dapat dikaji dari satu bidang ilmu saja tetapi multidisipliner,” “Konferensi internasional itu sengaja melibatkan akademisi dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu untuk menunjukkan bahwa sebuah permasalahan tidak hanya dapat dikaji dari satu bidang ilmu saja tetapi multidisipliner,” kata dosen Cultural Studies Fakultas Ilmu Budaya Unair Surabaya Arum Budiastuti SS MCS di sela konferensi itu di kampus C Unair di Surabaya, Sabtu.

Para ilmuwan dengan berbagai disiplin ilmu yang hadir antara lain berasal dari Amerika Serikat, Malaysia, Taiwan, India, Singapura, Bangladesh, Australia, Brunei Darussalam, Inggris, Prancis, Srilanka, dan juga termasuk ilmuwan dari dalam negeri.

Menurut dia, mobilitas masyarakat urban menjadi topik pembahasan karena kemudahan fasilitas transportasi dan telekomunikasi pada era globalisasi justru mendorong mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Mobilitas yang tinggi telah menjadi isu permasalahan yang hangat dibicarakan dewasa ini terkait dengan dampak mobilitas kaum urban yang turut melahirkan permasalahan perkotaan baru dalam berbagai aspek kehidupan seperti sosial budaya, ekonomi, kesehatan, serta aspek lainnya,” katanya.

Kota-kota besar selalu menawarkan “angin surga” kepada masyarakat lain yang tinggal di pinggiran kota atau dari daerah lain untuk datang ke kota guna mengadu nasib.

“Mobilitas semacam ini memunculkan banyak konsekuensi pada kota yang menjadi tujuan kaum urban. Munculnya akulturasi budaya, jumlah penduduk yang meningkat di waktu-waktu tertentu, kepadatan jalan akibat pengguna kendaraan bermotor yang melakukan aktivitas, munculnya kantung-kantung kemiskinan dari kaum pendatang, hingga permasalahan sebaran penyakit menular,” katanya.

Untuk sebaran penyakit menular di antara masyarakat, katanya, sebaran penyakit AIDS di masyarakat menjadi pembahasan penting dalam konferensi kali ini, mengingat Jawa Timur merupakan provinsi yang warganya paling banyak menderita AIDS atau tertinggi kedua di Indonesia.

“Sebaran penyakit ini tentunya terkait dengan mobilitas kaum urban,” katanya

Oleh karena itu, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair bekerja sama menggelar “3rd International Conference Urban Mobility: Its Impacts on Socio-Cultural and Health Issues” di Aula Kantor Manajemen Universitas Airlangga dengan sejumlah pembicara utama dari berbagai negara.

Mereka adalah Prof. Dr. Azizan Baharuddin (University of Malaya, Malaysia), Prof. Catherine Driscoll (The university of Sydney, Australia), Dr. Constance Elizabeth Kampf (Aarhus University, Denmark), dan Deny Arnos Kwary, PhD (Universitas Airlangga).

Selain itu, Dr. Goh Beng Lan (National University of Singapore), Manneke Budiman, PhD (University of Indonesia), Dr. Purnawan Basundoro (Universitas Airlangga), Dr. Rahmat Hargono (Universitas Airlangga), Dr. Adhikary Sharad Prasad (World Health Organization), dan Prof. Wan Zawawi Ibrahim (Universiti Brunei Darussalam).

“Mereka menyampaikan gagasan-gagasannya pada `plenary meeting`, lalu ada diskusi-diskusi paralel yang disesuaikan dengan topik paper yang mereka kirimkan. Dari sekitar 300-an paper telah terpilih 150 paper yang didiskusikan pada konferensi kali ini,” katanya.

Sebanyak 150 paper itu bertema antara lain pergeseran gender dan identitas seksual, bahasa dan perubahan sosial, masyarakat perkotaan dan budaya populer, penyakit dalam “urban mobility”, “eco awareness” masyarakat perkotaan, teknologi dan masyarakat perkotaan, tradisi dalam masyarakat urban, literatur, bahasa, dan identitas dalam masyarakat “cyber”, praktik keagamaan dalam masyarakat urban, serta ruang perkotaan dan ekonomi.

(E011/M029)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - 150 ilmuwan bahas mobilitas urban di Unair.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Berita Unik Seputar Dunia. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com